Home Living

Sering Bad Mood Saat Masak? Coba Terapkan Desain Dapur Terbuka

Pernahkah kamu melihat cafe di Indonesia yang menggunakan konsep desain dapur terbuka atau open kitchen?

Ya desain dapur terbuka telah banyak diadopsi oleh banyak cafe di Indonesia dan para pemilik menggunakan konsep ini dengan tujuan menarik minat banyak pengunjung yang datang. Desain dapur terbuka memungkinkan setiap aktivitas yang ada mulai dari mengolah bahan masakan sampai menyiapkan sajian dapat dilihat oleh para pengunjung.

Nah, desain dapur terbuka tersebut ternyata bisa juga kamu terapkan di dalam rumah untuk memberikan kesan unik dan lapang. Dapur terbuka yang ada di dalam rumah dapat kamu perlihatkan kepada setiap yamu yang datang berkunjung ke dalam rumah.

dapur terbuka

Secara umum desain dapur terbuka dapat kamu tempatkan bersebelahan dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Sekat yang bisa digunakan bisa berupa dinding kaca atau berbagai perabot tertentu.

Selain itu desain dapur terbuka dapat juga kamu gabungkan dengan ruangan yang lain. Sebagai contohnya kamu menggabungkan dapur dengan ruang makan keluarga, atau ruangan terbuka yang ada di belakang rumah.

Dengan adanya dapur yang menghadap ke ruang terbuka akan memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengadakan pesta barbeque bersama dengan keluarga.

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan desain dapur terbuka?

Apa kelebihan dan kekurangan dari desain dapur terbuka? Berikut penjelasannya untuk kamu semua.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Desain Dapur Terbuka


 

Desain Dapur Terbuka
countryliving.com

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mendesain dapur terbuka. Pertimbangan tersebut antara lain lokasi yang akan dijadikan dapur terbuka, penggunaan bahan material yang akan dipakai, perabotan pendukung yang akan digunakan, dan juga desain dapur yang sesuai agar terasa nyaman dan aman saat berada di luar ruangan

1. Material yang Dipilih

desain dapur terbuka

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tentang pemilihan material yang tahan lama, kuat, dan mampu menahan setiap perubahan cuaca yang ada. Sebagai contohnya untuk meja dapur kamu bisa memilih menggunakan meja yang luas agar cukup untuk mempersiapkan makanan dan menyajikannya kepada anggota keluarga.

Material yang bisa kamu pilih bisa terbuat dari batuan alam, beton, atau ubin.

2. Kitchen Kabinet yang Cocok

desain dapur terbuka

Jika kamu memilih untuk menggunakan kitchen kabinet di dalam dapur luar ruangan, maka pilihlah dari bahan yang kuat dan tidak mudah lapuk. Bahan yang kami rekomendasikan untuk kamu pilih adalah yang terbuat dari kayu jati karena jenis kayu ini cukup baik untuk kamu gunakan di luar ruangan.

Selain kitchen kabinet yang berasal dari bahan kayu jati, kamu juga bisa menggunakan bahan polymer atau kayu lapis untuk digunakan.

3. Lantai Dapur

Lantai untuk dapur kamu bisa memilih untuk menggunakan material yang tahan lama dan tidak terlalu butuh perawatan yang khusus. Sebagai contohnya kamu bisa menggunakan bahan semen, batuan, atau kayu untuk digunakan sebagai lantai dapur.

Atau kamu juga bisa menggunakan batu bata atau bebatuan kecil untuk menampilkan kesan yang lebih alami dan natural.

dapur terbuka lantai

4. Perlukah Menggunakan Atap?

Kemudian kamu juga perlu untuk mempertimbangkan pemilihan atap atau langit-langit pada desain dapur terbuka. Hal ini penting dipertimbangkan untuk melindungi kamu saat memasak pada waktu siang hari.

Atap dapur bisa kamu buat secara permanen atau non permanen tergantung jenis yang kamu sukai dan paling nyaman untuk digunakan. Atap non-permenen memiliki kelebihan berupa biaya yang tidak terlalu mahal seperti atap yang permenen. Atap non-permanen yang bisa kamu gunakan antara lain kayu, seng, dan yang lainnya.

Kelebihan Menerapkan Desain Dapur Terbuka


 

Desain Dapur Terbuka

Setelah Mengetahui apa saja hal yang patut kamu perhatikan saat melakukan desain dapur terbuka. Maka selanjutnya kami akan menjelaskan berbagai kelebihan dari desain dapur terbuka. Apa saja itu?

1. Mood yang Lebih Baik

desain dapur terbuka

Saat kamu memiliki dapur dengan desain terbuka atau outdoor apalagi ditambah dengan warna dinding yang cerah. Hal tersebut akan membuat mood kamu saat memasak menjadi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan desain dapur yang tertutup.

Ditambah lagi desain dapur terbuka terbukti lebih sehat, sebab dapur terbuka dapat terhindar dari kelembaban yang akan menimbulkan berbagai bakteri pada dapur.

2. Ingin Pesta Luar Ruangan? Bisa!

Jika kamu ingin mengadakan pesta di luar ruangan bersama dengan keluarga besar seperti merayakan tahun baru ataupun yang lainnya. Makan konsep dapur terbuka sangat membantu kamu untuk mewujudkan hal tersebut.

Belum lagi Indonesia yang memiliki iklim tropis dan sinar matahari terus ada sepanjang tahun. Membuat biaya listrik untuk dapur bisa kamu hemat karena ada pencahayaan langsung dari sinar matahari.

3. Suasana yang Berbeda Saat Memasak

dapur terbuka

Memasak didalam ruangan? Itu hal yang biasa dan tidak ada yang istimewa dari hal tersebut. Dengan menggunakan desain dapur terbuka, maka kamu dapat merasakan bagaimana sensasi memasak ditemani pemandangan kebun yang indah dan asri.

Dengan suasana yang lebih menyenangkan akan menjadikan kegiatan memasak menjadi lebih istimewa bukan?

4. Tidak Perlu Khawatir Dengan Bau Masakan

Pernahkah kamu merasakan pengap akibat kegiatan memasak yang selama ini dilakukan?

Seluruh ruangan di dalam rumah menjadi bau masakan?

Jika kamu tidak nyaman dengan hal ini, maka menggunakan desain dapur luar ruangan dapat menjadi solusi terbaik yang bisa dilakukan. Dapur terbuka tentu memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan dengan dapur indoor yang selama ini kamu gunakan.

5. Bisa Menempatkan Banyak Barang

Kelebihan terakhir yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan desain dapur minimalis adalah ada lebih banyak barang yang bisa kamu tempatkan di dalam dapur. Sehingga kamu tidak perlu lagi pusing dengan banyaknya peralatan masak yang dimiliki.

Kelemahan Dapur Terbuka


 

Desain Dapur Terbuka Keren landscapingnetwork.com

Meskipun dapur terbuka memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan, kamu masih tetap harus mempertimbangkan berbagai kelemahan atau kekurangan dari jenis dapur ini.

Salah satu kelemahan dapur terbuka adalah kamu harus tetap menjaga dapur tersebut dalam keadaan bersih dan terjaga kerapiannya. Hal ini penting kamu lakukan mengingat desain dapur terbuka akan tampak jelas terlihat oleh para tamu yang berkunjung ke dalam rumah.

1. Pemilihan Material Dapur yang Tepat

Kamu tidak boleh sembarangan menggunakan material dapur untuk desain ruang terbuka. Kamu harus memperhatikan bahwa material dapur cukup mampu untuk tahan dengan segala kondisi cuaca yang ada seperti hujan dan juga panas.

2. Hindari Penggunaan Lantai Kayu

Desain dapur terbuka menjadikan dapur yang kamu miliki senantiasa terpapar sinar matahari dan hujan yang ada. Oleh karena itu lantai dapur yang terbuat dari kayu akan menjadi lebih kusam dan mudah lapuk jika sering terpapar matahari dan hujan.

Pilihah jenis material lain yang sekiranya dapat tahan lama untuk digunakan.

dapur terbuka

Baca Juga: 4 Kiat Menciptakan Desain Dapur Minimalis

Itulah berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan saat mendekorasi dapur terbuka. Jagan lupa untuk menemukan berbagai perabotan dapur dan peralatan memasak lewat dekoruma. Harga dan kualitas terbaik selalu kami prioritaskan untuk kamu semua ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close