Home Living

Apa Manfaat Memakai Aromaterapi di Rumah?

Aromaterapi adalah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan dari tanaman yang mudah menguap—seringkali dikenal sebagai minyak esensial—dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan. Aromaterapi biasanya terbuat dari bagian tumbuhan seperti bunga, daun, akar, atau biji yang mengeluarkan wewangian. Selama lebih dari 6.000 tahun, aromaterapi telah menjadi praktik yang dilakukan di berbagai budaya di seluruh dunia.

Aromaterapi diketahui bertujuan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tanpa menggunakan obat. Selain itu aromaterapi juga dapat memengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan alternatif dan kepercayaan kebatinan. Nggak terbatas sampai di situ, aromaterapi punya aneka manfaat loh, apa saja manfaat aromaterapi?

Aromaterapi membantu meringankan stress

Aromaterapi Meringankan Stresarthritis.org

Manfaat paling populer dari aromaterapi adalah untuk menghilangkan stres. Senyawa aromatik dari berbagai minyak esensial yang berbeda dikenal sebagai relaksan bisa membantu untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan. Beberapa aromaterapi terbaik untuk menghilangkan stres adalah lemon, minyak esensial lavender, bergamot, peppermint, vetiver, dan ylang-ylang.

Aromaterapi Menghilangkan Stresthesourcery.co.nz

Banyak penelitian menunjukkan essential oil tertentu yang digunakan dalam praktik aromaterapi dapat menurunkan kadar stres dan kecemasan. Cara sederhana untuk mendapatkan manfaat relaksasi adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial yang memiliki sifat menenangkan pada air hangat.

Aromaterapi bisa menjadi antidepresan

Aromaterapi Anti Depresandraxe.com

Aromaterapi juga sangat umum digunakan untuk menghilangkan perasaan depresi. Hal ini karena efek samping dari aromaterapi lebih ringan dibandingkan obat antidepresan. Sementara aromaterapi berguna untuk pengobatan, penanganan khusus secara medis tetap diperlukan. Jenis aromaterapi yang banyak disarankan para ahli sebagai terapi antidepresan adalah aromaterapi peppermint, chamomile, lavender, dan melati.

Meningkatkan memori melalui aromaterapi

Aromaterapi Meningkatkan Memoripodosense.ca

Aromaterapi juga sering menjadialternatif untuk pengobatan tambahan bagi penderita Alzheimer. Pada kasus ini, aromaterapi digunakan sebagai deselerasi bagi pertumbuhan Alzheimer pada penderita.

Studi telah menunjukkan khasiat aromaterapi pada pasien yang lebih muda dapat meningkatkan kapasitas memori mereka dalam jangka waktu tertentu setelah perawatan. Minyak Sage adalah minyak yang paling sering direkomendasikan untuk membantu meningkatkan memori.

Aromaterapi meningkatkan energimu

Aromaterapi Meningkatkan Energiprimaoliva.com

Stimulan seperti kafein atau nikotin bisa memberikan efek yang sangat merusak pada tubuh. Walau diet dan olahraga bisa membantu, namun banyak orang menggunakan aromaterapi untuk relaksasi dari stimulan. Aromaterapi dikenal berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan energi. Aromaterapi terbaik untuk mendorong energi adalah lada hitam, kapulaga, kayu manis, minyak cengkeh, angelica, melati, pohon teh, dan rosemary.

Penyembuhan dan pemulihan luka melalui aromaterapi

Aromaterapi Penyembuhan Lukanature-to-nurture.co.uk

Banyak aromaterapi yang bermanfaat untuk menstimulasi penyembuhan luka atau penyakit melalui peningkatan aliran oksigen dan peredaran darah kepada luka yang perlu disembuhkan. Sifat anti-mikroba dari minyak esensial tertentu juga bisa menjaga tubuh terlindungi selama tahap penyembuhan. Beberapa aromaterapi yang paling populer untuk mempercepat proses penyembuhan termasuk lavender, calendula, rosehip, everlasting, dan minyak buckthorn.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres dengan Parfum Aromaterapi

Sejumlah orang bahkan menggunakan aromaterapi untuk mengurangi tingkat ketidaknyamanan karena masalah kulit seperti psoriasis dan eksim. Essential oil yang telah diencerkan dapat dioleskan ke kulit untuk mengurangi jerawat, ketombe, selulit, jamur kaki, gatal, peradangan akibat gigitan serangga, ruam atau untuk mempercepat penyembuhan luka.

Aromaterapi bermanfaat untuk sakit kepala

Aromaterapi Untuk Sakit Kepalapenny-price.com

Selama ini aromaterapi dipercaya bisa menjadi solusi yang bagus untuk menghilangkan sakit kepala sekaligus mengurangi stres. Beberapa aromaterapi yang disebut-sebut dapat mengurangi sakit kepala dan migrain adalah peppermint, eucalyptus, minyak esensial cendana, dan minyak rosemary. Kamu juga dapat mencampur minyak ini dengan minyak pembawa dan menyebarkannya ke kulit, kulit kepala, leher, dan pelipis. Beberapa minyak pembawa terbaik untuk sakit kepala termasuk minyak almond, alpukat, kelapa, aprikot, dan minyak wijen.

Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan aromaterapi

Aromaterapi Insomniaoil-benefits.com

Sudah tahu kan jika kurang tidur bisa memperburuk atau menyebabkan sejumlah masalah medis serta dapat menyebabkan rasa lelah?

Nah, kamu bisa mengambil manfaat dari aromaterapi untuk mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Kira-kira satu jam sebelum tidur, difusikan minyak esensial di kamar tidur, baik menggunakan lilin aromaterapi, diffuser elektronik atau oil burner. Beberapa aromaterapi terbaik untuk mengatasi gangguan insomnia termasuk lavender, chamomile, melati, benzoin, neroli, mawar, cendana, dan minyak esensial ylang-ylang.

Aromaterapi berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh

Aromaterapi Untuk Kekebalan Tubuhartnaturals.com

Sebagian besar medis mengatakan aromaterapi bisa memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh jika digunakan dengan benar. Efek anti-mikroba, efek anti jamur atau antibakteri dari minyak esensial aromaterapi dapat melindungi kamu dari sejumlah penyakit dan infeksi. Beberapa minyak yang paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di antaranya adalah oregano, lemon, peppermint, kayu manis, dan minyak esensial eucalyptus.

Menghilangkan rasa nyeri menjadi salah satu manfaat aromaterapi

Aromaterapi Penghilang Rasa Nyeripinterest.com

Nyeri adalah salah satu kondisi umum yang  bisa diatasi dengan aromaterapi. Minyak esensial termasuk lavender, chamomile, clary sage, juniper, kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint bisa digunakan untuk menggilangkan rasa nyeri. Untuk membantu menenangkan ketegangan otot, pegal pada sendi, peradangan jaringan, atau sakit kepala.

Aromaterapi bisa membantu masalah pencernaan

Aromaterapi untuk Pencernaanthespaah.com

Masalah pencernaan tertentu ternyata dapat diobati dengan aromaterapi, seperti meringankan sembelit, gangguan pencernaan, kembung, dan mempercepat metabolisme sehingga makanan bisa lebih cepat dicerna. Minyak esensial jeruk biasanya pilihan terbaik untuk mengobati kondisi pencernaan. Tetapi ada beberapa studi yang menyarankan jahe, adas, chamomile, clary sage, dan lavender.

Apapun kondisimu dan apa pun minyak esensial yang akan kamu gunakan, selalu dahulukan berkonsultasi dengan ahlinya. Pastikan hanya mendapatkan aromaterapi dari sumber yang terpercaya, dan jangan mencoba mencampur dan menggunakan minyak kecuali telah dilatih oleh ahli aromaterapi berpengalaman.

Aromaterapi untuk Pencernaanpinterest.com

Penggunaan aromaterapi apa pun jenisnya perlu diperhatikan. pemakaian minyak esensial berlebihan bisa menimbulkan iritasi. Beberapa jenis minyak esensial juga bisa memicu gejala alergi. Penggunaan minyak esensial sebagai aromaterapi hanya diperlukan beberapa tetes dan tidak lebih.


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close