Home Living

10 Model Keramik Batu Alam yang Menawan Mata

Menggunakan bahan dari cat biasa untuk dinding  rumah saat ini sudah mulai ditinggalkan. Belakangan ini, lebih banyak orang yang menggunakan keramik batu alam sebagai alternatif pengganti cat rumah karena lebih menciptakan kesan alami, sejuk dan natural.

Di Indonesia sendiri pemanfaatan keramik batu alam mulai menjadi tren di kalangan masyarakat dan menjadikan keramik batu alam sebagai salah satu elemen alternatif. Bukan hanya sebagai bahan untuk mendesain eksterior rumah, keramik batu alam juga dipakai pada dinding teras atau taman. Selain bisa memberikan kesan yang lebih alami atau natural, keramik batu alam juga bisa membuat rumah terlihat lebih kuat.

Motif Keramik Batu Alamipinterest.com

Ada yang perlu kamu cermati kalau kamu ingin memilih keramik batu alam untuk dinding rumahmu. Salah satunya adalah lebar, panjang atau ukuran dari keramik batu alam itu sendiri. Ini akan sangat  berguna saat kamu mulai melakukan penempatan yang pas serta sesuai dengan dinding yang akan diberi sentuhan keramik batu alam.

Nah kali ini Kania bakal mengajak kalian untuk lebih tahu tentang model dan jenis keramik batu alam yang kece abis dan bisa kamu terapkan di rumahmu. Seperti apa ya? Yuk simak di bawah ini!

1. Keramik batu alam andesit

Keramik Batu Andesitpinterest.com

Jenis keramik batu alam yang satu ini seringkali dipakai untuk referensi penggunaan keramik batu alam pada rumah karena sudah banyak diterapkan pada rumah-rumah minimalis. Keramik batu alam ini memang terlihat mewah jika diaplikasikan. Selain itu, keramik batu alam andesit juga memiliki corak dan motif bermacam-macam, seperti keramik batu alam andesit, bintik cakar, cipanca, dan sirih bintik.

Kalau kamu mempunyai halaman yang luas disertai lapisan rumput hijau yang asri, keramik batu alam dari andesit ini patut kamu coba!

2. Keramik batu alam marmer

Keramik Batu Alami Marmer pinterest.com

Nah kalau jenis keramik batu alam yang satu ini kamu pasti sudah sering mendengarnya bukan? Memang ada kesan mewah dan elegan apabila sebuah rumah menggunakan keramik batu alam berjenis marmer dipadu dengan pencahayaan lampu yang pas. Penggunaan keramik batu alam ini cocok digunakan sebagai pelapis dari dinding dan sebagai lantai.

Baca Juga: 7 Desain Lantai yang Bikin Rumahmu Anti Mainstream

3. Keramik batu alam jenis granit

Keramik Batu Alami Granithomeklondike.site

Jenis keramik batu alam granit ini lebih banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas karena keunggulan yang dimilikinya jika dibandingkan keramik batu alam lainnya. Kelebihan dari keramik batu alam jenis ini adalah lebih halus, tahan gores, mengkilap dan berkilau, serta terlihat lebih artistik dan terkesan mewah.

4. Keramik batu alam slate atau jenis batu sabak

Keramik Batu Alami Slate pinterest.com

Jenis keramik batu alam batu sabak atau slate ini biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah rumah dengan tema rustic yang klasik dengan bentuk-bentuk yang tak beraturan. Keramik batu alam ini biasanya terdiri dari banyak warna, dan warna yang paling digemari adalah warna abu gelap atau dark grey, merah, dan hijau muda.

5. Keramik batu alam limestone

Keramik Batu Alami Limestone pinterest.com

Keramik batu alam yang terbentuk dari bahan-bahan sedimen seperti karang, fosil ikan, dan kalsium di lautan ini juga banyak dipakai untuk menghiasi rumah minimalis saat ini.  Keramik batu alam yang juga disebut sebagai batu kapur ini memiliki aneka warna seperti biru, hijau, abu-abu, beiges dan cokelat gelap. Keramik batu alam ini lebih sering digunakan untuk area ruang keluarga atau kamar mandi. Oleh karena itu, tipe keramik ini cocok dipadukan dengan set sofa minimalis serta bantal dekorasi warna-warni.

6. Keramik batu alam travertine

Keramik Batu Alami Travertinecdn.freshome.com

Keramik batu alam yang satu ini biasanya memiliki serat pola dengan aneka warna seperti putih, cokelat dan krem. Inilah yang membuat keramik batu alam ini kerap dijadikan bahan material karena bisa menciptakan suatu bangunan yang mempesona. Beberapa tahu terakhir batu alam ini kerap digunakan untuk lantai dapur dan juga kamar mandi. Terutama desain kamar mandi minimalis.

7. Keramik batu alam sandstone

Keramik Batu Alami Sandstone pinterest.com

Batu yang di Indonesia kerap disebut sebagai batu palimanan ini merupakan batu dari sedimentasi butiran pasir. Keramik batu alam ini digemari untuk aplikasi dinding rumah untuk mempercantik aksen hiasan dinding. Biasanya, orang-orang akan memakai batu palimanan sebagai penghias dinding pagar, interior hingga dinding taman hias. Selain itu, alasan mengapa banyak yang menggunakan keramik batu alam jenis ini adalah karena kemampuannya dalam menyerap cahaya yang masuk dalam rumah.

8. Batu alam diorite

Keramik Batu Dioriteeldoradostone.com

Batuan ini biasanya berwarna kelabu bercampur dengan putih atau hitam bercampur dengan putih. Biasanya bisa didapatkan dari daerah pegunungan. Batuan ini berfungsi sebagai ornamen dinding maupun lantai bangunan gedung. Warnanya yang pekat bisa membuat rumah tampak lebih elegan dan juga bersih. Oleh karena itu, keramik jenis ini sering dipakai sebagai finishing dekorasi ruang tamu atau sebagai motif keramik favorit pada dapur.

9. Keramik batu alam jenis konglomerat

Keramik Batu Alami Konglomerati.mamkuchnie.pl

Batuan ini memiliki ciri-khas kerikil bulat dan batuan pasir yang merekat antara satu dengan yang lainnya. Batuan ini biasa memiliki warna yang netral antara gelap, abu-abu, dan juga warna putih. Keramik batu alam konglomerat sangat cocok untuk dijadikan dinding interior di rumah seperti pada dapur atau pada kamar mandi.

10. Batu alam candi hitam

Keramik Batu Alami Canti Hitam pinterest.com

Batu alam yang satu ini juga biasa menjadi favorit bagi pemilik rumah modern. Keeleganan batu alam candi selalu nampak pada setiap pengaplikasiannya, Tak memerlukan lahan yang luas, kemewahan akan selalu nampak pada penggunaan batu alam. Batu alam candi yang memiliki kekerasan yang tinggi bisa digunakan untuk pelapis dinding motif batu alam.

Tidak jarang juga penggunaan batu alam candi digunakan untuk pagar.Karena tingkat kekerasannya yang tinggi, batu alam candi sangat tepat untuk aplikasi eksterior. Untuk mempercantik rumah, jenis material ini biasanya akan dipadukan dengan batu alam yang lainnya seperti batu alam palimanan yang membuat rumah semakin berkarakter.

Keramik Batu Alami Sandstone Eksteriorpinterest.com

Sedikit tips, jika pemakaian batu alam dilakukan pada eksterior, alangkah baiknya menggunakan coating untuk keramik batu alam. Apalagi untuk keramik batu alam jenis sandstone dan batu alam candi yang cenderung memiliki pori-pori besar yang mudah di tumbuhi jamur maupun lumut. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan pola dan desain dalam mengaplikasikan keramik batu alam. Usahakan juga untuk memilih perekat batu yang kuat agar bisa tahan ketika panas dan hujan.

Baca Juga: 10 Motif Keramik Lantai Terbaik Untuk Rumah Impian

Apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan batu alam pada rumah. Keramik batu alam bisa terlihat elegan dan modern dengan pengaplikasian yang tepat. Selamat berkreasi ya!

 

 

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close