Home Living

13 Desain Rak Sepatu Kreatif yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Kamu termasuk orang yang gemar atau hobi mengoleksi sepatu? Pasti kamu juga merasakan permasalahan yang satu ini, bingung memikirkan bagaimana cara menyimpannya.

Apalagi kalau kamu memiliki banyak sepatu, pasti rasanya malas menatanya secara rapi di rak sepatu. Padahal kalau kita mau meluangkan waktu barang sedikit saja, memiliki rak sepatu membuat ruangan menjadi lebih terlihat rapi, rak sepatu dengan model dan desain unik saat ini juga menjadi tambahan nilai estetika pada rumah dan ruangan itu sendiri.

Saat ini, kita bisa menemukan beragam model rak sepatu melalui internet dan membelinya secara online dengan mudah. Eits, buat kamu yang sangat menjunjung tinggi nilai artistik pada rak sepatumu, kenapa nggak mencoba sendiri beragam desain rak sepatu di bawah ini? Kania sudah menyiapkannya, siapa tahu bisa jadi inspirasi kalian!

1. Rak sepatu dengan seni wall art

Rak Sepatu Wall Artpinterest.com

Rak sepatu ini merupakan rak yang didesain oleh pemilik butik bertema vintage, Elsie Larson. Rak sepatu model ini disesuaikan dengan bentuk dan juga tinggi sepatu yang dimiliki. Kita juga bisa melihat bahan dari rak sepatu ini terbuat dari kayu yang ditempelkan ke dinding yang sudah didekorasi dengan tipografi atau poster dinding cantik.

2. Rak sepatu dengan desain bertema farmhouse

Rak Sepatu Farm Housepinterest.com

Rak sepatu ini memiliki tema pedesaan yang kental dan dengan kayu sebagai bahan utama pembuatannya. Pedesaan di sini identik dengan suasana kayu tua serta memiliki finishing yang memang sengaja dibuat tidak sempurna. Rak sepatu ini bisa diletakkan pada ruangan antara ruang tamu dengan pintu utama.

Untuk membuatnya terlihat asri, tambahkan juga aksesori tanaman hias, bisa juga kaktus atau sukulen dan aksesorinya sehingga rak sepatu milikmu terlihat lebih meriah.

3. Rak sepatu grid atau jaring yang simple dan minimalis

Rak Sepatu pinterest.com

Ingin tampilan rak sepatu yang lebih minimalis dan sederhana namun efisien? Kamu bisa menggunakan desain rak sepatu grid yang berbahan almunium atau besi untuk menata kembali sepatu-sepatumu.

Baca Juga: Beda Bahan, Beda Kualitas: 3 Bahan Rak Sepatu yang Harus Kamu Tahu

Koleksi sepatu mahal akan tampak semakin cantik jika disimpan di rak display seperti di galeri seni ini. Dalam menatanya, tak usah semua sepatu yang kamu miiki, melainkan pasanglah sepatu yang memang sering kamu pakai agar tidak ribet nantinya.

4. Rak sepatu model laci

Rak Sepatu Model Lacipinterest.com

Rak sepatu dengan model laci seperti ini biasanya berbentuk kabinet yang terbuat dari kayu. Dengan pembuka sepatu yang juga merupakan daun pintu dari rak sepatu unik tempat menyimpan sepatu-sepatumu.

5. Rak sepatu berbentuk roda yang praktis

Rak Sepatu Model Roda

pinterest.com

Rak sepatu dengan model roda ini juga bisa menjadi piihan untuk menyimpan sepatu-sepatu milikmu, terutama sepatu sport nih. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengambil dari sisi mana sepatu yang akan kamu kenakan. Rak sepatu ini juga cocok digunakan sebagai storage barang lainnya selain sepatu lho!

6. Rak sepatu pohon yang unik

Rak Sepatu Pohon Unik

core.77.com

Mendengar namanya, kamu nggak perlu terkejut karena rak sepatu ini tidak seperti yang dibayangkan. Rak sepatu ini tidak ada daun, ranting atau bahkan akar, melainkan merupakan rak sepatu dengan satu ‘batang’ vertikal yang berupa tiang rumah dengan beberapa cabang-cabang yang pendek untuk menyimpan sepatu.

7. Rak sepatu dengan desain seperti menara

Rak Sepatu Towerwharfside.co.uk

Rak sepatu ini terinspirasi dari menara-menara yang ada di dunia, seperti menara Pisa. Biasa terbuat dari kayu, rak sepatu unik ini cocok untuk menyimpan sepatu kesayanganmu. Letakkan sepatu secara memutar di sekeliling rak sepatu. Jangan lupa untuk sering membersihkan sepatu dari debu secara teratur ya.

8. Rak sepatu model segitiga yang juga cocok jadi pilihan

Rak Sepatu Model Segitigathehouseofwood.com

Buat kamu yang menyukai ornamen-ornamen unik pada sebuah ruangan, maka rak sepatu dengan aksen geometris atau berbentuk segitiga ini bisa menjadi pilihanmu. Aksen geometris yang diciptakan pada setiap anak tangga kayu ini memberikan kesan sederhana namun elegan. Selain itu, dengan memiliki rak seperti ini kamu bisa menemukan sepatumu dengan mudah karena semua sepatu disusun secara terbuka.

9. Rak sepatu yang memanfaatkan bahan dari kotak kayu bekas

Rak Sepatu Kotak Kayuimg0.etsystatic.com

Kamu ingin membuat rak sepatu dengan desain yang tak biasa, namun dari bahan yang dapat didapatkan di sekitar kita? Nah, kamu bisa nih memanfaatkan kotak yang terbuat dari kayu. Biasanya rak sepatu seperti ini digunakan untuk penyimpanan barang atau untuk kontainer. Setelah mendapatkan kotak-kotak tersebut, kamu bisa menyusunnya menjadi beberapa bagian sesuai dengan seleramu atau bagaimana kreativitasmu. Sederhana tapi enak dipandang lho!

Baca Juga: Biar Lebih Hemat, Buat Saja Rak Buku Dari Kardus!

10. Desain rak sepatu dengan konsep ‘kotak rahasia’

 

Rak Sepatu Kotak Rahasia houzz.com

Buat kamu yang tidak ingin sepatumu terlihat dan tercecer, rak sepatu yang satu ini bisa jadi pilihan. Dijamin bisa menjadi tempat penyimpanan yang paling aman buatmu. Selain berfungsi sebagai rak sepatu yang tertutup, rak sepatu ini bisa beralih fungsi menjadi sofa atau tempat duduk buatmu lho! Multifungsi banget kan?

11. Rak sepatu dari pipa bekas

Rak Sepatu Pipa Bekashomedecor.com

Memanfaatkan barang bekas memang bukan suatu hal yang baru lagi. Termasuk untuk membuat rak sepatu yang satu ini. Kamu bisa membuatnya dari pipa bekas yang kemudian disusun sedemiian rupa; bisa beraturan berbentuk segitiga, atau tumpuk-tumpuk pipa tersebut membentuk segi empat, sesuai dengan seleramu seperti apa. Kamu bisa memasukkan sepatu-sepatumu ke dalam pipa yang sudah kamu susun tersebut.

12. Rak sepatu perpaduan pipa dengan kayu rustik

Rak Sepatu Kayu Rustik pinterest.com

Masih berhubungan dengan pipa, namun kali ini pipa yang digunakan adalah pipa kecil sebagai penyangga bahan kayu yang menjadi bahan utama dari rak sepatu ini. Untuk kayu pada rak sepatu ini, kamu tak perlu memolesnya sedemikan rupa, hanya seadanya saja sehingga bisa memberikan kesan rustik yang kental pada rak sepatumu.

13. Rak sepatu penempel di dinding

Rak Sepatu Penempel di Dindingpinterest.com

Kok sepatunya bisa menempel di dinding? Tenang, itu bukan melayang atau ilmu magis lho ya. Melainkan merupakan karya DIY atau Do It Yourself rak sepatu dengan mengunakan slot kayu yang sudah diaplikasikan di dinding. Sepatu yang biasanya disimpan di sini adalah sepatu jenis high heels, karena mudah diselipkan ke tiap slot sepatu yang sudah disediakan.

==========

Unik-unik kan desain rak sepatu di atas? Dengan sedikit kreativitas, barang yang biasanya terlihat biasa saja bisa jadi unik dan menarik perhatian. Tentunya, suasana rumahmu akan jadi lebih ceria. Yang mana nih, yang ingin kamu punya di rumah?

Related Articles

Back to top button
Close
Close