Beda Bahan, Beda Kualitas: 3 Bahan Rak Sepatu yang Harus Kamu Tahu

oleh
loading...

Punya rumah dengan desain menarik tentunya dambaan setiap orang, namun ada kalanya hal-hal kecil dapat mengacaukan penampilan rumah. Salah satu hal yang dapat merusak pemandangan pada rumah yang rapi adalah berantakannya sepatu, sandal, atau alas kaki lainnya. Alas kaki yang berserakan di lantai dan tidak tertata dengan baik menimbulkan kesan rumah yang berantakan dan kacau balau.

Kesan ini akan mengurangi estetika rumah meskipun rumah telah didesain sebagus mungkin. Untuk mengurangi resiko ini, kamu perlu tempat khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut, yaitu rak sepatu.

loading...

Terkadang ruang untuk perabotan yang satu ini sering terlupa saat seseorang menyusun desain rumah baru. Padahal rak sepatu adalah salah satu perabot yang penting untuk setiap rumah. Dengan rak sepatu, kamu dapat menyusun koleksi alas kakimu dengan rapi, sehingga tidak ada lagi sepatu dan sandal yang berserakan di lantai. Rak sepatu akan menjaga ruangan tetap rapi dan nyaman.

rak sepatu

Selain itu, ini juga merupakan bentuk alternatif untuk menghemat ruang pada rumah dengan desain minimalis. Kamu tidak perlu membuat ruang khusus untuk menyimpan sepatu, cukup menyediakan rak yang dapat dipasang dan dipindahkan ke mana saja, menyesuaikan dengan ruang yang ada.

Rak sepatu berbeda fungsinya dengan rak organizer. Rak sepatu digunakan khusus untuk menaruh sepatu, sandal, dan alas kaki lainnya sehingga tidak bercampur baur dengan barang lain. Tidak seperti rak organizer yang bisa digunakan sebagai rak display bermacam barang, rak sepatu biasanya lebih spesifik untuk menyimpan alas kaki saja.

rak sepatu

Walaupun begitu  biasanya desain rak sepatu tidak akan jauh berbeda atau bahkan sama dengan rak organizer lainnya. Selain nilai fungsional, dengan memilih rak sepatu yang sesuai, desain unik rak sepatu juga dapat menambah nilai estetika rumah.

Dalam memilih rak sepatu terdapat beberapa faktor yang dapat kamu perhatikan. Beberapa faktor memengaruhi estetika ruangan seperti desain, warna, dan besar rak sepatu yang kamu pilih.

Faktor-faktor tersebut disesuaikan dengan bentuk ruang yang tersedia untuk menyimpan rak sepatu, warna cat ruangan atau perabot lain di ruangan tersebut, dan ukuran ruangan.

Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah bahan rak sepatu yang kamu beli. Faktor ini memengaruhi daya tahan dan keawetan rak sepatu.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat rak sepatu antara lain bahan kayu, plastik, maupun besi atau aluminium.

Setiap bahan tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, berikut ini penjelasannya:

Rak Sepatu Besi

Rak Sepatu: Perabot Penting untuk Rumah yang Tertata Rapi
image from amazon.com

Di antara banyaknya jenis rak sepatu yang dapat kamu gunakan, rak sepatu yang terbuat dari bahan besi dapat dipastikan sebagai yang paling kuat.

Kamu dapat menempatkannya di mana saja dan bisa menyesuaikan warna cat sesuai desain interior rumah. Selain itu, rak dengan bahan besi juga anti rayap. Jika kamu bosan dengan rutinitas mengganti rak sepatu yang pecah atau patah, solusinya adalah menggunakan rak sepatu berbahan besi.

Kelemahan dari rak sepatu besi adalah beberapa jenisnya memiliki berat yang lumayan sehingga sulit dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Rak Sepatu Plastik

Selain rak sepatu besi, bahan rak sepatu yang sangat populer saat ini adalah plastik. Keunggulan rak sepatu plastik ini adalah sangat fleksibel. Rak sepatu plastik dapat dipindahkan dengan mudah karena bobotnya sangat ringan jika dibandingkan dengan rak sepatu yang terbuat dari bahan kayu maupun besi.

Beberapa di antaranya bahkan dapat dibongkar pasang untuk memudahkan kamu saat hendak memindahkannya.

rak sepatu

Selain itu, keunggulannya juga dapat dilihat dari segi keawetannya. Rak sepatu berbahan plastik akan memiliki tingkat keawetan yang lebih karena tahan dari serangan rayap atau jamur.

Terkait: Jangan Sampai Rugi Karena Beli Furnitur yang Salah!

Jika dibandingkan dengan rak sepatu berbahan kayu yang biasanya sangat rentan dari serangan rayap dan kelapukan, rak sepatu berbahan plastik jauh lebih awet. Meskipun begitu, rak sepatu plastik juga memiliki kelemahan seperti bahan plastik yang digunakan tidak semua berkualitas, ada saja bahan yang mudah patah atau robek. Selain itu bahan plastik yang digunakan bisa jadi bukanlah plastik yang aman.

Rak Sepatu Kayu

Rak sepatu dari kayu memiliki nilai estetika yang tinggi. Keindahan ukiran alami pada kayu akan memunculkan kesan elegan bahkan mewah pada rak sepatu. Untuk masalah keawetan, rak sepatu dari kayu berkualitas seperti kayu jati dapat mengalahkan rak kayu besi.

Namun, rak sepatu kayu tetap masih kalah dengan rak kayu plastik. Penting untuk mengetahui jenis kayu yang digunakan untuk mendapatkan rak kayu yang kokoh, awet dan tahan rayap. Jika salah memilih bahan kayu yang digunakan, rak sepatu akan mudah patah dan digerogoti serangga. Selain itu, ketika disimpan di luar rumah atau di tempat yang lembab, bahan kayu akan mudah berjamur atau keropos.

Rak Sepatu: Perabot Penting untuk Rumah yang Tertata Rapi
image from merdeka.com

Membeli Rak Sepatu Berkualitas

Saat ini sudah banyak toko-toko yang menjual rak sepatu dengan berbagai desain sesuai keinginan kamu. Mulai dari desain yang ditaruh di lantai atau ditempel seperti rak dinding, dengan roda, bahkan yang dapat dilipat dan dibongkar pasang. Jika kamu menginginkan rak sepatu dengan desain eksklusif, kamu dapat memesan rak sepatu kayu di toko-toko meubel terpercaya.

Selain desain, kamu juga dapat mengecek kualitas bahan yang digunakan dan memantau proses pembuatannya. Hal ini mungkin akan memakan biaya lebih besar.

Namun, jika kamu menginginkan rak sepatu untuk digunakan dalam waktu dekat dan sudah memiliki budget tersendiri, kamu dapat membeli rak sepatu yang sudah jadi atau tinggal dirakit saja.

rak sepatu

Terdapat pilihan lain untuk memudahkan kamu belanja rak sepatu dengan berbagai bahan dan desain yang menarik, yaitu dengan berbelanja perabot secara online, misalnya di dekoruma. Berbelanja online, selain dapat menghemat waktu dan tenaga, juga dapat menghemat biaya.

Kamu dapat memilih-milih rak sepatu, furniture, sofa, bahkan memesan lemari secara custom yang kamu suka di website dekoruma, membayarnya dengan uang elektronik dan menunggu barang diantar ke depan pintu rumah kamu. Bahkan bisa COD lho!

Jangan takut dengan kualitas barang yang kamu beli! Jika berbelanja di gerai online yang terpercaya seperti dekoruma, kamu dapat membaca deskripsi lengkap dari penjual yang akan memberikan informasi dasar yang kamu butuhkan dan juga review dari pembeli sebelumnya yang membeli barang yang sama dengan yang kamu inginkan.

Selain barang yang berkualitas, kamu juga dapat menemukan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan di toko-toko offline. Kamu dapat menghemat ongkos dan tenaga karena barang akan diantarkan ke rumah. Jadi, tunggu apa lagi?

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!