Penasaran Rasanya Tinggal di Pohon? Lihat 10 Desain Rumah Pohon Ini!

oleh
loading...

Rumah pohon bisa menjadi alternatif tempat berkumpul, bermain bersama orang terdekat selain di dalam rumah utama. Tidak hanya itu, rumah pohon yang dibangun di area sekitar rumah utama juga bisa dijadikan sebagai pemanis halaman rumah dan tempat bermain yang menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh dari rumah.

Selain dapat digunakan sebagai area bermain bersama keluarga, sebuah rumah pohon juga bisa dimanfaatkan menjadi tempat wisata. Apalagi jika rumah pohon tersebut memiliki desain yang unik dan kreatif. Bisa dimanfaatkan sebagai ladang investasi juga kan!

loading...

Rumah Pohonboredpanda.com

Karena itu memilih pondasi berupa pohon besar, kuat, dengan cabang yang tak mudah rapuh dan lapuk, serta kesuburan pohon juga harus diperhatikan lho. Pilih pohon yang usianya belum terlalu tua juga jangan yang terlalu muda. Jika membangun rumah diatas pohon yang kesuburannya tidak sesuai justru akan membayakan penghuni rumah pohon tersebut.

Membuat detail house plan juga penting untuk dilakukan. Hal itu membutuhkan keahlian khusus, berkonsultasi dengan pakarnya sangat disarankan dalam hal ini. Buatlah desain yang mencakup komponen utaman rumah pohon sederhana seperti atap, pintu, jendela, serta tangga. Berikut bocoran rumah pohon yang memiliki desain unik untuk inspirasimu nanti. Jangan lupa furniture meja dan kursi juga lebih baik berbahan kayu.

1. Rumah pohon cermin

Rumah Pohon Cerminplaceaholic.com

Desain rumah pohon satu ini sangat unik. Saat menempati rumah pohon ini kamu dengan leluasa dapat menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya. Jika rumah pohon lazimnya dibuat dari kayu,  rumah pohon ini justru dibuat dari cermin.

Rumah pohon cermin atau yang biasa disebut dengan ‘The Mirrorcube’ ini dibuat di hutan Harads, Swedia. Rumah pohon unik satu ini dibuat menggantung diantara pepohonan dengan menngunakan bahan aluminium ringan.

Pembuatan rumah pohon ini menggunakan teknologi modern. Eksteriornya disamarkan menggunakan dinding cermin sehingga dapat memantulkan kondisi lingkungan sekitanya sekaligus sebagai kamuflase. Interiornya dilapisi kayu.

Fakta uniknya lainnya mengenai rumah pohon ini adalah dilengkapinya dengan cahaya inframerah guna mencegah burung masuk dan menghampiri. Rumah pohon ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, kamar mandi, serta rooftop. Rumah pohon ini bisa ditempati dua orang lho.

2. Rumah pohon bundar

Rumah Pohon Bulatfurniturehomedesign.com

Sesuai dengan namanya, rumah pohon ini berbentuk bundar. Rumah pohon dengan desain unik ini berada di hutan hujan Vancouver, Home Lake Road, Kanada. Jika dilihat dari jarak jauh, rumah pohon satu ini tampak seperti bola mata raksasa yang bergelantungan diantara pohon-pohon.

Untuk masuk ke rumah pohon ini kamu harus melewati tangga spiral yang dibangun di pohon utama. Rumah pohon bundar ini memiliki empat ruang kamar yang bisa ditempati, namun hanya bisa menampung maksimal tiga orang saja.

Baca Juga: Sedang Ngetren, Ini 10 Manfaat Tersembunyi Rumah Kayu!

3. Rumah pohon simpel tapi elegan

Rumah Pohon Simpelpinterest.com

Nah, ini dia salah satu rumah pohon bertingkat yang lokasinya berada di Wisconsin, Amerika Serikat. Rumah pohon ini memiliki desain yang cukup sederhana dan tidak ada bedanya daripada rumah pohon yang lain. Namun, penambahan ruang tamu untuk di bagian bawah membuat rumah ini  tampak menjadi rumah pohon bertingkat yang begitu mewah.

Apalagi dengan penambahan ayunan di bagian bawah yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai menikmati suasana. Rumah pohon ini bisa kamu jadikan inspirasi kala ingin membangun sendiri rumah pohon di halaman rumah.

4. Rumah pohon di perkebunan kopi

Rumah Pohon di Perkebunan Kopinationalgeographic.com

Rumah pohon yang terlihat lapang layaknya rumah biasa ini merupakan rumah pohon di kawasan Tranquil Resort, yakni kawasan pribadi yang terletak di perkebunan kopi dan rempah-rempah di hutan hujan Kerala utara, India. Rumah pohon Tranquil terbuat dari kayu kopi lokal, dan menghadap ke perkebunan.

5. Rumah pohon tingkat tiga

Rumah Pohon Tingkat Tigaboredpanda.com

Rumah pohon yang berdiri megah ini berada di British Kolumbia, Kanada. Rumah pohon dengan tangga yang melingkar ini terdiri dari tiga buah rumah. Rumah pohon ini dibangun di tengah-tengah pohon yang menjulang tinggi. Rumah pohon gaya ini juga cocok untuk dijadikan sebuah tempat wisata yang menarik.

6. Rumah pohon sangkar burung

Rumah Pohon Sangkar Burungboredpanda.com

Sesuai dengan namanya, rumah pohon ini dalam sekali lihat memang tampak seperti sebuah sarang burung. Tetapi ternyata dibalik dinding yang didesain dengan ranting-ranting kayu yang cukup banyak ini terdapat sebuah rumah untuk tempat menginap.

Rumah ini terdiri dari dua kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. Memang sedikit ada kesan horor dan menakutkan jika dilihat dari luar. Tangga yang digunakan sebagai akses menuju pintu utama rumah juga dapat ditarik sehingga bisa mencegah penyusup untuk masuk ke dalam rumah. Diperlukan beberapa pohon pinus untuk membuat rumah pohon unik ini, hal ini karena karakteristik pohon pinus yang tumbuh lurus.

7. Rumah pohon dream hatcher

Rumah Pohon Dream Hatcherhomestylediary.com

Rumah pohon dengan desain unik ini mengingatkan pada cerita dongeng. Dengan desain berbentuk seperti telur, rumah pohon ini menyenangkan untuk ditempati. Apalagi penempatan atap yang bisa dibuka ke atas membuat leluasa untuk melihat pemandangan sekitar. Sayangnya, rumah pohon ini berukuran kecil, jadi tidak kondusif jika didatangi dengan banyak orang dan tidak bisa ditaruh banyak furniture atau dekor. Namun, karena desainnya yang unik, rumah pohon ini idola. Rumah pohon ini terletak di Whistler, British Kolombia.

8. Rumah pohon istana

Rumah Pohon Istanablueforest.com

Rumah pohon yang berbentuk istana ini dibangun oleh Blue Forest sebuah perusahaan di Inggris. Rumah ini terdiri dari dua bangunan, yakni bangunan besar bisa digunakan untuk orang dewasa dan yang kecil untuk anak-anak. Kedua bangunan tersebut dihubungkan dengan jembatan tali.

Istana ini tidak hanya unik tetapi juga menawarkan beberapa kemewahan seperti dapur lengkap dengan lemari es, kamar mandi, dan ruang tamu. Sedangkan pada bangunan kecil untuk anak-anak terdapat tiga menara besar dan beberapa fitur mewah seperti pintu tersembunyi yang mengarah ke ruang bermain dengan TV plasma. Rumah pohon yang tampak seperti rumah di dongeng ini terletak di Hertfordshire.

9. Rumah pohon kepompong

Rumah Pohon Kepomponghomedit.com

Dari kejauhan rumah pohon ini terlihat seperti kepompong raksasa yang menempel pada pohon. Pemandangan unik ini adalah hasil kreasi dari arsitek Peter Eising dan Lucy Gauntlett. Rumah pohon yang terletak di sebelah utara Auckland, Selandia Baru ini adalah Yellow Treehouse Café.

Selain bentuknya, desain rumah pohon ini juga cukup unik. Penataan bagian dindingnya yang dibuat seperti berlapis dan terbuka cocok didatangi kala ingin menikmati udara segar khas alam.

10. Rumah pohon terbesar di dunia

Rumah Pohon Terbesar Duniawittyfeed.com

Rumah pohon ini dinobatkan sebagai rumah pohon terbesar di dunia oleh Guinness Book of World Records. Seorang pria bernama Horace Burgess membangun rumah pohon yang sangat menakjubkan ini selama 15 tahun. Burgess mulai membangun rumah ini dari tahun 1993. Rumah pohon buatan Burgess ini tak hanya mengitari satu pohon melainkan tujuh pohon besar yang ada di area di sekitar tanahnya. Rumah pohon ini dibangun mengelilingi dahan-dahan pepohonan. Setiap elemen pohon dibiarkan tetap tumbuh melewati lantai dan jendela rumah tersebut.

Baca juga:  Aneh Tapi Nyata: Rumah Terbalik Benar-Benar Ada!

Bagaimana, apa kamu tertarik tinggal di rumah pohon setelah melihat rumah-rumah keren di atas? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa klik tombol share ya!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!