Home Living

8 Jenis Plafon Kayu Cantik Yang Buat Tetangga Kamu Kagum

Plafon kayu terkenal dengan berbagai nama dan jenis. Setiap jenisnya memiliki tipe papan dan kayu yang menjadi pondasi plafon kayu tersebut. namun satu yang pasti, setiap plafon kayu mempunyai motif yang seragam, menciptakan struktur dan desain yang menarik untuk langit-langit rumahmu.

Biasanya, plafon kayu digunakan pada ruang ingin memaksimalkan kesan hangat pada ruangan, contohnya ruang tengah yang memiliki perapian, kamar tidur, atau dapur dan ruang makan.

Kania juga suka rumah dengan plafon kayu yang cantik, lho! Selain hangat, plafon kayu juga membuat suasana rumah seakan-akan berada di villa di daerah pegunungan, nyaman dan bersahabat! Nah, agar rumah kamu bisa merasakan manfaat plafon kayu ini, atau untuk kamu yang sedang mencari inspirasi untuk model plafon kayu yang akan kamu gunakan, berikut Kania bagikan 8 jenis plafon kayu cantik yang akan membuat tetangga kamu berdecak kagum!

Plafon kayu tema 2000an di ruang dapur

Plafon Kayu Dapurimages.adsttc.com

Plafon kayu ini didesain oleh Hammer Architects, perusahaan yang memfokuskan diri terhadap desain interior bangunan yang berpusat di Massachusetts, Amerika Serikat. Pada desain dapur tema 2000an ini, Hammer Architects memanfaatkan plafon kayu sebagai pemandangan utama yang memberi kesan hangat. Selain itu warna interior sekitarnya juga dibuat senada dengan plafon kayu, mulai dari kabinet dapur, sampai dengan kursi dan meja makan.

Pada dapur dengan tema 2000an ini, meski plafon kayu menimbulkan efek gelap pada ruangan, tapi desainer interior mengakalinya dengan lampu gantung untuk meja makan dan downlight untuk sudut-sudut dapur yang membutuhkan cahaya. Jendela dapur juga memberi peran penting untuk mengisi cahaya pada ruang dapur ini.

Plafon kayu tema 2000an pada ruang tengah

Plafon Kayu Ruang Tengah

pinterest.com

Kali ini, desain dari Tara Bussema, seorang desainer interior yang berasal dari Portland, Amerika Serikat yang sudah biasa menangani rumah dengan desain plafon kayu. Tidak berbeda jauh dengan desain dapur sebelumnya, plafon kayu di ruang tengah menggunakan warna yang melengkapi kusen dan daun pintu ruang tengah tersebut. Hiasan dinding serta warna interior pun mengikuti dengan warna-warna cerah yang semakin menghidupi ruangan tersebut.

Baca Juga: 15 Desain Plafon Minimalis untuk Rumah Kecil yang Bisa Kamu Tiru

Pada malam hari, lampu gantung kembali menjadi penyelamat untuk bagian-bagian seperti mini bar. Untuk zona menonton televisi atau kursi membaca, lampu lantai bisa jadi pilihan.

Plafon kayu dapur yang menimbulkan kesan tradisional

Plafon Kayu Dapur Tradisional

contemporist.com

Jika kamu sering menonton film dengan set rumah mewah, tentu kamu sering melihat desain dapur dengan plafon kayu seperti ini. kamu juga bisa kok mengaplikasikan plafon kayu dengan cara ini! namun tentu syarat utamanya adalah, harus memiliki ukuran dapur yang cukup luas sehingga padatnya perabotan yang ada bisa tertutupi dengan ruang yang luas.

Desain dapur dengan plafon kayu ini mungkin merupakan desain yang cukup mengeluarkan uang lebih banyak, karena perlu diseimbangkan dengan interior-interior yang mewah semacam batu granit untuk alas kabinet dan meja makan, jangan lupa gunakan warna-warna yang senada, ya!

Penggunaan plafon kayu pada ruang tamu ala pedesaan

Plafon Kayu Ruang Tamu Ala Pedesaandesignjgreen.com

Langit-langit yang bersusun merupakan tipikal rumah ala pedesaan. Nah, plafon kayu merupakan kombinasi yang pas untuk memaksimalkan kesan pedesaan tersebut. apalagi jika dikombinasikan dengan warna interior ruangan yang senada dengan plafon kayu, pasti akan terlihat menakjubkan!

Baca Juga: 8 Trik Memilih Warna Cat Rumah Lewat Feng Shui

Kuncinya, pilihlah warna kayu klasik seperti coklat tua untuk plafon kayu yang digunakan. Untuk interior, kamu bisa menyesuaikan dengan warna-warna gelap seperti hitam atau coklat tua. Selaraskan dengan warna putih pada tembok dasar agar ruangan tersebut tidak terkesan gelap.

Plafon kayu untuk ruang tamu gaya skandinavia

Plafon Kayu Skandinaviancdn.decoist.com

All White menjadi kunci dimana Jeanette Lunde, seorang desainer interior spesialis gaya skandinavia menunjukkan jati dirinya. Mulai dari plafon kayu, cat tembok, hingga tembok dan alas kayu, semua menggunakan warna putih. Peletakkan furniture yang tidak terlalu padat pun menambah kesan minimalis ala skandinavia yang coba ditonjolkan oleh desainer asal Prancis ini.

Untuk aksesoris tambahan sebagai hiasan dinding, kamu bisa menempelkan kepala rusa misalnya, agar kesan eropa utara semakin melekat pada ruang tengahmu. Desain ini juga cocok untuk kamu yang memiliki ruang tengah yang tidak terlalu besar, namun ingin membuat rumahnya terlihat lebih besar.

Plafon kayu untuk dapur gaya kontemporer

Plafon Kayu Kontemporerpinterest.com

Eits, jangan salah! Plafon kayu juga bisa kok untuk desain dapur yang kontemporer. Penggunaan plafon kayu akan memunculkan kesan natural pada dapurmu. Selain itu, dapurmu juga harus dilengkapi dengan lantai kayu dengan warna yang lebih gelap dari warna plafon kayu terang yang kamu pilih.

Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Plafon Gypsum Rumahmu Bisa Roboh

Untuk desain, gaya kontemporer ini lebih cocok untuk kamu yang berbudget tipis, karena kamu bisa menekan pengeluaran pada kainet dan dinding dapur yang tidak memerlukan material yang mahal. Cukup memiliki desain yang cocok dengan tema dapur sudah cukup, kok!

Plafon kayu untuk ruang tidur gaya kontemporer

Plafon Kayu Kamar Kontemporercdn.decoist.com

Plafon kayu akan mendukung nuansa kehangatan pada kamarmu, lho! Maka dari itu, solusi yang tepat untuk mendesain kamar tidurmu dengan plafon kayu. Nah, desain kamar gaya kontemporer ini harus diseimbangkan dengan lantai parket berwarna gelap dan kualitas terbaik. Jangan terlalu banyak menaruh furnitur di kamarmu agar tidak terlihat terlalu penuh, ya!

Nuansa Jepang pada penggunaan plafon kayu

Plafon Kayu Jepang

pinterest.com

Tatami, pintu geser, dan tulisan-tulisan jepang khas rumah asia yang mempunyai interior mayoritas kayu. Nuansa jepang jelas terlihat sejak pertama kali kamu memasuki ruangan ini. Apalagi dengan plafon kayu di bagian atas yang menambah kehangatan ruang tengah.

Satu yang perlu diperhatikan dalam pemasangan plafon kayu untuk rumah, pastikan kayu yang digunakan merupakan kayu dengan kualitas terbaik, sehingga plafon kayu akan tahan lama dan tidak memakan biaya perawatan yang besar.

Plafon Kayu Putihpinterest.com

Apapun jenis plafon kayu yang diaplikasikan ke rumahmu, pastikan plafon kayu tersebut memiliki warna dan model yang cocok dengan ruangan tersebut, ya! Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada ahlinya untuk pemasangan plafon kayu yang pas untuk rumahmu.

Baca Juga: 10 Desain Plafon Minimalis ala Kantoran Ini Bisa Kamu Tiru!

Pastikan plafon yang kamu pilih sesuai dengan gaya interior rumahmu. Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, tim desain interior dekoruma siap membantu! Kita juga bisa membantu kamu yang membutuhkan lemari custom. Harga transparan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close