Home Living

6 Trik Mendekorasi Ruang Keluarga Ala Shabby Chic

Ingin merombak dekorasi ruang keluarga? Gaya shabby chic yang menonjolkan tampilan bersih dan feminin dengan warna-warni pastel bisa jadi pilihan yang ideal. Keuntungan dekorasi shabby chic adalah kamu bisa mengaplikasikannya di ruang keluarga tanpa melakukan perombakan total. Hanya dengan memajang satu-dua benda antik dan menggunakan kain  bernuansa feminin seperti renda, brokat dan katun motif bunga kamu sudah bisa menyulap tampilan ruang keluarga. Yuk, intip trik menyulap ruang keluarga ala Kania!

Bantal Sofa Mempermanis Ruang Keluarga

Bantal Ruang Keluargahgtvhome.sndimg.com

Cara mudah menonjolkan kesan shabby chic di rumah adalah memasang bantal sofa yang tepat pada ruang keluarga. Ini karena salah satu yang paling awal dilihat orang dalam ruang keluarga adalah sofa dan segala perlengkapannya. Ciri khas gaya shabby chic adalah warna lembut dan motif floral dengan sentuhan vintage.

Kalau warna cat dinding dan perabotan dalam ruang keluarga sudah polos dan lembut, pilih bantal sofa bergaya shabby chic yang kesannya agak meriah. Motif bunga-bunga berukuran besar atau aksen renda dan rumbai juga bisa kamu pilih untuk kesan feminin. Tapi kalau ruang keluarga sudah dihiasi wallpaper dinding bermotif ramai, pilih bantal sofa dengan motif sederhana dan warna alami.

Kain Pelapis Sofa Indah dan Serbaguna

Ruang Keluarga Shabby Chicnaver.com

Masih tentang ruang keluarga, kamu juga bisa menambahkan kain pelapis sofa untuk melengkapi sofa kesayanganmu. Pelapis sofa ini hadir dalam berbagai jenis bahan, warna, dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan palet warna ruang keluarga.

Kalau kamu punya anak kecil atau hewan peliharaan, pilih bahan pelapis sofa yang tidak mudah sobek, mudah dicuci sekaligus warnanya bisa menyamarkan noda. Cobalah kain pelapis sofa dari bahan katun damask atau linen berkualitas dengan motif berukuran besa. Katun damask atau linen lebih bagus daripada bahan katun biasa karena tidak mengkerut saat dicuci, serat kainnya juga lebih kuat tapi tidak kasar saat disentuh.

Pemakaian kain pelapis sofa juga membuatmu lebih mudah dan hemat merawat kebersihan ruang keluarga. Kalau permukaan sofa sudah kotor, atau kamu mengecat ulang ruang keluarga dan ingin menyesuaikan warna sofa dengan cat yang baru, kamu tinggal melepas pelapis sofa lama untuk dicuci atau diganti dengan yang baru.

Tirai Shabby Chic Mempercantik Ruang Keluarga

Ruang Keluarga Shabby Chic Tiraielledecor.com

Ruang keluarga yang sudah diberi dekorasi serba shabby chic terasa kurang lengkap tanpa tirai yang indah. Kalau ruang keluarga di rumah punya jendela yang besar, tirai atau gorden bernuansa klasik akan menyempurnakan dekorasinya.

Kalau kamu ingin kesan shabby chic maksimal, pilihlah tirai berbahan renda atau sifon yang memakai banyak rimpel dalam warna terang seperti putih bersih atau krem. Saat memilih tirai untuk menghias ruang keluarga jangan lupa perhatikan tata letak dan pencahayaan alami yang sudah ada.

Ruang Keluarga Shabby Chic Tiraiwindowtreatmentsdesign.com

Kalau terlalu banyak cahaya masuk ke ruang keluarga dan kamu tidak ingin merasa silau, pilih tirai katun dengan warna dan motif bunga-bunga yang solid. Sebaliknya, kalau pencahayaan ruang keluarga dirasa kurang baik, pasanglah tirai berbahan tipis dan berwarna terang untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari. Sebagai sentuhan shabby chic ekstra di ruang keluarga, coba gunakan kenop pintu berbahan kuningan sebagai tempat mengaitkan pengikat tirai favoritmu.

Ruang Keluarga Semakin Unik dengan Barang Antik

Ruang Keluarga Shabby Chic Cerminmcdarisfineart.com

Ruang keluarga juga identik dengan tempat memajang barang antik, tapi jangan asal pajang kalau kamu ingin menghadirkan nuansa shabby chic. Ingin ruang keluarga tampak lebih lega? Gantungkan cermin antik berbingkai terang dengan motif sulur tumbuhan yang sesuai dengan gaya shabby chic.

Meja di ruang keluarga kurang bernuansa shabby chic? Ganti saja dengan kabinet serbaguna yang punya banyak laci untuk keperluan keluarga. Kalau kamu tidak ingin mengganti meja, tinggal tambahkan tempat lilin antik di atas meja.

Jangan Lupakan Vas dan Bunga yang Tepat

Vas Bunga Ruang Keluargapinterest.com

Tak jauh-jauh dari hiasan meja di ruang keluarga, tambahkan dekorasi dari vas bunga untuk sentuhan shabby chic. Misalnya, untuk dekorasi hemat, coba hias ruang keluarga dengan vas daur ulang ember atau gembor air yang sudah dicat warna pastel dan diberi embos motif bunga khas shabby chic.

Kalau kamu lebih suka vas bunga yang bersiluet ramping, ada pilihan vas dari botol daur ulang yang dicat dan dihiasi pita atau tali rami pada leher botol. Sementara untuk bunga pengisi vas. Kamu harus rajin merawat bunga dalam vas kalau memakai bunga segar agak tidak cepat layu dan mengotori ruang keluarga. Alternatif yang lebih praktis, pilih saja bunga palsu berkualitas yang tak kalah indah untuk menghiasi ruang keluarga.

Hangatnya Ruang Keluarga dengan Karpet yang Lembut

Vas Bunga Ruang Keluargaroselawnlutheran.org

Selain motif bunga dan tanaman berwarna pastel yang merupakan ciri khas shabby chic, kamu juga bisa memilih karpet vintage bermotif tenunan dengan warna yang lebih kuat. Motif tenunan cenderung lebih efektif menyamarkan noda juga lho.

Kalau ingin bereksperimen dengan  kapet, kamu juga bisa menggantungnya di dinding sebagai dekorasi ruang keluarga yang unik. Dalam merawat karpet, gunakan sikat dan bubuk pembersih khusus khusus ya. Kalau kurang yakin bisa membersihkan sendiri, kamu bisa membawanya ke jasa laundry profesional.

Baca Juga: Shabby Chic, Trend Baru Lifestyle Yang Ga Boleh Kamu Lewatkan

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! ?

Related Articles

Back to top button
Close
Close