Home Living

Mengubah Dinding Lusuh Jadi WOW dengan Kertas Kado

Lazimnya rumah di Indonesia terbagi ke beberapa ruangan yang memiliki fungsi tertentu, salah satu ruangan yang memiliki fungsi penting dalam sebuah rumah ialah kamar tidur. Kamar tidur menjadi area dimana sang pemilik melepas penatnya, selain itu kamar tidur merupakan area yang bersifat lebih privasi dibandingkan ruangan lain.

Dengan peran kamar tidur yang penting, tentu membuat kamu berusaha untuk menjadikan suasana kamar tidurmu tampil lebih menarik, bukan? Langkah membuat kamar tidur tampil menarik dapat ditonjolkan dengan menambahkan dekorasi, contohnya dengan hiasan dinding berupa poster tipografi yang menampilkan kata-kata motivasi agar kamu semakin semangat setiap pagi ketika membuka mata.

Atau kamu ingin memiliki hiasan dinding nan unik tiada duanya? Nah, Kania akan membagikan ide-ide hiasan dinding kamar dari kertas kado yang dapat kamu buat dengan tanganmu sendiri, serta tidak memerlukan budget yang besar.

hiasan dinding dari kertas kado

Kelebihan hiasan dinding kamar dari kertas kado, salah satunya, kamu bisa berkreasi sesuai yang kamu mau tanpa mengeluarkan biaya besar. Hiasan dinding kamar dari kertas kado memiliki berbagai pilihan motif, sesuai kertas kadonya, dan lagi, bentuknya bisa disesuaikan dengan seleramu!

Kenapa sih hiasan dinding kamar dari kertas kado dibahas pada kesempatan ini?

Di luar negeri hiasan dinding kamar dari kertas kado sangat diminati, karena pada dasarnya banyak dari mereka yang hobi berkreasi. Mereka menyalurkan hobinya itu lewat hiasan dinding kamar dari kertas kado.

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Makanya, sering kan kamu menemukan video youtube tentang hiasan dinding kamar dari kertas kado?

Pernah nggak kamu berpikir untuk membuat hiasan dinding kamar dari kertas kado sendiri? Ini bagus untuk mengasah kreativitasmu lho!

Banyak bahan yang dapat kamu ubah menjadi sesuatu yang menarik, salah satunya bahan kertas. Kertas termasuk jenis bahan yang mudah untuk ditemukan, karena ketersediaannya banyak. Kertas sendiri juga terbagi dalam beberapa jenis tertentu yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Salah satu jenis kertas yang dianggap cocok untuk membuat hiasan dinding kamar adalah kertas kado. Hiasan dinding kamar dari kertas kado tidak membutuhkan biaya yang besar karena harga kertas kado relatif murah. Selain itu motif yang tersedia untuk kertas kado sangat bervariasi sehingga mudah bagi kamu untuk menyesuaikan dengan selera pribadimu.

Berikut beberapa hiasan dinding kamar dari kertas kado yang dapat kamu coba:

Tirai Polkadot

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Hiasan dinding kamar dari kertas kado yang pertama ingin Kania share ialah tirai polkadot. Kania namakan tirai polkadot karena tirai terbentuk dari kertas yang digunting membentuk lingkaran. Tirai polkadot ini sangat mudah untuk dibuat, kamu tentu dapat melakukan sendiri. Step by step dalam membuat tirai polkadot yaitu:

Step 1 : Siapkan bahan

hiasan dinding kamar dari kertas kado
Langkah pertama dalam membuat hiasan yaitu menyiapkan segala bahan-bahan yang dibutuhkan, beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya:

  • Kertas kado
  • Tali rami / benang wool
  • Pensil
  • Jangka, untuk membuat lingkaran (atau kamu juga bisa menggunakan gelas)
  • Kayu, sebagai tempat melekatkan tirai

Step 2 : Membuat polkadot

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Langkah selanjutnya kamu dapat mulai dengan membuat bentuk polkadot, dengan menggunakan jangka atau bibir gelas buatlah beberapa bentuk lingkaran dengan diameter yang berbeda agar lebih variatif. Kania sarankan untuk menggunakan beberapa helai kertas kado dengan motif yang berbeda-beda, agar terlihat lebih menarik.

Step 3 : Rangkai menjadi tirai

Selanjutnya setelah jumlah polkadot tercapai sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, kamu dapat langsung mulai merangkai polkadot, tempelkan polkadot di atas tali rami yang telah dipotong sesuai dengan ukuran panjang tirai yang kamu inginkan.

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Tempelkan selang seling berdasarkan ukuran dari polkadot yang telah kamu bentuk sebelumnya. Lakukan secara berulang hingga seluruh polkadot yang kamu buat habis terangkai dengan baik dan rapi.

Step 4 : Pasang di Kayu

Sesuaikan panjang kayu yang disiapkan untuk menggantung tirai dengan lebar yang dibutuhkan, pasang tirai dengan jarak yang sama antara satu rangkaian dengan rangkaian yang lain. Ingin sentuhan yang lebih rustic? Gunakan ranting kayu sebagai pengganti kayu. Voila, hiasan dinding kamar dari kertas kado kamu siap untuk menghias kamar tidur.

Wallpaper dari Kertas Kado

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Hiasan dinding kamar dari kertas kado lainnya yaitu wallpaper sederhana dari kertas kado. Motif kertas kado yang beragam akan sangat menguntungkan bagi kamu jika ingin memanfaatkan kertas kado sebagai pilihan alternatif wallpaper kamar kamu. Dengan proses pemasangan yang rapi tentu akan mampu membuat mata tertipu bahwasanya itu adalah wallpaper bukanlah kertas kado.  Adapun langkah memasang wallpaper dari  kertas kado sebagai berikut:

Step 1 : Menyiapkan bahan yang diperlukan

  • Kertas kado dengan motif yang sama
  • Lem

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Step 2 : Bersihkan dinding

Dinding kamar yang akan menjadi area pemasangan wallpaper dibersihkan terlebih dahulu, karena debu yang menempel pada dinding akan membuat lem tidak merekat dengan baik. Hiasan dinding kamar dari kertas kado cenderung sulit menempel jika permukaannya kotor, jadi, pastikan dindingnya bersih. Agar lebih mudah, kamu dapat memberikan tanda batasan kertas kado dipasang.

Step 3 : Mulai menempel wallpaper

Kertas kado yang digunakan sebagai wallpaper Kania sarankan yang bermotif sama agar membentuk pola yang sama berulang.
Oleskan lem pada bagian belakang kertas kado secara merata, jenis lem yang digunakan sebaiknya lem yang kuat dan menempel baik pada dinding.
Setelah selesai dioleskan, tempelkan kertas kado pada bagian dinding kamar kamu, lakukan hal ini secara berulang hingga seluruh area tertutupi kertas kado, wallpaper dari kertas kado kamu siap menghiasi kamar tidurmu.

Hiasan Bentuk Hati

Hiasan dinding kamar dari kertas kado lainnya yaitu dengan membuat bentuk hati yang dapat kamu tempelkan ke dinding.
Langkah membuat hiasan hati, ialah sebagai berikut :

Step 1 : Persiapkan bahan

hiasan dinding kamar dari kertas kado

Beberapa bahan yang dibutuhkan untu membuat hiasan hati, adalah :

  • Kertas kado dengan motif yang unik
  • Lem
  • Gunting
  • Pensil

Step 2 : Membentuk hati

Gambarlah pola hati pada kertas kado dengan ukuran yang sama, jumlah dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Semakin lebar area yang ingin ditempeli hiasan hati semakin banyak jumlah hati yang kamu butuhkan.

Step 3 : Penyangga pada bagian belakang

Pada bagian belakang dari hiasan hati buatlah penyangga berbentuk balok. Hal ini bertujuan agar tempelan hati terlihat seolah melayang diatas dinding.

Step 4 : Tempelkan ke dinding

Setelah seluruh proses di atas selesai kamu kerjakan, selanjutkan kamu dapat mulai menempel hiasan hati ke bagian dinding kamar kamu.
Agar terlihat lebih menarik, tempelkan membentuk sebuah pola yang kamu inginkan.
Setelah semunya di tempel dengan rapi, maka hiasan dinding dari kertas kado dengan tema hati tentu siap menemani aktivitasmu di kamar.

Hiasan Kupu-kupu dari Kertas Kado

Hiasan dinding kamar dari kertas kado lainnya yaitu kupu-kupu. Kupu-kupu kertas salah satu hiasan dinding kamar dari kertas kado yang menjadi favorit banyak orang, semoga termasuk kamu salah satunya ya.

Step 1 : Siapkan Bahan
Siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan dinding kamar dari kertas kado berbentuk kupu-kupu, beberapa bahan yang diperlukan diataranya adalah:

  • Kertas kado, boleh polos atau berpola
  • Lem
  • Gunting
  • Pensil

Step 2 : Menggambar pola kupu-kupu

Pada kertas kado yang telah disiapkan, kamu mulai menggambar pola kupu-kupu, untuk hiasan dinding kamar dari kertas kado yang satu ini kamu membutuhkan jumlah kupu-kupu yang banyak. Kalau hiasan dinding kamar dari kertas kado terlalu sedikit, malah akan terlihat seperti tempelan.

Step 3 : Mulai menempel

Setelah jumlah yang dibutuhkan tercapai, selanjutnya kamu dapat mulai menempel kupu-kupu ke dinding.
Agar menambah kesan unik, lipat sedikit kupu-kupu kertas tepat pada bagian tengah punggungnya sehingga membentuk efek kupu-kupu terbang. Hiasan dinding dari kertas kado dengan tema kupu-kupu terbang siap menghiasi hari-hari kamu di kamar.

Baca Juga: 7 Variasi Dekorasi Dinding untuk Kamar Unik yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Suasana kamar akan menentukan kenyamanan kamu berada di kamar tersebut, jika suasana menarik tentu akan memberikan kesan yang berbeda saat kamu menghabiskan waktu di kamar. Misalnya dengan pencahayaan atau lampu hias yang tepat. Hiasan dinding kamar dari kertas kado dapat membantu kamu untuk menciptakan suasana kamar yang menarik dan atraktif.

Gimana kawan, hiasan dinding kamar dari kertas kado sangat mudah dibuat bukan? Apalagi kamu nggak memerlukan biaya banyak. Kamu juga bisa menambahkan hiasan dinding menarik dari dekoruma sebagai pelengkap. Setelah ini, coba buat sendiri hiasan dinding kamar dari kertas kado diatas yuk! Dijamin teman-temanmu akan kaget, make them go WOW!

Related Articles

Back to top button
Close
Close