Home Living

Mencari Warna Cat Pagar Rumah Yang Tepat? Ini Yang Harus Kamu Tahu!

Tidak dapat dipungkiri kalau interior rumah yang indah akan menambah daya tarik sebuah rumah secara keseluruhan. Oleh sebab itu, tidak jarang orang menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mendekorasi dan menata penampilan rumah mereka baik interior dan eksteriornya supaya tampak apik dan cantik setiap waktu.

Cat Pagar RumahVia: Telecommunications

Berbicara tentang eksterior, selain area halaman yang bisa kamu dandani dengan membuat kebun kecil, juga ada pagar rumah yang fungsinya sebagai lapisan terluar dari tempat kediaman. Pagar merupakan salah satu elemen penting yang harus dipilih secara hati-hati

Selain kekokohan dari segi material, warna cat pagar rumah juga sering menjadi bahan pertimbangan utama dalam mempercantik penampilan rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, kali ini Kania ingin membahas secara detil warna cat pagar rumah sesuai dengan material pagar yang digunakan.

Memilih Warna Cat Pagar Rumah yang Tepat Berdasarkan Materialnya

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis-jenis material pagar yang dapat dipilih dan dari setiap jenis ini, ada trik dan tips tertentu untuk mengaplikasikan cat supaya tahan lama dan menarik. Jika salah memilih warna cat pagar, bisa saja kondisi luar pagar rumah cepat terlihat usang atau mengelupas sebelum waktunya. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menyesuaikan bahan cat pagar rumah dengan material pagar yang digunakan.

cat pagar rumahVia : Pinterest

Kenali 6 macam jenis material pagar rumah dan warna cat pagar rumah yang direkomendasikan untuk hasil paling optimal:

Kayu

Pagar kayu cukup rentan terhadap perubahan kondisi cuaca seperti paparan ultraviolet dari terik matahari, siraman hujan, atau faktor-faktor cuaca lainnya akibat naik turunnya suhu dan kelembaban sepanjang waktu. Akibatnya, pagar kayu sering lebih cepat rusak terutama jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Pagar kayu juga mengandung zat tannin dan elemen natural lainnya yang tidak selalu cocok dengan cat berbahan biasa. Tidak jarang, pagar kayu sudah tampak tua dan pudar jauh sebelum waktunya akibat menggunakan warna cat pagar rumah yang tidak sesuai.

cat pagar rumahVia : Pinterest

Salah satu cara untuk merawat pagar kayu rumahmu adalah dengan memilih warna cat pagar rumah dengan lapisan acrylic latex yang berkualitas tinggi. Warna cat pagar rumah dengan bahan acrylic latex memiliki kelebihan yaitu lapisan yang menjaga kelembaban bahan kayu, terutama dari curahan hujan atau percikan air.

Warna cat pagar rumah jenis ini juga lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah dan terik matahari. Jika dibandingkan dengan cat pagar rumah berbahan minyak, maka cat pagar rumah acrylic latex lebih awet dan tahan kerusakan seperti pengelupasan atau pudarnya warna.

Besi

Pagar besi adalah salah satu material favorit untuk pagar rumah karena kuat, cukup terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran bahan bangunan. Salah satu kendala umum dari pagar besi adalah kerusakan karena karat. Oleh karena itu, pemilihan warna cat pagar rumah juga sangat penting dalam melindungi pagar besi secara menyeluruh.

cat pagar rumahVia : Pinterest

Ada beberapa jenis warna cat pagar rumah jenis besi di pasaran yang boleh dipilih sesuai dengan daya tahan terhadap cuaca, antara lain warna cat pagar rumah jenis alkyd sintetik yang mudah kering dengan kandungan pigmen titanium dioksida. Selain itu, warna cat pagar rumah jenis cat epoxy juga cukup direkomendasikan karena tidak mudah menguap jika terkena panas. Ada juga warna cat pagar rumah berbahan dasar minyak dan cat duko sehingga hasil akhir cat bisa berkilau, tahan lama dan tampak sempurna.

Beton

Pagar beton atau konkrit sering digunakan sebagai material dinding untuk pagar rumah karena memiliki kekokohan dan ketebalan yang cukup dapat diandalkan. Untuk mempercantik penampilan eksterior rumah, warna cat pagar rumah yang baik bisa merubah penampilan monoton dari pagar beton sehingga terlihat lebih menarik.

cat pagar rumah Via : Pinterest

Dalam memilih warna cat pagar rumah berbahan beton, kamu boleh menggunakan cat berbahan akrilik terutama jika kondisi permukaan pagar beton sudah cukup baik. Usahakan juga untuk memilih cat akrilik yang berkualitas tinggi walaupun harganya lebih mahal. Sebagai solusi penghematan, kamu bisa memilih cat akrilik berkualitas sedang untuk bahan dalam pagar beton sehingga bisa memangkas biaya cat pagar rumah.

Untuk pagar rumah yang sudah pernah dicat sebelumnya, gunakan primer anti noda untuk mendapatkan warna cat pagar rumah yang lebih merata. Untuk hasil akhir atau lapisan terluar, cat pagar rumah yang cocok digunakan adalah cat pagar rumah tipe acrylic latex.

Bambu

Indah, alami dan punya ciri khas tersendiri, pagar bambu banyak diminati karena menambah unsur natural yang cocok untuk kediaman yang mengutamakan tema hijau. Pagar  bambu yang tidak menggunakan warna cat pagar rumah juga umumnya akan menua dengan lapisan luar berwarna keputih-putihan yang tampak elegan, lembut dan istimewa.

cat pagar rumahVia : Bambooland

Namun, pagar bambu juga punya kekurangannya terutama jika tidak dilapisi dengan warna cat pagar rumah yang tepat. Walaupun umumnya bebas dari serangan hama, pagar bambu cukup mudah membusuk akibat tingkat kelembaban udara yang tinggi. Sangat penting untuk melapisi pagar bambu dengan cat pagar rumah jenis waterproof dan cat sealant untuk “membungkus” bahan bambu dengan seksama. Kami sarankan juga agar pagar mendapatkan perawatan rutin berupa pengecatan ulang dengan warna cat pagar rumah yang berkualitas dan sesuai setiap satu hingga dua tahun.

Batu Bata

Pagar dari  bahan batu bata memiliki keindahan dan karakter tersendiri. Susunan dari tumpukan batu bata ini umumnya disenangi karena tampak unik dan original. Oleh karena itu, biasanya penghuni rumah jarang ingin mengecat pagar rumah dari bahan batu bata karena menginginkan komposisi yang terasa lebih asli dan natural.

cat pagar rumahVia : Garden London

Namun jika kamu ingin  mengecat pagar rumah dari bahan batu bata, pastikan kondisi pagar batu bata dalam kondisi yang sempurna atau tidak memiliki cacat, pecah, atau kurang mulus. Hal ini demi mencegah masuknya resapan air ke dalam batu bata karena pori- pori dari bahan batu bata bisa menyerap air sehingga membuat pagar rumah menjadi mudah rusak. Pilihlah warna cat pagar rumah berkualitas tinggi dengan warna cat pagar rumah khusus, dimulai dari primer untuk cat dasar dan cat pagar rumah berbahan acrylic latex yang punya tingkat “breathability” yang tinggi. Pastikan juga kondisi pagar batu bata benar- benar kering dan cuaca yang mendukung selama masa pengecatan pagar rumah.

Aluminium

Pada dasarnya, pagar aluminium tidak butuh mendapatkan aplikasi warna cat pagar rumah karena pembuatan pagar aluminium biasanya sudah dilapisi dengan bahan khusus pada proses produksi. Bahan khusus ini biasanya berupa bubuk coating yang berfungsi untuk mencegah korosi dan tahan terhadap cuaca. Powder coating ini juga biasanya akan tahan dalam menjaga penampilan pagar aluminium dari pengelupasan dan karat.

cat pagar rumahVia : KMG Fence

Namun banyak juga yang ingin mencoba mengecat pagar aluminium karena banyak alasan. Oleh karena itu, warna cat pagar rumah yang disarankan adalah menggunakan primer berkualitas tinggi dan cat pagar rumah khusus eksterior yang cocok untuk pagar jenis besi, yaitu cat epoxy, cat berbahan dasar minyak dan cat duko.

Pastikan juga kamu memperhatikan tata cara dalam pengecatan yang baik dengan berkonsultasi dengan ahli warna cat pagar rumah atau ahli cat bangunan. Selain cuaca, lama pengecatan dan proses pengeringan cat pagar rumah juga akan sangat mempengaruhi hasil akhir tampilan cat pagar rumah. Oleh karena itu, jangan salah langkah agar kamu bisa mendapatkan tampilan pagar rumah yang paling memuaskan.

Baca juga: Ubah Desain Pagar Hunianmu dengan 6 Desain Pagar Kayu Minimalis Ini

Nah, sudah bisa menentukan warna cat pagar rumah seperti apa yang kamu inginkan? Jangan lupa untuk mendandani halaman depan rumah. Dekoruma memiliki banyak pilihan aksesoris taman yang unik mulai dari harga 20.000 saja lho. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa klik tombol share ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close