Home Living

8 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6 x 12

Apa itu desain rumah minimalis berukuran 6×12?

Desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 adalah rumah yang dibangun dengan luas 6 meter kali 12 meter yang apabila dikalkulasi memiliki luas bangungan sekitar 72 m² tiap lantainya, desain ini juga dikenal dengan nama home miniaturization. Desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 sendiri muncul akibat kebutuhan tempat tinggal praktis. Apalagi generasi muda yang sangat memerhatikan detail efisiensi harga dan fleksibitas penggunaan material. Desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 menjawab kebutuhan tersebut.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12thecontemporist.com

Desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 biasanya memiliki desain simpel yang fungsional. Banyak desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 yang memiliki model sederhana, terus terang, dan layout yang efisien dengan ketersediaan ruang.

Secara keseluruhan, desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 menghindari tampilan yang berlebihan seperti sudut-sudut yang rumit. Atap sederhana juga menjadi salah satu karakteristik dari desain rumah minimalis 2 lantai 6×12.

Setelah memahami prinsip dasar dari desain rumah minimalis 2 lantai 6×12, berikut adalah 8 inspirasi desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 dari Kania, khusus buatmu!

1. Manfaatkan material kayu untuk desain rumah minimalis 2 lantai 6×12

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 Lantai Kayupinterest.com

Yang pertama adalah desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 yang menonjolkan elemen kayu sebagai material eksterior dan interiornya, yaitu pagar kayu yang menghiasi bagian depan teras rumah sebagai pagar juga ruang keluarga di lantai satu. Mengaplikasikan lantai kayu yang membuat desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 ini tampak semakin ciamik dan nyaman untuk ditempati.

Lantai yang mengaplikasikan material kayu tidak hanya tampak indah, namun bermanfaat untuk menjaga temperatur dalam ruangan. Lantai kayu juga lebih mudah dibersihkan. Kamu bisa menjaga lantai kayu tetap bersih menggunakan pembersih lantai khusus. Tapi, hati-hati dengan noda ya, karena noda pada lantai kayu bisa membekas jika tidak cepat dibersihkan.

2. Rumah 2 lantai dengan tone warna putih

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 Interior Putihcutypaste.com

Dengan ruang yang terbatas dan tidak terlalu luas, desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 dapat disulap menjadi rumah yang tampak lega dan nyaman. Aplikasikan warna putih pada seluruh ruangan di desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 baik eksterior maupun interior untuk menciptakan ilusi optikal bangunan tampak lebih luas.

Selain itu, warna putih memberikan kesan rumah yang cerah dan ceria sehingga rumah tidak tampak suram. Tentu saja, nggak boleh semuanya putih ya. Lengkapi luasan terbatas seperti desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 dengan dekor ruangan warna-warni.

3. Lebih kreatif dengan wallpaper dinding

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 Wallpaperweheartit.com

Wallpaper dinding bisa menjadi alternatif dari cat tembok konvensional untuk melapisi dinding bagian dalam sebuah rumah. Dari segi harga, wallpaper memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan cat, namun desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 yang mengaplikasikan wallpaper dinding akan tampak lebih cantik dan hidup. Pilihan wallpaper dinding yang bagus juga sudah banyak.

Meskipun agak mahal, wallpaper layaknya investasi jangka panjang, karena wallpaper memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding cat dinding. Wallpaper juga lebih mudah dibersihkan dari noda.

4. Ruang terbuka dan titik fokal pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12roomly.se

Titik fokal adalah sebuah area yang menjadi fokus dari sebuah ruangan. Sangat penting bagi rumah minimalis untuk memiliki tiitk fokal yang akan menjadi bagian paling menonjol dari desain rumah minimalis 2 lantai 6×12. Mennciptakan titik fokal tidaklah sulit, yang pertama harus kamu lakukan adalah menyediakan sebuah ruang terbuka yang tidak padat dan minim furnitur.

Gunakan furnitur atau dekorasi pada ruang terbuka dengan warna yang kontras dari warna dominan ruangan. Pandangan mata akan jatuh pada pada objek tersebut. Objek inilah yang akan menjadi titik fokal. Objek titik fokal bisa berupa furnitur  atau dekorasi.

5. Padupadankan desain rumah dengan tekstur unik

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12nationalshomeplate.com

Tahu nggak, kalau dekorasi rumah bisa mencerminkan kepribadianmu?

Bermain dengan satu warna atau warna solid pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 tak jarang memberikan kesan kaku. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa mengaplikasikan tekstur pada dekorasi atau furniture ruangan.

Gunakan lampu gantung dengan desain Victorian dan lantai kayu dan wallpaper dengan motif. Tapi, pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 yang mungil, jangan sampai berlebihan ya. Hal ini akan mengganggu tatanan minimalis di rumah kamu.

6. Kaca untuk intensitas cahaya alami pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 Jendelapinterest.com

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu prinsip dan elemek kunci dari desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 adalah intensitas cahaya alami. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan elemen kaca pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12. Kaca bermanfaat untuk menjaga furnitur tetap awet dan tidak mudah berjamur. Kaca juga tidak hanya memastikan intensitas cahaya matahari masuk mencukupi, tapi sekaligus memberikan tampilan yang mewah dan elegan bagi sebuah rumah.

7. Furnitur kontemporer menghiasi desain rumah

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12 Furnitur Kontemporerpinterest.com

Desain kontemporer adalah desain yang mengutamakan nilai estetika dan fungsi, tapi nilai estetika yang ditonjolkan cenderung lebih tinggi ketimbang fungsinya. Nah,  gaya kontemporer memiliki kemiripan dengan desain minimalis, makanya, desain satu ini cocok untuk diaplikasikan pada desain rumah minimalis 2 lantai 6×12.

Kemiripan tersebut antara lain memakai prinsip less is more. Desain furnitur kontemporer memang terlihat sederhana, tapi gaya ini sangat fungsional lho!

8. Desain rumah yang ramah lingkungan

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6x12akitasmexico.com

Untuk membuat desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 terlihat segar dan membuat nyaman, kamu bisa menambahkan tanaman hias yang simpel. Kalau bisa, pilih tanaman sukulen yang nggak memerlukan air atau dalam perawatannya. Tempatkan tanaman hias favoritmu di sudut-sudut efektif. Misalnya, di samping jendela, di sebelah bed side table, atau di dekat pintu masuk.

Baca Juga: Rumah Kontainer, Alternatif Rumah Murah yang Tetap Gaya

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Dekoruma siap membantu! Buat kamu yang membutuhkan lemari custom, bisa juga diwujudkan lewat dekoruma lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build interior dekoruma! ?

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close