Home Living

8 Tips membeli pemanggang roti yang aman untuk rumahmu

Biasanya akan ada dua hal yang ada di pikiran kita ketika akan membeli pemanggang roti atau toaster. Yang pertama adalah bagaimana model dan desain dari pemanggang roti yang akan kita beli, kemudian yang kedua adalah apakah pemanggang roti yang akan kita beli tersebut sudah aman untuk rumah kita.

Nah saat ini, sudah banyak merek dan desain pemanggang roti dengan desain berbagai bentuk mulai dari yang simpel dan minimalis hingga model pemanggang roti yang extravagant abis. Namun untuk jaminan apakah pemanggang roti tersebut aman untuk rumah, tentu ada baiknya kamu mengetahui dulu kriteria serta tips-tips dalam membeli pemanggang roti.

Pemanggang roti atau toaster ini bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai hidangan roti panggang, baik dengan menggunakan selai ataupun dibiarkan tawar dan polos. Selain itu, pemanggang roti milik sendiri dapat membantumu untuk bisa berhemat dalam membeli roti panggang yang ada di toko kue atau bakery.

Kamu bisa membuat roti panggang hanya dalam waktu satu hingga dua menit saja. Nah semakin bersemangat untuk beli pemanggang roti, kan? Sebelum memantapkan diri membeli pemanggang roti, yuk simak dulu 8 tips dari Kania dalam membeli pemanggang roti yang aman untuk rumahmu.

1. Tahu jenis pemanggang roti yang akan kamu beli

Sebelum menentukan pemanggang roti yang akan kamu beli, hendaknya kamu tahu dulu jenis pemanggang yang cocok untuk rumahmu. Ada tiga jenis pemanggang roti yang umumnya ada di pasaran. Yang pertama adalah pop-up toaster yang merupakan pemanggang roti dengan meletakkan irisan roti dengan cara vertikal, dan ketika roti yang dipanggang matang, pemanggang akan memberi sinnyal kemudian roti akan keluar dengan sendirinya.

Pemanggang roti yang kedua adalah conveyor toaster yang biasanya digunakan oleh pabrik pembuat roti dengan dengan produksi roti dalam jumlah yang besar. Serta yang terakhir adalah toaster oven yang merupakan pemanggang roti yang berbentuk seperti oven. Untuk kamu yang ingin membeli pemanggang roti untuk rumahan, kamu bisa memilih antara pop-up toaster atau toaster oven, sesuai dengan kebutuhan dan juga seleramu.

2. Sebelum membeli, hendaknya kamu mengerti kegunaan pemanggang roti buatmu

Cara agar bisa menemukan pemanggang roti yang sempurna untukmu adalah memahami kegunaan pemanggang roti ini nantinya. Kegunaan seperti apa yang kamu harapkan dari pemanggang roti?

Misalnya, kamu hanya ingin agar pemanggang rotimu bekerja secara sederhana yaitu memanggang roti saja, maka kamu bisa menggunakan toaster yang memiliki ukuran standar. Tetapi jika kamu menginginkan pemanggang rotimu memiliki banyak fungsi, seperti misalnya untuk membuat muffin, waffle, pastry atau kue-kue hingga ayam panggang, maka kamu membutuhkan oven toaster yang memiliki model lebih besar untuk memuaskan segala kebutuhanmu tersebut.

3. Mengetahui fitur yang ada pada pemanggang roti

Hal terpenting lainnya adalah mengetahui fitur-fitur yang ada di pemanggang roti. Salah satu fitur penting yang ada di pemanggang roti adalah sinyal otomatis atau auto shut-off signal yang menandakan roti selesai dipanggang. Biasanya pemanggang roti akan mengeluarkan suara.  Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apakah pemanggang roti juga dilengkapi dengan  fitur-fitur tambahan seperti defrost yaitu fitur untuk memanggang roti yang baru dikeluarkan dari freezer. Kemudian fitur reheat atau fitur untuk menghangatkan roti, dan cancel function.

Fitur-fitur ini akan memudahkanmu dalam membuat roti panggang yang nikmat. Seperti Denpoo DT-023D, yang juga dilengkapi dengan fitur-fitur di atas, lengkap dengan removable crumb tray atau wadah penyimpan remah-remah roti yang bisa memudahkanmu dalam membersikan pemanggang roti.

4. Bahan material pemanggang roti juga wajib kamu ketahui

Bahan material juga elemen penting yang harus kamu ketahui ketika akan membeli pemanggang roti. Seperti misalnya apakah pemanggang roti terbuat dari material baja putih atau stainless steel, ataupun berbahan plastik anti panas. Jika kamu mengetahui bahan material dari pemanggang roti, kamu bisa menyesuaikannya dengan bahan material yang ada di dapurmu.

Apabila peralatan dapurmu didominasi oleh stainless steel maka kamu bisa membeli pemanggang roti yang juga berbahan stainless steel, seperti Philips Toaster HD4825 yang memiliki desain minimalis berbahan baja anti karat. Warna putih dari pemanggang roti ini bisa membuat dapurmu tampak makin elegan.

5. Tahu ukuran dan kapasitas dari pemanggang roti

Sebelum membeli pemanggang roti, ada baiknya kamu melihat dulu kapasitas ruangan dapur, atau jumlah anggota keluarga. Dua faktor ini mempengaruhi pilihan toaster yang akan kamu pilih nantinya. Pemanggang roti biasanya tersedia antara dua hingga enam slot roti. Semakin banyak anggota keluargamu, atau kamu ingin mencoba pilihan menu lainnya, maka lebih baik jika kamu memiliki pemanggang roti dengan slot banyak atau menggunakan oven toaster. Seperti produk Electrolux EOT4805K Elektrik Toaster yang memiliki kapasitas 21 L. Oven toaster ini juga dilengkapi wadah yang bisa dilepas dengan mudah dan dipindahkan untuk mengambil remah-remah di pemanggang.

6. Tahu daya atau energi listrik yang dibutuhkan pemanggang roti

Salah satu pertimbangan dalam membeli pemaggang roti adala daya listrik yang akan dibutuhkan oleh pemanggang roti. Semakin besar watt atau power yang ada di toaster yang akan kamu pilih, maka akan semakin cepat pula roti bisa masak dengan sempurna. Untuk ukuran watt sendiri, level optimum dari pemanggang roti dengan dua slot adalah sebesar 1200kW sedangkan untuk 4 slot adalah 1800kW atau lebih.  Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan daya yang ada di rumahmu sehingga kamu bisa lebih menghemat listrik nantinya apabila bisa memperhitungkannya dengan matang.

7. Memilih pemanggang roti yang mudah digunakan dan dibersihkan

Kebanyakan dari pemanggang roti saat ini memiliki setting atau pengaturan yang sederhana dan mudah untuk dipahami, meski kamu harus melalui trial and error terlebih dahulu. Tapi jika kamu mengerti bagaimana menggunakan pemanggang roti sejak kamu membelinya, menggunakan alat pemanggang tersebut akan terasa lebih mudah.

Selain mengetahui cara menggunakan toaster, ada baiknya kamu juga memilih pemanggang roti yang mudah dibersihkan, baik dari remah-remah roti panggang ataupun dari kotoran yang lain.

8. Memilih pemanggang roti yang awet atau memiliki daya tahan yang lama

Sebuah pemanggang roti yang memiliki kualitas bagus biasanya akan tahan beberapa tahun, bahkan ada juga yang melakukan beberapa review bahwa toaster mereka bisa tahan hingga satu dekade atau lebih. Untuk mengetahui sebuah pemanggang roti itu benar-benar ‘tahan banting’, kamu bisa rajin-rajin membaca review dari orang yang pernah menggunakan merek yang ingin kamu pilih. Kamu bisa melihat bagaimana reputasi merek dari produk pemanggang roti tersebut. Selain itu, lihat juga apakah produk pemanggang roti yang akan dibeli memiliki garansi produk. Sehingga ini bisa membuatmu lebih tenang ketika membeli pemanggang roti tersebut.

Nah setelah membaca tips dari Kania, sudah bisa memutuskan toaster atau pemanggang roti yang mana nih yang cocok buatmu?

Related Articles

Back to top button
Close
Close