Home Living

Awas! Ini 7 Lifestyle yang Membuatmu Nggak Pernah Bisa Punya Rumah Idaman

Memiliki rumah idaman sudah pasti menjadi impian bagi setiap orang.  Kamu juga pasti salah satunya, kan?

Rumah idaman yang kelak menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang tersayang. Mungkin kamu juga termasuk seseorang yang sudah bercita-cita untuk memiliki gambaran tentang rumah idaman, memiliki bayangan bagaimana nanti bentuk rumah idaman, halaman dari rumah idaman, eksterior hingga interior rumah idaman, furnitur berkualitas yang akan kamu pasang, bahkan mungkin jenis kasur pilihan yang akan kamu beli?

Berapapun besarnya perencanaan untuk memiliki rumah idaman suatu saat nanti, akan sia-sia jika kamu masih melakukan lifestyle yang bisa membuatmu gagal untuk mendapatkan rumah idaman tersebut. Setiap tahunnya ada saja kendala yang membuat kamu belum bisa memiliki rumah, padahal gaji sudah ada kenaikan dan kamu juga sudah belajar untuk lebih hemat.

Rumah Idamantumblr.com

Kali ini Kania bakal mengajak kalian untuk melihat kembali, jangan-jangan kamu memiiki beberapa gaya hidup buruk yang akhirnya bisa berpengaruh pada impianmu untuk memiliki rumah idaman. Apa saja sih? Yuk, simak di bawah ini beberapa kebiasaan yang menghambatmu mendapat rumah idaman!

1. Lalai dalam perencanaan keuangan dan tidak membuat target ke depan membeli rumah idaman.

1. gagal dapat rumah idamanPixabay.com

Kamu sering lalai dan merasa aman-aman saja ketika tahu bahwa uangmu cukup untuk makan sebulan. Padahal perencanaan ini bisa kamu pakai untuk menentukan target dan bisa menjaga keuangan agar tidak mengalir begitu saja tanpa budgeting yang jelas.

Perencanaan keuangan memang terdengar sepele di telinga kita. Namun, sampai kapanpun juga perencanaan keuanan adalah hal utama yang tidak boleh kita lewatkan. Apalagi jika kamu memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu seperti rumah idaman.

perencanaan keuangan rumah idamanpexels.com

Kamu bisa memulainya dengan membuat target, yaitu membeli rumah idaman. Tentukan waktu untuk bisa mendapatkan rumah idamanmu, misalnya satu atau dua tahun. Dengan menentukan target tersebut, kamu bisa memulai perencanaan dan jangan sampai lalai atau lupa dengan targetmu. Perencanaan ini bisa membuatmu lebih bersemangat dalam mencapai impianmu untuk mendapatkan rumah idaman.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Idaman Semua Pengantin Baru

Alhasil, kamu cuma akan membeli hal-hal yang berguna buatmu. Kamu akan memakai hanya dekor yang berkualitas bagus, memilih meja makan kualitas tinggi,dan membeli peralatan rumah tangga dengan lebih bijak.

2. Terlalu ikut tren sehingga bisa menyebabkan gagal untuk menabung untuk rumah idaman

2. gagal dapat rumah idamanpinterest.com

Hidup di zaman yang serba cepat dan dikelilingi oleh media sosial bisa memberikan efek kebiasaan buruk bagi kamu, termasuk gagal dalam membei rumah idaman. Misalnya nih, ikut-ikut tren traveling yang sering dilakukan oleh orang lain, nonton konser ke luar negeri, atau membeli barang branded seperti sepatu dan tas yang harganya selangit. Memang tidak bisa dipungkiri, kalau kamu bisa memakai barang-barang bermerek bisa meningkatkan kepercayaan diri. Karena harga yang tinggi dari brand itu tentu tidak bisa dibeli oleh sembarang orang.

Baca Juga: 10 Hunian Selebriti yang Jadi Goals Rumah Idaman Banget!

Namun berhubung kamu masih dalam tahap untuk mengejar target mendapatkan rumah idaman, jangan sampai kamu melupakan nilai guna dan menggantinya dengan nilai brand. Kebiasaan buruk ini bisa saja membuatmu terjebak pada kubangan hutang yang makin lama makin meninggi. Kebiasaan hidup mengikuti tren bisa membuatmu lama-lama hancur dan kehilangan jati dirimu hingga lupa dengan impian untuk membangun sebuah rumah idaman.

Mulailah percaya diri tentang dirimu sendiri yang bisa dinilai tanpa materi. Dengan begitu, tabungan yang biasanya kamu habiskan untuk bermewah-mewah bisa kamu kumpulkan untuk membeli rumah idaman di masa  depan.

3. Kebiasaan berhutang yang seperti gali lubang tutup lubang

3. gagal dapat rumah idamanhuffpost.com

Untuk bisa memiliki rumah idamanmu suatu saat nanti, kamu harus mulai mengurangi kebiasaan untuk berhutang ini. Mungkin pada awalnya, kamu berhutang karena kamu kepepet atau terpaksa dengan keadaan. Namun lama-kelamaan ini bisa menghancurkanmu karena kamu mulai menggampangkan keadaan.

Apalagi kamu juga sudah terbiasa untuk memenuhi standar hidupmu yang kama kelamaan makin tinggi dan besar pasak daripada tiang. Kamu mulai merasa mudah mencari hutang dan akan membayarnya dengan gajimu. Gaya hidup yang gali lubang tutup lubang ini tidak akan pernah habis dan membuatmu gagal meraih impian untuk mendapatkan rumah idaman. Mulai sedikit kurangi hal ini, dan pikirkan bagaimana indahnya masa depanmu dengan rumah idaman—dengan dekorasi taman yang stylish—tanpa adanya hutang yang menghantui dan akhirnya bisa mendapatkan rumah idamanmu.

4. Kebiasaan berbelanja menggunakan credit card.

4. gagal dapat rumah idamanPixabay.com

Ketika seseorang memiliki kartu kredit, memang kita akan merasa seperti hidup ini ada dalam genggaman kita. Kartu kredit ini bisa saja ‘menggodamu’ untuk bisa membeli apapun meski saat ini kamu tidak memiliki uang sekalipun—mulai dari sofa mewah ini sampai peralatan dapur terbaru itu.

Kamu bisa dengan mudah tergoda bahkan untuk membeli barang yang bukan kebutuhan primermu. Jika kamu sudah memiliki pemikiran seperti itu, target membangun rumah idamanmu sendiri tentunya hanya akan berakhir menjadi mimpi belaka. Mulailah disiplin terhadap pemakaian kartu kredit, jangan sampai mengulangi lifestyle serupa yang membuatmu malah menimbun banyak hutang dalam jumlah besar dan gagal meraih mimpi mendapatkan rumah idaman.

5. Terlalu bekerja keras namun lupa kesehatan, uang yang dikumpulkan untuk beli rumah idaman malah dihabiskan untuk berobat.

5. gagal dapat rumah idamanPixabay.com

Memang untuk menjadi sukses dan bisa mendapatkan apa yang kita impikan diperlukan suatu kerja keras lebih. Namun itu bukan berarti kamu harus lembur setiap hari sampai-sampai kamu lupa makan karena terlalu fokus dengan pekerjaan. Namun ada satu hal yang kamu lupakan, yaitu menjaga kesehatanmu sendiri demi pekerjaan. Tubuh punya limit sendiri yang tidak boleh dilanggar. Ketika tubuhmu sudah tidak bisa menerima apa yang kamu lakukan, uang yang kamu dapatkan dengan susah payah untuk membangun sebuah rumah idaman malah kamu alihkan dan habis untuk biaya pengobatan.

6. Kebiasaan hangout yang sedikit demi sedikit bisa menggerus uang tabunganmu.

6. gagal dapat rumah idamanhuffpost.com

“Lah kan pengen meet up bareng teman.”

Mungkin alasan seperti itu kerap akan kita lontarkan ketika ada orang lain yang mengingatkan tentang ‘bahaya laten’ dari hangout di kafe atau coffee shop ini. Kebiasaan ini memang tidak dirasa di awal karena kita bertemu dengn teman dan meghabiskan waktu yang menyenangkan. Namun, kamu tidak sadar kalau ini cukup menguras keuanganmu. Berkumpul bersama dengan teman memang menyenangkan, namun kamu juga harus ingat dengan tujuan awal untuk menjadi lebih hemat karena ingin menabung untuk rumah idaman.

Baca Juga: Ini Dia! 5 Tips Menciptakan Desain Kafe di Rumahmu

Bukan berarti kamu tidak boleh bertemu dengan teman lho. Tapi coba untuk membuat alternatif lainnya ketika kamu ingin berkumpul dengan mereka. Misalnya berkumpul bergantian di rumah, atau melakukan hal yang lebih berfaedah lainnya sehingga kamu juga bisa mengumpulkan budget untuk mendapatkan rumah idamanmu. Malah, kamu bisa mendekor rumahmu mirip dengan cafe, supaya waktu hangout di rumah berasa kumpul-kumpul cantik di cafe.

7. Sering overbudget saat belanja di supermarket.

7. gagal dapat rumah idamanTheLala.com

Hal ini biasanya berawal dari jalan-jalan iseng ke supermarket atau mall. Ujung-ujungnya kamu akan tergoda untuk membeli barang yang bahkan tidak kamu butuhkan. Kebiasaan ini pastilah akan membuatmu susah untuk menabung dan mendapatkan rumah idaman. Meski awalnya hanya ‘lihat-lihat doang’, waktu bertemu dengan barang yang menarik, kamu kalap dan tak tahan untuk membelinya. Daripada terjadi seperti itu, mending uang tersebut dipakai untuk menabung demi rumah idaman, bukan?

Baca Juga: 10 Rumah Mewah Artis Paling Mahal di Dunia

Kebiasaan-kebiasaan di atas memang dengan atau tanpa kita sadari sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya biasa saja bahkan terkesan menyenangkan. Kamu tidak akan pernah sadar dengan bagaimana dampak akhirnya yang akan kamu hadapi, salah satunya adalah gagal mendapatkan rumah idaman. Mulailah hidup dengan sederhana dan berpikir lurus ke depan sesuai dengan target yang memang ingin kamu capai, yaitu membeli rumah idaman!

Related Articles

Back to top button
Close
Close