Home Living

10 Desain Pagar Bambu yang Membuatmu Merasa ada di China

Tak melulu pagar besi, beton, atau kayu. Kini pagar bambu juga menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari orang pedesaan hingga orang yang tinggal di lingkungan kota. Pagar bambu dari material alami ini memang tidak kalah menarik. Bahkan bisa menonjolkan desainnya yang lebih apik. Pagar bambu juga bisa dijadikan sarana penguji kreativitasmu. Dalam membuat pagar bambu tidak ada desain atau aturan yang baku. Kamu bebas mengkombinasikan pagar bambu dengan berbagai material bahan bangunan lainnya.

Pagar bambu pada awalnya memang sangat identik digunakan pada rumah-rumah di daerah  pedesaan. Namun seiring perkembangannya, pagar bambu menjadi tren baru yang kini mulai memiliki kreasi yang lebih unik, beragam dan juga cocok digunakan di berbagai jenis dan tipe rumah untuk segala lapisan masyarakat.

Pagar Bambuhomestratosphere.com

Jika dibandingkan jenis kayu lainnya, bambu adalah bahan yang lebih murah, mudah didapat, serta ramah lingkungan. Motifnya pun menarik. Sayangnya, terkadang bambu cukup sulit dibuat lurus karena tumbuhan ini melengkung seiring pertumbuhannya. Sedikit tips, kamu bisa merendam dahulu bambunya agar bambu tersebut bisa lurus dan mudah dipasang sebagai pagar bambu pelindung rumah.

Nah, buat kamu yang sedang mencari inspirasi desain pagar bambu bisa langsung cek ulasan Kania berikut ini.

Pagar bambu dengan pot tanaman

Pagar bambu dengan pot tanamanbambooimport.com

Penggunaan pagar bambu di balkon semakin populer karena mereka memberikan privasi instan dengan harga terjangkau. Pagar bambu ini menggunakan bambu setinggi 1m dengan lebar 2.5m, sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai pagar bambu di balkon.

Selain itu, desain pagar bambu ini mudah dipasang dengan ikatan kawat. Pada bagian atas kamu bisa mengkombinasikannya dengan vas bunga kecil untuk mempercantik tampilan rumahmu. Pagar bambu ini akan mempercantik taman Zen ataupun taman tropis.

Pagar bambu kombinasi beton

Pagar Bambu Kombinasi Beton bambooimport.com

Untuk memberi tampilan pagar bambu yang lebih dekoratif, kamu bisa mengkombinasikannya dengan beton. Menggabungkan pagar bambu dengan bahan lain sering menghasilkan tampilan yang sangat unik dan modern. Bambu sendiri merupakan tanaman yang bisa tumbuh tinggi. Menyusunnya berjajar secara vertikal akan menjadi pemanis eksterior yang cantik dan relatif mudah dilakukan.

Baca Juga: Dari 10 Desain Pagar Rumah Ini, Mana Favoritmu?

Agar pagar dengan dua jenis bahan ini bisa tahan lama, kamu bisa mengaplikasikan pelindung untuk kayu pada pagar bambunya. Ini akan mencegah pelapukan pada pagar bambu dan memaksimalkan daya tahannya.

Pagar bambu hitam

Pagar Bambu Hitambambooimport.com

Alih-alih menggunakan pagar dari kayu dan mengecatnya, kamu bisa memasang pagar bambu hitam di area rumahmu. Warna hitam alami dari pagar bambu akan semakin mempercantik eksterior rumahmu. Kamu bisa memilih bambu hitam yang berukuran tidak terlalu besar agar lebih mudah membentuknya pada bagian sudut. Bambu ini semula hanya didapati ditanam orang di Jawa, namun kini telah tersebar ke banyak tempat. Tak hanya mudah diaplikasikan, pagar bambu hitam ini juga bisa memberi tampilan kesan mewah pada rumahmu.

Pagar bambu pendek

Pagar Bambu Pendek bambooimport.com

Dalam beberapa rumah, kamu tidak harus memasang pagar bambu dengan desain tinggi. Jika kamu tinggal di sebelah sungai atau hutan misalnya, pagar bambu dengan desain pendek lebih cocok diaplikasikan, hal ini agar kamu bisa tetap menikmati pemandangan indah yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Untuk pagar bambu desain ini, kamu bisa memilih bambu kuning yang berukuran besar.

Padukan pagarmu dengan furniture kayu bernuansa alami, misalnya kursi panjang. Kursi bambu juga dapat dijadikan opsi yang baik, lho.

Pagar bambu kombinasi warna

Pagar Bambu Kombinasi Warna bambooimport.com

Pagar bambu hitam memang bisa memberi kesan mewah dan elegan pada rumah. Sayangnya, tidak semua orang menyukai warna hitam. Sebagai solusi, kamu bisa mengkombinasikan bambu biasa dengan bambu hitam. Perbedaan warna pada pagar bambu ini akan memberi tampilan yang menarik dan menonjolkan kesan artistik.

Kamu bisa mengaplikasikan pagar bambu desain ini pada taman, balkon, atau juga taman depan rumah. Desain taman dengan pagar bambu bisa menyegarkan pikiranmu. Hindari memasang pagar bambu langsung di atas tanah. Hal ini untuk mencegah bambu menyerap kelembaban tanah yang dapat membuatnya cepat membusuk.

Pagar bambu kombinasi taman

Pagar Bambu Kombinasi Tamanbambooimport.com

Desain pagar bambu seakan tidak ada habisnya. Hal ini tergantung pada kreativitas desainernya. Terutama dalam kombinasi dengan bahan bangunan lainnya. Seperti mengkombinasikan pagar bambu dengan dekorasi taman berupa pagar besi kecil.

Dengan desain ini kamu bisa meletakkan tanaman hias kecil bertingkat di dekat pagar bambu. Desain ini sekaligus dapat memberi tampilan cantik dan artistik pada area pekarangan rumah. Desain pagar ini cocok diaplikasikan pada rumah yang mengusung tema Jepang. Tahu nggak, kalau dekorasi taman yang tepat bisa buat rumahmu lebih stylish?

Pagar bambu pola rumit

Pagar Bambu Pola Rumitlss.vn

Bambu adalah bahan alami yang indah untuk dimanfaatkan sebagai pagar. Pasalnya, pagar bambu terbukti lebih kuat dan tahan lama. Tekstur bambu yang lebih lentur juga memungkinkan kamu mengeksplorasinya menjadi aneka rupa desain pagar bambu.

Baca Juga: 10 Desain Pagar Rumah Unik yang Nggak Pernah Kamu Pikirkan Sebelumnya

Guna memberi tampilan unik dan tak biasa, kamu bisa memasang pagar bambu dengan desain sekreatif mungkin. Kamu bisa membuat pagar bambu dari bambu beraneka ragam ukuran dan bentuk, dan mengkombinasikannya menjadi satu kesatuan.

Pagar bambu lebat

Pagar Bambu Lebathomestylecentral.com

Mengunakan bambu sebagai bahan pagar memberi banyak keuntungan. Pasalnya, dari bambu tua yang berukruan besar hingga bambu muda yang masih kecil bisa kamu olah menjadi pagar bambu. Desain pagar bambu ini memiliki tapak yang dibiarkan alami, sehingga memberi tampilan pedesaan yang menyerupai atap jerami tua.

Setiap bilah bambunya dipasang secara erat dan rapat. Pagar bambu desain ini juga bisa menjaga privasi pada area rumahmu. Menggunakan pagar bambu ini menciptakan pemandangan yang indah dan bersahaja. Kamu juga bisa memberikan pencahayaan lampu pada pagarmu.

Pagar bambu rapat

Pagar Bambu Rapatukbamboo.com

Siapa bilang pagar bambu tidak memberi privasi pada area rumahmu? Faktanya, kamu bisa tetap menjaga privasimu meski memasang pagar bambu pada area rumahmu lho. Kamu bisa memasang bambu-bambu yang berukuran lebih kecil ditata secara vertikal dan memasangnya pada bambu yang berukuran lebih besar.

Bambu yang berukuran besar dipasang secara horizontal dan dimanfaatkan sebagai penyangga. Untuk desain pagar bambu ini, jangan menyatukannya dengan paku karena bisa merusak bambu-bambu kecilnya. Kamu bisa menggunakan tali dengan kualitas kuat untuk menyambungkan antar bambunya.

Pagar bambu kombinasi bata

Pagar Bambu Kombinasi Bata bambooimport.com

Agar rumah terlihat lebih kaya akan motif dan struktur, material bambu sebagai pagar bisa juga dikombinasikan dengan material lainnya, misalnya pagar dinding bata. Perpaduan antara gaya pagar bata yang kaku dengan pagar bambu yang natural dan kalem, menjadikan nuansa eksterior rumah menjadi lebih unik. Kamu bisa memilih bambu dengan kasen warna gelap sebagai pagar bambu.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa lho menaruh dekor pada pagar. Misalnya hiasan dinding atau beberapa tanaman untuk mencerahkan suasana.

Selain bisa memberi tampilan artistik pada rumah, pagar bambu juga memiliki banyak kelebihan. Ramah lingkungan, mudah dibudayakan dan diperbaharui menjadi salah satunya. Pengerjaannya pun termasuk mudah. Tentu saja, pagar bambu lebih murah dibanding pagar kayu atau besi.

Baca Juga: 15 Pagar Rumah Unik Paling Kreatif Sedunia

Gimana, apa kamu jadi tertarik mencoba pagar bambu? Atau malah sedang bingung dengan interior ruangan?  Tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close