Home Living

10 Tips Memilih Teko Listrik Yang Aman Bagi Keluarga

Teko listrik atau thermopot merupakan peralatan berbentuk teko yang dapat merebus air dengan menggunakan daya listrik.  Kehadiran teko listrik ini semakin mempermudah aktivitas di dapur. Kamu tidak perlu lagi merebus air secara manual di atas kompor. Alat elektronik dapur ini menjanjikan tingkat kepraktisan lebih baik dari kompor gas. Beberapa produk teko listrik bahkan dapat menjernihkan air yang kotor sekalipun.

Ketel listrik modern juga memiliki pengaturan temperatur. Pengaturan temperatur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang terbiasa dengan meminum minuman dengan temperatur tertentu. Selain itu, ketel listik biasanya juga memiliki filter untuk menyaring substansi-substansi yang tidak diinginkan pada air yang direbus. Kelebihan lain dari teko listrik adalah mudah dibawa dan bisa dipakai dimana saja.

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa kamu ambil dari teko listrik. Perangkat elektronik satu ini menjadi salah satu alat yang wajib ada di dapur rumahmu. Nah, sebelum membeli ketel litrik, alangkah baiknya kamu mengetahui dulu tips dan triknya.

 

Perhatikan kapasitas teko listrik

Teko listrik yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda, biasanya mulai dari 1 liter sampai 2 liter. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan teko listrik yang berkapasitas 1,5 liter. Jika sehari-harinya kamu hanya akan merebus air untuk 1 atau 2 cangkir teh atau kopi, maka ketel listrik yang cocok untuk kamu adalah ketel listrik berukuran 1 liter. Namun, jika kamu perlu merebus air untuk beberapa teman atau menyiapkan sup, ketel listrik dengan kapasitas yang lebih besar akan kamu butuhkan.

 

Teliti material teko listrik

Dibalik harga yang murah dan juga berbagai kemudahan yang ditawarkan, ternyata alat ini mempunyai risiko bahaya tersendiri. Meskipun alat pemanas air ini aman untuk digunakan, pemanas yang berbahan plastik sebenarnya rentan terhadap bahaya daripada pemanas berbahan stainless steel. Alangkah baiknya jika kamu membeli teko listrik dari bahan stainless steel. Kendati demikian, teko listrik yang telah beredar dan dijual di pasaran sebenarnya sudah layak pakai kok, jadi jangan khawatir!

 

Perhatikan waktu merebusnya

Selain kapasitasnya, kamu juga perlu memperhatikan seberapa cepat teko listrik tersebut merebus air. Pasalnya, alasan orang menggunakan teko listrik adalah karena kemampuannya yang bisa menghasilkan air panas dalam waktu singkat. Sebagian besar teko listrik membutuhkan waktu 3-4 menit untuk merebus air. Jika lebih cepat, lebih baik. Kamu juga perlu berhati-hati pada beberapa model teko listrik yang rentan terhadap peningkatan skala, hal ini dapat mengurangi kinerjanya.

 

Pilih teko listrik yang dapat menjaga air tetap hangat

Fitur penting dan praktis lainnya yang adalah kemampuan teko listrik untuk menjaga agar air tetap hangat setelah mendidih. Beberapa model akan mampu menjaga air pada suhu yang diinginkan selama 30 menit-1 jam. Beberapa model teko listrik bahkan memiliki pilihan menjaga kehangatannya, sehingga kamu bisa memilih saat menggunakan fitur ini.

 

Pilih yang memiliki fitur auto-shutoff atau boil dry protection

Auto-shut off atau boil dry protection ini adalah fitur keselamatan yang sangat penting. Fitur ini membuat teko listrik dapat mati sendiri jika airnya sudah mendidih. Beberapa model teko listrik mengklaim memiliki fitur in,i padahal kenyataannya tidak sesuai. Jika fitur ini tidak bekerja, akan terjadi bahaya kebakaran yang besar ketika kamu lupa mematikan teko listrik untuk waktu yang lama.

 

Pilih teko listrik dengan fitur pemilihan suhu

Beberapa model canggih memiliki fitur pemilihan suhu yang memungkinkan pengguna mendidihkan air ke tingkat yang diinginkan (misalnya, 175 derajat untuk teh hijau dan 200 derajat untuk teh herbal) Meskipun ini bukan fitur utama pada teko listrik, namun keberadaannya bisa menambah kenyamanan dan bisa menarik minat beberapa orang.

 

Teko listrik dengan kabel bisa dilepas jadi daya tarik

Salah satu hal yang paling mengganggu ketika menggunakan teko listrik adalah kabel yang menghalangi saat mereka menuang air. Oleh karena itu, teko listrik dengan model tanpa kabel atau yang kabelnya dapat dilepas lebih disukai oleh sebagian besar orang. Selain itu, kebanyakan teko listrik model baru memiliki basis terpisah, memungkinkan pengguna mengangkat dan membawa teko listrik menjauh tanpa terganggu oleh kabelnya.

 

Pilih teko listrik dengan pegangan anti slip

Pegangan adalah bagian penting dari teko listik. Bagian ini sangat penting agar kamu bisa nyaman saat mengangkat teko listrik. Karenanya, pilih teko listrik dengan pegangan yang nyaman dan anti slip. Tentu kamu tidak ingin air panas tumpah saat menuang airnya kan?

Kebanyakan model teko listrik yang ada saat ini memiliki pegangan anti slip yang dirancang dengan ergonomis dengan pegangan yang nyaman untuk tangan. Penting juga untuk memperhatikan apakah gagang teko listrik tersebut anti panas atau tidak. Pasalnya, jika gagang tersebut panas, tanganmu bisa terluka.

 

Teliti harga teko listrik

Teko listrik sederhana dengan fitur terbatas biasanya dipatok dengan harga kisaran Rp 100.000, sedangkan model teko listrik dengan kualitas lebih tinggi dan berkapasitas lebih tinggi bisa dibanderol sampai Rp 1.000.000.

Jika kamu hanya mencari teko listrik yang akan memanaskan air dengan cepat dan tidak terlalu khawatir dengan daya tahan jangka panjang, maka salah satu model di kisaran Rp 100.000-Rp 400.000 akan cukup untuk kebutuhanmu. Jika kamu menginginkan teko listrik dengan bahan berkualitas tinggi dan banyak fitur, teko listrik dengan harga yang lebih mahal bisa kamu pertimbangkan.

 

Pilih teko listrik yang tidak menimbulkan suara

Meskipun teko listrik tidak menimbulkan suara sekeras peralatan dapur lainnya, perangkat elektronik satu ini masih menimbulkan suara bising terutama saat airnya sudah mendidih. Beberapa model teko listrik juga mengeluarkan suara untuk memberi tahu kamu kapan airnya akan mendidih.

Kedua kebisingan ini tentu saja dapat menganggu. Terutama jika bunyi tersebut terus berlanjut terlalu lama atau tidak ada cara mudah untuk mematikannya. Jika kamu termasuk orang cukup peka terhadap suara, maka sebaiknya pilih teko listrik yang bisa meredam suara.

Nah, buat kamu yang ingin membeli teko listrik, berikut ini salah satu produk keluaran Oxone yang layak kamu pertimbangkan. Oxone Electric Kettle OX-950 dengan seri ‘Bamboo’ yang terkenal elegan dan kuat. Kelebihan utama dari ketel listrik ini adalah dilengkapi dengan water level indicator untuk memantau kondisi air di dalam alat ini. Selain itu, Oxone Electric Kettle OX-950 ini juga dilengkapi dengan overheat protection, sehingga mesin akan mati ketika air telah mendidih. Waktu memasak teko listrik ini juga cenderung cepat yakni sekitar 3-5 menit. Perangkat elektronik ini terbuat dari bambu berkualitas dan elegan lho.

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close