Kayu Jati: Furniture Idaman Wanita!

oleh
loading...

Siapapun pasti sudah tahu kalau bahan kayu jati adalah salah satu bahan dasar furnitur yang paling diunggulkan. Karakteristik kayu jati yang utama dan membuatnya menjadi favorit adalah daya tahan dan keawetan yang fantastis. Perubahan cuaca yang kerap menjadi momok bagi furnitur dengan bahan kayu lain, sama sekali tidak memiliki pengaruh banyak terhadap kualitas furnitur dari bahan jati. Selain itu, karakter serat dan warna khas dari kayu jati juga memiliki ciri dan daya tarik tersendiri. Tidak heran, furnitur kayu jati pun sering dipatok pada harga yang lebih mahal.

Kayu-Jatifrining.com

loading...

Masih banyak lagi hal- hal menarik dari kayu jati yang membuat banyak orang jatuh cinta kepadanya, termasuk bagi wanita yang hobi berkutat dengan urusan rumah tangga atau desain rumah. Jika kamu termasuk salah satu yang penasaran dengan kehebatan kayu jati, Kania bakal bagi- bagi informasi seputar kayu jati secara lengkap. Yuk simak panduan kayu jati bareng Dekoruma!

Kayu Jatitlwoods.id

Kayu Jati aslinya berasal dari negara- negara Asia seperti Laos, Bangladesh, Indonesia, India, Thailand, Sri Lanka, Malaysia dan Myanmar sebelum akhirnya tersebar di belahan dunia lainnya seperti Karibia dan Afrika. Di dunia perkayuan sendiri, kayu jati boleh dibilang adalah jenis kayu yang paling populer dan dihargai karena durabilitas, daya tahan dan tekstur yang indah. Nggak heran kalau kayu jati jadi bahan populer untuk membuat furniture berkualitas.

Baca Juga: Ini 7 Jenis Kayu Paling Baik untuk Membuat Kursi

Tinggi pohon kayu jati bisa mencapai hingga 30 -36 meter dengan warna pokok yang cenderung coklat terang. Dimulai dari bunga hingga setiap lapis pohon kayu jati mengandung banyak manfaat kesehatan dan lainnya yang sangat berguna bagi manusia, antara lain:

Sebagai obat Anti-Asma

Di dunia kesehatan, kayu jati ternyata memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati serangan asma. Kandungan antiasmatik ini ada mulai dari daun, akar hingga kayu jati itu sendiri. Banyak riset kayu jati yang menunjukkan bahwa ekstrak dari pokok kayu jati telah menunjukkan efek anti asma yang cukup signifikan.

Kayu Jati Menyembukan Asmadeherba.com

Sebagai Obat Anti Parasit

Selain sebagai obat asma, kayu jati juga ampuh mengusir zat-zat dan hama parasit. Ekstrak dari daun dan batang pohon kayu jati sering diracik dalam minuman herbal untuk mengenyahkan parasit dalam pencernaan seperti cacing dalam usus.

Kayu Jati Obat Parasitpinterest.com

Mengobati Masalah Kulit

Kayu Jati Sebagai Obat Gatal

deherba.com
Lagi-lagi manfaat kesehatan yang hebat ditunjukkan dari kayu jati, yaitu sebagai obat untuk mengatasi leucoderma atau sejenis kondisi pigmentasi kulit yang tidak berbahaya. Selain leucoderma, kayu jati juga bisa mengobati penyakit lepra yang juga berhubungan dengan masalah perubahan warna kulit.

Memiliki Kandungan Laksatif

Kayu Jati Pencahar

Kayu jati bisa digunakan untuk mempersiapkan tonik herbal yang bisa digunakan sebagai pencahar atau laksatif. Alhasil, hasil rebusan kayu jati sering diolah sebagai obat pencahar bagi manusia.

Mengandung Zat Antidiabetik

Kayu Jati Diabetespinterest.com

Punya masalah diabetes? Kamu boleh mencoba ekstrak kayu jati yang ternyata juga mengandung zat antidiabetik.

Mengatasi masalah maag dan organ dalam

Ekstrak kayu jati juga sering digunakans ebagai obat untuk mengatasi masalah perut dan organ dalam seperti disentri, sakit perut, ataupun sembelit.

Kayu Jati Sakit Kepalammc.tirto.id

Mengobati Masalah Sakit Kepala

Terakhir, manfaat kesehatan kayu jati juga berguna untuk mengatasi sakit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ekstrak kayu jati yang mengandung zat analgesik atau pereda rasa sakit di bagian kening.

Kayu Jati Sakit Kepala

thetanjungpuratimes.com

Walaupun banyak manfaat kesehatan yang menjadikannya favorit, kegunaan kayu jati yang paling dikenal adalah sebagai furnitur. Penggunaan kayu jati sebagai furnitur juga bisa diaplikasikan menjadi furnitur outdoor, furnitur halaman depan seperti meja dan kursi untuk kebun, hingga sebagai lantai kayu. Selain itu, bahan kayu jati pun terlihat lebih cantik dengan pencahayaan dan lampu yang tepat.

Baca Juga: 10 Dekorasi Taman yang Buat Rumahmu Lebih Stylish!

Bukan cuma soal keindahan, ternyata ada lagi loh kelebihan kayu jati sebagai furnitur yang membuatnya semakin dicintai para istri dan ibu-ibu rumah tangga:

Ekstra Kuat dan Kokoh

Kayu Jati Extra Kuatgqwft.com

Kayu jati dikenal paling kuat dan tangguh dalam masalah daya tahan dan pakainya. Kayu jati juga awet walaupun dipakai dalam waktu lama dan tidak mudah berubah bentuk atau rusak. Tingkat densitas yang tinggi juga menjadikan kayu jati tidak mudah membusuk seperti kayu lainnya.

Selain itu, kayu jati juga bisa tahan terhadap air, kelembaban dan kondisi cuaca yang ekstrim. Atas alasan itulah, banyak yang senang berinvestasi dengan membeli furnitur kayu jati. Daripada membeli banyak perabot murah yang mudah rusak, lebih baik memilih kayu jati yang bisa tahan hingga lebih dari 100 tahun.

Perawatan Yang Mudah

Kayu Jati Perawatan Mudahgqwft.com

Furnitur kayu jati juga mudah dibersihkan tanpa banyak perawatan yang menghabiskan biaya. Cukup membersihkan perabot kayu jati kamu dengan mengelap dengan kain setengah basah dan dilap kering dengan kain bersih.  Ibu rumah tangga pun tidak perlu repot bolak- balik membersihkan furnitur kayu jati di rumah. Bagusnya, kayu jati cocok dengan hampir semua dekor ruangan!

Tahan Serangga dan Serangan Rayap

Kayu Anti SeranggaKayu Anti Seranggagqwft.com

Rayap atau serangga lain bukan tandingan dari kayu jati. Mengapa? karena kayu jati mengandung minyak yang kuat sehingga tahan terhadap serangan serangga, jamur ataupun rayap sekalipun. Makin jatuh cinta bukan?

Menarik dan Cantik

Kayu Jati Menarik dan Cantikgqwft.com
Bukan cuma istri atau wanita lain saja yang bisa terkesan dengan penampilan kayu jati, tetapi pecinta furnitur manapun akan mengakui keindahan dari kayu jati. Dari warnanya yang coklat keemasan hingga guratan motif yang khas, penampilan kayu jati sungguh atraktif dari luar hingga dalam.

Baca Juga: Apa Kelebihan Kursi Tamu Jati?

Memiliki furnitur kayu jati bukan hanya persoalan perabot indah di rumah, tetapi juga ada keuntungan finansial dan prestige yang berbeda dari pemilik kayu jati.

Sebagai pemilik furnitur kayu jati, kamu telah memiliki investasi menguntungkan sejak awal membeli. Walaupun harga furnitur kayu jati mahal, tetapi penggunaannya bisa hingga 50-70 tahun minimal. Jika dibagi per tahun pemakaian, investasi furnitur kayu jati sudah jauh lebih  menguntungkan daripada kayu jenis lain yang rata-rata bisa bertahan hanya hingga 20-30 tahun.

Kayu Jatigqwft.com

Investasi kayu jati sendiri sudah bukan rahasia umum di dunia perkayuan. Investasi kayu jati meningkat sekiar 8.5% di pasar saham sejak tahun 1975 hingga tahun 2005 dengan trend yang terus naik dari waktu ke waktu.

Ini artinya bukan tidak mungkin furnitur kayu jati yang kamu beli bertahun-tahun lalu akan diincar dengan harga yang jauh lebih tinggi di tangan pemain atau kolektor barang dan furnitur antik. Dengan perawatan yang benar, memiliki funitur kayu jati adalah sebuah investasi aman yang tidak ternilai harganya. Bukan hanya untuk furniture, material kayu jati pun dikenal sangat bagus untuk kitchen set loh!

Baca Juga: Alasan Kenapa Kitchen Set Kayu Jati Pilihan Tepat Untukmu

Apa sekarang kamu tertarik untuk memiliki furnitur kayu jati? Kamu boleh mulai sekarang dan jangan menunda lagi! Kalau kamu ingin menggunakan kayu jati sebagai elemen interiormu tapi bingung mulai dari mana, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan membangun kitchen set dan lemari custom. Harga transparan, dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam 🙂

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!