Home Living

7 alasan kenapa punya Terrarium bisa bikin kamu tambah bahagia

Memiliki tanaman hias yang tumbuh hijau dan subur di pekarangan rumah memang bisa menjadi ruang tersendiri  untuk menghilangkan penat. Dengan melihatnya tumbuh subur, warna-warni hijau dan juga bunga-bunga yang ada di taman bisa membuat hati kita terhibur. Lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki pekarangan rumah? Tenang aja, kamu bisa pakai terrarium.

Terrarium sendiri adalah taman mini dalam ruangan wadah. Di dalam kaca terrarium tersebut, kamu bisa menambahkan tanaman yang hanya perlu perawatan minimal dan sangat cocok untuk kamu-kamu yang tidak punya waktu untuk merawatnya, tidak memiliki bakat berkebun atau tidak ada lahan untuk membuat taman.

Selain menambah keindahan, terrarium rupanya punya banyak manfaat yang nggak kamu duga lho. Punya terrarium bisa meningkatkan kadar bahagiamu nih. Mau tahu alasannya?

Terrarium bisa menambah semangat dan menyembuhkan

Terrarium Penambah Semangatshopify.com

Kamu pernah merasa penasaran nggak mengapa ketika seseorang dirawat di rumah sakit, banyak orang yang membawakannya bunga? Nah rupanya ada sebuah studi menyebutkan bahwa melihat tumbuhan atau bunga bisa menyembuhkan pasien di rumah sakit. Kita bisa menyebutnya sebagai ‘obat’ yang murah namun efektif nih. Sama halnya kalau kamu memiliki terrarium di rumah atau meja kerjamu, secara tidak langsung terrarium bisa menjadi alat untuk terapimu.

Terrarium bisa membuat produktivitas bertambah

Terrarium Penambah Produktivitasetsy.com

Dikelilingi oleh tanaman hijau bisa menambahkan perasaan yang positif dan menghilangkan rasa cemas, kemarahan serta kesedihan. Tumbuhan yang ada di terrarium akan menghidupkan ruanganmu. Cocok untuk mereka yang menghabiskan waktu di meja kerja seharian.

Baca Juga: 11 Desain Ruang Kerja Ini Dijamin Buat Kerja Lebih Produktif!

Dengan memiliki terrarium kecil di meja kerjamu, tumbuhan ini bisa membuatmu berkonsentrasi dan fokus. Kamu bisa menghias mejamu dengan kaktus yang bermacam bentuk dan warna.

Terrarium bisa mengajarkanmu tentang kehidupan

Terrarium Kehidupan Pinterest.com

Melihat tumbuhan di dalam terrarium tumbuh dan berkembang memang sangat luar biasa. Bagi kita yang selalu tenggelam dalam teknologi, kita seringkali tak peduli dengan apa yang ada di sekeliling kita. Padahal ada banyak tumbuhan yang sering kita lewati setiap harinya. Bener nggak?

Nah, dengan memiliki pengalaman memelihara tumbuhan dalam terrarium, kamu akan belajar untuk menghargai tumbuhan tersebut. Untuk membersihkan dan merawat terrarium sendiri tergantung dengan jenis dari terrariumnya. Jika terrarium terbuka, sirami tanaman sesekali. Siraman tidak diperlukan untuk terrarium kedap udara, sedangkan pada terrarium terbuka perlu disiram seminggu atau dua minggu sekali. Untuk jenis tumbuhan sukulen dan kaktus hanya perlu disiram sebulan sekali.

Terrarium memiliki keindahan yang tak ternilai dan mudah untuk disimpan

Terrarium Memiliki KeindahanPinterest.com

Mungkin terrarium memang sempat booming di tahun 80-an. Tapi sekarang, tren menanam tumbuhan di kaca mulai muncul kembali. Selain memiliki keindahan dan keunikan tiada duanya, terrarium juga cocok untuk mereka yang hidup dalam konsep minimalis, memiliki lahan sempit tetapi ingin memiliki taman sendiri. Cocok sekali kan?

Baca Juga: 6 Desain Taman yang Bisa Menyegarkan Pikiranmu

Untuk menghias terrarium memang tergantung dengan kreatifitas masing-masing. Yang pasti, hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk memulai mendesain terrarium diantaranya adalah wadah kaca atau vas, tanah pot ringan yang banyak drainase, batu kecil, arang yang dipotong kecil-kecil serta pasir yang bisa digunakan sebagai media tanam.

Terrarium pinterest.com

Untuk tanaman, pilih jenis sukulen dan kaktus yang memiliki pertumbuhan lambat. Kamu juga bisa menambahkan aksesori dekoratif yang bisa kamu dapat di toko kerajinan tangan atau akuarium.

Terrarium bisa menghilangkan stress

Terrarium Menghilangkan Stress hype.my.com

Tumbuhan di dalam terrarium biasanya memiliki corak-corak dan juga keunikan yang beragam. Ini mampu membuat siapapun yang memandang akan menjadi lebih segar dan bahagia. Apalagi dengan kadar oksigen yang ada pada tumbuhan atau tanaman hias di dalam terrarium bisa membuat pikiran menjadi relaks dan lebih segar. Makanya, disebut-sebut tanaman hias dalam terrarium bisa membuat lebih bahagia dan terhindar dari stress.

Terrarium sangat hemat perawatan atau perawatannya lebih mudah.

Terrarium Hemat Perawatan tumblr.com

Menanam tumbuhan dalam terrarium juga murah dan low maintenance alias hemat perawatan. Kamu bisa menyiraminya kapanpun, bahkan sebulan sekali tergantung jenis tumbuhannya. Tentu saja kamu beri jeda waktu yang teratur, tapi setidaknya perawatannya tidak serepot merawat bunga.

Terrarium bisa meningkatkan kreativitasmu.

Terrarium Meningkatkan Kreativitasetsy.com

Dengan memiliki terrarium sendiri di rumah atau tempat kerjamu, kamu bisa mendesain terrarium milikmu sekreatif apapun. Entah itu dengan tambahan bebatuan beraneka warna, tumbuhan dengan beragam jenis, bentuk dan warna ataupun aksesori-aksesori lainnya. Atau bisa juga berkreasi dengan wadah. Bisa menggunakan botol, toples kaca, bahkan tempat lilin. Yang pasti, memiliki terrarium bisa menyalurkan bakat kreativitasmu.

Eits, tunggu dulu. Sebelum memulai untuk membuat terrarium versi kamu, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips dari Kania yang perlu kamu perhatikan ketika memiliki terrarium sendiri. Yuk simak di bawah ini!

Memilih tumbuhan yang tepat

Terrarium Cepat Tumbuh999thepoint.com

Dalam pemilihan tumbuhan, kamu bisa memilih tumbuhan sukulen atau kaktus. Tanaman tropis ini bekerja paling baik karena terbiasa dengan kelembapan dan bisa terlihat indah dengan ragam warna yang mereka miliki. Gunakan tanah khusus untuk tanaman hias yang sudah steril dan tidak mengandung cacing supaya terrarium tetap sehat.

Penempatan yang tepat

Terrarium Penempatan Yang Tepatyliving.com

Ketika memiliki terrarium di dalam rumah, jangan sampai kamu meletakkan terrarium di sudut yang gelap. Pilih tempat yang banyak menerima cahaya tidak langsung. Jangan banyak menyiram bagian tanamannya. Kamu bisa menyirami tumbuhanmu apabila tanah yang ada di dalam terrarium dan sisi kaca terrarium mulai kering.

Terarium harus disimpan di dalam ruang hangat seperti pada daerah dekat pintu, atau teras atau tempat yang dekat dengan jendela rumah. Hindari menempatkan terrarium di tempat bersuhu ekstrim seperti ruangan ber-AC.

Baca Juga: Dekorasi Bunga Kertas untuk Perayaan Imlek Berkelas

Gimana, terrarium yang mungil ternyata punya banyak manfaat kan. Apa sekarang kamu tertarik untuk memeliharanya?

Related Articles

Back to top button
Close
Close