Home Living

15 Desain Rumah Klasik dari Berbagai Negara

Tren rumah dan arsitektur memang tidak berjalan cepat seperti tren musik atau pakaian. Namun secara perlahan dan pasti, tren itu ada. Termasuk tren dekorasi rumah, yang ternyata bisa berbeda-beda di tiap negara. Meski begitu desain rumah klasik tak pernah ada matinya.

Ditengah gempuran akulturasi budaya, desain rumah klasik berhasil mempertahankan diri. Bahkan, tak sedikit orang yang menggunakan desain rumah klasik dari negara lain sebagai tema huniannya. Tertarik juga mengadaptasi desain rumah klasik dari negara lain? Berikut beberapa inspirasi desain rumah klasik dari berbagai negara ynag bisa kamu contek.

1. Elegan khas Bollywood dengan rumah klasik India

Rumah Klasik Indiaglubdubs.com

Rumah klasik India biasanya selalu menonjolkan warna cerah dan motif yang menarik. Konsep desain rumah klasik India menonjolkan nuansa yang terasa mewah dan elegan khas Bollywood. Di India, rata-rata rumah klasik dihiasi dengan berbagai pernak-pernik dekor rumah yang elegan dan bernilai sangat mewah.

Diantaranya dihiasi dengan guci, beberapa kristal, atau benang berwarna emas. Karena kawasan India merupakan wilayah yang beriklim tropis seperti kita di Indonesia. Tak heran jika mereka mendekorasi rumah klasik yang mengutamakan kesejukan. Hal ini terlihat dari langit-langit yang cukup tinggi. Yang menarik dari rumah klasik India ini adalah lebih banyak menggunakan ventilasi dibandingkan jendela.

2. Rumah klasik Amerika kolonial yang formal

Rumah Klasik Kolonial Amerikamedia.architecturaldigest.com

Karakteristik dari rumah klasik Amerika kolonial biasanya ditandai dengan berbagai furniture yang terbuat dari material kayu dan trim dan digunakan secara luas pada keseluruhan ruangan. Ciri khas desain interior rumah klasik Amerika kolonial yakni menonjolkan desain formal dan penggunaan kayu halus seperti kenari, ceri, mahoni sebagai bahan furniturnya.

Rumah klasik ini biasanya juga mendekorasi interiornya dengan aneka kain, seperti permadani, beludru, atau brokat. Untuk bagian perlengkapan dan pencahayaannya, rumah klasik ini menggunakan besi dan kuningan.

3. Rumah klasik Perancis yang megah

Rumah Klasik Perancisphotos.zillowstatic.com

Gaya hiasan yang wah dan megah serta gaya dekoratif yang mewah pada setiap ruangan adalah ciri khas desain interior rumah klasik Perancis. Perabotan dalam rumah klasik umumnya mencakup barang antik atau pusaka bergaya kerajaan Prancis. Bunga sebagai dekorasi hampir dapat dipastikan terdapat dalam setiap ruangan rumah klasik model ini.

Baca Juga: Desain Rumah ala Negeri Dongeng Bukan Cuma Imajinasi!

Seperti konsep desain rumah gaya barat elegan Eropa, rumah klasik Perancis juga memiliki jumlah jendela yang cukup banyak. Biasanya lebih kurang terdapat 6 jendela yang ditempatkan pada sisi dinding rumah. Sementara 2 jendela dibuat berukuran besar dan ditempatkan di depan rumah.

4. Dominasi warna cerah pada rumah klasik Maroko

Rumah Klasik Morokoiqinterior.ru

Rumah klasik Maroko pada bagian interiornya biasanya memberikan dominasi pada warna-warna yang kaya khas Timur Tengah. Dekorasi teknik ini menjadi salah satu kekhasan dan keunikan gaya desain rumah klasik Maroko. Warna oranye merah, hijau dan biru, aksen emas, coklat muda, kuning dan perak, mampu menciptakan atmosfir tropis pada ruangan.

Rumah klasik Maroko biasanya tak melupakan keberadaan tanaman eksotis, ubin terakota, dan dinding bertekstur. Semuanya memberikan suasana berbeda. Rumah klasik khas Maroko menggunakan material kayu dan besi tempa untuk dijadikan furnitur. Rumah klasik Maroko juga biasanya banyak menggunakan aksesori di bagian interiornya.

5. Rumah klasik Jepang yang menonjolkan esensi alam

Rumah Klasik Jepangphotos.zillowstatic.com

Rumah klasik Jepang ini memiliki keunikannya sendiri. Penggunaan material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau bagian tertentu. Biasanya rumah klasik desain ini memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan.

Baca Juga: 9 Trik Interior Rumah Minimalis ala Jepang Yang Bikin Hati Tentram

Pintu geser memungkinkan eksterior dan interior rumah klasik Jepang melebur satu sama lainnya. Karakteristik dan ciri khas dari desain interior rumah klasik Jepang  juga ditemukan pada arsitektur minimalis dan gaya desain interior Zen. Perabotan penting yang esensial membuat ruang tinggal tidak terasa sempit atau berantakan.

6. Nuansa keagungan arsitektur pada rumah klasik di Rusia

Rumah Klasik Rusiaa1electronics.net

Rumah-rumah klasik di Rusia menampilkan sisi dekoratif dari masa lampau. Di rumah klasik Rusia tercermin jelas nuansa keagungan arsitektur zaman dulu, yang diasimilasikan dengan desain rumah liburan khas Rusia dan apartemen mewah zaman dulu. Semua ini tercermin pada kombinasi antara barang antik, aksesori mewah, dan karya seni yang dipajang. Pada rumah klasik di Rusia saat ini biasanya dikombinasikan dengan aksesori interior modern.

7. Gaya mediterania rumah klasik Spanyol

Rumah Klasik Spanyolecureidm.com

Karakteristik dan ciri khas desain interior rumah klasik Spanyol adalah gaya mediterania yang semarak dan penuh warna. Mengingatkan pada vila pedesaan dengan teras yang cerah, dan suasana kekeluargaan yang kuno namun sangat solid. Untuk menambahkan kesan ini pada rumah, kamu bisa menambahkan aksesori seperti hiasan dinding atau poster penuh warna.

8. Perpaduan warna berani pada rumah klasik China

Rumah Klasik Cinapinterest.com

Desain Interior rumah klasik China dipengaruhi oleh perkembangan sejarah budaya dan dekorasinya yang sangat panjang sejak dari ribuan tahun silam. Gaya desain China bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan desain interior ala Jepang dan Zen. Interior rumah klasik China menggunakan perpaduan warna yang memiliki kesan berani.

Baca Juga: Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Bawa Pengaruh Buruk untuk Desain Rumah Kamu!

Memilih warna cat rumah dengan hati-hati, warna berani seperti warna hitam, glossy beraksen emas dan atau merah sangat diminati. Untuk dekorasinya, rumah klasik China menggunakan fitur garis lurus bersih mirip dengan desain interior Jepang. Dekorasi rumah klasik China umumnya dilengkapi dengan hiasan bambu.

9. Gaya interior industrial dari rumah klasik Italia

Rumah Klasik Italiasantabarbaradc.com

Rumah klasik di negeri ini menggandrungi gaya interior industrial. Pemilik rumah dan desainernya senang mengombinasikan material industrial seperti metal, kayu, sutra, dan kulit, kemudian diolah secara khusus menjadi hasil karya handmade. Hasilnya, aksesori dan furnitur yang terkesan kasar, tetapi memiliki finishing yang halus.

10. Sederhana dengan rumah klasik Yunani

Rumah Klasik Yunanithegreekfoundation.com

Rumah klasik di Yunani menggunakan mortar semen di dinding rumah. Saat renovasi, permukaan dinding akan dilapisi dengan campuran semen. Campuran semen ini menciptakan efek sculputre-look yang memukau. Rumah klasik model ini menonjolkan konsep sederhana.

11. Nuansa santai di rumah klasik Jerman

Rumah Klasik Jermansquarespace.com

Komposisi utama dekorasi rumah klasik di Jerman adalah pemilihan furnitur dengan nuansa santai, seperti cocktail chair dan daybed, yaitu semacam sofa santai berukuran lebih lebar. Material aksesori yang digunakan memiliki warna mewah, seperti kuningan, batu permata, emas, dan corak velvet yang mewah nan lembut. Semua itu dilengkapi dengan tirai lipat konvensional dan dekorasi meja yang apik.

12. Rumah klasik Amerika yang elegan

Rumah Klasik Amerikapinterest.com

Ciri khas yang mudah sekali terlihat dari rumah klasik ini adalah dinding batu batanya. Desain rumah klasik Amerika memang identik dengan penggunaan batu bata. Penyusunannya yang teratur dan rapi tidak dapat terlepas dari desain rumah gaya barat elegan Amerika modern klasik. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Rumah klasik model ini biasanya menonjolkan warna asli batu bata yang sangat khas.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Cantik Dengan Biaya Murah Dari Berbagai Belahan Dunia

Gaya khasnya juga dapat terlihat dari bentuk yang simetris. Meskipun desainnya simpel, tampilannya tetap mewah dan elegan. Hampir semua komponen pada rumah klasik Amerika berbentuk simeteris.

13. Berkarakter dengan rumah klasik Belanda

Rumah Klasik Belanda

squarespace.com

Rumah klasik gaya Belanda banyak ditemukan di rumah-rumah kuno di Indonesia. Ciri khas rumah klasik ini adalah terlihat berkarakter dari jumlah jendelanya yang sangat banyak. Untuk pemilihan warnanya, rumah klasik Belanda seringkali menggunakan warna-warna yang netral dan terang, baik pada bagian interior maupun eksterior rumah klasik.

14. Rumah klasik Eropa yang elegan

Rumah klasik Eropa yang eleganinteriordesign777.com

Nuansa rumah-rumah klasik Eropa memang terkesan gelap. Namun karena hal itulah penghuninya akan merasakan kehangatan pada rumah klasik tersebut. Untuk konsep rumah klasik gaya eropa pada bagian interiornya, masih menggunakan dekorasi batu-batu alam untuk menimbulkan kesan hangat dan akrab bagi para penghuninya. Pilar-pilar tinggi pun masih bisa kamu temukan pada rumah klasik ini. Saat ini sudah banyak rumah di Indonesia yang mengusung desain rumah klasik bergaya eropa ini.

15. Rumah klasik Afrika Selatan

Rumah klasik Afrika Selatansquarespace.com

Masyarakat di Afrika Selatan memiliki cara sendiri untuk menghasilkan rumah yang mewah. Mereka menggunakan finishing yang seksi, tekstur yang menggoda, dan warna-warna provokatif. Rumah klasik Afrika Selatan menyukai gaya mewah. Untuk menonjolkan kesan mewah pada rumah klasik, orang Afrika Selatan biasanya menggunakan motif tribal pada perabotannya.

Baca Juga: Penasaran Rasanya Tinggal di Pohon? Lihat 10 Desain Rumah Pohon Ini!

Setelah membaca artikel di atas, yang mana rumah klasik favoritmu?


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! ?

Related Articles

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close