Home Living

20 Inspirasi Pintar Menata Ruang Keluarga untuk Rumah Kecil

Ruang keluarga memang menjadi salah satu ruang yang paling sering dipakai dan dikunjungi di rumah karena di sana adalah tempat buat keluarga bisa bersantai dan menghabiskan waktu bersama sambil menikmati hiburan.

Membuat agar ruang keluarga bisa nyaman tentu perlu direncanakan matang-matang agar tidak terkesan sekadar ada. Melakukan penataan ruang keluarga yang tepat dan menjaga kebersihan merupakan dua kunci utama mewujudkan ruang keluarga yang nyaman. Bagaimana dengan kamu yang memiliki ruang keluarga sempit? Nggak masalah kok, kali ini Kania akan berbagi dengan kalian berbagai inspirasi untuk menata ruang keluarga yang sempit agar tetap terasa nyaman!

1. Gaya Klasik

Ruang Keluarga Klasikegoweblog.com

Inspirasi yang pertama adalah seperti ruang keluarga di Richmond, Virginia. Ruang keluarga dari pasangan Meg dan John Gottwald ini nampak fresh dan luas dengan kombinasi warna merah, cokelat, dan orange yang dipadukan dengan warna biru turqoise sebagai hiasan meja. Penataan furnitur seperti sofa yang berbentuk U dan menghadap ke televisi cocok untuk keluarga kecil ketika ingin menikmati menonton film bersama. Ditambahkan juga sebuah lukisan karya Sally Bowring yang memiliki skema warna yang sama dengan ruangan.

2. Ruang keluarga yang glamor dan mudah perawatannya

Ruang Keluarga Glamorinteriordecoratorstoronto.com

Ruangan yang terlihat nyaman ini menggunakan banyak bahan fabric yang mudah dibersihkan. Ruang keluarga milik Colette ven den Thillart ini menggabungkan banyak elemen seperti meja sandaran berbentuk segi delapan di hadapan sofa yang berfungsi sebagai pijakan kaki, tempat mengerjakan pekerjaan rumah hingga meja makan. Lantai kayu dengan perawatan rendah membuat ruang keluarga tersebut menjadi ruang keluarga yang ramah anak.

3. Ruang keluarga yang cozy dan colorful

Ruang Keluarga Colorfulastana-apartments.com

Ini merupakan ruang keluarga yang berada di North Carolina yang merupakan bagian dari rumah musim panas milik Julie Price. Dengan sentuhan warna yang mencolok baik dari furnitur maupun sofa yang berwarna mustard, serta bantal dekorasi pada kursi yang memenuhi kursi membuat ruang keluarga ini nampak nyaman untuk digunakan sebagai ruang berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Mendekor Ruang Tamu Sederhana Yang Kamu Ga Tau!

4. Ruang keluarga kontemporer

Ruang Keluarga Kotemporeriss.zillowstatic.com

Terletak di Michigan Avenue, desainer Doug Atherly membuat sebuah ruangan yang nyaman dan terlihat tenang. Ruangan bernuansa kontemporer ini cocok dipadukan dengan teknologi modern yang ada saat ini, dengan warna-warna netral yang akan membawa sebuah harmoni dari suatu kamar. Sofa dengan bentuk L berwarna oatmeal membuat ruangan ini kian menarik.

5. Ruang keluarga dengan nuansa yang hangat

Ruang Keluarga Suasana Hangatsouthwestflorida.us

Ruang keluarga ini cocok untuk keluarga kecil dengan empat anggota keluarga dan memiliki gaya hidup yang aktif. Pemilik rumah mengedepankan warna dengan konsep colorful yang kasual. Serta padu padan wara kain sebagai penutup furnitur, warna kulit zebra serta oranye pada sofa membuat ruangan ini terlihat ceria.

6. Ruang keluarga yang bersih dan cerah

Ruang Keluarga Bersih Cerahthesunnysideupblog.com

Di dalam ruang keluarga karya Gail Plechaty ini, terlihat pemilihan warna furnitur dengan didominasi warna coklat terasa harmonis dengan dinding berwarna putih membuat ruangan terasa nyaman. Apalagi dengan adanya karpet bulu yang tentunya membuat kita inin menginjakkan kaki di situ. Warna cokelat krim yang ada pada karpet tersebut kontras dengan lantai yang berwarna gelap.

7. Ruang keluarga nyaman dengan dominasi warna ungu

Ruang Keluarga Unguhgtvhome.sndimg.com

Ruang keluarga ini tampak nyaman sebagai tempat untuk berkumpul menikmati sajian televisi dengan sofa sink down dengan warna dengan warna ungu dan biru yang mencerahkan ruangan. Tak lupa juga dipadu dengan hiasan dinding dengan koleksi botol untuk hiasan pada meja ruang keluarga.

8. Ruang keluarga organik

Ruang Keluarga Organikpinterest.com

Untuk keseimbangan dekoratif dari ruang keluarga ini, desainer memberikan aksen santai yang terlihat natural. Ia mewujudkan ini lewat karpet wol, gorden dan tirai minimalis, bantal dekoratif, serta cat kapur yang berasal dari mineral. Lantai kayu yang terbuat dari kayu ek dipasang untuk rumah organik ini.

9. Ruang keluarga ramah anak

Ruang Keluarga Kid Friendlyhgtvhome.sndimg.com

‘Tahan banting’ tentunya adalah kunci dari sebuah rumah yang dihuni oleh anak yang sedang aktif-aktifnya. Ruang keluarga ini merupakan salah satu contoh yang bisa menjadi inspirasi. Hampir seluruh bahan dari ruangan ini tertutup dengan bahan denim warna putih yang mudah dibersihkan. Bahkan, bantal pada sofa juga terbuat dari katun yang easy-to-clean. Coffee table yang terbuat dari kayu memberikan kesan alami pada ruang keluarga ini.

Baca Juga: 8 Furnitur dan Dekorasi yang Tepat untuk Ruang Tamu Apartemen

10. Ruang keluarga dengan konsep dazzling

Ruang Keluarga Dazzlingtelegraph.co.uk

Ruang keluarga ini cocok buatmu yang menyukai perpaduan warna beragam dan glamor. Dengan warna hitam pada kabinet memberi kesan elegan yang tak terbantahkan. Dengan armchair berwarna biru yang dipadu dengan kabinet hitam, membuat penghuni rumah nyaman untuk singgah di ruang keluarga ini.

11. Ruang keluarga dengan warna dramatis

Ruang keluarga Dramatisactwow.com

Dengan dinding berwarna cokelat yang bisa menciptakan ruangan yang simpel membuat ruangan yang sempit nampak luas. Mainkan warna yang kontras seperti pada sofa, bantalan sofa serta pada meja ruang keluarga itu sendiri.

12. Ruang keluarga dengan warna pastel

Ruang Keluarga Warna Pastel traditionalhome.com

Warna-warna vibrant dengan campuran pola-pola lucu atau pola bunga bisa membuat ruangan tampak cerah ceria. Selain itu, warna cerah yang ada di dalam ruangan kecil ini akan membuat ruang keluarga sempit bisa terlihat nyaman.

13. Ruang keluarga nuansa vintage

Ruang Keluarga Vintagehousebeautifulcom

Ruang keluarga ang berada di Salt Lake Citu, Utah ini didesain oleh Marshall Watson dan Jeffrey Kilmer dengan menjaga semua furnitur menjadi perhatian utama di dalam ruangan. Keberadaannya yang tidak berdempet dengan dinding memberi kesan luas. Nampak juga furnitur dengan konsep vintage sehingga menambah nilai estetika dalam ruang keluarga ini.

14. Ruang keluarga After-Hours

Ruang Keluarga After Hourstraditionalhome.com

Baca Juga: Dekorasi Ruang Tamu untuk Nobar Hanya dalam 15 Menit!

Didesain untuk mereka yang menghabiskan waktu berjam-jam di kantor, dan ingin menghabiskan waktu untuk mengasingkan diri di ruang keluarga pada malam hari. Ruang keluarga ini memiliki ruang  yang dirancang dengan konsep senyap, warna-warna nyaman dan juga detail yang menenangkan. Terdapat sofa dengan pijakan kaki atau ottoman yang menambah kenyamanan istirahat sang penghuni rumah.

15. Ruang keluarga clean pallette

Ruang Keluarga Clean Palletethechroniclesofhome.com

Ruang keluarga yang didominasi warna putih ini memang didesain agar bisa menenangkan sang pemilik rumah. Pemakaian ultrasuede pada beberpaa furnitur membuat ruangan tampak nyaman. Tak lupa juga coffee table yang besar bisa digunakan secara multifungsi ketika keluarga berkumpul.

16. Ruang keluarga menghadap kolam renang

Ruang Keluarga Menghadap Kolam Renangcdn.homedit.com

Lantai putih serta dinding berwarna netral dilengkapi dengan furnitur kayu berwarna krem menjadi spotlight sendiri dalam ruangan ini. Tak lupa, jendela kaca dan pintu kaca yang menghadap langsung ke kolam renang membuat ruang keluarga yang terkesan tenang dan santai.

17. Ruang keluarga comfy

Ruang Keluarga ComfyPinterest.com

Ruang keluarga ini nampak nyaman dengan memainkan warna hitam dan putih. Tak lupa juga beberapa sentuhan warna pada bantal dan hiasan dinding yang memiliki warna kontras dengan ruangan tersebut. Tampak juga sebuah kursi bulat dengan sentuhan bunga-bunga yang membuat ruangan tampak lebih homey.

Baca Juga: 4 Strategi Menciptakan Ruang Tamu Mewah Ala Desainer Ternama

18. Ruang keluarga yang menyatu dengan tempat makan

Ruang Keluarga Menyatu dengan Ruang MakanPinterest.com

Ruang keluarga ini tentunya cocok untuk rumah mungil. Dengan menggabungkan konsep ruang makan yang sekaligus menjadi ruang keluarga, ruangan tampak homey. Apalagi ditambah aksen tanaman hijau untuk menyemarakkan suasana.

19. Ruang keluarga desain minimalis

Ruang Keluarga Desain Minimalisinstagram.com/trinestorsethpedersen

Memiliki desain minimalis dengan furnitur yang serba sederana akan membuat ruang keluargamu nyaman untuk ditinggali. Didominasi dengan warna putih, sentuhan sofa berwarna abu membuat ruang keluargamu nyaman untuk ditinggali.

20. Ruang keluarga mungil

Ruang Keluarga MungilPinterest.com

Meski memiliki space yang kecil, dengan didominasi warna putih, ruang keluarga bisa tampak lebih luas. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman segar sehingga membuat ruang mungil ini nampak fresh dan natural.

Baca Juga: 7 Dekorasi Ruang Keluarga Ini Bisa Mempengaruhi Psikologismu Loh!

Desain interior mana yang jadi favoritmu? Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interiordekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close