Home Living

10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Soal Mixer Dapur

Kini teknologi semakin berkembang dan membantu berbagai aktivitas manusia, tidak terkecuali pada orang-orang yang suka memasak. Dahulu proses masak-memasak sarat menggunakan tenaga sendiri dari mulai mengocok telur hingga mengaduk adonan. Kini semakin banyak alat-alat rumah tangga yang juga bertransformasi menjadi alat elektronik yang efisien dan mudah digunakan salah satunya mixer dapur.

Alat ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengolah dan memadukan bahan panganan yang mudah digunakan pada proses pembuatan makanan. Biasanya ia digunakan untuk mencampur adonan yang banyak diterapkan pada saat membuat kue, roti, dan lain-lain. Namun ada beberapa hal lain yang mungkin belum kalian ketahui tentang mixer dapur. Simak ulasannya berikut ini.

1. Dulu, Bobot Mixer Berat Bukan Main

Kalian mungkin memiliki produk mixer berkualitas seperti Kitchen Aid. Namun, tahukah kalian bagaimana awal mula KitchenAid menjadi “alat wajib” yang harus di dapur kalian? Tahun 1919, Hobart meluncurkan KitchenAid Food Preparer (stand mixer) untuk pertama kali di rumahnya. Orang-orang ragu untuk membeli temuannya itu karena beratnya mencapai 65 kilo dan biaya pembuatannya saja mencapai 2000 dolar.

Namun Hobart tidak menyerah dengan hal itu. Ia meminta teman-teman perempuannya untuk membantu mempromosikan ciptaannya itu dengan cara promosi dari pintu ke pintu dan meyakinkan pembeli mereka dengan menambahkan penggiling makanan sebagai bonusnya. Dengan langkah yang berani ini, sekarang mixer-mixer KitchenAid telah tersebar di seluruh penjuru dunia, salah satunya di dapur kalian. Kalian bisa membeli mixer tersebut dengan mudah di dekoruma lho, misalnya KitchenAid Artisan Series 4.8 L Stand Mixer

2. Mixer Menjadi Alat Pokok Angkatan Laut AS

Mungkin hal ini terdengar asing bagi kalian, namun ini memang ada dan terjadi di Amerika. Pada awalnya sebelum KitchenAid mixer digunakan hanya untuk menghancurkan daging dan bahan-bahan lain, alat ini pada digunakan oleh para angkatan laut Amerika.

Karena perjalanan di laut memakan waktu yang lama begitu juga dengan proses berburu dan menangkap ikan oleh mereka, maka KitchenAid mixer menjadi solusi bagi persoalan itu dan alat ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka karena kuat dan tahan lama.  Kini, mixer ini menjadi alat pokok yang dibawa oleh angkatan laut di dapur kapal yang mereka tumpangi.

3. Museum Mixer

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa benar ada museum untuk alat seperti mixer dapur? Jawabannya ada. Bagi kalian yang memiliki KitchenAid mixer maka berbanggalah karena produk ini dikenal dengan kualitasnya bahkan terdapat museumnya sendiri. Sejak 1940an, setiap mixer yang dibuat oleh KitchenAid dibuat di pabrik yang sama yaitu di Greenville, Ohio, Amerika Serikat. The Kitchen Aid Experience selain menawarkan produknya untuk dijual, juga menawarkan tur pada proses pembuatan alat ini di pabriknya. Selain itu, bila kalian mengunjunginya, kalian dapat melihat berbagai model KitchenAid mixer dari yang pertama kali dibuat hingga yang terbaru.

4. Mixer Dapat Menghaluskan Daging dengan Baik

Kita selalu menganggap bahwa mixer digunakan hanya sebagai alat untuk membuat adonan kue. Oke ini benar, tapi banyak sekali hal yang dapat kalian lakukan dengan mixer yang kalian punya. Salah satunya yaitu menghaluskan daging. Mixer sebenarnya memiliki kekuatan yang cukup kuat dibanding yang kita mungkin anggap. Menghancurkan daging dan menghaluskannya mungkin akan sedikit menganggu dengan bunyinya yang khas, tapi untungnya, alat ini dapat melakukannya dengan baik apalagi jika menggunakan slicer yang khusus untuk daging. Mulailah dengan menghaluskan daging yang masih dalam kondisi hangat, atau sebelumnya telah direbus terlebih dahulu.

Mixer akan bekerja lebih cepat dan maksimal hasilnya ketika sebelumnya daging telah direbus terlebih dahulu. Pada saat daging telah sedikit hancur, tingkatkan kecepatan mixermu. Gunakan slicer khusus untuk mendapat hasil yang lebih sempurna. Sebenarnya tidak sulit menemukan mixer yang kuat dan berkualitas untuk menghaluskan daging . Kalian dapat menemukannya di Dekoruma dengan berbagai variannya.

5. Gunakan Handuk Pada Mixermu untuk Mengurangi Suara Berisik

Yang kita pasti tahu, mixer sangat memiliki polusi suara. Kadang kita tidak nyaman dengan bunyinya tapi apa boleh buat bukan? Ada satu solusi murah dan mudah yang dapat kalian terapkan. Gunakanlah handuk atau kain yang cukup tebal untuk mengurangi suara berisik itu. Caranya, selimutilah sebagian besar mixer yang kalian miliki dengan handuk atau kain tebal.

Ini berguna untuk mengurangi getaran pada mixer yang sedang mengaduk suatu adonan. Terlebih lagi untuk mixer yang memiliki kecepatan dan tenaga yang besar. Dengan menutupi sebagian besar bagiannya, termasuk bagian yang sedang diaduk, maka handuk ini akan sangat berguna untuk mengurangi cipratan adonan yang akan mengotori dapur kalian.

6. Dinginkan Beater Kalian Sebelum Mengaduk Adonan Es Krim

Kalian akan mendapatkan hasil yang lebih halus dan lembut dengan cara ini. Pertama-tama, letakkan beater mixer di kulkas sebelum digunakan. Sekitar sejam berlalu, persiapkan beater yang telah dingin tadi dengan mixer dapur kalian.

Di sini kalian akan mendapatkan adonan yang lebih kenyal dan lembut. Ini dikarenakan krim secara sederhana akan teraduk lebih baik jika mixer dapur sedang dalam kondisi dingin. Efek suhu dan jumlah gelembung yang terbentuk saat pengadukan serta bagaimana lemak yang menempel pada adonan es krim itu akan membentuk satu proses dengan hasil yang lebih maksimal.

7. Memudahkan Saat Membuat Mayonaise

Kita tahu bahan dasar mayonaise adalah telur. Telur ini dalam proses pengadukan manual dilakukan dengan cara mengaduknya perlahan dan memerlukan waktu yang cukup lama hingga adonan telur benar-benar dapat dipastikan mengembang. Pastinya jika tidak menggunakan mixer, proses pengadukan ini akan sangat melelahkan dan banyak memakan waktu.

Yang jauh lebih penting adalah bahwa kesuksesan pengadukan telur untuk pembuatan mayonaise harus dilakukan secara perlahan dan dengan kecepatan yang konstan. Untuk itu, stand mixer adalah alat terbaik yang dapat kalian gunakan untuk membuat mayonaise yang sempurna karena alat ini memiliki kecepatan yang stabil dan pastinya mayonaise yang akan kalian buat akan maksimal.

8. Perbedaan Lain Antara Hand Mixer dan Stand Mixer

Perbedaan yang sangat terlihat dari keduanya, pertama adalah ukuran. Hand mixer lebih cocok untuk mengaduk bahan-bahan makanan dengan jumlah yang lebih sedikit, karena kita juga mengaduk sambil memegangi mangkuk wadah bahan-bahan yang sedang diaduk. Kemudian yang kedua, effort. Dengan menggunakan stand mixer, kalian dapat melakukan kerja ganda sambil meninggalkan adonan yang sedang diaduk dengan stand mixer.

Jika menggunakan hand mixer, kalian harus menahan mangkuk wadah telur atau pun bahan-bahan makanan seperti adonan kue. Dan tentu, hand mixer lebih mudah untuk dibersihkan. Tapi sebenarnya, kalian dapat melakukan apapun dengan hand mixer yang juga stand mixer dapat melakukannya juga. Kedua mixer ini dapat kalian temukan dengan mudah di Dekoruma.

9. Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Mixer

Mungkin tanpa disadari mixer yang kalian punya telah lama digunakan dan hanya kalian bersihkan beater-nya saja. Padahal, kebersihan alat ini juga menjadi faktor penentu seberapa lama usianya, terlebih lagi kebersihan di dalamnya. Terdapat beberapa material yang kalian butuhkan untuk membersihkannya yaitu sabun pencuci piring, baking soda, kain yang lembut, sikat kecil dan tusuk gigi atau alat lainnya untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Di sini yang harus kalian ingat dan wajib kalian lakukan adalah melepas kabel mixer dari steker listrik. Kemudian, lepaslah bagina-bagian sisi luar mixer yang dapat dilepas. Jangan lepas hingga ke bagian dalam-dalamnya. Gunakan sikat dan kain lembut yang diberi sedikit air dan sabun pencuci untuk membersihkannya. Pastikan air tidak masuk ke bagian dalam mixer. Pada bagian yang memiliki lubang kecil, gunakan tusuk gigi untuk mengambil kotoran-kotoran yang telah mengendap di dalamnya.

10. Stand Mixer “Melompat”? Ketahui Cara Ini untuk Mencegahnya

Stand mixer dapat bergeser bahkan melakukan gerakan yang tidak kita duga ketika ia sedang bekerja mengaduk bahan adonan yang cukup padat dan alot. Untungnya ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk dapat mengurangi gerakannya yang berlebihan.

Awali dengan meletakkan mixer kalian di tempat yang tidak licin atau di tempat yang alasnya tidak akan membuat banyak gerakan saat ia bekerja. Cek juga apakah pin mixer apakah longgar karena hal ini dapat membuat mixer kalian bergerak. Putar alat ini pada sisinya dan kencangkan sekrup yang terhubung ke pin logam tempat engselnya terhubung dengan kepala mixer.

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close