10 Model Desain Rumah Tingkat Minimalis Favorit Keluarga

oleh
loading...

Memiliki desain minimalis, bukan berarti kamu nggak bisa berkreasi dan menghasilkan model rumah tingkat minimalis yang menarik, nyaman, dan tentunya disukai oleh para anggota keluarga. Dengan sedikit bermain pada ketinggian level, warna, hingga elemen lainnya, rumah tingkat minimalis ternyata bisa kamu jadikan pilihan hunian favorit.

Yuk, intip inspirasi rumah tingkat minimalis favorit keluarga berikut dan temukan trik dan cara untuk menjadikan rumah tingkat minimalismu nyaman namun tetap estetis!

loading...

1. Rumah Tingkat Minimalis dengan Permainan Level

Rumah Tingkat Minimalis Permainan Level
ArtDreamsHome.com

Membuat rumah tingkat minimalis terkadang bisa jadi pekerjaan yang rumit, terutama untuk membuat gubahan massa bangunan yang tetap dinamis meski tampilan keseluruhannya tetap minimalis atau tidak berlebihan.

Untuk itu, kamu bisa bermain level pada rumah tingkat minimalismu dengan membuat lantai mezanine atau memberikan kontur pada hunian sehingga rumah tingkat minimalis tetap terlihat menarik. Permainan level juga memungkinkanmu memiliki ruangan dengan langit-langit yang tinggi. Langit-langit yang tinggi nggak cuma memberikan kesan mewah tapi juga memungkinkan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga lebih nyaman digunakan.

2. Rumah Tingkat Minimalis dengan Bukaan Maksimal

Rumah Tingkat Minimalis Dengan Bukaan Maksimal
braddyforsenate.com

Salah satu model rumah tingkat minimalis yang boleh kamu coba selanjutnya adalah rumah tingkat minimalis yang didominasi bukaan-bukaan besar. Nggak cuma memberikan kesan luas, bukaan yang maksimal pada rumah membantu menciptakan sirkulasi udara dan cahaya yang baik, sehingga rumah tingkat minimalismu nyaman untuk ditinggali bersama keluarga

Jika ingin menambah kesan mewah, naikkan ceiling atau langit-langit dengan bukaan yang maksimal pula. Model rumah tingkat minimalis satu ini cocok jika hunian memiliki view yang baik. Meskipun begitu, hindari bukaan-bukaan besar pada sisi yang menghadap matahari langsung karena akan membuat hunian terasa panas dan silau.

3. Rumah Tingkat Minimalis Polos

Rumah Tingkat Minimalis Polos
Pinterest.com

Banyak yang menggunakan konsep monokromatik atau satu warna untuk mewujudkan kesan minimalis. Namun, bukan berarti rumah kamu akan terlihat monoton dengan satu tone warna saja. Seperti model rumah tingkat minimalis satu ini yang menggunakan permainan tekstur untuk memperkaya visual dari fasadnya. Model rumah seperti ini juga bisa dimaksimalkan dengan furniture yang tepat, dengan menggunakan furniture minimalis, visual rumahmu akan semakin memukau.

Baca Juga: Jangan Sampai Merugi Karena Salah Pilih Furniture!

Dengan warna-warna yang terang seperi rumah tingkat minimalis ini, kamu bisa menonjolkan objek lainnya seperti tanaman hingga dekorasi taman lainnya. Kamu bisa mengkombinasikan model rumah tingkat minimalis ini dengan menghadirkan tanaman rambat atau tanaman gantung. Untuk bagian interior rumah, disarankan kamu mencari furniture berwarna senada dengan tone rumah tingkat minimalismu.

4.Rumah Tingkat Minimalis dengan Bentuk Dinamis

Rumah Tingkat Minimalis Bentuk Dinamis
Pinterest.com

Minimalis bukan berarti kamu nggak boleh bermain dengan bentuk. Rumah tingkat minimalis satu ini contohnya. Meski tampil dengan material finishing kayu yang sederhana, memberikan sedikit potongan berbeda pada bagian atap dan sisi samping ternyata membuat rumah tingkat minimalis satu ini terlihat istimewa.

Untuk mencobanya, kamu bisa mencoba memotong sudut-sudut siku dan mengubahnya dengan potongan yang lebih dinamis, sehingga rumah tingkat minimalismu tidak terlihat membosankan. Namun, pastikan sudut-sudut ini nggak mempengaruhi ruangan di dalam bangunan karena sudut-sudut tumpul atau lancip pada denah akan membuat ruangan jadi tidak aergonomik.

5. Rumah Tingkat Minimalis “All-Black

Rumah Tingkat Minimalis All Black
Freshome.com

Jika biasanya orang memilih warna terang untuk menjadi warna utama hunian minimalis, hal ini nggak berlaku pada model rumah tingkat minimalis satu ini. Rumah tingkat minimalis ternyata bisa tampil elegan namun tak berlebihan dengan menggunakan fasad berwarna hitam.

Untuk mengusir kesan monoton, rumah tingkat minimalis satu ini bermain dengan perbedaan tekstur dan juga pencahaayan lampu yang baik sehingga meskipun hanya memiliki satu warna, rumah tinggal minimalis ini tetap menarik dan layak jadi favorit keluarga.

6. Rumah Tingkat Minimalis dengan Permainan Warna

Rumah Tingkat Minimalis
 Buzzfeeds.com

Jika model rumah tingkat minimalis sebelumnya bermain tekstur pada satu warna yang sama,
Model rumah tingkat minimalis ini justru bermain warna pada tekstur yang sama. Dengan penataan palet warna yang baik, ternyata bangunan dengan gubahan masa sederhana bisa jadi nggak membosankan dan tetap terlihat menyenangkan.

Untuk pilihan aman, gunakan warna-warna yang memiliki tone serupa atau berdekatan. Hindari penggunaan warna-warna kontras kecuali kamu sudah yakin dengan penataan komposisi warna. Jangan remehkan penataan interior rumah, memilih dekor warna-warni dan cantik untuk ruangan utama seperti ruang tamu juga bisa menjadi elemen penting bagi rumah tingkat minimalis milikmu.

Baca Juga: 7 Dekorasi Ruang Keluarga Ini Bisa Mempengaruhi Psikologismu Loh!

7. Hadirkan Roof Garden di Rumah Tingkat Minimalis

Rumah Tingkat Minimalis Roof Garden
Pinterest.com

Hunian minimalis modern kini banyak menggunakan atap datar untuk menghasilkan gubahan massa yang sederhana. Hal ini bisa membantu memberikan kesan modern dan minimalis pada rumah kamu. Sayangnya, mengaplikasikan atap datar pada rumah tingkat minimalis bisa jadi membuat setiap ruang yang berada dibawahnya menjadi tidak nyaman untuk digunakan beraktivitas. Hal ini dikarenakan atap datar, terutama yang bermaterial beton akan membuat ruangan dibawahnya menjadi lebih panas.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menghadirkan roof garden pada rumah tingkat minimalismu. Nggak hanya menyelesaikan permasalahan yang disebutkan tadi, kehadiran roof garden juga memberikan ruang beraktivitas baru yang menyenangkan diatas atap. Bukan cuma pada atap, kesan hijau juga bisa kamu aplikasikan dalam rumah loh, kamu bisa menggunakan tanaman hias atau tanaman biasa di dalam ruangan. Alternatifnya, kamu bisa memanfaatkan lahan kosong di rumahmu sebagai taman untuk kesan hijau yang lebih nyata.

Baca Juga: 10 Dekorasi Taman yang Buat Rumahmu Lebih Stylish!

 

8. Bukaan Maksimal pada Rumah Tingkat Minimalis

Rumah Tingkat Minimalis Bukaan Maksimal
lindseyroperdesign.com

Jika rumah tingkat minimalismu berada di lingkungan yang nggak memungkinkanmu memberikan bukaan yang besar karena cuaca, iklim, atau lingkungan sekitar, kamu bisa memanfaatkan kisi-kisi sebagai filter setiap bukaan pada ruman tingkat minimalismu.

Selain membantu menghalau udara atau cahaya berlebih, kehadiran kisi-kisi ini bisa menjadi point of interest dari wajah rumah tingkat minimalis yang kamu miliki. Sepeti pada model rumah tingkat minimalis satu ini dimana permainan warna yang kontras juga membantu menonjolkan setiap jendela dan pintu tanpa perlu memberikan aksen berlebihan. Tapi ingat, sesuaikan desain pintu dengan model rumah tingkat minimalis yang kamu miliki ya!

9. Ruang Terbuka pada Rumah Tingkat Minimalis

Rumah Tingkat Minimalis
Bolasport.com

Untuk membuat rumah tingkat minimalis nyaman untuk ditinggal bersama keluarga, pastikan hunianmu memiliki cukup ruang untuk melangsungkan aktivitas bersama. Model rumah minimalis ini nggak hanya memberikan ruang beraktivitas pada halaman belakang, tapi juga menjadikan balkon lantai dua menjadi ruang terbuka yang nggak kalah nyaman. Desain teras rumah yang tepat bisa membuat aktivitasmu bersama keluarga jadi lebih homey.

Baca Juga: 6 Desain Teras Rumah Homey, Bikin Kamu Betah Berlama-lama!

Untuk memastikan terhubungnya setiap aktivitas, rumah tingkat minimalis ini bahkan nggak sekan menambah tangga yang menghubungkan halaman belakang dengan balkon lantai dua. Tentunya pilihan rumah tingkat minimalis satu ini sangat pas untuk kamu yang memiliki keluarga besar. Dengan berbagai ruang komunal, aktivitas bersama keluarga jadi jauh lebih nyaman dan rumah akhirnya jadi terasa homey.

10. Rumah Tingkat Minimalis Dengan Pencahayaan Maksimal

Rumah Tingkat Minimalis Pencahayaan Maksimalluxurybusla.com

Meskipun hunian minimalis memiliki desain yang terkesan sederhana, bukan berarti rumah tingkat minimalis nggak bisa tampil menonjol, Selain memaksimalkan bukaan untuk pencahayaan alami, kamu juga perlu menata pencahayaan buatan pada rumah tingkat minimalis

Dengan pengaturan cahaya yang pas dan presisi, dijamin kamu nggak perlu khawatir rumah tingkat minimalismu terlihat mainstream. Pastikan pencahayaan buatan yang kamu berikan mencakup pencahayaan pada eksterior bangunan dan juga pada taman. Nggak harus lampu gantung atau lampu dinding, kamu juga bisa memakai lampu lantai untuk variasi.

Bagaimana? Ternyata rumah tingkat minimalis masih bisa jadi pilihan yang menarik untuk dijadikan hunian favorit keluarga, bukan? Apalagi gaya ini termasuk gaya yang menjadi tren dan nggak akan lekang dimakan usia, lho. Jadi, kamu bisa bebas memilih jenis dekor untuk rumahmu.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Ini Lain dari yang Lain! Kamu Setuju?

Setelah memiliki rumah tingkat minimalis favorit, jangan lupa maksimalkan interior hunianmu. Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!