Penasaran Kapan Waktu yang Tepat Memiliki Rumah Impian ?

oleh
loading...

Setiap orang tentu ingin mewujudkan rumah impiannya. Namun, rumah impian bukanlah hal yang bisa dengan mudah dimiliki dalam sekejap mata. Selain sulitnya mencari rumah dengan spesifikasi idaman, harga dari rumah idaman juga tidaklah murah. Nggak heran membeli atau membangun rumah idaman memerlukan pertimbangan yang sangat matang.

Rumah Impianhgtv.com

loading...

Meskipun kamu merasa sudah menemukan rumah idaman yang pas dan juga budget yang cukup, belum tentu saat ini adalah saat yang paling tepat untuk mewujudkan rumah impianmu. Daripada menyesal di kemudian hari, simak sampai habis ulasan mengenai pertimbangan-pertimbangan untuk memiliki rumah impian dan temukan waktu paling tepat untuk memiliki rumah impianmu!

Salah satu faktor pertama untuk memastikan bahwa saat ini merupakan saat yang tepat untuk memiliki rumah impian adalah dengan melihat kondisi keuanganmu. Apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk memastikan bahwa kondisi keuanganmu sudah siap untuk memiliki rumah impian?

1. Mampu Memenuhi 20% dari Harga Rumah Impian

Membayar Harga Rumah Impianpexels.com

Untuk para millenial, memiliki rumah impian dapat diwujudkan melalui program cicilan atau kredit. Tapi, jangan mengambil kredit rumah impian jika kamu belum bisa menyanggupi uang muka paling tidak 20% dari harga total rumah impianmu.

Meskipun kini banyak penyedia kredit rumah memberikan uang muka rendah mulai dari 5%, jangan sampai kamu terjebak dengan hal tersebut. Uang muka yang kecil sama saja kamu harus membayar uang cicilan yang besar. Tentu hal ini akan sangat memberatkan. Jadi, jika kamu belum bisa menyanggupi 20% biaya uang muka rumah impian, mungkin kamu harus menabung lebih giat lagi untuk rumah impianmu!

2. Pemasukan Bulanan Nggak Hanya Cukup untuk Membayar Cicilan, tapi Juga untuk Menabung

Rumah Impian Menabung pinterest.com

Setelah membayar uang muka, kini kewajibanmu adalah melunasi rumah impianmu dengan cara mencicil. Sudah rahasia umum jika kamu tentu harus memiliki pemasukan bulanan yang lebih besar daripada nilai yang harus kamu bayar untuk cicilan rumah impianmu. Tapi, lebih besar saja tidak cukup!

Baca Juga: Awas! Ini 7 Lifestyle yang Membuatmu Nggak Pernah Bisa Punya Rumah Idaman

Tentu kamu juga membutuhkan pemasukan bulananmu untuk kebutuhan sehari-hari. Pastikan jika pemasukanmu masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan juga ditabung sebagian, setelah dikurangi biaya cicilan rumah impian. Jika kamu sudah memiliki pemasukan bulanan yang bisa memenuhi ketiga kebutuhan tersebut, artinya kamu sudah siap memulai cicilan rumah impian.

3. Masih terikat Cicilan Lain atau Hutang Piutang

Pinjaman Hutang Rumah Impiantechnode.com

Pada saat memutuskan mencicil rumah impian, sama saja kamu sedang berhutang kepada Bank atau Developer penyedia fasilitas kredit. Tentu akan terasa berat jika kamu tengah berada pada cicilan atau hutang lain yang belum terlunasi. Lagipula, hal ini akan menjadi pertimbangan pihak Bank ataupun Developer dalam menentukan apakah kamu pantas mendapatkan kredit atau tidak.

Jika kamu merasa aman karena memiliki asset non-tunai, coba kamu cek terlebih dahulu liquidity dari asset tersebut. Karena nggak semua asset bisa kamu cairkan menjadi dana tunai secara instan, jadi asset seperti ini belum tentu bisa menyelamatkanmu ketika kamu memiliki permasalahan cicilan rumah impian. Entah itu rumah bergaya mewah, ataupun rumah minimalis.

Baca Juga: 10 Model Desain Rumah Tingkat Minimalis Favorit Keluarga

Ini merupakan hal yang perlu kamu perhatikan dalam hal keuangan sebelum memutuskan untuk memiliki rumah impian. Jika salah satu saja aspek belum bisa kamu penuhi, mungkin saat ini bukanlah saat yang tepat untuk memiliki rumah impianmu.

4. Kondisi Pasar dan Lingkungan Tempat Tinggal

Lingkungan Rumah Impianpexels.com

Rumah merupakan salah satu obyek properti yang memiliki nilai investasi. Meski alasanmu membeli rumah impian bukanlah sebagai bentuk investasi, bukan berarti kamu boleh menyepelekan analisa pasar. Dengan analisa pasar yang baik, kamu nggak cuma bisa menentukan waktu yang tepat untuk memiliki rumah impian, tetapi juga menghindari kerugian materi atau bahkan mendapatkan keuntungan!

Lalu, apa saja yang perlu kamu perhatikan terkait kondisi pasar sebelum memiliki rumah impian?

5.  Kondisi Jual-Beli Properti di Kawasan Tersebut

Rumah Impian Jual Beli Properti

superpro.id

Sebelum memutuskan membeli rumah impian di suatu kawasan, ada baiknya kamu telusuri mengenai kondisi jual-beli rumah tersebut atau rumah-rumah di sekitarnya. Jika rumah tersebut sudah lama dijual, lebih dari 6 bulan dan tak kunjung laku, ada kemungkinan jika harga dari rumah itu termasuk rendah.

 

Berbeda dengan kawasan yang propertinya cepat sekali laku dan banyak peminat. Kawasan ini pastinya akan terus menaikkan harga. Memaksakan memiliki rumah impian di kawasan ini sama artinya kamu rela membayar lebih untuk rumah yang mungkin memiliki nilai sama dengan rumah lain yang harganya lebih murah.

Jika kamu bersikeras untuk memiliki rumah impian di kawasan tersebut, tunggu hingga harga di kawasan tersebut lebih stabil untuk memastikan jika kamu mendapatkan harga terbaik.

6. Bunga Cicilan

Cicilan Rumah Impianpinterest.com

Besarnya bunga cicilan juga dipengaruhi oleh nilai investasi properti. Setiap kawasan bisa saja memiliki bunga cicilan yang berbeda. Jadi, ada baiknya kamu mengumpulkan beberapa perbandingan terlebih dahulu untuk menghindari pembelian rumah impian dengan bunga cicilan yang terlalu tinggi.

7. Mungkin Masih Saatnya untuk Menyewa?

Rumah Impian Sewainfonitas.com

Selain memeriksa harga jual, nggak ada salahnya kamu juga mengetahui harga sewa dari rumah impian yang kamu miliki. Nggak bisa dihindari jika memiliki rumah impian, artinya akan ada biaya bulanan yang bertambah.

Jika biaya sewa jauh lebih menguntungkan, ada baiknya kamu tunda membeli rumah impianmu dan menyewa sembari menabung hingga kondisi keuangan dan pasar lebih kondusif untuk memiliki rumah impian.

Perhatikan Rencana Besarmu

Rencana Rumah Impianpexels.com

Setiap orang pasti memiliki rencana besar jangka panjang masing-masing. Dan seiring berjalannya waktu dan perkembangan situasimu, rencana ini bisa saja berubah atau tertunda. Bagi sebagian orang, memiliki rumah impian adalah bagian dari rencana besar tersebut.

Untuk itu, selalu evaluasi rencana yang kamu miliki apakah mengetahui apakah memiliki rumah impian masih sejalan dengan rencana besarmu. Jika tidak, mungkin kamu perlu fokus pada prioritas lainnya karena tentu memiliki rumah impian dengan pencahayaan lampu yang baik, dekor cantik dan juga ruang makan yang istimewa adalah komitmen jangka panjang. Jadi, alangkah baiknya jika rumah impian yang kamu miliki mendukung rencana besar yang kamu miliki, bukan?

Baca Juga: 10 Desain Rumah Tipe 36 yang Bisa Jadi Rumah Idamanmu!

Rencana besar ini termasuk juga pekerjaan dan karir yang sedang kamu jalani. Meski kamu memiliki pekerjaan dengan pemasukan bulanan yang memadai, apakah pekerjaan ini bersifat jangka panjang sehingga bisa menjamin pemasukan tetap jangka panjang untuk melunasi cicilan rumah impianmu?

Rumah Impianpexels.com

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu kamu perhatikan tersebut, kini kamu bisa mencoba menganalisa dan membuat prediksi atau perhitungan untuk menentukan waktu yang tepat memiliki rumah impian. Jangan terlalu terburu-buru dan pastikan segala pertimbangan sudah kamu pikirkan dengan sangat baik sehingga kamu nggak menemui permasalahan di kemudian hari dan terpaksa kehilangan rumah impianmu.

Baca Juga: 10 Hunian Selebriti yang Jadi Goals Rumah Idaman Banget!

Apalagi, harga rumah impian nggak cuma satu-satunya biaya yang harus kamu sediakan untuk mewujudkan rumah impianmu, lho. Kamu masih harus mempertimbangkan biaya perawatan hingga pajak dari rumah impian tersebut. Belum lagi, untuk melengkapi hunian tersebut menjadi rumah impian, kamu perlu mengisinya dengan berbagai furniture favorit.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!