Home Living

4 Transformasi Kabinet Lamamu Jadi Furniture yang Baru

Memiliki rumah sendiri tentunya memiliki keuntungan sendiri juga untuk kamu. Kamu jadi bisa mendekorasi isi rumahmu sesuai dengan selera dan gaya yang kamu inginkan. Bahkan berburu dan memilih furniture pun merupakan bagian dari petualangan menyenangkan dalam mendekorasi rumahmu!

Dengan memiliki rumah sendiri, kamu juga bisa merangkap menjadi desainer interior yang mendesain rumahmu! Bebas dalam bereksplorasi dan bereksperimen menggunakan berbagai macam furniture dengan berbagai macam gaya. Mendekorasi rumah dengan desain yang bisa mencerminkan dirimu.

Baca juga: Punya Rumah Terkesan Mewah dengan Budget Terbatas? Bisa Kok!

Furniture sekarang ini bukan lagi sekadar sebagai penghias rumah. Orang memutuskan untuk membeli furniture karena mencari ketahan produk dan fungsinya yang dibutuhkan untuk mendukung keseharian si pemiliknya. Harganya pun tidak bisa dibilang murah. Oleh karena itulah memilih furniture pun bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan.

Furniture merupakan salah satu bentuk investasi jangan panjang. Umumnya, furniture dibeli dengan ekspektasi penggunaan minimal 10 tahun. Lalu, setelah 10 tahun apa furniture harus dibuang dan diganti yang baru?

Eits, jangan buru-buru membuang furniture lamamu!

Mengganti gaya dekorasi dari rumahmu, berarti akan ada beberapa furniture lama yang tidak akan lagi terasa pas untuk digunakan. Bisa karena gaya yang sudah ketinggalan jaman, atau gaya yang tidak cocok dengan gaya baru yang diterapkan di rumahmu. Tapi bukan berarti furniture lamamu sebaiknya langsung dibuang dan diganti dengan yang baru. Begitu pula dengan furnitureĀ besar seperti sofa, mungkin kok, sofa lama disulap seperti baru.

Ada banyak cara dan ide kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mengalihfungsikan furniture lamamu menjadi sebuah furniture lain dengan fungsi yang baru loh! Yuk kita intip beberapa kreasi hasil olahan dari furniture lama yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Bangku Panjang dari Lemari Kabinet Lama #1

Transformasi Furniture
Foto dari Photokapi

Punya kabinet berukuran panjang di rumah yang sudah cukup tua? Sayang loh kalau dibuang, karena furniture-mu bisa disulap menjadi sebuah bangku panjang untuk diletakkan di area foyer rumahmu. Para tamu pun lebih mudah ketika akan melepas atau memakai alas kaki mereka. Kamu bisa bisa menggunakan tambahan lacinya sebagai tempat penyimpanan barang-barang tamu yang tertinggal, seperti ide dari photokapi ini nih.

Cara pembuatan:

  • Bongkar dua baris teratas dari lemari kabinet, dan biarkan laci baris terbawah, seperti pada gambar.

    Transformasi Furniture
    Foto dari Photokapi
  • Letakkan papan fiber setebal 2cm di atas permukaan laci baris terbawah mengikuti rangka lemari kabinet sebagai tempat untuk duduk, dan dinding panel untuk menutupi permukaan belakang, seperti pada gambar.

    Transformasi furniture
    Foto dari Photokapi
  • Tambahkan lis kayu pada setiap ujung, dan pada kerangka atas kabinet. Jangan lupa untuk menghaluskan bagian ujungnya.

    furniture upcycle 6
    Foto dari Photokapi
  • Cat seluruh permukaan kabinet dengan warna yang diinginkan. Warna hitam memberikan kesan netral yang bisa masuk dengan gaya apapun yang kamu terapkan untuk rumahmu. Biarkan cat mongering selama beberapa jam.

    transformasi furniture
    Foto dari Photokapi
  • Beri busa sebagai alas duduk, dan cushion atau bantal sofa. Lemari kabinet lamamu pun berubah menjadi furnitur baru! Kursi panjang dengan laci penyimpanan, yang bisa diletakkan di area foyer rumahmu.

Meja Kecil dari Laci Kabinet Lama #2

transformasi furniture
Foto dari View Crafts

Ada lagi ide menarik dari viewcrafts yang menggabungkan dua buah laci lemari kabinet membentuk sebuah meja. Wah, kamu bisa gunakan laci kabinet dari ide transformasi yang pertama tadi nih, hehehe. Pembuatannya pun sangat mudah!

Cara pembuatan:

  • Gabungkan dua buah laci kabinet secara sejajar.
  • Tambahkan kaki meja.
  • Cat permukaan laci kabinet dengan warna yang sesuai dengan seleramu, biarkan hingga kering. Kamu bisa bereksplorasi dalam memilih warna yang akan digunakan untuk menyesuaikan dengan tema dari rumahmu.
  • Laci kabinet pun siap digunakan sebagai meja tempat kamu menyimpan barang-barangmu.

Selain sebagai meja unik dan cantik yang tidak dapat kamu temukan di toko-toko furniture, kamu juga masih bisa menyulapnya sebagai tempat tidur untuk hewan piaraanmu. Hanya dengan menambahkan cushion atau bantal sofa di bagian laci kabinet, dan teman kecilmu bisa tidur dengan nyaman di sana.

Rak Dinding dari Laci Kabinet Lama #3

transformasi furniture
Foto dari DIY How To

Selain sebagai meja, kamu juga bisa menyulap laci kabinetmu sebagai rak dinding. Dengan sedikit tambahan modifikasi untuk laci kabinetmu, atau tidak sama sekali pun kamu bisa langsung menggantungnya dan menggunakannya sebagai rak dinding. Mengubah furniture lamamu menjadi penghias dinding yang antik, dan tentunya tidak kalah elegan.

Kursi Ottoman dari Laci Kabinet Lama #4

transformasi furniture
Foto dari Crafty Lady Lindsay

Ada lagi nih kreasi dari laci kabinet lamamu. Inspirasi dai craftyladylindsay ini mengubah laci kabinet lamamu menjadi sebuah kursi ottoman yang manis.

Cara pembuatan:

  • Potong papan MDF dan busa tebal dengan ukuran yang sama dengan laci kabinet.

transformasi furniturefurniture upcycle 11

  • Bungkus busa dan papan MDF dengan kain, dan gunakan stapler tembak untuk menjaga posisi kain, busa dan papan agar tidak berubah, seperti pada gambar.
furniture upcycle 12
Foto dari Crafty Lady Lindsay
  • Stapler selembar kain lagi untuk menutupi bagian kain yang keluar di bagian bawah papan MDF.
furniture upcycle 13
Foto dari Crafty Lady Lindsay
  • Berikan papan kecil pada dua sisi papan MDF, seperti pada gambar. Papan ini dapat berfungsi sebagai penyangga agar dudukan tidak bergeser dari laci kabinet.

furniture upcycle 14

Wah, tidak sulit ya. Kamu bisa menggunakan kursi ini sebagai tempat duduk, atau tempat meletakkan kakimu. Bahkan kamu juga jadi memiliki ruang ekstra untuk menyimpan barang di dalamnya.

furniture upcycle 16
Foto dari Crafty Lady Lindsay

Dengan menambahkan kaki, ottoman pun bisa berubah menjadi kursi duduk mini. Tapi untuk itu kamu sebaiknya menambahkan lapisan papan MDF lagi di bagian bawah laci kabinet agar lebih aman ya!

Itu dia beberapa inspirasi DIY yang dapat membantumu mentransformasikan furniture lamamu menjadi sebuah furniture baru dengan fungsi yang berbeda. Jadi, jangan buru-buru membuang furniture lamamu ya. Kamu juga bisa loh membeli berbagai macam furnitureĀ siap pakai seperti ottoman, meja kecil, dan bangku panjang diĀ dekoruma.

Related Articles

Back to top button
Close
Close