Menyulap Sofa Lama Menjadi Sofa Baru

oleh
loading...

Siapa yang tidak ingin memiliki sofa? Apalagi bagi setiap pasangan yang baru mempunyai rumah baru.  dekorasi rumah menjadi hal yang penting. Maka kamu akan bersikap selektif dalam memilih perabotan rumah tangga salah satunya sofa.

Namun, jika kamu ingin hemat, dapat menggunakan atau membeli sofa lama kemudian kamu dekor sendiri sesuai dengan style sofa yang diinginkan. Biasanya sofa yang sudah lama cenderung ketinggalan model, namun dari segi usia, semakin lama umur sofa maka membuat sofa tersebut semakin nyaman. Jadi, kamu tidak perlu membeli sofa baru yang mahal dan menyingkirkan sofa yang lama.

loading...

Lapisan Lembut

Menurut Anna Burke, seorang desainer Kemble Interiors mengungkapkan bahwa untuk membuat sofa lama jadi baru, kamu bisa melapisinya dengan bulu sintetis atau faux fur. Hal ini dapat memberikan tekstur yang baik untuk dekorasi rumah serta menyediakan tempat duduk yang sangat lembut.

Tambahkan Bantal Sofa

Pilihan Bantal Sofa
Illustration by g01.a.alicdn

Menurut Joy Cho, seorang blogger Oh Joy! Mengungkapkan bahwa tambahan bantal mungil membuat sofa terlihat lebih stylish. Cho memiliki sebuah sofa putih. Dia mengubah tampilan sofa dengan melapisinya dengan selimut berwarna biru-indigo pada dudukan sofa.

Selain itu, Cho juga menambahkan konsistensi dengan melapisi salah satu bantal di sofa dengan warna yang serupa dengan tambahan sebuah bantal mungil berwarna metalik. Kamu juga bisa menggunakan sarung bantal bermotif besar seperti gambar berbagai motif geometris (chevron) atau motif bunga-bunga besar.

Hal ini akan membuat kesan sofa lebih menarik. Pemilihan ukuran bantal sofa lebih bertujuan untuk menambah kenyamanan pengguna. Sedangkan pilihan motif bantal bertujuan untuk memberikan kelembutan.

Jika kamu suka keluar dari zona aman, kami dapat menggunakan sarung bantal yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam cat air sehingga memberikan efek ombre. Kemudian keringkan sarung bantal tersebut dan rapikan dengan menyetrikanya terlebih dulu agar tidak terlihat kusut.

Alhasil, sofa anda akan terlihat lebih trendi. Jika kamu merasa tidak percaya diri untuk melakukannya, kamu dapat berkonsultasi dengah tukang yang ahli dibidangnya.

Namun, jangan pula menaruh bantal sofa terlalu banyak. Hal ini akan membuat sofa terasa lebih penuh dan sulit untuk diduduki. Akibatnya terkesan jadi tidak nyaman.

Tambahan Selimut Kecil

Cara ini terlihat lebih mudah dibanding dengan melapisis sebagian sofa dengan bahan kain atau dengan menabahkan bantal mungil.

Kamu cuma perlu menyediakan selimut kecil dengan warna yang mencolok sehingga terlihat lebih menarik dan memiliki daya tarik tersendiri untuk suasana ruang tamu atau keluarga anda tapi tetap sesuaikanlah dengan warna dasar sofa itu sendiri.

Jika warna sofa sudah mencolok, maka berikan selimut dengan warna yang lebih kalem sehingga tercipta keseimbangan warna yang baik. Kamu juga bisa memilih model selimut dengan bahan rajutan atau bahan yang lembut sebagai tempat untuk tubuh anda bisa beristirahat. Letakkan selimut kecil tersebut pada permukaan sofa sesuai dengan selera anda masing-masing.

Jadikan Sofa Tempat Hangat

Kebanyakan sofa memiliki bentuk persegi sehingga memberi kesan geometris yang dingin. Untuk menciptakan kesan hangat, kamu dapat menambahkan sebuah selimut sehingga memberi kesan tampilan hangat pada sofa anda.

Tambahkan Paku

Jika kamu ingin mengubah style sofa jadi lebih modern, kamu dapat menambahkan hiasan lain seperti paku payung yang biasa digunakan untuk mengencangkan sarung penutup sofa. Tambahkan paku ini secara rapi pada titik-titik sofa yang dikehendaki sehingga membentuk sebuah pola. Jika dipasang satu persatu paku tersebut memang cukup melelahkan. Jika ingin lebih mudah, beberapa toko menjual paku payung yang sudah digabungkan sehingga pengerjaannya lebih mudah.

Ganti Kaki Sofa

Illustration by canapeavenue.fr

Jika kamu memiliki sikap detail dan teliti dalam mendekor sofa, maka kaki-kaki sofa pun tidak akan luput dari penglihatanmu. Jika kaki sofa yang berbentuk lingkaran telah menjadi tren pada tahun 2000-an, maka pada zaman sekarang hal itu sudah berubah.

Kamu dapat menggantinya dengan bentuk seperti persegi yang sedang tren pada waktu sekarang. Selain itu, pemasangannya pun tergolong cukup mudah. Kamu juga bisa mendapatkan kaki-kaki sofa ini di berbagai toko perabotan bangunan.

Jadi bukan berarti kamu harus mengganti satu set sofa sekaligus. Kamu cukup memadukan kain polos dan bermotif tapi masih dalam satu nuansa warna.

Jika kamu ingin terlihat lebih serasi, kamu bisa mengaplikasikan kain bermotif sama dengan ottoman sebagai pelapis bantal duduk.

Lebih baik ganti kain sofa (reupholstery) atau menggunakan slipcover?

Mengganti kain sofa berarti mengganti seluruhnya dengan kain yang baru. Sedangkan jika menggunakan slipcover tidak perlu dilakukan pembongkaran dimana hanya melapisi sofa yang sudah ada dengan kain baru. Kain tersebut berfungsi menutupi sofa yang sudah ada agar tidak  kotor.

Jadi, pilihan penggunaan slipcover sangat cocok bagi kamu yang memiliki buah hati atau hewan peliharaan di rumah.

Lalu bagaimana membersihkannya?

Sebenarnya tergantung bahan dan tipe masing-masing sofa yang kamu miliki. Jika menggunakan kain outdoor bisa dibersihkan menggunakan shampo sambil disikat.

Berbeda jika menggunakan kain sofa standar maka harus disikat menggunakan sikat halus pula.

dekoruma menyediakan beberapa pilihan sofa yang menarik, yuk temukan furnitur sofa terbaik untukmu sekarang!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!