Home Living

Kupas Tuntas si Pagar Anti Maling: Pagar Besi

Material pagar besi dianggap tahan lama dan hemat biaya namun tidak selalu dekoratif. Dalam beberapa tahun terakhir, besi telah sering digunakan dalam desain desain pagar rumah kontemporer sebagai bagian dari struktur dan ornamen. Bahan ini adalah pelengkap yang sempurna untuk arsitektur rumah modern, karena memiliki finishing yang bersih dan sederhana. Bahkan sentuhan warna karat dari pagar rumah besi memberikan nuansa yang lebih alami, tetapi apakah Anda cukup berani menggunakan besi sebagai bahan konstruksi utama dari pagar rumah Anda?

Pagar Besititanforgewroughtiron.co.uk

Apakah Anda sedang mempertimbangkan apakah alternatif pagar besi sangat tepat untuk rumah Anda? Untuk mengambil keputusan sebaik mungkin sesuai kebutuhan Anda, pertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan material pagar besi, dan pikirkan baik-baik bagaimana masing-masing ini akan memengaruhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga: Dari 10 Desain Pagar Rumah Ini, Mana Favoritmu?

Jenis material pagar besi

Pada umumnya material besi yang sering digunakan untuk pagar rumah meliputi:

  • Besi cor (cast iron): dibentuk dengan cara cairan besi dituang ke dalam cetakan menjadi bentuk seperti yang diinginkan.

Pagar Besi Cor4.bp.blogspot.com

  • Besi tempa (wrought iron): besi tempa dalam pembentukannya dipukul-pukul dan dibengkokkan setelah dipanaskan untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

 

Pagar Besi Tempabengkellas-jakartaselatan.com

  • Besi siku: berbagai macam tipe untuk segala kebutuhan, baik yang berlubang maupun tidak.

Pagar Besi Sikudis.or.id

  • Besi beton polos maupun ulir: ada yang menggunakan tulangan besi maupun yang tidak.

Pagar Besi Betonecs7.tokopedia.net

  • Besi pipa: umumnya digunakan untuk produksi mesin maupun elemen arsitektur, hingga kebutuhan lainnya.

Pagar Besi Pipaharkusputraperkasa.com

  • Besi pelat: besi lembaran untuk segala kebutuhan, ada yang jenis berlubang maupun yang tidak serta terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari kotak hingga bulat.

Pagar Besi Pelatasyraafahmadi.com

  • Besi hollow: besi berlubang yang berbentuk pipa kotak. Besi hollow biasanya terbuat dari besi galvanis, stainless atau besi baja untuk segala keperluan.

Pagar Besi Hollowsustainingtowers.org

  • Besi nako: untuk jendela kaca nako maupun keperluan lain.

 

Pagar Besi Nakofile.bzjw.com

  • Besi wiremesh: berbentuk seperti kawat dan dianyam menjadi lembaran. Oleh karena itu di Indonesia lebih populer dengan sebutan besi atau kawat anyam atau bronjong, berbentuk kotak-kotak atau jajaran genjang.

Pagar Besi WIremeshgorjo-bg.com

Kelebihan pagar rumah besi

  • Abadi

Pagar besi dapat bertahan seiring berjalannya waktu. Tidak peduli waktu, gaya populer yang berubah setiap waktu, pagar besi tetap berdiri kokoh di sekeliling lahan Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak karakter dari hal-hal detail dengan material pagar besi untuk menambahkan sentuhan modern, tanpa mengorbankan desain klasik dan abadi yang begitu populer pada zamannya. Jadi jika Anda tidak tertarik untuk mengejar tren terbaru secara teratur, namun hanya ingin menonjolkan tampilan secara estetis, desain pagar besi merupakan pilihan tepat.

Pagar Besi Abaditennesseevalleyfence.com

  • Tahan lama

Tidak ada alternatif material pagar lainnya yang dapat menawarkan ketahanan yang hebat selain pagar besi. Hal ini menjadikan besi sebagai pilihan yang sangat cerdas untuk material pagar modern yang berpotensi tahan cuaca, seperti di sekitar area pertanian yang luas atau di daerah dengan cuaca ekstrem. Ini juga berarti jika Anda tetap merawat pagar besi, maka material ini bahkan sanggup tahan lebih lama.

  • Serbaguna

Tidak satu pun rumah di mana Anda tidak dapat menemukan desain pagar besi yang sesuai dengan segala situasi. Hal ini membuat alternatif pagar besi cukup serbaguna, dibandingkan dengan material lain yang mungkin tidak cocok dengan latar belakang gaya arsitektur atau lanskap tertentu. Dengan pengerjaan pagar besi yang tepat, pilihan Anda untuk desain pagar besi pada dasarnya tidak terbatas.

Pagar Besi Serba Gunakmgfence.com

  • Keamanan

Material pagar besi nyaris tidak dapat dirusak dan mudah dirancang untuk memiliki pengaman langsung terhadap kemungkinan dipanjat oleh para penyusup. Pagar kayu bahkan tidak bisa memberikan tingkat kekokohan yang sebanding atau bahkan tidak mudah menghalangi orang untuk memanjatnya. Tentu saja, itu berarti bahwa Anda harus menambahkan profil dan sudut tajam pada desain pagar besi Anda, tetapi justru detail pengaman itu memiliki pesona tersendiri.

Pagar Besi Amanbbdiscovery.com

  • Anti hama

Jika Anda pernah mengalami masalah dengan hama yang merusak pagar di masa lalu, ada kabar baik: tidak ada yang bisa menggerogoti pagar besi! Dengan desain yang tepat, model pagar besi modern benar-benar bisa mencegah binatang perusak yang menjengkelkan dari rumah Anda seluruhnya. Jadi jika hama mengganggu rumah Anda, pagar rumah besi merupakan pilihan tepat.

Pagar Besi Anti Hamacaliforniafenceco.com

Baca Juga: Mencari Warna Cat Pagar Rumah Yang Tepat? Ini Yang Harus Kamu Tahu!

Kekurangan pagar besi

  • Kurangnya privasi

Kurangnya Privasi Pagar Besi

thefenceplace.com

Sebagian besar desain pagar besi disebut desain terbuka, yang berarti Anda bebas melihat pemandangan luar demikian pula orang luar bisa melihat ke bagian dalam halaman Anda. Beberapa orang mungkin menganggap ini positif—jika Anda memang menginginkan keamanan, tetapi tidak ingin menyembunyikan rumah atau halaman Anda. Tetapi banyak orang akan menganggap kurangnya privasi sebagai kelemahan. Anda dapat mengurangi masalah ini dengan sejumlah solusi cerdas, mulai dari panel khusus untuk menambahkan privasi pada model pagar besi hingga penggunaan semak dan tanaman hijau secara cerdik.

  • Mahal

Sayangnya, daya tahan pagar besi itu berarti membutuhkan biaya yang relatif mahal. Besi bersifat padat, berat, dan lebih sulit untuk dikerjakan. Sangat mudah untuk memperkirakan mengapa biaya pemasangan pagar besi lebih tinggi daripada pagar kayu, beton, dan lain-lainnya. Anda tidak perlu menggunakan material pagar besi yang baru untuk mendapatkan tampilan estetis dengan banyak manfaat yang sama. Tentu saja, Anda bisa mempertimbangkan besi sisa potongan yang banyak terdapat di daerah sekitar Anda atau menggabungkannya dengan material lain. Just be creative!Pagar Besi Wiremeshfile2.okorder.com

  • Perlu pemeliharaan

Material pagar besi biasanya sangat rentan terhadap aus karena perubahan cuaca. Untuk menghindari pagar besi dari keausan, Anda perlu melakukan sedikit perawatan dari waktu ke waktu untuk menjaga keawetannya. Tentu saja, ini tidak jauh berbeda dengan model pagar rumah lainnya, namun hasilnya untuk jangka panjang bisa lebih mahal pada pagar rumah besi, karena biaya material besi yang lebih tinggi, maka relatif sulit untuk mengganti bagian yang rusak dan berkarat.

Pemeliharaan Pagar Besihartfordwireworks.com

  • Pemasangan membutuhkan kerja keras

Pemasangan Pagar Besifencecity.com

Pagar rumah besi yang berat membutuhkan lebih banyak kerja keras untuk memasangnya dengan benar dan menuntut perkuatan yang tepat agar tidak tumbang begitu saja di tanah tertentu. Itu berarti Anda akan lama mengerjakannya, atau bahkan Anda akan membayar lebih mahal untuk pemasangannya. Inilah salah satu dari sedikit kerugian yang tak tanggung-tanggung untuk memilih model pagar besi.

Baca juga: Furniture 101: Metal, si Kuat dan Awet

Alternatif desain pagar rumah besi

Selain besi tempa dengan tampilan dekoratif klasik yang tetap populer hingga sekarang, berikut ada beberapa alternatif desain pagar besi yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Biarkan karat menghasikan warna pelat besi alami. Menggunakan pelat besi berkarat dalam desain pagar rumah kini menjadi lebih populer, mungkin karena karat menghilangkan tampilan kaku dari material tersebut. Karat menghadirkan warna tersendiri yang mudah dikaitkan dengan tanah dan kebun yaitu nuansa oranye, merah, dan coklat. Pelat besi berkarat yang digunakan sebagai pagar rumah memiliki tampilan yang hampir alami dengan warna dan teksturnya. Kekakuan material ini juga dapat dilunakkan dengan penambahan deretan bunga warna-warni yang senada dengan karat itu.
  • Kombinasikan besi dan batu untuk perpaduan yang serasi. Tidak semua besi dalam desain pagar rumah modern berupa bentuk lembaran. Kawat besi bronjong yang diisi dengan batu sekarang banyak digunakan untuk menciptakan dinding pagar rumah yang menarik dan hemat biaya. Pagar besi bronjong mudah digunakan dan direkatkan seluruhnya. Besi bronjong akan berkarat pada waktunya nanti, namun beberapa produsen menjaminnya selama 50 tahun.

Pagar-Besi-Batu printerest.com

  • Gunakan besi gelombang. Ada alternatif selain pelat besi atau batang-batang besi untuk desain pagar rumah besi. Panel besi galvanis bergelombang, yang banyak disukai sebagai material atap dan bahan bangunan murah di masa lalu, dapat digunakan di sebagai elemen dekoratif. Bayang-bayang yang tercipta di sepanjang garis kerutan menampilkan tekstur yang menarik.
  • Tambahkan kualitas dengan stainless steel. Dari panel besi gelombang berbiaya rendah, kita beralih ke stainless steel atau baja tahan karat. Bahan ini bisa mahal dan kokoh dalam bentangan besar, jadi menggunakannya pada detail kecil pagar besi dapat menjadi pembatas dekoratif dengan solusi biaya yang paling efektif. Baja tahan karat membutuhkan lebih banyak perawatan daripada besi galvanis atau Cor-Ten, dan perlu dipoles secara teratur agar permukaannya tetap bersih dan reflektif.

 

Pagar Besi Stainless Steelstatic1.squarespace.com 

  • Tampilan modern dengan batang atau setrip besi. Gunakan deretan batang atau setrip besi yang kokoh untuk daya tarik modern. Dengan sentuhan tanaman yang tumbuh di sepanjang pagar besi akan menonjolkan kekuatan material pagar besi.
  • Kombinasikan besi dan air. Elemen air yang sederhana ini, dapat dibuat dari pelat besi berkarat, memungkinkan tekstur batu, besi dan air yang berbeda untuk menciptakan kontras. Kontras juga dapat diciptakan oleh pancuran air terjun yang mengalir ke kolam di bawahnya.
  • Pintu gerbang yang sesuai. Daya tahan, kekuatan, dan kemudahan penggunaannya membuat besi menjadi material yang sempurna untuk gerbang selama ribuan tahun. Jika Anda merasa pelat besi cukup mahal, Anda bisa menggunakan besi setrip untuk menambahkan sentuhan khusus.

Baca Juga: 10 Desain Pagar Rumah Unik yang Nggak Pernah Kamu Pikirkan Sebelumnya

Jadi, apa kamu memuutuskan untuk memakai pagar besi di rumah? Semoga artikel ini bisa jadi pertimbangan kamu sebelum membangun pagar besi, ya! Di sisi lain, kalau kamu punya masalah interior, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close