Warna Cat yang Tepat Bisa Buat Kamu Lebih Happy, Percaya?

oleh
loading...

Dalam mendesain rumah, pertimbangan fungsi ,preferensi model serta warna cat ruangan sepenuhnya adalah wewenang pemilik rumah. Terkadang hal ini menimbulkan kebingungan saat harus menentukan konsep setiap ruangan yang ada.

Kamu perlu tahu, setiap ruangan dalam rumah memiliki fungsinya masing-masing. Hal ini mempengaruhi warna apa yang sebaiknya digunakan untuk mengecat ruangan tersebut. Warna cat ruang tamu sebagai tempat menyambut tamu tentu berbeda dengan warna cat untuk kamar mandi. Begitu pula warna cat ruang tamu untuk ruang kerja dengan warna cat untuk kamar tidur.

loading...

Mengecat Ruangan

today.com

Ada sebuah teori mengenai pengaruh warna terhadap psikologis atau kejiwaan seseorang yang melihatnya. Teori ini disebut dengan psikologi warna. Setiap warna akan memberikan kesan dan makna yang berbeda, dampak psikologisnya juga berbeda. Mari kita bahas satu per satu bagaimana warna cat yang kamu pilih untuk ruangan di rumahmu. Yuk, dibaca!

1. Warna Cat Ruang Tamu

Ruangan pertama yang akan kita bahas adalah ruang tamu. Sebagai tempat untuk menyambut tamu, ruangan ini merupakan ruangan pertama yang akan dinilai oleh orang lain ketika berkunjung ke rumah kita. Untuk memberikan suasana ramah dan menyambut, warna cat ruang tamu sebaiknya dipoles dengan warna-warna hangat seperti kuning, oranye, merah, coklat, dan gradasi-gradasinya.

Hati-hati dengan warna merah! Jangan berlebihan menggunakan warna merah sebab jika terlalu tinggi intensitasnya akan melelahkan mata. Apalagi untuk warna cat ruang tamu, merah bisa jadi sangat riskan. Kamu juga bisa memilih tone warna merah tua seperti maroon dan burgundy. Selain warna hangat, penggunaan warna cat ruang tamu yang sejuk seperti hijau dan biru masih dapat digunakan di sini. Warna cat ruang tamu lembut dapat menentramkan pikiran dan menyejukkan mata.

Warna Cat Ruang Tamu

www.pinterest.com

Jangan lupa pilih lampu dengan warna yang yang tepat dan sesuai dengan warna cat ruang tamu kamu. Kalau kamu merasa warna cat ruang tamu tidak ada yang cocok atau kamu tidak menyukai bau cat, kamu bisa mengganti warna cat ruang tamu kamu dengan wallpaper dinding dekoratif.

 2. Warna Cat Ruang Keluarga

Selain warna cat ruang tamu, hal yang sama juga berlaku untuk ruang keluarga. Pilihan warna cerah untuk ruang keluarga, layaknya warna cat ruang tamu, akan memberikan kesan hangat, akrab, dan intim saat berkumpul dengan keluarga. Penggunaan warna putih yang berlebihan akan memberikan kesan dingin, kaku, dan berjarak. Selain itu warna abu-abu akan memberikan kesan membosankan.

Takarlah penggunaan kedua warna ini agar jangan berlebihan. Gunakan warna putih dan abu-abu dalam bentuk ornamen atau motif cat dinding saja. Di Indonesia, orang sering menyamakan warna cat ruang tamu dan ruang keluarga.

Warna Cat Ruang Keluarga

www.pinterest.com

3. Warna Cat Ruang Makan dan Dapur

Untuk cat ruang makan dan dapur, kamu dapat memilih warna merah dan oranye. Berbeda dengan warna cat ruang tamu, kamu bisa memilih warna yang sedikit berani. Kedua warna ini dapat membantu merangsang nafsu makan, sehingga cocok diaplikasikan pada ruang makan dan dapur. Kamu juga dapat menggunakan paduan warna-warna tersebut dengan warna putih agar ruangan terlihat ringkas dan rapi.

Warna Cat Ruang Makan dan Dapur

www.pinterest.com

4. Warna Cat Ruang Kerja dan Belajar

Warna yang cocok digunakan untuk ruang kerja dan ruang belajar adalah warna-warna yang dapat meningkatkan mood dan semangat menyelesaikan tugas-tugas. Padankan warna oranye dan biru untuk menghasilkan kejutan kombinasi warna komplementer di ruanganmu.

Selain itu, warna kuning dan oranye juga mampu membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan daya ingat sehingga cocok dipoleskan di ruang kerja atau ruang belajar. Namun, jangan digunakan berlebihan karena justru akan membuatmu susah berkonsentrasi. Kombinasikan dengan warna-warna yang dapat menyejukkan dan menenangkan.

Warna Cat Ruang Kerja dan Belajar

www.pinterest.com

5. Warna Cat Kamar Mandi

Kamar mandi paling cocok menggunakan warna hijau, biru, serta warna-warna turunannya seperti toska, teal, dan sebagainya. Warna-warna turunan hijau dan biru memberikan nuansa sejuk dan tenang. Selain itu, warna-warna seperti itu akan menambah kesegaran ruangan yang akan memengaruhi perasaan setelah mandi.

Warna-warna ini juga biasa disandingkan dengan warna putih untuk memberikan kesan bersih, luas, ringan, dan modern. Jika kamar mandi rumah kamu bergaya tradisional atau kembali ke alam, warna hijau ini akan semakin cocok. Tinggal kombinasikan dengan aksen warna abu-abu bebatuan atau warna coklat kayu. Dasar pemilihan warna ini kurang lebih sama dengan pemilihan warna cat ruang tamu

Warna Cat Kamar Mandi

www.pinterest.com

6. Warna Cat Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan ruangan yang paling personal, sehingga tidak ada aturan tertentu untuk pemilihan warna yang tepat. Setiap orang memiliki preferensi warna masing-masing dan dapat digunakan untuk mengecat kamar tidur agar lebih terasa personal. Berbeda dengan warna cat ruang tamu yang harus diperhatikan, kamu bisa memilih cat kamar sesukamu.

Ada beberapa warna yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan nuansa tertentu. Untuk menunjang kualitas istirahatmu, sebaiknya cat kamar dengan warna hijau, biru dan warna-warna turunannya. Warna-warna tersebut memiliki efek menenangkan dan menyejukkan mata. Kamu juga dapat menggunakan warna ungu dan coklat yang hangat. Warna ungu dan coklat mampu memberikan tampilan mewah, anggun, dan elegan pada kamar tidur. Selain itu, warna ungu juga diyakini dapat melambungkan imajinasi dan fantasi.

Warna Cat Kamar Tidur

www.pinterest.com

Jika kamu ingin mendesain kamar tidur untuk anak dan remaja, kamu dapat menggunakan warna-warna cerah dan berani. Warna-warna cerah yang dipilih tidak harus selalu merah dan kuning, warna biru cerah atau hijau cerah juga dapat menjadi pilihan. Warna-warna pink, magenta, fuchsia, dan violet yang lembut dan manis dapat digunakan untuk kamar anak dan remaja perempuan. Sementara untuk kamar anak laki-laki, padukan warna merah, biru, oranye, dan coklat yang maskulin. Namun jangan salah sangka, warna kesukaan anak-anak terkadang tidak berkaitan sama sekali dengan jenis kelaminnya. Jadi, pendapat pemilik kamar adalah hal paling penting dalam mendesain sebuah kamar tidur.

warna cat kamar tidur

www.pinterest.com

Tentukan Warna yang Tepat untuk Tiap Ruangan

Ketika kamu mulai merasa bosan dengan tampilan lama rumahmu, mengganti warna dinding dengan semburat warna baru adalah salah satu cara untuk membuat rumah terlihat lebih segar dan terawat. Kamu dapat mengubah seluruh warna ruangan, namun bisa juga memilih satu per satu ruangan untuk dirombak. Menentukan warna yang akan dipoleskan ke setiap dinding ruangan bukanlah perkara yang mudah.

Biasanya seseorang akan mencari jalan keluar yang aman dengan pilihan warna netral. Warna-warna seperti putih dan krem memang aman atau dapat dibilang cocok dengan segala ruangan, namun sebenarnya kamu tidak perlu terjebak dalam warna yang itu-itu saja. Kamu dapat memilih dari sekian banyak pilihan warna yang tersedia. Pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadianmu. Jangan hanya terpaku pada satu atau dua warna, kamu dapat mencoba padu padan berbagai warna cat rumah untuk mendapatkan nuansa yang berbeda.

Warna Cat Ruang Tamu

Dalam memilih warna, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kondisi dan tipe rumah. Contohnya, kamu dapat memilih warna-warna netral seperti putih untuk dikombinasikan dengan warna-warna seperti merah, kuning atau hitam. Dengan banyaknya jenis warna cat dinding yang dapat dipilih, sesuaikan warna cat dengan konsep masing-masing ruangan di rumah yang kamu miliki.

Baca juga: Mencari Cat Pagar Rumah Yang Tepat? Ini Yang Harus Kamu Tahu!

Pada akhirnya, warna-warna yang tepat akan dapat mempengaruhi kondisi psikologismu. Terutama pemilihan cat ruang tamu, karena di sanalah kamu dan keluargamu berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Warna yang berani dan cerah bisa meningkatkan suasana hati kamu menjadi lebih baik. Jangan takut berkreasi!

===========

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa share dengan teman-temanmu!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!