Home Living

10 Jenis Pisau yang Dipakai Chef Terkenal

Aktivitas memasak memang memiliki segudang kenikmatan sendiri dalam menyalurkan hobi kamu. Selain membutuhkan keterampilan dalam hal memasak, kamu juga membutuhkan berbagai peralatan masak dasar, mulai dari peralatan seperti panci, wajan, talenan bahkan pisau dapur.  Pernahkah kamu merasa kebingungan ketika melihat satu set jenis pisau dapur yang sedang di-display di salah satu etalase supermarket atau di toko peralatan masak? Biasanya, terdapat beberapa jenis pisau dapur yang banyak untuk digunakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Jenis Pisauimages.123haitao.com

Bahkan chef terkenal pun juga sudah memiliki berbagai jenis pisau dapur tersendiri yang digunakan untuk menciptakan berbagai kreasi makanan baik kelas nasional maupun internasional. Sebenarnya, jenis pisau dapur yang digunakan kurang lebih sama dengan yang kita gunakan untuk memasak makanan untuk keluarga.

Baca Juga: Hati-hati! Salah Memilih Piring Bisa Menyebabkan Kanker

Nah, bagaimana cara memilih jenis pisau dapur—khususnya bagi kamu yang pemula? Ini dia tips dan trik dalam memilih pisau dapur yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Membeli Satu Set Pisau Dapur

Untuk kamu yang pemula dan tidak mau repot, membeli satu set pisau dapur akan menjadi lebih mudah, dengan ini kamu akan mendapatkan jumlah dan jenis pisau dapur lengkap dengan wadahnya. Misalnya, jumlah yang didapatkan biasanya lebih fix serta dapat dicocokkan dengan kebutuhan memotong makananmu.

Jenis Pisau Setimages.crateandbarrel.com

Ketahui Bahan Pembuat Pisau Dapur

Setelah kamu mengetahui cara membelinya, kamu juga harus mengetahui bahan pembuatannya. Biasanya, pisau dapur memiliki bahan yang berbeda-beda dan berpengaruh pada karakteristik, ketajaman dan cara merawatnya. Pilih jenis pisau dapur dengan bahan baja seperti carbon dan stainless steel karena selain tajam, benda ini juga anti karat.

Jenis Pisau Stainless Steelbigw.com.au

Coba Sebelum Membeli

Kamu patut mencoba pisau dapur sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan; seperti berat, ukuran dari jenis pisau dapur. Sesuaikan dengan genggaman tanganmu, jangan terlalu berat dan terlalu ringan agar lebih stabil jika digunakan. Jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu ya.

Baca Juga: Hati-hati, Salah Memilih Jenis Spatula Bisa Menyebabkan Kanker!

 

Jenis Pisau Budget

secure.img1-fg.wfcdn.com

Untuk kamu yang belum paham betul mengenai jenis pisau dapur yang akan digunakan, ini dia beberapa jenis pisau dapur ala chef terkenal yang bisa kamu gunakan untuk berkreasi di dapurmu sendiri:

Chef’s Knife

Pisau ini termasuk jenis pisau dapur yang serbaguna karena dapat digunakan untuk memotong apa saja. Chef’s Knife ini biasanya sangat banyak dijual di pasaran, dari segi bentuknya, pisau dapur ini memang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sangat pas untuk digunakan memotong dan mengupas makanan. Pisau ini dapat memotong daging dan tulangnya walau agak sedikit lebih sulit dan memerlukan tenaga.

Jenis Pisau Chefrhinelandcutlery.com

Slicing Knife

Jika dibandingkan dengan chef’s knife, slicing knife ini memiliki bentuk yang lebih panjang dan runcing. Jenis pisau dapur ini lebih berguna untuk mengiris daging atau ikan yang super tipis karena memiliki mata pisau yang lebih tajam. Kalau menurut chef terkenal seperti Gordon Ramsay, kunci dari menguliti ikan dan daging adalah dengan menggunakan pisau tajam yang fleksibel. That’s why kamu juga butuh jenis pisau dapur tipe slicing knife untuk di dapurmu. Selain itu, jenis pisau dapur ini juga bisa digunakan untuk mengiris bahan lainnya seperti bawang, tomat, timun ataupun mengelupas kulit buah.

Jenis Pisau Slicingshun.kaiusaltd.com

Cleaver Knife

Biasa digunakan para chef terkenal di Tiongkok, cleaver knife berfungsi untuk mencincang makanan, sayur, dan memotong tulang daging yang besar karena bentuknya yang lebar. Jenis pisau dapur ini memiliki bentuk persegi dan cukup berat. Gagangnya yang lebih kokoh dibandingkan dengan jenis pisau lainnya. Biasanya sih, kamu juga dapat menjumpai jenis pisau dapur ini di tukang daging.

Jenis Pisau Cleaverkitchen-knife.jp

Utility Knife

Saat dilihat sekilas mata, kamu pasti sulit membedakan antara Utility Knife dengan Chef’s knife. Yup! Karena kedua jenis pisau dapur tersebut hampir memiiki bentuk yang mirip. Dari segi ukurannya pun, jenis pisau dapur ini lebih kecil daripada Chef’s knife. Di dunia memasak, utility knife adalah jenis pisau dapur yang sering digunakan oleh para chef handal. Jenis pisau ini dapat digunakan untuk segala potongan yang tidak terlalu sulit serta sampai ke tingkat yang sulit.

Jenis Pisau Utilityimages-na.ssl-images-amazon.com

Paring Knife

Ukurannya hanya berkisar antara 5-10 cm saja dan lebih kecil daripada jenis pisau dapur lainnya. Dalam sekali lihat, kamu dapat mudah membedakan antara pairing knife dari yang lainnya. Fungsi pairing knife? Tentu saja dapat digunakan untuk mengupas buah, memotong sayuran dan memisahkan kulit udang. Uniknya, jenis pisau dapur ini dapat juga dipakai untuk menghias makanan.

Jenis Pisau Paringwebstaurantstore.com

Bread Knife

Siapa di sini yang suka membuat roti di rumah? Bagi kamu yang suka membuat roti di rumah, kamu wajib memiliki bread knife. Jenis pisau dapur digunakan untuk mengiris roti secara sempurna tanpa membuatnya hancur. Secara bentuk, bread knife memiliki ukuran yang lebih panjang dan bergerigi. Jenis pisau dapur seperti bread knife ini memiliki dua jenis pegangan yang disebut klasik dan offset. Jangan khawatir jari kamu terpotong dengan pisau ini.

Jenis Pisau Breadwebstaurantstore.com

Boning Knife

Satu lagi jenis pisau dapur yang menjadi pilihan para chef terkenal adalah Boning knife. Ciri khas dari pisau ini adalah bentuknya yang melengkung serta mengecil di bagian ujung. Jika kamu berniat memisahkan daging dari tulangnya, jenis pisau dapur ini adalah pilihannya. Jenis pisau ini sengaja didesain melengkung agar mempermudah para chef untuk mengontrol pemotongan jenis daging apapun.

Jenis Piasu Boningukpreppersguide.co.uk

Fluting Knife

Coba ke dapurmu, pasti dengan cepat kamu dapat menemukan jenis pisau dapur ini. Hampir sama dengan parring knife, fluting knife memiliki ukuran lebih kurang 5-10 cm yang berguna untuk membuat hiasan pada piring agar makanan lebih terlihat indah dan menarik untuk disajikan. Jenis pisau dapur ini sangat membantu para chef untuk bekerja lebih cepat di hotel dan restoran. Bentuk dari fluting knife lebih tajam dan berlekuk agar memudahkan si penggunannya. Sebagai gantinya, pemakaian tempat penyimpanan untuk jenis pisau ini harus sangat diperhatikan. Disarankan memakai rak dinding supaya bisa mengakomodasi bentuk dari pisau itu sendiri.

Baca Juga: Kitchen Set Sederhana Tetap Optimal Jika Kamu Tahu 5 Hal Berikut!

Jenis-Pisau-Flutting.jpgsecure.img2-fg.wfcdn.com

Carving Knife

Tidak jauh berbeda dengan jenis pisau dapur lainnya, carving knife terkadang dapat membingungkan karena fungsinya juga hampir sama dengan yang lain. Jenis pisau dapur ini memiliki bentuk yang tipis dan runcing. Jika dibandingkan dengan Chef’s knife, bagian pisau ini cenderung lebih tipis. Biasanya, jenis pisau ini terdapat di meja makan, bersebelahan dengan garpu yang digunakan untuk memotong masakan seperti daging.

Jenis Pisau Carvingwebstaurantstore.com

Mincing Knife

Sekilas kok bentuknya terlihat mengerikan ya. Namun, dengan bentuknya yang unik, jenis pisau dapur ini biasa digunakan oleh para chef terkenal untuk menghaluskan bahan makanan dengan cara dipotong-potong. Mincing knife memiiki desain yang melengkung serta mudah untuk digunakan. Cara menggunakannya? Hanya dengan memegang kedua gagang pisau dengan tangan dan menggerakannya ke kiri dan kanan sampai bahan makanan menjadi halus. Sayangnya, jenis pisau dapur seperti ini agak sulit dijumpai untuk digunakan di dapur rumahan.

Jenis Pisau Mincingpaulsfinest.com

Itu dia 10 jenis pisau dapur yang siap digunakan di dapur rumah kamu agar masakan yang disajikan jadi jauh lebih berkualitas dan menarik seperti restoran dan hotel bintang lima. Selain itu, kamu pun juga harus tetap merawat jenis pisau dapurmu agar terlihat seperti baru dan tidak menimbulkan bahaya jika digunakan untuk memotong makanan.

Baca Juga: Pisau Berkarat, Bahayakah?

Caranya? Cuci pisau dengan menggunakan tangan dengan menggunakan sabun cuci piring lemon. Simpan dengan benar dengan mata pisau yang menghadap ke bagian bawah agar aman bagi si buah hati, serta asah jenis pisau dapurmu secara rutin agar tetap tajam.

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan membangun kitchen set dan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close