Hati-hati, Salah Memilih Jenis Spatula Bisa Menyebabkan Kanker!

oleh
loading...

Apakah kamu salah satu yang memiliki hobi masak? Beruntung bagi kamu karena memasak memang merupakan salah satu kegiatan yang asyik dimana kita bisa menyalurkan kreativitas dan juga seni melalui masakan yang dibuat. Namun, dibalik hobi memasak, apakah kamu mengenal dengan baik peralatan dan bahan yang dipakai memasak?

Kebanyakan orang tidak begitu mengenal istilah peralatan yang digunakan dalam memasak, kecuali peralatan umum seperti sendok, panci, teflon, mangkuk dan lainnya. Padahal salah satu peralatan masak ini memang sering dijumpai di dapur kamu lho. Yup! Itu adalah spatula. Spatula biasanya digunakan untuk menyendok makanan, mengaduk adonan atau bahkan mengambil makanan dari penggorengan untuk disajikan di atas piring.

loading...

Jenis Spatula

media.consumeraffairs.com

Tapi, tahukah kamu mayoritas jenis spatula biasanya memang terbuat dari plastik atau logam dan cenderung lebih tidak aman dikonsumsi, terutama ketika berbaur dengan makanan yang ada karena bahan material pembuatannya?

Coba tengok ke dapur kamu, ada beberapa peralatan masak atau jenis spatula yang terbuat dari bahan plastik? Jika banyak, kamu harus berhati-hati untuk menggunakan jenis spatula tertentu agar keluargamu terhindar dari bahaya penyakit jangka panjang.

Jenis Spatulapinterest.com

Dilansir oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika, mengenai peraturan soal penggunaan bahan plastik yang digunakan untuk semua peralatan masak mulai dari jenis spatula, sendok, talenan dan berbagai peralatan lainnya terkait kemungkinan timbulnya zat kimia berbahaya yang dihasilkan pada saat proses pemanasan makanan terjadi.

Baca Juga: 8 Panci Masak yang Bisa Membuat Masakanmu Lebih Enak!

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika di dapurmu ada jenis spatula dari bahan plastik; mulai dari bahaya dengan efek jangka pendek sampai dengan efek jangka panjang.

Meleleh jika Terkena Makanan Panas

Kebanyakan jenis spatula memang terbuat dari plastik, apalagi yang terlihat menarik dengan menggunakan warna-warna beragam. Tapi, dibalik jenis spatula plastik yang cantik, efeknya sangat berbahaya. Peralatan memasak seperti spatula berbahaya jika digunakan untuk makanan panas karena berpotensi meleleh, alhasil kandungan senyawa berbahaya yang meleleh pun dapat terserap ke dalam makanan.

Jenis Spatula Melelehfarm8.static.flickr.com

Timbul Efek Keracunan

Efek paling berbahaya seperti keracunan juga dapat ditimbulkan dari jenis spatula plastik yang kamu gunakan loh. Contoh, jika kamu menggunakannya untuk memasak atau mengaduk makanan yang panas, plastik dapat melepaskan racun dalam makanan dan menimbulkan bahaya keracunan bagi si penggunannya.

Jenis Spatulafaceatious.co

Osteoporosis yang Berkepanjangan

Apakah kamu memiliki jenis spatula berbahan aluminium di rumah? Putuskan untuk tidak menggunakannya kembali mulai dari sekarang. Tahukah kamu, kandungan aluminium di dalam jenis spatula yang melebihi dosis normal dalam tubuh dapat menjadi pemicu timbulnya osteoporosis?

Tentunya, hal ini dapat menghambat pertumbuhan tulang karena senyawa aluminium dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi untuk metabolisme tubuh.

Jenis Spatula Plastikmyceramicglasscooktop.com

Di atas adalah contoh dari akibat yang ditimbulkan dengan penggunaan jenis spatula plastik. Lalu, bagaimana memilih jenis peralatan masak yang aman untuk keluarga kamu dan tidak dapat menyebabkan penyakit jangka panjang seperti kanker?

Jenis Spatula Kayu, Aman dan Bernilai Estetika

Daripada kamu memilih jenis spatula yang mengandung bahan plastik, tidak ada salahnya untuk memilih jenis spatula dengan bahan kayu. Jenis spatula kayu cukup menjadi pilihan untuk memasak. Salah satu keuntungannya adalah permukaannya yang kokoh dan tidak tajam, sehingga tidak akan merusak panci atau wajan. Selain itu, jenis spatula kayu tidak akan menyerap panas sehingga aman digunakan walau terkena suhu tinggi.

Jenis Spatula Kayuimg0.etsystatic.com

Untuk dekorasi dapur kamu, jenis spatula kayu juga dapat memperindah tatanan dapur karena dihiasi oleh elemen kayu yang alami dan natural. Kamu bisa membuatnya dengan cara menggantung spatula kayu pada dapur pada rak dinding supaya juga mudah dijangkau jika ingin digunakan untuk memasak.

Jenis Spatula Stainless Steel, Daya Tahan Lama

Salah satu contoh jenis spatula yang aman digunakan adalah yang terbuat dari bahan stainless steel. Terdapat tiga ukuran mulai dari ukuran yang bervariasi mulai dari kecil, sedang dan besar. Spatula ini cukup aman untuk digunakan walaupun terkena makanan panas. Daya tahan dari jenis spatula stainless steel ini terbilang cukup lama, tapi jangan pernah menggunakannya pada wajan anti lengket.

Jenis Spatula Stainless Steelhayesgardenworld.co.uk

Jenis Spatula Silikon, si Tahan Panas

Untuk jenis spatula yang satu ini, biasanya terbuat dari bahan silikon berwarna warni yang lucu sehingga menarik untuk digunakan saat memasak. Bahkan kabarnya, jenis spatula silikon lebih populer daripada yang lainnya. Satu keunggulan dari jenis spatula silikon ini adalah lebih tahan panas terhadap suhu makanan yang tinggi sama seperti spatula kayu.

Jenis Spatula Silicon

ae01.alicdn.com

Ini juga merupakan alternatif dari jenis spatula plastik. Bahan silikon lebih tahan panas; terutama pada suhu yang jauh lebih tinggi sekitar 315 derajat celcius dan lebih anti lengket jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun, jenis spatula silikon juga bisa terlalu licin dan mengikis bagian bawah wajan.

Baca Juga: Hati-hati! Salah Memilih Piring Bisa Menyebabkan Kanker

Jenis Spatula Nilon, Desain Sirip Tebal

Hampir sama dengan material peralatan masak wajan anti lengket, jenis spatula nilon juga cukup aman asal tidak terkena goresan dan elemennya masuk ke dalam makanan. Banyak jenis spatula anti lengket yang terbuat dari bahan nilon, dengan desain sirip tebal dan kurang fleksibel jika digunakan memasak di wajan yang halus. Jika kamu memiliki jenis spatula ini, pastikan untuk tidak menggunakannya di makanan dengan suhu yang panas.

Jenis Spatula Nilonwebstaurantstore.com

Jenis Spatula Logam, Favorit di Dapur

Ini dia salah satu jenis spatula favorit Ibu di rumah! Spatula logam berbentuk datar dan biasanya digunakan untuk membalik makanan yang sedang dipanggang atau dimasak di atas wajan. Pada bagian jenis spatula ini, biasanya terdapat beberapa lubang yang ada di bagian bawahnya. Selain itu, spatula logam ini juga berfungsi untuk mengangkat dan menyajikan makanan.

Jenis Spatula Logamae01.alicdn.com

Tidak semata-mata semua peralatan memasak dan jenis spatula yang kamu gunakan harus dibuang begitu saja. Kamu tetap bisa memanfaatkanya dengan pemakaian yang hati-hati.

Kamu juga bisa menghindarinya dengan cara menempatkan jenis spatula sesuai dengan kondisi ketika memasak. Misalnya, jika memang kamu sedang memasak makanan dengan suhu panas tinggi, usahakan untuk lebih menggunakan jenis spatula kayu atau silikon. Namun, jika hanya untuk memindahkan makanan, kamu bisa mencoba jenis spatula yang plastik atau nilon.

Baca Juga: 10 Jenis Pisau yang Dipakai Chef Terkenal

Lalu, hindari mengombinasikan peralatan masak wajan teflon anti lengket dengan jenis spatula stainless steel karena dapat menyebabkan kerusakan pada elemen wajan anti lengket yang terkupas, itu akan berbahaya untuk makanan. Gunakan juga jenis spatula khusus jika kamu ingin membuat dekorasi kue ulang tahun dengan menggunakan jenis spatula frosting.

Jenis Spatula Frosting

Karena spatula adalah peralatan dasar yang harus kamu miliki di dapur, jangan sampai benda ini menjadi bahaya atau ancaman bagi kesehatan keluarga kamu. Pintar dalam memilih jenis spatula dari bahan materialnya menjadi pekerjaan rumahmu. Yuk, kamu bisa dapatkan berbagai aneka jenis spatula yang aman untuk memasak di Dekoruma! Tentunya dengan berbagai pilihan desain dan warna yang lucu.

Lebih Lanjut: Kenalan dengan Macam-Macam Spatula, Yuk!

Setelah mengetahui jenis-jenis panci di atas, semoga kamu nggak bingung lagi ya memilih jenis panci untuk kreasi masakanmu! Kamu bisa loh membeli jenis panci di atas secara online lewat dekoruma. Kita menyediakan berbagai peralatan dapur dan ruang makan yang bisa kamu pilih. Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan design & build kitchen set. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Kalau suka dengan artikel ini, klik tombol biru dan share dengan teman-temanmu ya!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!