Home Living

11 Kesalahan Ini Bisa Bikin Peralatan Rumah Tangga Cepat Rusak Lho!

Memilih peralatan rumah tangga berkualitas bukan pekerjaan mudah. Mulai dari menentukan peralatan rumah tangga yang paling sesuai dengan kebutuhan sampai mencari merk yang dikenal tahan lama, membutuhkan pertimbangan matang dan waktu yang tidak sebentar. Ini karena kesalahan memilih peralatan rumah tangga bisa berakibat pada pengeluaran yang jauh lebih besar.

Peralatan Rumah Tangga Rusakamericanapplianceinc.com

Namun, peralatan rumah tangga berkualitas pun tidak luput dari kerusakan. Peralatan rumah tangga rusak memang wajar, apalagi kalau sudah lama dan sering digunakan. Sayangnya, yang lebih sering terjadi adalah peralatan rumah tangga yang rusak sebelum waktunya. Sebabnya bermacam-macam, bisa jadi, kebiasaan kita selama ini adalah faktor utama rusaknya peralatan rumah tangga.

Banyak cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat peralatan rumah tangga. Untuk membantumu memulainya, simak 11 kesalahan yang perlu kamu hindari agar perlatan rumah tangga tidak rusak.

Tidak langsung membersihkan bagian dalam peralatan rumah tangga setelah pemakaian

Tidak Langsung Bersihkan Peralatan Rumah Tanggaeverythingmomandbaby.com

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan, khususnya pada peralatan rumah tangga untuk makanan, seperti rice cooker, pemanggang roti, dan oven. Padahal, serpihan-serpihan makanan yang tertinggal di dalamnya setelah pemakaian bisa merusak mesin pemanasnya dan lama-kelamaan akan menjadi jamur. Belum lagi kemungkinan datangnya serangga atau tikus.

Bukan hanya mesin peralatan rumah tangga yang berisiko, tetapi juga kesehatan keluarga. Jadi, jangan lupa langsung bersihkan peralatan rumah tanggamu setelah pemakaian, ya. Untuk menjaga permukaan peralatan tetap mulus, kamu bisa menggunakan kain yang lembut.

Menggunakan hand-washing detergent untuk mesin cuci

Menggunakan Hand Washing Detergent Peralatan Rumah Tanggaimages.wisegeek.com

Deterjen khusus mesin cuci diciptakan bukan tanpa alasan. Hand-washing detergent menghasilkan busa yang terlalu banyak sehingga tidak sesuai untuk peralatan rumah tangga yang satu ini. Akibatnya, mesin cuci yang menggunakan hand-washing detergent akan cepat rusak. Pakaian pun menjadi tidak terlalu bersih karena air yang kapasitasnya sudah ditentukan mesin cuci tidak cukup untuk membilas semua busa. Lebih baik mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli deterjen khusus mesin cuci daripada memperbaiki mesin cucinya, kan?

Tidak memeriksa saku pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci

Tidak Memeriksa Saku Peralatan Rumah Tanggapreviews.123rf.com

Bukan hanya peralatan rumah tangga yang perlu kamu perhatikan. Barang-barang yang dimasukkan ke dalam peralatan rumah tangga juga tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Koin dan barang-barang kecil lain yang biasa disimpan di dalam saku seringkali lupa dikeluarkan sebelum dicuci. Padahal, barang-barang kecil bisa menyebabkan masalah besar bagi peralatan rumah tangga ini. Gesekan yang disebabkan saat mesin cuci berputar bisa merusak saluran air yang cukup sulit untuk diperbaiki. Selain mengosongkan saku, kamu juga bisa menutup resleting dan mengancingkan pakaian yang akan dicuci agar tidak ada barang-barang kecil yang lepas dan menyumbat saluran.

Membiarkan pakaian yang sudah bersih dan belum dijemur terlalu lama di dalam mesin cuci

Mebiarkan PakaianSudah Bersih Peralatan RumahTanggachoice.com.au

Kelembaban di peralatan rumah tangga manapun akan menyebabkan jamur. Oleh karena itu, pastikan kamu mengeringkan peralatan rumah tangga tersebut langsung setelah pemakaian. Khususnya bagi mesin cuci, kesalahan ini cukup sering terjadi. Kelembaban dari pakaian akan menyebar ke berbagai bagian dari peralatan rumah tangga ini, dengan kerusakan paling parah pada drum.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Lemari Pakaian Selalu Berantakan!

Segera keluarkan dan jemur pakaian setelah pencucian selesai untuk menghindari jamur. Jangan lupa juga untuk mengeringkan bagian dalam mesin cuci untuk memastikan tidak ada kelembaban yang tersisa.

Mengisi kulkas terlalu penuh

Mengisi Kulkas Terlalu Penuh Peralatan Rumah-Tanggaappliance1service.com

Peringatan untuk memanfaatkan peralatan rumah tangga sesuai dengan kapasitasnya tidak boleh diabaikan—termasuk pada kulkas. Terkadang, kita terpaksa memasukkan makanan baru meskipun kulkas sudah cukup penuh oleh makanan lama. Terlalu banyak makanan di dalam peralatan rumah tangga yang satu ini akan menghambat sirkulasi udara. Padahal, sirkulasi ini sangat penting untuk menjaga suhu kulkas agar tetap dingin.

Akibatnya, mesin kulkas harus bekerja ekstra hingga menimbulkan kelebihan uap udara yang merusak mesin dan isi kulkas. Hal yang sama juga berlaku pada freezer. Jadi, pastikan untuk membersihkan keseluruhan peralatan rumah tangga secara reguler, ya.

Memasukkan makanan panas ke kulkas

Makanan Panas Peralatan Rumah Tanggaphoto.elsoar.com

Sering mendengar larangan memasukkan makanan panas ke dalam kulkas? Ya, makanan yang sangat panas akan mengontradiksi suhu peralatan rumah tangga satu ini yang dingin. Temperatur di dalamnya pun akan berubah dan merusak mesin serta makanan lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendinginkan makanan tersebut sebelum memasukkannya ke kulkas. Diamkan 15-30 menit untuk makanan di bawah 90°C dan 30-60 menit untuk di atas 90°.

Jarang membersihkan kulkas

Jarang Membersihkan KulkasPeralatan Rumah-Tanggakingofmaids.com

Minyak dan cairan lain dari makanan yang menetes di dalam kulkas akan menyebabkan jamur dan udara yang tidak sehat. Lakukan deep clean setidaknya satu bulan sekali agar kulkas tetap bersih dan segar.

Bagian luar peralatan rumah tangga ini jangan sampai terlupakan. Selain bagian dalam kulkas, condenser tidak kalah penting untuk dibersihkan—minimal enam bulan sekali. Bagian yang terdapat di bagian belakang kulkas ini seringkali dipenuhi debu, bahkan sarang serangga. Kalau sudah seperti ini, sirkulasi udara dari luar akan tersumbat, pemakaian listrik akan lebih banyak, dan condenser lama-kelamaan akan rusak. Untuk membersihkannya, cukup gunakan vacuum cleaner, kok.

Membiarkan kantung vacuum cleaner terlalu penuh

Vacum Cleaner Peralatan Rumah Tanggapinterest.com

Ketika sedang menggunakannya, kamu pasti bisa merasakan ketika peralatan rumah tangga sedang bekerja terlalu keras, baik dari bunyi maupun performanya. Misalnya, ketika sedang menggunakan vacuum cleaner dan kamu mendengar suara berat dari peralatan rumah tangga ini. Bisa jadi kamu sudah memakai terlalu lama di hari itu, bisa juga karena kantung sampahnya sudah terlalu penuh.

Baca Juga: Hati-hati, Ruang Tamu Rumahmu Mungkin Dikuasai Bakteri dan Parasit Ini

Sebentar-sebentar membuang sampah dari vacuum cleaner memang melelahkan, tapi menjaga keawetan peralatan rumah tangga tidak bisa diabaikan. Buang isi kantung vacuum cleaner sebelum benar-benar penuh. Kebanyakan sampah di sana akan menyulitkan mesin dalam menyedot sampah di lantai. Mesin yang harus bekerja lebih keras bisa mempercepat kerusakan vacuum cleaner. Daripada rusak, perhatikan kapasitas kantung saat sedang menggunakan peralatan rumah tangga ini.

Memanaskan makanan di microwave lebih lama dari yang seharusnya

Memanaskan MakananPeralatan Rumah Tanggaimg.wonderhowto.com

Biasanya, ini dilakukan untuk memastikan makanan benar-benar panas. Padahal, makanan yang dipanaskan lebih lama dari yang seharusnya bisa merusak keseimbangan temperatur microwave. Bicara soal keseimbangan temperatur, sangat disarankan juga untuk memasukkan segelas air ke dalam peralatan rumah tangga ini saat memanaskan makanan ringan. Segelas air ini bisa menyerap sebagian radiasi microwave dan menyeimbangkan temperatur yang terlalu panas. Hasilnya, pemanasan makanannya menjadi lebih baik.

Mem-blender bahan makanan kering

Blender Makanan Keras Peralatan Rumah Tanggapinterest.com

Pernah mendengar bunyi kasar yang keluar ketika sedang mem-blender? Itu adalah tanda bahwa blender sedang berusaha keras untuk menghancurkan bahan makanan yang kamu masukkan. Kalau terlalu sering terjadi, kerja mesin blender akan melampaui batas, hingga akhirnya rusak dengan cepat.

Baca Juga: 8 Trik Menata Dapur Sederhana Dan Rapi Dengan Cepat

Oleh karena itu, hindari memasukkan bahan-bahan kering ke dalam blender tanpa menambahkan air lagi. Lebih baik, cari peralatan rumah tangga lain yang khusus untuk menghancurkan bahan-bahan kering, misalnya food processor. Dengan begitu, blender milikmu tetap awet dan kamu bisa melengkapi peralatan rumah tangga.

Membuang sampah dan air panas melalui saluran wastafel cuci piring

Membuang Air Panas Peralatan Rumah Tanggaperrinandrowe.co.uk

Banyak orang tetap membuang sampah melalui saluran wastafel cuci piring dengan anggapan bahwa air panas akan meluruhkan sampah-sampah itu. Padahal, air panas hanya bagus untuk mencuci karena bisa menghilangkan lemak dan minyak yang menempel di piring. Jika digunakan di salurannya, air panas bisa merusak pipa dan menyumbat saluran tersebut. Jadi, buang sampah pada wastafel cuci piring secara reguler, ya. Hindari pula pembuangan bubuk kopi dan minyak ke dalam saluran untuk menghindari penyumbatan.

Baca Juga: 9 Trik untuk Maksimalkan Kitchen Set Mini Kamu!

Yang paling penting dalam menjaga peralatan rumah tangga dari kerusakan dini adalah memakai peralatan berdasarkan fungsinya serta menggunakan perlengkapan pendukung yang sesuai. Meskipun pada awalnya tidak kesalahan-kesalahan kecil seperti ini terlihat tidak berpengaruh besar, jika sering dilakukan, peralatan rumah tangga akan rusak sebelum waktunya. Setelah sekarang mengetahui kesalahan-kesalahannya, yuk, perlahan-lahan hindari kebiasaan yang bisa membuat peralatan rumah tangga cepat rusak!

Related Articles

Back to top button
Close
Close