8 Keuntungan Rahasia Punya Kolam Ikan Koi di Rumah

oleh

Punya kolam ikan koi di rumah punya keuntungan tersendiri lho.

Ikan koi sendiri merupakan jenis ikan kolam yang memiliki banyak varian atau jenis, seperti koi kohaku, koi sowa dan masih banyak lagi. Nah, selain memiliki keindahan corak dan warna nih, ikan koi ternyatajuga dipercaya mampu membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Maka tak heran jika jenis ikan ini menjadi salah satu ikan perliharaan favorit.

Tapi tahukah kamu kalau kolam ikan koi di dalam rumah rupanya memiliki keuntungan rahasia?

Wah, apa saja ya? Yuk simak di bawah ini! Kania bakal menyajikan rahasia dari keuntungan memiliki kolam ikan koi di rumahmu.

Kolam ikan koi meningkatkan kadar estetika dari sebuah rumah

Kolam Ikan Koi insurhouse.com

Tidak ada seorang pun yang menyanggah adanya penampilan estetik dari sebuah kolam ikan koi sebagai properti rumah. Tidak masalah rumahmu memiliki desain apa; hasil dari desain arsitektur atau kamu mendekorasi kolam ikan koimu sendiri, sebuah kolam ikan koi di dalam rumah bisa menambahkan nilai estetika yang bisa membuat rumah menjadi lebih elegan dan bisa memperindah taman atau rumah.

Baca Juga: 6 Desain Taman yang Bisa Menyegarkan Pikiranmu

Memiliki kolam ikan koi bisa mendekatkan diri dengan alam

Kolam Ikan Koi Mendekatkan dengan Alampinterest.com

Ketika kamu menambahkan kolam ikan koi baik di depan atau di belakang rumah misalnya, maka kamu bisa menciptakan adanya rasa kedekatan dengan alam. Bukan hanya bagi penghuninya yang akan tertarik untuk mendekati kolam ikan koi tersebut. Adanya kolam ikan koi juga bisa ‘mengundang’ makhluk hidup yang lainnya seperti bunga-bunga dan juga kupu-kupu atau burung-burung yang akan berputar-putar di sisi kolam ikan koi. Secara tidak langsung kamu bisa menciptakan suatu ruang alami di rumahmu dari kolam ikan koi ini.

Kolam ikan koi bisa menambah nilai jual rumah

Kolam Ikan Koi Menambah Harga pinterest.com

Tidak bisa dipungkiri, adanya kolam ikan koi di sebuah rumah bisa menambah nilai jual dari sebuah rumah. Kamu bisa membuktikan dengan bertanya agen real estate bahwa rumah dengan kolam ikan koi bisa menambah nilai jual di pasar.

Memiliki kolam ikan koi di rumah bisa menormalkan tekanan darah

Kolam Ikan Koi Menormalkan Tekanan Darah koi-care.com

Memiliki sebuah kolam ikan koi di rumahmu atau di tamam adalah salah satu pelepas stress yang kamu alami. Apalagi dengan adanya tekanan dari pekerjaan yang sering dialami membuat tekanan darah juga ikut naik. Adanya penyakit dan juga anxiety disorder bisa dialami oleh siapapun.

Baca Juga: 15 Kolam Ikan Minimalis untuk Ikan Kesayangan

Dengan memiliki kolam ikan koi di rumah rupanya bisa menjadi salah satu stress reliever yang manjur. Selain itu, kolam ikan koi juga mampu menghilangkan perasaan negatif dalam diri. Aliran air yag ada di kolam ikan koi bisa meningkatkan rasa nyaman pada waktu yang sama.

Ikan Koi adalah hewan peliharaan terbaik

Koalm Ikan Koi Peliharaan Terbaik formosauto.com

Jika kamu ingin memiliki alasan untuk bermain-main di tamanmu, kamu bisa bermain dengan ikan koi di kolam ikan koi. Ikan koi sangat menyukai sesi ketika berinteraksi dengan manusia, apalagi ketika sedang makan. Ikan koi juga tidak butuh banyak perawatan dan sangat jinak dengan manusia. Kolam ikan koi memiliki biaya perawatan yang rendah sehingga bisa diaplikasikan dengan mudah.

Dengan merawat kolam ikan koi, kamu juga bisa mengajari anak-anak untuk bertanggung jawab ketika merawat ikan di dalam kolam ikan koi. Dengan adanya kolam ikan koi ini, kamu bisa merasakan lingkungan alam yang sehat sekaligus pengalaman belajar yang menyenangkan buat anak kecil.

Kolam ikan koi bisa membawa keuntungan sosial yang tinggi

Kolam Ikan Koi Menanmbah Keuntungan Sosialformosauto.com

Mungkin agak terkejut ketika mendengar apa sebenarnya keuntungan sosial dari memiliki kolam ikan koi. Tapi ketika kamu memiliki kolam ikan koi di rumah, kolam ini akan membantumu untuk berhubungan dengan keluarga atau orang lain untuk berbagi passion atau hobi memelihara ikan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam. Orang yang memiliki kolam ikan koi sendiri di rumah sangat suka berbagi pengalaman tentang merawat kolam ikan koi mereka melalui social gathering bersama dengan orang yang memiliki hobi yang sama.

Kolam ikan koi dipercaya membawa kuntungan bagi pemiliknya

Kolam Ikan Koi Pembawa Keuntungan pinterest.com

Dalam kepercayaan yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, memiliki kolam ikan koi sendiri dipercaya akan selalu mendapat keberuntungan. Dari negara asalnya, Jepang, ikan koi memiliki 174 jenis namun yang dikenal memang hanya beberapa saja seperti ikan koi kohaku, ikan koi sanke dan ikan koi showa.

Memiliki kolam ikan koi di rumah dipercaya membawa keberuntungan karena sifat dari ikan koi yang berumur relatif panjang hingga 200 tahun, warna-warni yang beragam, lemah lembut dan jinak. Kata koi sendiri dalam penulisan Jepang memiliki dua makna. Yang pertama adalah koi untuk ikan dan makna yang kedua adalah koi untuk murni atau sempurna.

Dari kepercayaan tersebut, adapun kolam ikan koi dibagi berdasarkan warna dari ikan koi itu sendiri. Diantaranya:

  • Ikan koi emas menyimbolkan kekayaan dan kesejahteraan
  • Ikan koi perak menyimbolkan kesuksesan dalam usaha
  • Ikan koi hitam yang memiliki makna kesuksesan dalam berusaha
  • Ikan koi putih yang memiliki simbol makna keunggulan dalam kedudukan sosial baik dalam karier maupun dalam berkeluarga
  • Ikan koi merah yang memiliki simbol sukses dalam urusan percintaan dan romansa.

Selain dalam kepercayaan Jepang, adapun menurut kepercayaan feng shui, jumlah ikan koi yang ada di kolam ikan koi juga bisa mempengaruhi keberuntungan. Dalam kepercayaan tersebut angka ganjil seperti 3 dan 7 adalah simbol dari keberuntungan. Selain dua agka tersebut, angka 8 dan 9 juga merupakan angka membawa keberuntungan dan memiliki makna perlambangan seperti kemakmuran dan keabadian.

Kolam ikan koi bisa digunakan sebagai bangunan penghubung antara eksterior rumah dan interior rumah

Kolam Ikan Eksteriorpinterest.com

Dari berbagi fungsi kolam ikan koi yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada satu keuntungan dan kegunaan dari kolam ikan koi yang tak kalah pentingnya. Yakni menjadi sebuah ‘jembatan’ atau bangunan yang menghubungkan antara suasana eksterior rumah dengan interior rumah. Kolam ikan koi bisa dibuat dalam berbagai format yang disesuaikan dengan konsep rumah sang pemilik. Apapun jenis rumahmu, kolam ikan koi bisa menjadi jembatan yang aestetik dan juga menarik!

Baca Juga: 5 Contoh Desain Rumah Minimalis

Apa kamu jadi ingin punya kolam ikan koi milikmu sendiri? Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share dengan teman-temanmu ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!