Aneh Tapi Nyata: Rumah Terbalik Benar-Benar Ada!

oleh
loading...

Pernah nggak sih kamu membayangkan tinggal di sebuah rumah yang terbalik? Terbalik dalam artian semua langit-langit ruangan yang biasanya di atas kepala kita harus bisa kita pijak. Bukan cuman langit-langitnya saja nih, tapi berbagai furniture seperti meja, kursi, sofa hingga perabotan lainnya malah berada di atas kepala kita. Waduh.

Yup, rumah terbalik atau yang disebut sebagai ‘upside down house’ ini memang sengaja didesain terbalik melawan gravitasi, di mana posisi atapnya menempel ke tanah dan lantainya di atas. Bahkan, bukan hanya bangunan saja yang terbalik tapi seluruh isi rumah pun dibuat terbalik.

loading...

Di beberapa negara, ide rumah terbalik yang berubah menjadi situs wisata memang berhasil menarik perhatian banyak orang. Kali ini, Kania bakal menyajikan buat kamu beberapa rumah terbalik yang ngehits banget di berbagai negara. Seperti apa?

Rumah Terbalik Rusia

Salah satu rumah yang terdapat di All Russian Exhibition Center di Moskow, Russia, bisa jadi adalah salah satu rumah terbalik terpopuler. Rumah bergaya musim panas Eropa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena bentuknya yang tidak lazim. Rumah terbalik ini terlihat sangat unik dari luar. Itulah alasannya mengapa rumah terbalik yang ada di Moskow ini  banyak mendapatkan perhatian.

Rumah Terbalik Rusiaunusualplaces.org

Pengunjung rumah terbalik di Moscow ini bisa merasakan sensasi ‘melayang di udara’ dengan semua perabotan rumah mulai dari sofa, meja hingga kulkas dan peralatan dapur yang juga terbalik. Bahkan makanan di atas meja pun didesain sedemikian rupa lho di rumah terbalik yang didirikan pada tahun 2014 ini.

Pengunjung Rumah Terbalikunusualplaces.org

Pengunjung Rumah Terbalikunusualplaces.org

Ruang tidur juga tak kalah unik. Baik kasur, bantal dan lampu kamar juga ditata sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung dapat merasakan tinggal di dunia yang jungkir balik. Bagian kamar mandi pun didesain terbalik, lengkap dengan kloset, bathtub, mesin cuci dan wastafelnya.

Baca Juga: 10 Desain Kafe Unik Dari Seluruh Dunia

Rumah Terbalik Taiwan

Lain Rusia, lain pula rumah terbalik yang ada di Taiwan. Bangunan rumah terbalik di Taiwan ini didesain dengan harapan pengunjung bisa menikmati pengalaman luar biasa ketika memasuki rumah ini.

Dibangun oleh sekelompok arsitek asal Taiwan yang menggabungkan konsep surreal dengan rumah khas keluarga di Amerika yang memiliki semua hal di dalamnya. Mulai dari mobil, furnitur hingga mainan yang bercecer di lantai, semuanya terbalik.

Rumah Terbalik di Taiwancbsnews.com

Rumah terbalik yang baru dibuka pada 23 Februari 2016 ini menghabiskan biaya sebesar USD 600.000 atau sebesar Rp 8 miliar. Berada di atas tanah seluas 300 m², rumah terbalik ini dilengkapi dengan furniture rumah tangga asli, seperti sofa, lampu meja, tempat tidur dengan spring bed, peralatan dapur hingga toilet.

Rumah Terbalikcbsnews.com

Kelompok arsitek yang merancang rumah terbalik ini berada di bawah naungan pemerintah Taiwan, tepatnya di departemen kebudayaan Taiwan. Terdapat juga meja yang dipenuhi dengan makanan ‘palsu’ yang di-display pada meja makan. Karena tampak nyata, pengunjung sering gatal ingin mencicipinya.

Meja Makan di Rumah Terbalikcbsnews.com

Lokasi rumah terbalik ini berada di Huashan Creative Park, suatu area yang dulunya merupakan bekas perusahaan wine dari Jepang yang disulap menjadi pedesaan yang menjadi pusat kesenian di Taiwan.

Baan Teelanka, Upside Down House di Thailand

Upside Down House ini telah dibuka sejak bulan April 2014, tentunya merupakan salah satu atraksi yang paling inovatif dan asli di Pulau Phuket. Bukan hanya berbentuk terbalik, konsep rumah terbalik ini dibangun dengan hiasan taman labirin yang diberi nama A-Maze-in Phuket, letaknya berada di halaman belakang.

Rumah Terbalik Thailandphuket.com

Rumah terbalik ini dirancang oleh pasangan asal Swiss-Thailand, yang juga merupakan seorang manager hotel internasional; Alex Riva, Dia ingin mewujudkan imajinasi masa kecilnya, saat ia bermimpi ingin membawa pengunjung bisa menjelajahi dimensi lain dan berfoto secara sensasional.

Rumah Terbalikasiawebdirect.com

Rumah terbalik yang bergaya minimalis ini dipenuhi dengan jendela kaca. Rumah cantik bercat dusty pink terlihat sangat sesuai untuk remaja millennial saat ini yang selalu ingin update dan kekinian.

Baca Juga: Harga 13 Rumah Termewah Milik Selebritis ini Pasti Bikin Kamu Kaget!

Selain Baan Teelanka dan A-Maze-in-Phuket, fitur kompleks kecil tempat ini juga mencakup kedai kopi modern yang menjual minuman, makanan ringan, dan permen. Rumah terbalik Baan Teelanka bisa menjadi tujuan kunjungan menarik bagi anak-anak hingga orang dewasa yang ingin merasakan sensasi ‘hilang’ di labirin dan rumah terbalik.

Kuala Lumpur Upside Down House, Malaysia

Beralih ke Malaysia, rumah terbalik yang baru dibuka pada 4 Agustus 2016 ini juga memiliki konsep yang sama dengan dua rumah di atas. Rumah terbalik yang diberi nama Kuala Lumpur Upside Down House ini terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

Ketika mulai memasuki rumah terbalik yang berlokasi di Kuala Lumpur Tower, Basala, Kuala Lumpur Malaysia ini, pengunjung akan disuguhi dengan tempat tidur serta sofa yang menempel di langit-langit dengan sumber cahaya yang berasal dari lantai.

Rumah Terbalik Malaysiamenarakl.com

Untuk tiket masuk sendiri, rumah terbalik Kuala Lumpur ini dibanderol RM 15 atau Rp 50 ribu untuk pengunjung dewasa. Sementara tiket untuk anak kecil dibanderol sebesar RM 10 atau setara dengan Rp 32 ribu.

Rumah Terbalik Malaysiamenarakl.com

Di rumah terbalik ini sendiri juga terdapat mobil sekaligus garasi yang juga terbalik. Rencananya, pihak Menara KL akan menambahkan taman bunga terbalik, jadi buat yang tertarik liburan ke Negeri Jiran ini, siap-siap mengunjungi taman terbalik!

Upside Down World di Bali, Indonesia

Rumah terbalik yang juga disebut sebagai museum Upside Down Wolrd ini terletak di Jalan Bypass Ngurah Rai, Pemogan, Bali.

Rumah Terbalik IndonesiaupsidedownworldIndonesia

Di dalam rumah tersebut, semua ruangan didesain dengan terbalik. Tidak hanya ruangan, semua isi ruangan seperti tempat tidur, bantal, televisi, lemari, dan rak penyimpanan juga dibuat terbalik. Tidak hanya dengan desain terbalik, keunikan tempat foto ini juga terdapat pada tata letak ruangan, perpaduan warna dari ruangan dan interior di desain dengan warna kontras agar terlihat indah di foto. Selain itu, perpaduan antara modern dan tardisional sangat terlihat di rumah ini.

Rumah TerbalikupsidedownworldIndonesia

Terlihat dari ukiran-ukiran kayu pada beberapa furniture seperti meja makan, ruang keluarga, yang digabungkan dengan  penampilan modern. Terdapat 9 ruangan dalam rumah terbalik ini, diantaranya living room yang dilengkapi dengan tungku api, master bedroom atau tempat tidur utama, ruang bermain anak, ruangan 3D, dapur, ruang keluarga, tempat laundry, toilet dan kamar mandi.

Ada juga ruangan berkonsep khas Bali yang menjadikannya semakin spesial. Jadi kamu nggak usah jauh-jauh deh buat ke luar negeri, karena di Indonesia sudah ada nih rumah terbalik yang khas banget sama Tanah Air.

Baca Juga: Terungkap! Rumah Mewah Leader Bigbang, G-Dragon yang Super Artsy!

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa share dengan teman-temanmu ya!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!