Home Living

10 Hal Yang Sering Terlupa Saat Memilih Kompor Gas

Umumnya kompor gas selalu dipilih oleh masyarakat Indonesia. Walaupun sudah ada beberapa kompor elektrik yang beredar, kompor gas tetap menjadi pilihan pertama. Tahukah kamu sebelum memilih kompor gas ada banyak hal yang harus kamu perhatikan?

Terkadang hal-hal ini sering terlupakan, karena dianggap memilih kompor gas adalah sebuah hal yang mudah. Padahal jika kamu salah memilih kompor gas, kamu akan merugi. Kamu nggak mau kan membeli barang yang tidak awet? Apa 10 hal yang sering terlupa saat memilih kompor gas?

 

Ada Harga Ada Kualitas

Sudah bosan mendengar slogan ‘ada harga ada kualitas?’  Masih banyak lho yang sering mengabaikan slogan ini. Sering merasa tidak usah lah beli kompor gas mahal-mahal, cuma buat masak saja?

Harga yang cenderung lebih mahal biasanya memiliki komponen kompor gas berkualitas tinggi, sehingga kompor gas lebih awet dari yang lain. Membeli dengan harga mahal yang sebanding dengan kualitas, membantumu mencegah pengeluaran lebih untuk merawat kompor gas.

 

Lupa Mengukur Dapur Rumah

Semangat untuk membeli peralatan dapur baru membuatmu lupa ukuran dapur, apalagi jika tampilan kompor gas sangat menarik, kamu langsung suka tanpa memikirkan ukurannya cocok atau tidak di dapurmu. Hal ini tidak boleh kamu teruskan, biasakan ukur dahulu area untuk letak kompor gas. Lebihkan luas area, agar ruang untuk kompor gas tidak terlalu sempit untuk kompor gas dan untuk ruang selang kompor gas.

 

Tidak Mengisi Kartu Garansi

Kartu garansi berguna sebagai jaminan yang diberikan kepada konsumen, jika produk yang dibeli mengalami kerusakkan akibat kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu.

Mengisi kartu garansi juga membantumu untuk mengetahui hal atau tindakan apa saja yang diperbolehkan dan tidak pada kompor gas. Sebab di dalam kartu garansi terdapat daftar syarat dan ketentuan yang kedua pihak harus menyetujui.

Pastikan kamu menaati persyaratan dan ketentuan yang ada di kartu garansi, agar memudahkanmu untuk mendapatkan hak dari kartu garansi.

 

Tingkat Keamanan Dari Kompor Gas

Keamanan adalah nomor satu bagi keluarga dan diri sendiri. Maka semua dimulai dari pilihan peralatan rumah tangga salah salah satunya kompor gas. Kecelakaan di dapur yang tidak sengaja sering terjadi akibat kompor gas.

Maka pilihlah kompor gas yang memiliki regulator dengan standar SNI. Regulator dengan standar SNI memiliki 3 stopper. Stopper sendiri berguna untuk menghentikan aliran gas. Jangan segan untuk banyak bertanya kepada penjual apa saja fitur keamanan yang ditawarkan oleh kompor gas yang hendak kamu pilih.

 

Daya Hemat Kompor Gas

Pengeluaran rumah tangga sudah cukup banyak, ditambah lagi pengeluaran dapur seperti tabung gas. Kamu bisa mengurangi pengeluaran seperti ini dengan memilih kompor gas yang dapat membantumu berhemat dalam pemakaian gas. Carilah kompor gas yang menawarkan daya hemat gas pada unit kompor. Salah satunya merk kompor gas Rinnai 2 Burners Ri-522C.

Semua kompor gas Rinnai didesain sesuai standar JIS (Japan Industrial Standard) dan juga sesuai dengan standar SNI. Salah satunya kompor gas Rinnai Ri-522C, yang memiliki api ekonomis, cocok dengan kamu yang ingin memasak tanpa mengkhawatirkan pengeluaran gas yang dikeluarkan oleh kompor gas.

 

Bentuk Burner Pada Kompor Gas

Burner berguna sebagai tempat pertemuan gas dan oksigen untuk menghasilkan nyala api pada sebuah unit kompor gas. Menghasilkan macam bentuk api yang berguna untuk memberikan daya panas pada kompor gas.

Bentuk burner biasanya menentukan tingkat efisiensi dari kompor gas tersebut. Usahakan pilihlah kompor gas dengan tingkat efisiensi yang tinggi, karena dapat mempengaruhi pemakain energi atau gas.

 

Jarak Tungku Api Pada Kompor Gas

Bila kamu meninginkan kompor gas yang memiliki dua tungku api, kamu harus memperhatikan kedua jarak antara burner satu dengan tungku api yang lain untuk menjaga kenyamanan kamu saat memasak, misalnya sedang memasak dengan kuali atau wajan yang besar di saat yang bersamaan.

Tentu kamu harus mengukur jarak kedua burner agar dapat leluasa saat menggunakan alat masak yang cukup besar. Jika ada demo untuk kompor gas tersebut, kamu bisa melihat apakah sang peraga memasak dengan leluasa, jika iya, kompor gas tersebut bisa menjadi salah satu kompor yang tepat untuk kamu pilih.

 

Kebutuhan Saat Memakai Kompor Gas

Sebelum memilih kompor gas yang tepat, bandingkan dengan kebutuhanmu sekarang ini. Jika kamu tinggal di apartemen yang mengijinkan untuk memakai kompor gas, kamu bisa membeli kompor gas berukuran kecil sesuai dengan ruanganmu. Kompor gas Rinnai Ri-511E bisa menemanimu masak di ruangan yang tidak terlalu besar. Dengan tingkat efisiensi bintang empat ,tidak kalah dengan kompor gas yang memiliki 2 burner.

 

Material Badan Kompor Gas

Material badan dari kompor gas perlu kamu perhatikan sebelum membelinya. Sekarang ini banyak varian material baja, besi, dan stainless steel. Disarankan untuk membeli kompor gas dengan material berbahan stainless steel. Bukan karena kekinian, namun stainless steel cenderung lebih kuat, awet dan tidak mudah karatan.

Memang kegunaan kompor gas untuk menciptakan api, namun jika kamu memasak di atas kompor yang tidak kokoh, kualimu akan bergoyang dan tidak stabil saat kamu gunakan untuk memasak.

 

Kompor Gas Mudah Dibersihkan

Kemudian pilihlah kompor gas yang memiliki ring sebagai tatakan panci yang dapat dilepas dari unit kompor. Umumnya, kompor gas memiliki ring yang terpisah. Tujuannya agar memudahkanmu untuk membersihkan bagian atas kompor, sehingga tetap bersih dan aman untuk digunakan. Namun jika kompor gas yang kamu suka tidak memiliki ring yang terpisah, tidak perlu khawatir, kamu bisa membaca buku manual bagaimana cara melepas ring atau membersihkannya tanpa merusak kompor gas.

Kompor gas yang kotor pasti tidak enak dipandang. Bisa-bisa kamu jadi malas untuk memasak karena tidak nyaman dengan kompor gas yang kotor. Cobalah bersihkan kompor gas setiap setelah pemakaian.

Cukup banyak yang perlu kamu perhatikan saat memilih kompor gas. Walaupun terlihat mudah untuk memilih peralatan dapur satu ini, jika salah memilih akibatnya bisa fatal lho! Sekarang kamu nggak perlu lagi khawatir di mana membelinya. Di dekoruma, kamu bisa menemukan kompor gas terbaik!

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close