Home Living

10 Tips Pindah Rumah Anti-Stres

Rasanya senang saat melihat calon rumah yang akan dihuni. Pastinya kamu juga sudah membayangkan tata letak furnitur di masing-masing ruangan dan cat warna rumah seperti apa yang cocok sebelum pindah rumah. Hari-hari sebelum pindah rumah, semua menjadi serba berantakan. Kamu menjadi bingung barang apa saja yang harus dibawa dan ditinggalkan. Mulai kerepotan menyusun barang-barangmu ke dalam kotak agar bisa masuk ke dalam mobil pengangkut.

Jangan bingung ataupun stres, Ini 10 tips pindah rumah anti-stres buat kamu, dijamin kesepuluh tips ini dapat meringankan aktivitas pindah rumah!

Membuat Daftar Barang yang Akan Dibawa Saat Pindah Rumah

Daftar Pindah Rumahquirkybyte.com

Membuat sebuah daftar barang adalah suatu hal yang dasar untuk kamu lakukan. Sebelum kamu mengemas satu kotak atau kardus, buatlah sistem pencatatan sederhana. Buat angka dan isi kardus yang akan dinomori dengan masing-masing angka tersebut. Kamu dapat membuat daftar tersebut dengan bantuan komputer sehingga kamu tinggal mencetak dengan printer.

Menggunakan bantuan komputer bertujuan untuk mempercepat pekerjaanmu yang tengah sibuk dengan aktivitas pindah rumah, daftar barang jadi terlihat lebih rapi. Tempelkan nomor-nomor tersebut dengan bantuan selotip dan gunting pada setiap kotak yang telah dipak. Jangan lupa simpan daftar isinya dengan baik, di tempat yang terjangkau jika sewaktu-waktu kamu lupa menaruhnya dimana.

Simpan Barang Prioritas di Tas yang Biasa Kamu Pakai

Simpan Barang Prioritas di Tas yang Biasa Kamu Pakai Pindah Rumahae01.alicdn.com

Proses pindah rumah tidaklah singkat dan mudah. Kamu jadi mudah melupakan letak barang-barang yang kamu butuhkan. Aktivitas pindah rumah yang merepotkan seringkali membuat kamu melupakan di mana barangmu kamu letakkan.

Cobalah masukkan barang-barang yang sangat penting dan bersifat pribadi seperti uang, passport, dokumen-dokumen penting dan sebagainya di tas atau kotak penyimpanan khusus yang dapat kamu bawa-bawa, sehingga memudahkanmu untuk menjangkau barang-barang tersebut. Selain itu kamu juga bisa menaruhnya di wadah atau organizer plastik transparan. Sehingga kamu tahu pasti dimana barang-barang penting milikmu berada.

Memanfaatkan Perabotan Rumah yang Berukuran Besar Saat Pindah Rumah

Memanfaatkan Perabotan Rumah yang Berukuran Besar Saat Pindah Rumah

sc01.alicdn.com

Perabotan rumah yang sempurna untuk diandalkan sebagai tempat penyimpanan alternatif saat pindah rumah yaitu lemari pakaian. Kotak tinggi ini sangat cocok untuk barang berukuran besar dan ringan seperti selimut, bantal, dan sprei, serta pakaian yang perlu tetap digantung.

Ukur mobil pengangkut yang akan kamu pakai pada saat pindah rumah, apakah dapat memuat lemari bajumu dengan aman. Kemudian, ukur lemari pakaian mulai dari yang terbesar sampai terkecil seperti penyimpanan laci dan rak guna melihat berapa banyak kotak lemari pakaian yang dapat dimuat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Lemari Pakaian Selalu Berantakan!

Selain lemari pakaian, kamu juga bisa menggunakan kotak sepatu dan barang-barang besar lainnya seperti keranjang besar. Perlu kamu ingat jangan membuat lemari atau rak lainnya terlalu berat untuk diangkat.

Kemas Barangmu Jauh Hari Sebelum Tanggal Pindah Rumah

Kemas Barangmu Jauh Hari Sebelum Tanggal Pindah Rumah Pindah Rumahlifestorage.com

Saatnya kamu memilah-milah barang mana yang sudah harus dimasukkan ke dalam kotak jauh hari sebelum pindah rumah. Mulailah mengepak barang-barang yang biasanya hanya dipakai saat hari perayaan.

Misalkan kamu pindah pada bulan Maret atau April, kamu dapat mengepak dekorasi untuk hari raya Lebaran ataupun Natal. Tentu kamu tidak akan memakai dekorasi itu setelah pindah rumah. Kemudian, rapikan peralatan masak yang jarang terpakai. Cara ini akan memudahkanmu untuk menyicil dalam penyusunan barang-barang kamu.

Waktunya Untuk Meninggalkan Barang-Barang yang Tak Terpakai Setelah Pindah Rumah

Waktunya Untuk Meninggalkan Barang-Barang yang Tak Terpakai Setelah Pindah Rumah

moving.com

Berapa banyak barang yang sudah tidak kamu lihat dalam setahun, tiba-tiba saat membersihkan lemari dan gudang barang tersebut muncul?

Tanyakan pada dirimu apakah setelah pindah rumah kamu akan memakai barang tersebut atau tidak. Cobalah untuk menjual barang yang tidak kamu pakai lagi atau mendonasikannya. Barang seperti buku, pakaian bekas yang masih layak pakai, atau tas yang tak kamu pakai lagi bisa kamu donasikan atau jual kembali saat pindah rumah. Pindah rumah membantumu untuk menghasilkan uang dan membantu sesama.

Manfaatkan Toko Sebelah Sebagai Sumber Kardus Untuk Pindah Rumah

Manfaatkan Toko Sebelah Sebagai Sumber Kardus Untuk Pindah Rumahmoverspackerspune.co.in

Pindah rumah identik dengan suasana baru dan memulai sesuatu dari awal. Namun, dalam proses pindah rumah tidak semuanya harus baru dan mengeluarkan uang berlebih lho. Kamu bisa meminimalisir budget aktivitas pindah rumah. Salah satu caranya adalah memanfaatkan kardus-kardus yang tidak terpakai dari toko-toko dekat rumah.

Baca Juga: 5 Hal Ini Nggak Boleh Kamu Lupakan Saat Membeli Rumah Baru

Beranikan bertanya pada pemilik toko, apakah kamu dapat membawanya pulang atau tidak. Jika iya, pilihlah kardus yang masih berbentuk bagus dan kokoh agar dapat menyimpan barang-barang berhargamu dengan baik dan tetap aman saat proses pindah rumah.

Berhenti Membeli Bahan Makanan Seminggu Sebelum Pindah Rumah

Berhenti Membeli Bahan Makanan Seminggu Sebelum Pindah Rumah

nocamels.com

Pastinya kamu nggak mau lihat deretan makanan yang masih memenuhi kulkas di H-1 sebelum pindah rumah kan?

Bukannya bahan makanan tersebut dikemas, malah terpaksa harus dibuang. Usahakan untuk tidak mengisi kulkas secara berlebihan seminggu sebelum pindah rumah. Masaklah secukupnya. Jika persedian sudah habis, kamu bisa pesan makan dari luar untuk sementara waktu sampai hari pindah rumahmu tiba.

Pilihlah hari pindah rumah yang tepat

Pilihlah Hari Pindah Rumah Yang Tepat Pindah Rumahak1.picdn.net

Pastikan hari terbaik dari sederetan jadwalmu yang padat. Jangan sampai hari pindah rumahmu berbenturan dengan hari penting di kantor atau hari peringatan di keluarga. Ada baiknya untuk merencanakan hari yang paling tepat untuk pindah rumah agar kamu dan keluarga juga bisa saling membantu saat pemindahan barang-barang ke dalam rumah.

Satukan Kotak dari Satu Ruangan yang Sama

Satukan Kotak dari Satu Ruangan yang Sama

thefirsttimebuyer.co.uk

Tumpuk kotak dan muat dalam satu kelompok sesuai dengan asal ruangan. Lalu tempel label atau angka yang sudah kamu buat di dalam daftar. Letakkan semua barang dan peralatan dapur bersama-sama, semua barang di kamar tidur, ruang tamu dan ruangan lainnya bersama. Dengan begitu, kamu bisa membongkar semua kotak dari kamar yang sama pada waktu bersamaan setelah aktivitas pindah rumah selesai.

Perhatikan Barang Kecil dan Rapuh yang Sering Terlupa Saat Pindah Rumah

Perhatikan Barang Kecil dan Rapuh yang Sering Terlupa Saat Pindah Rumahagarwalmoversnpackers.com

Barang kecil yang perlu kamu perhatikan yang mungkin saja tertinggal saat pindah rumah seperti remote tv, earphone, kabel charger handphone, atau kabel USB. Kamu bisa memanfaatkan kotak kecil seperti kotak sepatu atau kotak handphone yang sudah tidak terpakai.

Memasukkan ke dalam kantong plastik zipper juga bisa jadi pilihan untuk memudahkanmu melihat isi di dalam kantong plastik. Sedangkan barang yang rapuh bisa dibungkus dengan bubble wrap, kain, dan handuk kecil.

Saat mengepak ke dalam kardus, usahakan ruang di dalam kardus tidak terlalu renggang guna menghindari guncangan saat berada di mobil pengangkut.

Baca Juga: 7 Cara Pintar Menata Rumah Mungil untuk Pemula

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close