15 Kolam Ikan Minimalis untuk Ikan Kesayangan

oleh

Kehadiran kolam ikan pada hunian nggak sekedar untuk mengakomodir hobi kamu memelihara ikan, lho. Faktanya, kolam ikan pada rumah memiliki manfaat lebih dari sekedar hobi. Keberadaan kolam ikan bisa menciptakan iklim mikro pada rumah kamu. Yamg dimaksud iklim mikro adalah menjaga temperatur hingga kelembaban udara di rumah tetap pada level yang nyaman.

Selain itu, kehadiran elemen air, baik secara visual dan juga suara yang dihasilkan mampu memberikan efek relaksasi yang menenangkan bagi penghuni rumah. Dan tentunya dengan rancangan yang baik, kehadiran kolam ikan mampu mempercantik estetika dari rumahmu.

Namun, desain kolam ikan seperti apa yang relevan dan cocok untuk hunian modern dan minimalis masa kini? Nggak perlu bingung, karena kali ini kita akan membahas berbagai inspirasi ide desain kolam ikan minimalis untuk ikan kesayanganmu!

1. Kolam Ikan Sederhana Penghubung Rumah dan Taman Belakang

Kolam Ikan Sederhana Penghubung
digsdigs.com

Halaman belakang adalah pilihan paling favorit untuk menghadirkan kolam ikan. Salah satu desain kolam ikan minimalis yang bisa kamu coba adalah dengan membuat kolam kotak sederhana pada perbatasan rumahmu dengan halaman belakang.

Kolam Ikan Sederhana Penghubung
digsdigs.com

Dengan menambahkan sirkulasi dengan jembatan atau batu setapak di atas kolam ikan, kini kolam ikan ini bisa kamu nikmati baik melalui taman belakang maupun dari dalam rumah tanpa perlu harus keluar ke taman belakang. Sederhana tapi tetap cantik dan fungsional, bukan?

2. Kolam Ikan Minimalis Modern namun Tetap Natural

Kolam Ikan Minimalis Modern Netral
7decorideas.com

Kolam ikan identik sebagai bagian dari taman sehingga awalnya dibuat dengan elemen yang senatural mungkin menggunakan material mulai dari bebatuan hingga kayu. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan tanaman di sekitar kolam ikan. Untuk kamu yang memiliki jenis rumah modern, bisa jadi jenis kolam ini sangat pas untukmu!

Baca Juga: 10 Desain Rumah Modern Terpopuler, Inspiratif Banget!

Kini, meskipun minimalis kamu tetap bisa memberikan sentuhan natural dengan memberikan bentuk modern yang dikombinasikan dengan elemen natural, seperti yang terdapat pada air mancur kolam ikan minimalis satu ini. Dek kayu juga membantu kolam ini terkesan natural meski sebenarnya memiliki desain yang minimalis.

3. Ruang Bawah Tangga yang Dimanfaatkan Sebagai Kolam Ikan

Kolam Ikan Ruang Bawah Tangga
7decorideas.com

Ruang bawah tangga kerap menjadi ruang yang tak terpakai karena kurang aergonomis. Daripada terbuang, hadirkan kolam ikan minimalis sedehana di bawah tanggamu.

Agar tetep dapat dinikmati sembari melewati tangga, gunakan material kaca pada tangga seperti desain kolam ikan minimalis satu ini. Kolam ikan yang berada dalam ruangan ini juga bisa kamu koneksikan dengan kolam ikan yang ada diluar, lho. Meski mininalis, kolam ikan ini tetap memiliki kesan yang dramatis.

4. Kolam Ikan Minimalis yang Bisa di Nikmati dari Segala Sisi Bangunan.

Kolam Ikan dari Berbagai Sisi
7decorideas.com

Untuk beberapa rumah, kolam ikan tidak hanya sekedar pelengkap, melainkan pusat dari rumah tersebut. Untuk menggunakan konsep seperti ini, pastikan masa bangunan rumahmu berbentu L, U, atau bahkan O sehingga kamu bisa membuat sebuah kolam ikan di bagian tengah yang bisa dinikmati dari segala ruang yang ada di rumah tersebut.

Seperti pada desain kolam ikan mininalis satu ini, dimana kolam ikan bisa dinikmati baik dari lantai bawah maupun lantai atas. Meski terlihat minimalis, dengan pencahayaan yang baik, kolam ikan ini ternyata bisa terkesan mewah, lho!

5. Kolam Ikan Indoor dengan Skylight

Kolam Ikan Indoor
animalia-life.club

Untuk kamu yang tak memiliki halaman belakang yang memadai, menghadirkan kolam ikan di dalam rumah juga bukan ide yang buruk.

Dengan bentuk yang sederhana, kamu bisa memperkaya visual dari kolam ikan minimalis indoormu dengan bermain pada tekstur dinding, lampu dinding yang pas, dan menambahkan sedikit tanaman. Agar maksimal tambahkan juga skylight pada kolam ikan indoor untuk pencahayaan terbaik serta membuat ikan dan tanaman yang mampu bertumbuh dan hidup dengan baik.

6. Kolam Ikan Bak dengan Kaca

Kolam Ikan dengan Bak Kaca
animalia-life.club

Kolam ikan umumnya ditanam ke dalam permukaan tanah atau lantai. Namun, untuk kamu yang nggak mau ribet, kamu bisa mewujudkan kolam ikan minimalis dengan model naik ke atas permukaan tanah seperti bak air.

Lebih menarik lagi, kamu bisa mengaplikasikan kaca pada dinding bak kolam ikan minimalis untuk dapat menikmati liuk-liuk ikan milikmu dari sisi samping kolam ikan berbentuk seperti bak ini. Kamu bisa menempatkan furniture, seperti kursi malas atau side table yang bisa digunakan untuk saat melihat kolam ikan milikmu.

Kolam Ikan
animalia-life.club

7. Kolam Ikan Tingkat

Kolam Ikan Tingkat
animalia-life.club

Kolam ikan minimalis identik dengan bentuk-bentuk geometri. Kebanyakan menggunakan bentuk dasar persegi dalam membuat kolam ikan minimalis. Tapi, bukan berarti desain kolam ikan minimalis jadi membosankan dan monoton.

Untuk membuat kolam ikan minimalis tetap menarik meski menggunakan bentuk persegi yang sederhana, kamu bjsa mencoba inspirasi desain kolam ikan minimalis bertingkat seperti kolam ikan satu ini. Kamu bisa menempatkan jenis kolam ikan ini di dekat teras rumahmu.

Baca Juga: 6 Desain Teras Rumah Homey, Bikin Kamu Betah Berlama-lama!

Kolam ikan yang bertingkat juga memungkinkan kamu membuat sirkulasi air terjun yang menarik sehingga kolam ikan menjadi jauh lebih dimanis meski tampil dengan bentuk persegi saja, lho!

8. Kolam Ikan dengan Patio Ditengahnya

Kolam Ikan dengan Patio
animalia-life.club

Seperti yang disebut di awal, kehadiran kolam ikan bisa memberikan efek relaksasi bagi penghuni rumah. Untuk kamu yang memilih kolam ikan outdoor, kamu bisa memberikan ruang beraktivitas dengan menambahkan patio atau dek kayu di tengah-tengah kolam ikan. Kamu juga bisa menaruh kolam ikan jenis ini di daerah, atau dekat taman milikmu.

Baca Juga: 6 Desain Taman yang Bisa Menyegarkan Pikiranmu

 

Kolam Ikan dengan Patio
animalia-life.club

Kehadiran patio atau dek kayu di tengah-tengah kolam ikan minimalismu yang sederhana membuat kolam ikan jadi lebih menarik untuk dinikmati karena kamu bisa beraktivitas diatasnya dengan di kelilingi ikan-ikan yang cantik.

Lengkapi juga patio dengan meja dan kursi taman sehingga kamu lebih nyaman beraktivitas di atas kolam ikan seperti membaca atau menyeruput teh di sore hari.

9. Kolam Ikan Minimalis namun Dinamis

Kolam Ikan Minimalis Dinamis
trendir.com

Siapa bilang bentuk geometrik tidak bisa membuat kolam ikan minimalis tampil dinamis. Kamu nggak perlu takut berkreasi dengan bentuk-bentuk geometrik seperti persegi enam, trapesium, jajargenjang, atau bentuk-bentuk yang lebih berani lainnya.

Selain menggunakan bentuk-bentuk yang lebih dimanis, gunakan juga material-material modern seperti kaca yang diaplikasikan pada inspirasi kolam ikan minimalis satu ini. Dengan begitu, kolam ikan minimalis tetap bisa tampil anti-mainstrem.

10. Kolam Ikan Minimalis ala Jepang

Kolam Ikan Ala Jepang
trendir.com

Salah satu gaya kolam ikan yang populer dan disukai oleh banyak orang adalah kolam ikan oriental ala Jepang. Namun, kolam ikan bergaya jelang jelas sangat nggak matching dengan gaya hunian yang minimali modern.

Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa menghadirkan nuansa ala Jepang pada kolam ikan minimalis, lho! Kamu bisa menyederhanakan elemen pada kolam ikan ala Jepang seperti menggunakan batu berbentuk persegi, jembatan yang lebih modern hingga menambahkan sedikit elemen oriental seperti lampu taman Jepang dan tanaman bonsai seperti pada desain kolam ikan satu ini.

11. Kolam Ikan dan Aquarium

Kolam Ikan dan Aquarium
trendir.com

Untuk ruang di dalam rumah, banyak orang cenderung lebih memilih penggunaan aquarium daripada kolam ikan. Hal ini karena perawatan yang lebih mudah dan yang terpenting, ikan juga bisa dinikmati dengan visual secara horizontal atau dari samping.

Daripada bingung memilih antara kolam ikan dan aquarium, kenapa nggak mengkombinasikan keduanya saja? Seperti desain kolam ikan bak sebelumnya, kamu bisa mengganti sisi-sisi kolam ikan dengan kaca sehingga kolam ikan tetap bisa dinikmati dari secara horizontal.

Dan tetap ingat bahwa kolam ikan indoor memerlukan pencahayaan yang baik agar ikan dan bertumbuh kembang dengan baik. Jika menghadirkan skylight tidak memungkinkan, kamu bisa menyiasatinya dengan memaksimalkan bukaan jendela pada ruang dimana kolam ikan berada.

12. Kolam Ikan Luas dengan Batu Tapak

Kolam Ikan dengan Batu Tapak
Pinterest.com

Jika kamu memelihara ikan berukuran besar seperti ikan Koi, kamu mungkin memerlukan kolam ikan yang luas agar ikan dapat bertumbuh dengan baik. Namun, kolam yang luas sehingga memakan hampir seluruh bagian taman belakangmu tentu menyisakan ruang yang sangat sedikit untuk beraktivitas.

Untuk itu, siasati dengan menambah batu tapak diatas kolam seperti pada inspirasi desain kolam ikan satu ini. Tata batu tapak dengan pola yang menarik. Bila perlu, tambahkan pendopo atau paviliun minimalis diatas kolam sehingga kamu bisa menikmati ikan di atas kolam ikan dengan lebih santai dan nyaman.

13. Kolam Ikan Batu Minimalis

Kolam Ikan Batu Minimalis
 woohome.com

Memanfaatkan elemen batu bisa menghadirkan kesan lebih artistik dan natural. Dan dengan rancangan yang tepat, kolam ikan dengan batu juga bisa tampil modern dan minimalis seperti kolam ikan minimalis satu ini.

Selain bagian bibir kolam ikan menggunakan plat beton yang menyerupai batu, kolam ikan juga menggunakan beberapa batu berwarna senada dengan bentuk yang tidak terlalu organik sebagai elemen dekoratif.
Dengan begitu, kolam ikan bisa terlihat natural dan minimalis disaat yang bersamaan.

14. Kolam Ikan sebagai Pengganti Taman dan Entrance

Kolam Ikan sebagai Pengganti entrance
Pinterest.com

Umumnya dari gerbang menuju entrance hunian digunakan sebagai taman. Tapi, nggak ada salahnya jika kamu mengganti taman kering menjadi taman air dengan menambah kolam ikan pada area ini.

Manfaatkan kolam ikan sebagai media menanam vegetasi air sehingga kolam ikan minimalis menyatu dengan lingkungan sekitarnya yang berupa taman. Menambah batu tapak juga bisa dijadikan sebagai sirkulasi menuju rumah. Kamu juga bisa menggantinya dengan jembatan kecil jika hal tersebut lebih cocok dengan konsep utama dari hunian.

15. Kolam Ikan yang Menyatu dengan Ruang dan Hunian

Kolam Ikan Yang Menyatu dengan Ruangan
 decoist.com

Terkadang, kita ingin bisa menikmati kolam ikan tanpa harus keluar dari rumah. Untuk itu, rancanglah kolam ikan yang menyatu dengan rumahmu dengan memberikan bukaan-bukaan besar pada ruangan yang berbatasan langsung dengan kolam ikan minimalis yang mengelilingi rumah.

Bila perlu, kamu bisa membuat kolam ikan yang berada di luar ruangan terkoneksi dengan kolam ikan yang ada di dalam ruangan sehingga kolam ikan minimalis terkesan menyatu dengan bangunan rumahmu.

Setelah melihat beragam kolam ikan minimalis tersebut, kamu pasti jadi makin yakin untuk menghadirkan kolam ikan pada hunianmu, bukan?

Maksimalkan juga kehadiran kolam ikanmu dengan berbagai dekorasi indoor dan outdoor yang bisa kamu temukan di Dekoruma.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!