Home Living

Rubah Desain Pagar Hunianmu dengan 6 Desain Pagar Minimalis Ini

Memiliki sebuah rumah yang indah dan nyaman tentulah impian semua orang, termasuk kamu. Dalam proses mendirikan rumah banyak tahapan yang harus dikerjakan dengan sebaik mungkin serta banyak sekali pertimbangan yang harus difikirkan secara matang. Mulai dari pemilihan desain rumah, material yang dipilih dari awal hingga selesai, kesemuanya bukanlah hal yang mudah untuk diputuskan, karena membangun rumah termasuk perkara besar yang menghabiskan budget yang besar pula.

Selain keindahan dan kenyaman, terdapat pula aspek keamanan yang tidak boleh luput dari perhatian kamu saat membangun sebuah rumah, perhatikan hal penting yang mampu meningkatkan keamanan rumah kamu seperti pagar, gaya desain pagar sangat beragam mulai dari pagar minimalis hingga pagar modern.

Dari segi arsitektur pagar ialah obyek pertama yang terlihat dari sebuah rumah, pagar juga memiliki fungsi utama untuk memberikan keamanan bagi kamu pemilik rumah serta juga sebagai pembatas lahan. Untuk itu Kania sarankan untuk memilih desain pagar yang indah dan nyaman guna mendapatkan kesan pertama yang baik.

Terdapat banyak jenis material yang digunakan untuk pagar rumah, seperti besi, beton atau kayu. Untuk rumah bergaya minimalis yang saat ini sedang trend, pagar kayu ialah pilihan yang terbaik, karena mapu memberikan kesan sederhana dan natural.

Untuk kamu yang belum memutuskan desain pagar mana untuk rumah mu, sebaiknya terus baca artikel ini karena Kania akan berbagi desain pagar minimalis berbahan kayu yang dapat menjadi inspirasi untuk kamu semua, keep reading!

Langkah Awal sebelum Mambangun Pagar Minimalis dari Kayu

Untuk kamu yang menyukai gaya tradisioanal nan etnik, maka penggunaan material kayu merupakan pilihan yang tepat, dan lagi untuk rumah bergaya minimalis kayu sering dijadikan material pilihan untuk membangun pagar.
Sebelum melihat desain pagar minimalis berbahan kayu, ada baiknya untuk kamu agar mengetahui beberapa hal mengenai pagar kayu.
Terdapat beberapa 2 hal penting yang harus diperhatikan sebelum membangun pagar dari kayu, yaitu sebagai berikut:

Pemilihan Jenis Kayu

Pemilihan jenis kayu sangatlah penting, karena pagar letaknya diluar ruangan yang selalu terpapar sinar matahari, dan juga terkena air hujan, maka dari itu pilihlah kayu yang kuat dan kokoh yang tidak cepat lapuk karenanya. Jenis kayu yang dinilai cocok untuk membangun pagar ialah kayu jati, damar laut dan merbabu. Ketiga jenis ini ialah kayu dengan tingkat keawetan yang sangat tinggi.

Pastikan Anti Rayap

Salah satu masalah utama pada material kayu ialah rayap, hewan kecil berkoloni yang mamakan kayu secara perlahan, penting untuk dipastikan kayu yang digunakan tidak hanya awet namun juga anti rayap, sebagai antisipasi kamu bisa mengolos minyak anti rayap pada permukaan kayu agar tidak terserang rayap.

Setelah kamu mengetahui hal penting sebelum membangun pagar kayu, Kania akan melanjutkan ke pembahasan utama yaitu desain pagar minimalis dari material kayu.
Untuk pagar dari kayu sendiri terdapat beberapa gaya desain yang indah dan unik, berikut pembahasannya.

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Terdapat beragam desain untuk pagar kayu yang cocok untuk rumah dengan konsep minimalis, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :

Desain 1: Basket Weave

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Pagar jenis ini terlihat sangt unik, dan mampu menambah kesan estetika untuk pagar rumah kamu. Berdasarkan namanya dapat disimpulkan bahwa desain pagar minimalis yang ini menyerupai bentuk anyaman rotan yang rapat dan bertumpuk.
Dengan desain yang rapat dan bertumpuk ini akan mencegah tampilan rumah terlihat dengan jelas ke luar, sisi keamanan yang baik yang ditonjolkan dari gaya desain pagar yang satu ini.

Desain 2: Dog Eared

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis
Sumber Gambar : dhlandpros.com

Desain pagar minimalis yang satu ini tidak kalah aman, terlihat dimana penggunaan kayu dengan ukuran sama panjang disusun dengan sangat rapat. Hal ini tentu akan mencegah orang asing untuk mengintip ke area pribadi anda.

Desain 3: Spaced-Picket

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Gaya desain pagar ini memang umunya tidak terlalu tinggi, hanya sepinggang orang dewasa sehingga dinilai tingkat keamanannya cukup rendah.
Serta penempatan batang kayunya juga dibuat tidak rapat, ada jarak dari setiap kayu yang dipasang sehingga menciptakan celah dimana orang diluar dapat melihat melewati meski tidak begitu jelas.
Jika kamu menyukai desain pagar ini, kamu dapat mengkombinasikannya dengan beton sehingga pagar dapat lebih tinggi namun tetap terkesan pagar minimalis, serta ikut meningkatkan keamanan yang lebih baik lagi untuk hunian kamu.

Desain 4: Stockade

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Desain pagar yang satu ini memiliki kemiripan dengan desain spaced picket, perbedaanya penempatan kayu rapat tidak memiliki celah.
Ini sangat cocok bagi kamu yang sangat mengutamakan privasi, untuk sisi keamanan desain pagar ini pun terlihat sangat aman.

Desain 5: Solid Board Wood Fence

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Desain pagar minimalis yang satu ini dibuat dengan papan solid yang tersusun dengan sangat rapat. Untuk kamu yang menginginkan keamanan maksimal untuk rumahmu maka desain yang satu akan sangat cocok.
Terlebih untuk yang tinggal di daerah yang rawan akan tindak kriminalitas, maka desain pagar dan rapat seperti ini merupakan pilihan yang terbaik.
Pagar yang rapat tidak hanya memaksimalkan keamanan, namun juga membuat kotoran atau debu tidak secara bebas masuk ke pekarangan rumah, sehingga lingkungan rumah akan terjaga kebersihannya.

Desain 6: Shadowbox

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Pagar jenis shadow box ini memiliki satu kekurangan yakni celah antara kayu sangat besar. Dan hal ini tentu sangat tidak aman, dimana orang asing dengan leluasa dapat melihat keadaan rumah kamu.
Namun jika kamu tinggal di lokasi yang aman maka desain ini mungkin dapat menjadi alternatif, namun tentu saja kamu tetap harus waspada.

Desain 7: Privacy Arched

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Ini merupakan desain lain yang cocok untuk kamu yang mengedepankan keindahan serta keamanan hunian kamu, desain pagar minimalis yang satu ini cukup indah dan aman karena kayu yang digunakan disusun dengan rapat sehingga tidak membuat aktivitas sekitar pekarangan rumah terlihat keluar.

Desain 8: Privacy with Lattice

Ragam Desain Pagar Kayu Minimalis

Desain pagar minimalis yang ini memiliki kemiripan dengan desain sebelumnya, kayu yang digunakan tersusun dengan rapat dan rapi. Namun ditambah keindahannya dengan bagian atas pagar yang dibentuk susunan kayu membentuk pola geometris yang terlihat etnik.

Baca Juga : 5 Item Wajib untuk Ruang Tamu Minimalis

Pagar merupakan obyek terletak pada bagian depan rumah, sehingga desainya harus kamu perhatikan dengan baik. Desain yang dipilih sebaiknya jangan yang hanya menonjolkan kesan estetika namun juga mampu memberikan perlindungan untuk kamu dan seluruh anggota keluarga lainnya.

Semoga beberapa desain yang Kania berikan diatas dapat memberikan inspirasi untuk kamu yang sedang bingung mau memilih desain pagar. Selamat memilih!

Related Articles

Back to top button
Close
Close