Menata Desain Kamar Mandi Sederhana, Mulai dari Rp 100.000 Saja!

oleh
loading...

Desain kamar mandi sederhana memang mengutamakan desain yang simpel tetapi tetap membuat penggunanya nyaman. Ini merupakan dasar rancangan desain yang sederhana untuk sebuah kamar mandi.

Kamar mandi merupakan ruangan yang sangat penting untuk setiap rumah. Oleh karena itu, tidak heran jika kamar mandi harus mampu memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Jadi, sebenarnya apa yang perlu dimiliki sebuah kamar mandi?

loading...

Tentunya yang pertama ada dalam kamar mandi adalah toilet. Selain toilet, diperlukan pula bak mandi. Dengan adanya bak mandi dan toilet saja sudah cukup untuk memenuhi desain kamar mandi sederhana.

Desain kamar mandi sederhana masih banyak menjadi pilihan masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan. Pasalnya, sekarang ini desain kamar mandi di wilayah perkotaan cenderung tidak lagi mengutamakan adanya bak mandi. Hal tersebut dikarenakan fungsi bak mandi sudah tergantikan dengan bathub dan shower.

Jika kamu ingin memiliki desain kamar mandi sederhana, namun tetap memasukkan shower dan bathub, maka kamu perlu mengikuti beberapa tips yang Kania berikan di bawah ini.

Cermin Dengan Ukuran Besar

cermin kamar mandi sederhana

Adanya cermin dalam desain kamar mandi sederhana sangat bermanfaat. Cermin berukuran lebih besar menjadikan kamar mandi tampak lebih besar. Tujuan menempatkan cermin di dalam kamar mandi adalah untuk membuat desain kamar mandi sederhana tampak lebih menarik. Lokasi paling tepat untuk memasang cermin berukuran besar tersebut adalah pada dinding dekat wastafel kamar mandi.

Barang yang bisa kamu dapatkan di dekoruma salah satunya adalah Claris Angela Mirror dengan harga Rp 105.900

Jangan ragu menambahkan hal-hal kecil selain cermin ke dalam kamar mandi. Pada dasarnya, desain kamar mandi sederhana membutuhkan sebuah desain dekorasi yang sederhana. Untuk membuat interior kamar mandi sederhana tidak tampak terlalu datar, kamu bisa menyeleksi beberapa aksesoris dekorasi sederhana terlebih dahulu. Selanjutnya, rencanakan penempatan berbagai aksesoris yang kamu pilih di dalam kamar mandi.

Penggabungan Bathub dan Shower

Gabungan antara bathub dan shower untuk desain kamar mandi sederhana bisa diwujudkan dengan desain simpel dan warna lembut. Bathub yang digunakan memiliki desain simpel dengan pilihan warna yang lembut, seperti bathub berwarna putih. Pemilihan bathub warna putih ini akan tampak selaras dengan desain keramik yang digunakan.

Untuk shower, kamu bisa memilih shower kamar mandi yang memenuhi kebutuhan tanpa perlu menggunakan desain yang rumit. Saat ini desain shower memang sangat beragam, khususnya dari segi fungsi yang mungkin sedikit berbeda dari umumnya. Manfaatkan shower yang bisa difungsikan dengan mudah. Tempatkan shower di atas bathub kamar mandi di dinding kamar mandi.

Memasang Pintu Geser

Berbicara mengenai dekorasi, mungkin kamu sempat berpikir bahwa membahas mengenai pintu bukan hal yang penting. Namun, perlu kamu ketahui bahwa dalam desain kamar mandi sederhana, sebuah pintu engsel yang kebanyakan digunakan memakan lebih banyak tempat pada sebuah ruangan.

Faktanya, pintu engsel memakan tempat sampai dengan 25 persen dari total ruang kamar mandi. Maka dari itu, perlu kamu pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser dibandingkan pintu engsel. Penggunaan pintu geser untuk kamar mandi sederhana bertujuan untuk membuatnya lebih nyaman dan luas.

Toilet Duduk Berukuran Kecil

Desain kamar mandi sederhana dengan ruangan yang tidak begitu luas akan sangat tidak cocok jika menggunakan sebuah toilet dengan ukuran besar. Toilet berukuran besar dalam kamar mandi yang tidak begitu luas hanya akan membuatnya terasa tidak nyaman.

Solusinya, kamu bisa menggunakan toilet dengan ukuran sekecil mungkin. Akan tetapi, perhatikan juga mengenai fungsinya. Meskipun menggunakan toilet berukuran kecil, pastikan bahwa toilet tersebut memiliki fungsi sama seperti toilet berukuran besar.

Tambahkan Perlengkapan Kamar Mandi

dekorasi kamar mandi sederhana

Sebelum kamu mengubah atau membuat desain kamar mandi ke bentuk yang lebih nyaman, sebaiknya kamu juga memperhatikan perlengkapan kamar mandi yang akan dipakai, contohnya seperti tisu, handuk, dan tempat sabun.

Kamar mandi yang dipenuhi dengan berbagai dekorasi yang tidak dibutuhkan membuatnya terlihat penuh dan berantakan. Hal utama yang perlu diperhatikan untuk desain kamar mandi sederhana bisa dengan memanfaatkan tempat-tempat tidak terduga yang bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan.

Contohnya, kamu bisa menyimpan tisu toilet dan berbagai kebutuhan kamar mandi lainnya di bawah wastafel. Contohnya, kamu bisa mendapatkan tempat sabun JYSK 4Pc Wash Kit 36324 A White ini dengan Rp 99.000 saja.

Bukan hanya perabotan atau dekorasi yang tidak penting, dalam desain kamar mandi sederhana juga sebaiknya tidak menggunakan interior berbahan kayu. Terutama jika ruang kamar mandi kamu terkesan tidak begitu luas, penggunaan interior yang terbuat dari bahan kayu hanya akan membuat kamar mandi terkesan sesak.

Aksesoris Lampu

Lampu kamar mandi sederhana

Menampilkan kesan sederhana pada desain kamar mandi bisa ditonjolkan dengan menggunakan penutup lampu yang berukuran cukup besar. Selain itu, penutup lampu berukuran cukup besar yang tidak mendominasi ruangan bisa dimanfaatkan dengan baik dalam desain kamar mandi sederhana. Dengan adanya aksesoris lampu yang tepat bisa memberikan kesan lebih luas pada langit-langit kamar mandi. Selain langit-langit, ruang kamar mandi juga terasa lebih lega dengan adanya lampu yang tidak terlalu mendominasi ruangan.

Salah satu lampu yang bisa kamu pertimbangkan adalah IKEA Sp√Ñcka Lampu Plafon yang dibanderol Rp 76.890 di dekoruma.

Keramik Kamar Mandi

Kesederhanaan desain sebuah kamar mandi bisa kamu tunjukkan melalui keramik yang digunakan. Ukuran keramik yang digunakan bisa besar maupun kecil. Hal paling penting yakni pemilihan motif dan warna dari keramik yang dipilih. Dimana tema desain kamar mandi yang sederhana mengutamakan warna-warna lembut dengan sedikit corak. Simpel namun tampak menarik.

Untuk pilihan warna lembut yang dimaksud sendiri yakni krem dan putih. Usahakan tetap menghiasi kamar mandi dengan keramik lengkap pada bagian lantai serta dinding kamar mandi.

Tirai Kamar Mandi

desain kamar mandi sederhana

 

Desain kamar mandi sederhana dengan shower bisa kamu manfaatkan lebih baik. Jika perlengkapan mandi biasanya diletakkan di dekat wastafel, sekarang waktunya kamu menggunakan trik dengan hadware: menggantungkan perlengkapan mandi di tirai agar tidak memenuhi ruang kamar mandi.

Bukan hanya lebih simpel, dengan perlengkapan kamar mandi yang digantung di tirai juga akan lebih memudahkan kamu untuk meraihnya selama mandi. Misalnya, tirai IKEA Badback Tirai Shower yang bisa didapat hanya dengan Rp 109.890 saja

Selain tirai, pintu kamar mandi juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan perlengkapan mandi. Kamu bisa memanfaatkan bagian belakang pintu kamar mandi untuk menyimpan perlengkapan mandi dan berbagai barang-barang yang dibutuhkan saat kamu menggunakan kamar mandi.

Untuk ide pemanfaatan pintu kamar mandi ini sendiri sangat cocok bagi kamu yang menggunakan desain kamar mandi sederhana dengan tetap menempatkan bak mandi di dalam ruangan.

Tidak semua desain kamar mandi  berkonsep sederhana bisa mengakomodasikan kebutuhan yang ada. Namun, kamu bisa memberikan tambahan-tambahan kecil sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa secara rutin mengganti warna cat dinding kamar mandi untuk membuat tampilannya lebih segar.

Itu dia tips merancang desain kamar mandi sederhana dengan budget mulai dari Rp 100.000 saja. Mau mencari kebutuhan kamr mandi lainnya? Yuk dicek di dekoruma!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!