Home Living

Kursi Tamu Kayu untuk Tampilan Klasik

Kursi tamu kayu adalah salah satu bentuk kursi tamu paling populer yang menggunakan bahan kayu sebagai komponen penyusun utamanya. Penggunaan bahan kayu pada kursi ruang tamu ini sangat digemari sebagian besar orang yang menyukai tampilan klasik dan alami.

Secara tradisional, sebagian besar furnitur terbuat dari kayu, baik itu kayu solid, kayu daur ulang, maupun kayu olahan (engineered wood). Dengan adanya revolusi industri, berbagai furnitur yang diproduksi dari bahan seperti baja, aluminium, kaca, dan plastik serta pengembangannya mulai berlomba-lomba menarik minat para pembeli. Semua material ini mungkin telah merevolusi industri furnitur, dan kayu tidak dapat disangkal lagi merupakan bahan pokok paling berharga dalam pembuatan furnitur.

Kayu tidak hanya bersifat kekal, tetapi juga tidak lekang oleh waktu. Terutama untuk kursi tamu kayu, produsen furnitur kayu berhasil menggabungkan keindahan yang abadi dan kokoh dengan berbagai gaya, mulai dari gaya klasik country hingga kontemporer.

Kursi tamu berbahan kayu ini tetap cantik bila dipadukan dengan elemen pelapis kulit atau kain yang empuk, sehingga keindahan alami kayu akan menambah kehangatan dan karakter dalam ruang tamu kamu. Ini bukti bahwa keunggulan furnitur kayu sungguh tak terbantahkan!

Kursi tamu bahan kayu bergaya klasik [Sumber: lamps.com]
Kursi tamu bahan kayu bergaya klasik [Sumber: lamps.com]

Kelebihan Kursi Tamu Kayu


Meski teknologi dan industri sudah memberikan kontribusi alternatif pada furnitur di zaman modern ini, kursi tamu dari kayu tetap menjadi pilihan paling favorit bagi pembeli. Ada manfaat yang signifikan dari kursi tamu kayu yang benar-benar kita sukai, di antaranya adalah beberapa sifat kayu berikut ini:

Estetis

Kayu merupakan material dekoratif yang dianggap estetis karena memiliki pola dan garis-garis alami yang indah. Setiap jenis kayu juga memiliki warna, desain dan aroma khas yang berbeda. Karena itu, sangat memungkinkan bila kamu menemukan beragam jenis bahan kayu sesuai dengan pilihan warna dan desain.

Kursi tamu kayu juga dapat dicat dengan warna pernis yang lebih gelap atau bisa diberi sentuhan warna terang. Ini dimaksudkan agar finishing polesan kayu dapat semakin menonjolkan keindahan alaminya.

Dekorasi Berkelas

Kursi tamu kayu menawarkan keanggunan, pesona dan kecanggihan. Menambahkan kursi kayu ke dalam ruang tamu benar-benar akan mengubah tampilan dan nuansanya. Karena bersifat estetis, original, antik, dan unggul secara alami, kursi tamu kayu dapat memberi titik fokus dan dekorasi bagus yang akan memikat seluruh mata untuk memandangnya.

Kekuatan dan Daya Tahan

Kayu secara alami sangat kuat dan tahan banting serta membutuhkan sedikit perawatan. Selain itu, kayu adalah bahan alami yang tahan lama yang dapat tahan terhadap perlakukan secara terus-menerus, entah itu tumpahan air atau goresan. Furnitur kayu bisa bertahan selama beberapa generasi dengan perawatan minimal.

Kemudahan Perawatan

Kursi tamu kayu cukup mudah dipelihara, yang perlu kamu lakukan untuk membersihkannya adalah cukup menyekanya dengan kain lap lembap atau membersihkan permukaan bagian kursi kayu dengan pembersih kayu khusus secara teratur. Jangan biarkan air atau debu menempel pada kayu untuk waktu yang lama. Untuk noda membandel, kamu mungkin perlu produk pembersih baik produk kimia maupun alami, tetapi tetap saja mudah.

Bernilai Tinggi

Meskipun kamu mungkin akan membayar lebih mahal untuk membeli kursi tamu kayu, kayu lebih berharga daripada bahan lain yang digunakan dalam pembuatan furnitur. Harga jual kursi tamu berbahan kayu mungkin lebih tinggi dari bahan lain, kamu akan menuai keuntungan dalam tahun-tahun mendatang. Bergantung pada anggaran, kamu bisa memilih kursi tamu kayu yang dibuat dengan menggunakan berbagai pilihan jenis kayu dan berbagai model desain kursi tamu. Tidak hanya memiliki investasi jangka panjang, kamu juga mendapatkan keindahan, kualitas, dan kenyamanan sekaligus.

Fleksibel

Kamu dapat memodifikasi kursi tamu kayu yang cantik sesuai dengan gaya desain interior ruang tamu yang terus berubah dari waktu ke waktu di tiap generasi. Kombinasikan kursi tamu kayu antik dengan model kursi tamu kayu modern, maka akan menciptakan tampilan classy pada ruang tamu. Selain itu, dengan pengamplasan, pewarnaan, atau pelapisan ulang finishing polesan kayu, kamu bisa memoles kursi tamu kayu dan memberikan tampilan yang sama sekali baru sepanjang waktu.

Ramah Lingkungan

Meningkatnya pembatasan eksploitasi sumber daya alam termasuk kayu telah menjadi perhatian lingkungan utama karena mengancam keanekaragaman hayati dunia dan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Di sisi lain, material buatan seperti plastik misalnya, sering kali terbuat dari bahan berbahaya yang membahayakan lingkungan selama produksi dan setelah pembuangan limbahnya. Karena efek samping yang merusak lingkungan inilah, maka banyak orang tetap memilih kursi tamu kayu untuk mempercantik ruang tamu mereka.

Kursi tamu kayu bergaya minimalis [Sumber: freshome.com]

Kekurangan Kursi Tamu Kayu


Ada beberapa kekurangan kursi tamu dari kayu namun kekurangan ini mudah diabaikan dan dihilangkan asalkan tahu penyebabnya.

Penyusutan dan Perubahan Bentuk

Kayu mengandung air dan berpengaruh besar terhadap bentuk kayu. Kayu yang belum kering biasanya masih mengalami penyusutan atau perubahan bentuk, oleh karena itu kayu harus dikeringkan sebelum digunakan. Disarankan agar kayu yang akan diproses menjadi perabot harus memiliki kadar air minimal 3% lebih rendah dari titik jenuh serat untuk memberikan keamanan yang diinginkan terhadap jamur.

Mudah Memuai

Hal ini disebabkan karena kursi tamu dari kayu merupakan bahan higroskopik. Artinya kayu akan menyerap uap yang terkondensasi di sekitarnya dan kehilangan kelembapan udara di bawah titik jenuh serat.

Rentan Terbakar

Kayu memiliki sifat mudah terbakar, terlebih lagi dalam kondisi kering. Karena itu, jauhkan dari sumber api dalam atau dekat ruang tamu.

Kualitas Kayu Dapat Menurun

Penyebab penurunan dan kerusakan kayu terbagi dalam dua kategori: Biotik (biologis) dan abiotik (non biologis). Agen biotik meliputi pembusukan dan jamur, bakteri dan serangga. Penyebab abiotik meliputi matahari, angin, air, bahan kimia tertentu dan api.

Cacat Bawaan

Jika tidak teliti memilih kursi tamu kayu, maka terkadang dapat ditemukan cacat bawaan, seperti mata kayu dan pecah-pecah. Ini akan berdampak dari segi kualitas dan estetika.

Limbah Kayu

Proses pembuatan kursi tamu berbahan kayu sering kali menghasilkan sisa potongan kayu yang tidak dapat dimanfaatkan secara keseluruhan sehingga sisa penggunaan kayu hanya menjadi limbah. Namun kini banyak industri kerajinan yang memanfaatkan limbah kayu untuk diproduksi menjadi produk kerajinan tangan yang berharga dan memiliki nilai jual tinggi.

Mahal

Karena proses pengolahan kayu mentah menjadi bahan baku produksi furnitur dan perawatan yang begitu rumit, maka hal ini menjadikan harga kursi tamu berbahan kayu melonjak tinggi, terutama untuk berbagai jenis bahan kayu kelas 1.

Gambar kursi tamu dari kayu bergaya country [Sumber: countryliving.com]

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan memilih kursi tamu berbahan kayu, kini Anda tidak perlu ragu lagi. Banyak pilihan kursi tamu kayu yang mudah cara merawat dan memeliharanya. Sekarang, yuk cari kursi tamu kayu yang sesuai untukmu di dekoruma!

Related Articles

Back to top button
Close
Close