Home Living

7 Hal yang Sering Kelupaan di Desain Dapur Minimalis Masa Kini

Desain dapur minimalis memang kerap menjadi pilihan untuk kamu yang nggak mau ribet dalam menentukan konsep yang pas pada dapur. Namun, desain dapur minimalis nggak berarti semuanya harus diminimalisir atau dibuat sesederhana mungkin, lho! Ada beberapa hal dan juga kebutuhan pada desain dapur minimalis yang nggak boleh kamu lupakan atau sampai tertinggal.

Desain Dapur Minimalisdecor.fathombarharbor.com

Untuk membuat desain dapur minimalis milikmu makin maksimal, simak hal-hal apa saya yang harus kamu perhatikan dan nggak boleh sampai ketinggalan saat mengaplikasikan desain dapur minimalis berikut!

1. Desain Dapur Minimalis dengan Storage yang Terbatas

Menghadirkan desain dapur minimalis bukan berarti kamu bisa meminimalisir segala hal. Ada beberapa bagian dapur yang nggak boleh kamu sepelekan dan mengurangi jumlahnya demi desain dapur minimalis. Salah satunya adalah storage.

Desain Dapur Minimalis Storagepinterest.com

Sudah bukan rahasia jika dapur merupakan salah satu ruang yang membutuhkan storage dalam jumlah besar. Mulai dari bahan dan bumbu memasak hingga perkakas memasak tentu memerlukan ruang penyimpanan. Desain dapur minimalis tanpa storage yang memadai akan membuat dapur milikmu menjadi berantakan. Hal ini, tanpa disadari tidak hanya merusak visual tapi juga menghilangkan atmosfer minimalis pada dapur, lho!

Untuk itu, selalu pastikan kamu menyiapkan kabinet yang memadai pada desain dapur minimalis. Kamu bisa membuat kabinet yang ditanam di dinding atau tersembunyi di bawah island jika tidak ingin membuat desain dapur minimalis menjadi sesak dan tentunya kehilangan esensi minimalisnya. Membuat kabinet yang sederhana tanpa detail rumit juga akan membantu memaksimalkan desain dapur minimalis milikmu

2. Desain Dapur Minimalis tanpa Area Kerja yang Fleksibel

Ada beberapa aktivitas utama yang perlu diakomodasi oleh desain dapur minimalis milikmu. Aktivitas tersebut adalah menyimpan peralatan dan bahan makanan, membersihkannya, dan menyiapkannya sebelum kemudian dimasak. Jika kamu ingin mengakomodasi setiap fungsi, desain dapur yang muncul malah desain dapur minimalis yang super ribet.

Desain Dapur Minimalis dengan Area Kerja Minimalisdickorleans.com

Untuk itu, jangan ketinggalan untuk menciptakan area kerja yang fleksibel pada desain dapur minimalis yang kamu miliki. Contohnya dengan membuat area sink yang bisa dimodifikasi menjadi area potong dan mempersiapkan bahan makanan. Kamu juga bisa menanam microwave dan alat elektronik lainnya pada area-area yang kurang terpakai seperti diatas cooker hood.

Baca Juga: Kitchen Set Sederhana Tetap Optimal Jika Kamu Tahu 5 Hal Berikut!

Dengan fleksibilitas dari kitchen set, desain dapur minimalis kamu nggak akan tampil berlebihan dan tentunya akan membuat aktivitasmu jadi jauh lebih effisien.

3. Terlalu Banyak Peralatan di Desain Dapur Minimalis

Nggak bisa dihindari dapur memang memiliki banyak sekali peralatan yand diperlukan. Namun kehadiran berbagai peralatan ini bisa membuat esensi minimalis dari desain dapur minimalismu memudar.

Saat tengah menata desain dapur minimalismu, pastikan kamu mengutamakan peralatan dapur yang utama dan paling dibutuhkan saja. Peralatan ini juga bisa kamu siasati dengan menempatkannya built-in pada kabinet di dapur.

Desain Dapur Minimalis Kabinetonetopdesign.net

Untuk peralatan lain yang jarang digunakan bisa kamu simpan di dalam kabinet agar dapur tetap terlihat bersih dan tentunya minimalis.

Baca Juga: Kenapa Dapur Minimalis Bisa Jadi Pilihan Tepat Untuk Rumah Impianmu?

4. Desain Dapur Minimalis dengan Warna Monoton

Banyak yang terkadang melupakan pengaturan warna dalam mewujudkan desain dapur minimalis, padahal warna memegang pengaruh besar untuk membuat visual dari desain dapur minimalis menjadi menarik. Beberapa orang masih khawatir pemilihan terlalu banyak warna akan membuang esensi minimalistik pada desain dapur minimalis miliknya.

Meminimalisir penggunaan warna bukan berarti kamu harus tampil dengan desain dapur minimalis dengan satu warna monoton . Manfaatkan elemen-elemen minor seperti peralatan masak yang juga berfungsi dekoratif dengan warna kontras untuk menghidupkan suasana pada desain dapur minimalis milikmu.

Warna Desain Dapur Minimalisroohome.com

Mengaplikasikan dua hingga tiga warna yang berbeda juga masih sah-sah saja. Namun, untuk menjaga kesan minimalis pada dapur, pilihlah dekor dengan warna menarik dan dengan tone yang masih senada. Pilihan warna gradasi adalah pilihan paling aman untuk kamu yang masih ragu bereksperimen dengan warna.

5. Pencahayaan yang Terabaikan

Satu hal lagi yang suka ketinggalan saat hendak menciptakan desain dapur minimalis adalah instalasi lampu tambahan guna memaksimalkan pencahayaan pada dapur. Nggak hanya mempermudah aktivitas di ruang dapur, pencahayaan yang baik juga bisa memperkuat definisi dari desain dapur dan juga memberikan visual yang lebih baik pada dapur secara keseluruhan.

Pencahayaan Desain Dapur Minimaliscloudfront.net

Untuk itu, selain lampu utama di tengah ruangan, jangan lupakan juga lampu-lampu tambahan seperti pada bagian bawah kabinet gantung untuk menerangi dinding backlash atau spotlight pada titik-titik yang ingin kamu eskpos seperti jika kamu meletakkan lukisan atau dekorasi pada dapur.

6. Material yang Tidak Pas pada Desain Dapur Minimalis

Salah satu elemen yang juga menenetukan apakah desain dapur minimalis kamu berhasil diaplikasikan atau tidak adalah pemilihan material. Untuk memberikan kesan minimalis, kamu nggak perlu takut bereksperimen dengan bermacam-macam material, dengan kombinasi furniture yang pas, dapur tetap dapat terlihat minimalis.

Cermin di Kabinet Desain Dapur Minimaliscapilarestetic.com

Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah menggunakan cermin. Kamu bisa mengaplikasikan cermin pada dinding backlash atau daun pintu kabinet. Meski merupakan material yang berbeda, sifatnya yang reflektif akan membuatnya mampu berbaur apik dengan material lainnya.

Baca Juga: Maksimalkan Kitchen Set Mini Kamu dengan 9 Trik Ini!

Selain itu, material metal sebagai detail seperti alumunium dan stainless juga memiliki karakter yang cukup netral untuk kamu kombinasikan dengan berbagai material lainnya di desain dapur minimalismu.

Satu hal lagi yang jangan sampai ketinggalan, elemen pada desain dapur nggak cuma kitchen set, jadi pastikan material yang kamu gunakan pada dinding dapur, lantai, plafon dan juga berbagai aksesoris dapur lainnya selaras dengan konsep minimalis yang kamu inginkan.

7. Perabot yang Terlalu Mahal

Minimalis nggak hanya soal desain, tapi juga soal biaya. Banyak yang merasa sulit untuk menciptakan desain dapur minimalis keren dengan budget terbatas. Faktanya, nggak semua perabot minimalis memiliki harga yang mahal, lho. Di Dekoruma, kamu bisa menemukan berbagai perabot dapur minimalis dengan range harga yang beragam. Mulai dari yang ekonomis, hingga mahal dan berkualitas premium.

Perabotan Desain Dapur Minimalisroohome.com

Lagipula, desain dapur minimalis nggak hanya soal menghadirkan perabot minimalis, melainkan desain ruang secara menyeluruh, termasuk penataan dan juga elemen lainnya seperti lantai, dinding, dan juga ceiling. Jadi, jangan habiskan uangmu untuk membeli perabot minimalis, karena itu bukan jaminan desain dapur minimalis menjadi sempurna!

Baca Juga: 7 Desain Lantai yang Bikin Rumahmu Anti Mainstream

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan membangun kitchen set dan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close