Home Living

11 Desain Ruang Makan Apik dengan Kabinet Multifungsi

Salah satu elemen paling penting dari sebuah rumah adalah ruang makan. Keberadaan ruang makan pada sebuah rumah akan menjadikan rumah sebagai hunian yang sempurna dan utuh. Dengan mendekorasi ruang makan, kamu bisa memberikan ambiens yang berbeda. Desain ruang makan bisa saja membuat mood lebih baik, lho.

Ruang makan tidak terasa lengkap tanpa kehadiran kabinet. Kabinet di ruang makan merupakan salah satu investasi penting, pastikan kabinet memiliki fungsi yang memenuhi kebutuhan ruang makan kamu. Desain kabinet juga perlu dipertimbangkan. Sesuaikan desain kabinet dengan desain ruang makan kamu.

Pada artikel kali ini Kania akan menunjukkan desain ruang makan apik dengan kabinet multifungsi—tidak hanya berguna untuk menyimpan peralatan makan—kabinet akan mempercantik ruang makan. Penasaran? Ini dia 10 desain ruang makan apik dengan kabinet multifungsi!

1. Ruang makan ceria dengan kabinet warna warni

Kabinet Warna Warnipinterest.com

Ruang makan bukan hanya sekadar ruang makan biasa dengan kabinet multifungsi yang menghadirkan kesan ceria di rumah kamu. Aplikasikan cat berwarna kontras dengan warna dinding ruang makan. Kabinet berwarna kontras akan tampak menonjol.

Menerapkan warna kuning untuk kabinet pada ruang makan yang didominasi warna abu-abu gelap nan kelabu, menjadikan ruang makan ini terkesan lebih ceria. Warna kuning, seperti warna yang digunakan untuk emoji, akan menghadirkan senyum ketika kamu berkunjung ke ruang makan ini.

2. Menggantikan dinding ruang makan dengan kabinet

Kabinet Mengganti Dinding Ruangpinterest.com

Desain ruang makan ini merupakan karya dari deVOL, studio desain interior asal Inggris. Dinding pada ruang makan ini digantikan dengan kabinet multifungsi setinggi langit-langit yang memiliki banyak ruang untuk menyimpan peralatan masak dan alat kebersihan. Kabinet yang diberi warna hijau gelap selaras dengan warna dinding membawakan ambiens yang tenang dan nyaman.

Baca Juga: 4 Transformasi Kabinet Lamamu Jadi Furniture yang Baru

Dengan banyaknya ruang penyimpanan, ruang makan dan dapur tidak terlihat ramai dan berantakan. Desain ruang makan dengan kabinet ini membuat ruang makan dan dapur lebih terasa seperti ruang keluarga.

3. Elegan dengan perpaduan tekstil dan kabinet kayu

Kabinet Eleganbaytownkitchen.com

Ruang makan dengan furnitur terbuat dari tekstil dipadukan dengan kabinet kayu memberikan tampilan mewah dan elegan. Seperti rumah Eropa klasik, kabinet kayu ini dapat difungsikan sebagai meja untuk meletakkan koleksi dekor ruangan, bukan hanya sebagai ruang penyimpanan alat makan.

Tambahan tips dari Kania, padukan komposisi warna dari desain ruang makan dengan kabinet yang akan kamu gunakan. Ruang makan ini mengaplikasikan material kayu untuk lantai dan langit-langitnya, kemudian dipadukan dengan kabinet kayu yang memiliki komposisi warna sama.

4. Kabinet multifungsi material bambu untuk ruang makan

Kabinet Bambubaytownkitchen.com

Kabinet dengan material bambu sempat menjadi populer beberapa waktu lalu. Pengaplikasian lantai bambu masih menjadi salah satu favorit hingga saat ini, begitu pula dengan kabinet. Bambu adalah salah satu material yang cantik dengan sentuhan coating untuk menciptakan suasana yang hangat di ruang makan kamu.

Dengan memanfaatkan material bambu, kamu telah berkontribusi untuk mencegah penebangan hutan karena bambu merupakan salah satu jenis rumput.

5. Kontemporer dengan Warna Putih

Kabinet Putih
img1.southernliving.timeinc.net

Kabinet berwarna putih membantu kamu menonjolkan kesan modern yang sederhana. Ruang makan haruslah terjaga kebersihannya, dominasi warna putih menghadirkan kesan ruang makan yang bersih dan sehat. Kabinet berwarna putih yang dilapisi thermofoil dibanderol dengan harga lebih murah,  jika kamu ingin mengkreasikan warna kabinet, kamu bisa mengecat sendiri dengan cat dasar yang sudah berwarna putih.

Baca Juga: 13 Desain Meja Makan yang Bikin Acara Makan Bersama Lebih Ramai

Warna putih juga memberikan ilusi optikal bahwa ruang makan dan dapur kamu lebih luas. Desain ruang makan berwarna putih dengan kabinet multifungsi ini sangat cocok diaplikasikan untuk rumah yang memiliki ruang makan sempit.

6. Suasana rileks dengan desain ruang makan Country

Kabinet Countryhgtvhome.sndimg.com

Country, terdengar seperti genre musik Amerika. Ternyata ada desain ruang makan dan dapur country juga lho. Desain ruang makan ini cukup populer di Amerika Serikat. Country menonjolkan desain interior yang raw seperti warna natural kayu dipernis.

Kabinet pada ruang makan ini menerapkan gaya desain pintu Portland dengan lantai kayu, bahkan langit-langitnya juga mengaplikasikan warna kayu natural. Suasana yang diciptakan menjadi lebih hangat dan rileks sekalipun berada di ruang makan.

7. Ruang makan dan dapur dengan Pegboard

Kabinet Pegboardcdn.homedit.com

Keren sekali bukan, kabinet gantung besar dengan desain  ala pegboard yang bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan ruang penyimpanan. Dengan warna natural kayu dipadukan dengan warna putih krem, kabinet di ruang makan ini menarik perhatian mata setiap yang mengunjunginya. Fashion and function, keduanya bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan kabinet ini di ruang makan atau dapur kamu.

8. Kabinet Kaca Minimalis

Kabinet Kacagood-furniture.net

Pamerkan koleksi peralatan makan terbaik kamu tanpa mengkhawatirkan debu dan kotoran lainnya masuk dengan kabinet kaca. Cantik, klasik, unik, dan melindungi, kabinet kaca memang pantas diberi julukan kabinet multifungsi.

Dengan kabinet kaca, ruang makan juga terasa lebih cerah sekalipun kabinet dibalut dengan warna cat gelap. Kabinet kaca bisa dijadikan alternatif kabinet terbuka jika kamu memiliki budget lebih.

9. Desain ruang makan Two-Tone

Kabinet Two Tonecdn.decoist.com

Memadukan 2 warna dominan yang saling bertabrakan, ruang makan ini tampak elegan. Dinding bata dengan balutan cat putih dipadu dengan kabinet berwarna hijau gelap. Dengan perpaduan warna yang tepat, suasana bisa jadi lebih cerah lho.

Desain ruang makan ini mengaplikasikan warna terang pada bagian atas termasuk kabinet yang berwarna putih dan mengaplikasikan bagian bawah dengan warna gelap.

10. Back to the basic dengan warna kayu

Kabinet Kayuhgtvhome.sndimg.com

Ruang makan dan dapur ini mengaplikasikan kayu sebagai material utama untuk kabinet dan meja. Kayu sengaja tidak dicat dan hanya diperhalus dan dilapisi dengan coating. Tidak terkesan murahan, ruang makan ini tampak mewah dan elegan dengan dinding dan langit-langit berwarna putih.

11. Tampilan klasik dengan kabinet multifungsi freestanding

Cabinet- Freestandinggood-furniture.ne

Kabinet freestanding adalah kabinet yang memiliki kaki-kaki sebagai penopang dan kabinet tersebut tidak menyentuh permukaan lantai. Kabinet freestanding populer di Amerika Serikat dan Eropa pada masa sebelum perang dunia II dan cenderung diaplikasikan pada dapur dan ruang makan.

Desain kabinet ini merepresentasikan tampilan klasik bagi pemilik rumah yang menginginkan desain tradisional di ruang makan mereka, sekaligus memberikan fleksibilitas penempatan serta instalasi bagi pemiliki rumah.

Cabinet Freestandingamishloft.com

Berbeda dengan kabinet konvensional yang tidak memiliki kaki-kaki, kabinet freestanding tidak perlu ditempatkan menempel pada dinding. Kabinet freestanding juga mudah dibersihkan. Dengan kehadiran kaki-kaki, kabinet ini bisa dilap dari kolong, sisi samping, bagian belakang, hingga bagian atasnya.

Fleksibel dalam penempatannya, kabinet ini dapat kamu sandarkan menempel pada dinding atau diletakkan di tengah ruangan. Kabinet konvensional biasanya ditutupi dengan papan pada bagian belakang yang kurang cantik untuk dilihat, berbeda dengan kabinet freestanding.

Dari 10 desain ruang makan apik dengan kabinet multifungsi di atas, yang mana menjadi favorit kamu? Dengan kreativitas, kamu bisa menciptakan ruang makan yang menyenangkan dan tidak kaku, sehingga makan di rumah terasa lebih menyenangkan. Selamat berkreasi!

Related Articles

Back to top button
Close
Close