Home Living

7 Desain Rak Buku Dinding yang Buat Kamu Jadi Hobi Baca

Tren yang saat ini sedang digandrungi adalah membuat rak buku diding sebagai tempat penyimpanan barang seperti buku, hiasan, hingga televisi dan barang elektronik.

Karena rak dinding saat ini dianggap sebagai alternatif buat tempat penyimpanan barang, kali ini Kania bakal mengulas tentang rak buku dinding buat kamu yang hobi baca nih. Selain bisa menjadi tempat penyimpanan koleksi bukumu, rak buku dinding ini juga bisa menambah nilai estetik di rumahmu lho. Bahkan sebagian dari rak buku dinding di bawah ini bisa kamu buat sesuai dengan kreasimu. Wah, seperti apa? Yuk simak di bawah ini!

1. Rak buku dinding melayang atau rak buku dinding invisible

rak buku dinding melayangboredpanda.com

Rak buku dinding ini hanya terbuat dari pembatas buku, atau biasa disebut siku yang terbuat dari elemen besi atau logam yang dipasangkan ke dinding. Dapat menahan beban kira-kira 6,8 kilogram dengan tinggi buku 40 sentimeter, kamu bisa menyimpan buku favoritmu sekaligus menghemat space dengan rak buku dinding kokoh yang imajinatif.

Kamu bisa memasangkan rak buku dinding ini di atas meja belajar milikmu, isi dengan buku-buku favorit dan dekor ruangan favoritmu!

2. Rak buku dinding tipografi bertuliskan ‘has been read’ dan ‘will be read’

Rak buku dinding tipografiboredpanda.com

Rak buku dinding dengan tulisan simpel atau tipografi dalam menata buku-buku yang sudah dan akan dibaca ini juga bisa menjadi pilihan alternatif kamu dalam mendesain rak buku dinding. Desain rak buku dinding seperti bisa membuatmu semangat dalam membaca dan menghabiskan bukumu!

Warna rak buku dinding yang pertama kali didesain oleh Mebrure Oral ini sendiri lebih baik menggunakan warna mirip dengan dinding. Apalagi nanti jika sudah ditambahkan buku-buku yang memiliki aneka ragam warna dipadu dengan dinding polos, pasti kehadiran rak buku dinding ini makin membuat ruang baca mungilmu makin estetik kan?

3. Rak buku dinding berbentuk pohon untuk kamu si penyuka alam

Rak buku dinding berbentuk pohonboredpanda.com

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi membaca buku di tengah-tengah taman, rak buku dinding berbentuk pohon atau yang disebut dengan Booktree Shelves bisa kamu coba lho. Didesain oleh seorang desainer bernama Kostas Syrtariotis, rak buku dinding ini terbuat dari kayu dan memiliki bentuk menyerupai pohon, dengan dahan-dahan yang siap ditempati oleh buku-buku koleksimu.

Baca Juga: Biar Lebih Hemat, Buat Saja Rak Buku Dari Kardus!

Rak buku dinding ini cocok sekali untuk ruang baca anak, untuk melengkapi ruang baca, sediakan juga karpet yang lembut atau furnitur yang terbuat dari kayu, seperti kursi dari kayu. Cocok banget kan?

4. Rak buku dinding berbentuk peta dunia

Rak buku dinding berbentuk peta duniaboredpanda.com

Pasti di antara kalian pernah mendengar istilah buku adalah jendela dunia, ya nggak?

Bagaimana kalau kalian membawa ‘dunia’ tersebut dan diaplikasikan ke dalam rak buku dinding sebagai tempat penyimpanan buku-bukumu? Rak buku dinding seperti ini memang membutuhkan trik tersendiri karena termasuk rumit.

Biasanya terbuat dari kayu dan didesain sedemikian rupa agar bisa menyerupai wilayah peta yang ingin kamu pasang. Seperti contoh model rak buku dinding di atas yang merupakan peta Amerika Serikat. Cantik sekalli bukan? Apalagi jika disesuaikan dengan lanta kayu yang membuat ruang bacamu semakin indah dipandang.

5. Rak buku dinding gantung

Rak buku dinding gantungpinterest.com

Rak buku dinding ini akan membuat buku-bukumu melayang dengan menggantungkannya pada kayu oak. Rak buku dinding buatan desainer Augustav ini sangat efektif dalam hal menghemat ruangan.

Pembuatannya pun sangat simpel. Kayu oak dirangkai dan digantung, dibentuk menyerupai gantungan, kemudian tempelkan ke dinding sehingga rak buku dinding gantung ini siap dipakai sebagai tempat kamu akan menyimpan buku-bukumu.

6. Rak buku dinding batang kayu di sudut ruangan

Rak buku dinding batang kayupinterest.com

Kamu bisa membawa bukumu kembali ke ‘akar’ denan cara menanamkan batang pohon di sudut ruanganmu. Biarkan kayu tersebut dengan alami, kemudian pasang rak-rak kayu pada batang pohon tersebut sehingga bisa menciptakan rak buku dinding yang bisa ditempati buku-buku favorit.

Rak buku dinding ini juga memiliki kapasitas buku yang banyak dari atas langit-langit rumah hingga lantai. Untuk penataan buku sendiri bisa ditata dalam keadaan horizontal ataupun vertikal, tergantung dengan seleramu.

Rak buku dinding ini bisa menciptakan kesan rustik pada rumah, apalagi jika kamu juga memasangkan sofa berkualitas yang memberi aksen rustik tersendiri untuk rumah minimalis dan modern milikmu.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern Favorit Pengantin Baru

7. Rak buku dinding meliuk-liuk tak beraturan

Rak buku dinding meliuk-liuk tak beraturanimebnc facebook page

Kata siapa buku hanya bisa ditempatkan di tempat dengan permukaan yang datar atau lurus saja? Didesain dengan sedemikian rupa, rak buku dinding yang memiliki penahan dari metal membuat buku seakan-akan melayang melawan gravitasi. Warna rak buku dinding putih membuat rak buku dinding ini terlihat elegan dan bersih ketika ditempel ke dinding yang juga berwarna putih.

Rak Buku Dindingpinterest.com

Posisi buku yang tak biasa ini bisa mencuri perhatian siapapun yang melewatinya. Coba juga menata buku-buku yang tertata dalam rak sesuai dengan urutan warna. Misalnya, untuk warna yang paling terang bisa ditaruh di paling bawah dan seterusnya sampai warna yang gelap. Ini akan memberi kesan visual yang tegas pada rak buku dindingmu.

Gimana, apa kamu juga tertarik memiliki rak buku dinding yang unik di atas? Sudah siap belum untuk menciptakan ruang baca yang nyaman dengan rak buku dinding yang memiliki desain unik?

Related Articles

Back to top button
Close
Close