Home Living

8 Jenis Gazebo yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Belum terpikirkan mau mendekorasi halaman rumah kamu dengan apa?

Jangan bingung, kamu bisa membangun sebuah gazebo di halaman rumah kok. Selain sebagai elemen penghias halaman, gazebo merupakan sebuah tempat untuk berteduh. Cocok bagi kamu dan keluarga yang ingin melakukan kegiatan di luar ruangan atau sekedar bersantai-santai.

Bagi kamu yang tidak memiliki halaman, gazebo tidak hanya dibangun di halaman rumah saja lho! Kamu bisa memanfaatkan lantai atas atau area kolam berenang. Tapi, sebelum membangun sebuah gazebo kamu perlu tahu apa saja jenis-jenis gazebo sendiri. Jadi, kamu dapat mencocokan desain gazebo tersebut dengan luas area rumah kamu. Yuk, langsung saja cek 7 jenis gazebo yang harus kamu ketahui!

Gazebo Dengan Desain Rotundas

Gazebo Rotundashomeinteriorhelp.com

Desain rotundas pada gazebo ini berfokus pada atap yang berbentuk melingkar dan biasanya berbentuk kubah. Terdapat dua pilihan untuk atap gazebo ini, transparan atau tertutup penuh. Atap gazebo umumnya memakai material dari metal untuk terlihat transparan dengan rangkaian sulur-sulur, sedangkan untuk atap tertutup penuh bisa dibuat dari bahan semen.

Gazebo rotundas sendiri kental dengan nuansa romantis dari benua Eropa. Untuk memaksimalkan penampilan gazebo, tambahkan beberapa lampu taman di sekitar luar lingkar leher atap sebagai penerangan pada gazebo saat malam hari. Tanaman merambat juga dapat membantu gazebo terlihat lebih misterius dan indah.

Gazebo dengan Desain Paviliun

 Gazebo Dengan Desain Paviliungazebocreations.com

Desain ini dapat diterapkan bagi kamu yang memiliki taman dengan bunga dan berbagai macam tanaman. Sebab, gazebo dengan desain paviliun ini umumnya terbuka di semua sisi dengan atap berbentuk oktagon, sehingga orang di dalam tetap dapat berinteraksi langsung dengan tanaman sekitar. Ukuran paviliun juga lebih besar dari gazebo lainnya, nggak heran kalau kamu banyak menemui gazebo jenis ini di taman-taman umum. Jika kamu tetap ingin memiliki gazebo dengan desain paviliun DI LAHAN kecil, kamu dapat membuatnya dengan versi mini.

 Gazebo Dengan Desain Paviliun pagodagazebocreations.com

Kamu juga bisa menambahkan esensi pada gazebo dengan atap pagoda. Atap bergaya pagoda dapat menambah nuansa multikultural. Material dari kayu membuat tampilannya terlihat kokoh. Dengan material kayu, kamu tidak perlu lagi melakukan finishing dengan cat.

Baca Juga: 10 Model Kanopi Yang Awet dan Tahan Lama

Agar tidak terlihat kosong, tambahkan kursi kayu di bagian dalam gazebo. Letak kursi yang diatur mengelilingi bagian dalam gazebo membuatnya terlihat luas. Hal ini juga memudahkan orang yang masuk untuk saling bertatapan saat berbintang-bincang.

Gazebo dengan Kanopi Otentik

Gazebo Dengan Kanopi Otentikphotos.hgtv.com

Mencampurkan beberapa budaya untuk memperkaya nuansa rumah adalah sebuah ide yang cemerlang. Gazebo model ini memiliki keunggulan pada bagian kanopi atau atap yang dapat didesain berbeda dari gazebo lainnya. Gazebo ini umumnya memiliki atap atau kanopi berbahan kain seperti terpal dan serat alami.

Kanopi gazebo ini memiliki atap dari serat alami yang memberikan nuansa natural pada rumah. Sangat pas bagi iklim Indonesia yang memiliki musim kemarau.

Gazebo Kanopicozymark.com

Sebagai pemanis gazebo, kamu bisa memakai kursi bulat seperti kursi stool atau kursi ottoman dengan bantalan duduk dan beberapa bantal sofa berwarna hijau. Perpaduan dekorasi gazebo beraneka warna bisa menambah kecerian berkumpul bersama keluarga di rumah. Tambahan sebuah coffee table di tengah area akan sangat membantu sebagai tempat menaruh minuman dan kudapan saat bersantai.

Desain Gazebo Modern

 Gazebo Desain Modernlandformconsultants.co.uk

Baca Juga: 10 Model Taman Rumah Keren Untuk Lahan Sempit

Bentuk pesergi panjang dan kotak memberikan sentuhan elegan yang berbeda dari gazebo biasa, sedangkan warna lantai putih  memberikan kesan luas pada gazebo. Penataan lantai yang bertumpuk makin mengukuhkan kesan modern pada gazebo jenis ini.

Gazebo Anti-Serangga yang Nyaman

Gazebo Nyaman Tanpa Gangguan Seranggapinterest.com

Umumnya, gazebo memiliki desain terbuka di semua sisi. Namun, gazebo ini memiliki pintu serta jendela dan sisi yang dipasangi jaring atau kasa nyamuk. Tentunya, desain gazebo seperti ini cocok diterapkan di negara tropis seperti Indonesia.

Jangan lupa tambahkan lampu untuk menerangi ruangan di dalam gazebo. Selain pencahayaan dari lampu, kamu juga bisa menyiasati kasa nyamuk dengan warna lebih terang sehingga ruangan tidak terlihat terlalu gelap.

Pasang Dimana Saja dengan Gazebo Portable

Pasang Dimana Saja Dengan Gazebo Portablehomestratosphere.com

Hanya ingin bersantai-santai tergantung cuaca tapi tidak ada tempat berteduh di halamanmu? Gazebo portable bisa jadi solusimu lho.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Modern Terpopuler, Inspiratif Banget!

Biasanya gazebo portable terbuat dari tiang plastik dan atap terpal, tapi kamu juga bisa memilih gazebo portable yang memiliki tiang besi jika kamu ingin menempatkan gazebo cukup lama. Kalau kamu punya tempat tambahan di atap, lahan itu juga bisa dipakai sebagai tempat gazebo portable. Selain itu, biaya untuk gazebo portable relatif lebih murah dibandingkan dengan gazebo tradisional, perawatan yang dibutuhkan juga minim.

Gazebo untuk Desain Rumah Bertingkat

Gazebo Rumah Bertingkatremodelingcalculator.org

Tanpa halaman kamu tetap dapat memiliki sebuah gazebo. Manfaatkan area kosong pada lantai atas yang nggak terpakai dan sulap menjadi sebuah gazebo cantik. Fasad dari gazebo sendiri dapat disesuaikan dengan desain rumah lewat tanaman hias atau bahkan macam-macam hiasan dinding. Keuntungan gazebo di lantai atas adalah kamu mendapatkan pemandangan hampir setara dengan balkon rumah.

Gazebo Berkonsep Sejuk di Samping Kolam

Berjemur Di Gazebo Tepi Kolam Berenangshedplanspackage.com

Tidak hanya di halaman saja, area sekitar kolam berenang juga menjadi salah satu spot bagus untuk ditempatkan sebuah gazebo. Gazebo di tepi kolam berenang dapat menjadi tempat berteduh usai kamu berenang sambil bersantai merasakan hangatnya matahari. Buat waktu santaimu semakin nyaman dengan tambahan beberapa kursi malas warna-warni atau kursi berbahan vinyl anti air.

Baca Juga: 9 Desain Rumah Minimalis Modern Terunik ala Rumah Vertikal

Setelah melihat jenis-jenis gazebo di atas, desain gazebo mana yang paling kamu sukai? Jangan lupa untuk melengkapi keperluan rumahmu dengan perabotan kualitas terbaik di dekoruma ya!


Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Tim design & buildinterior dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Segera e-mail ke [email protected] dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam  ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close