Home Living

Intip Kerennya Rumah Unik Transparan dari Jepang!

Pernah nggak terbesit di pikiranmu untuk tinggal dan menetap di sebuah rumah di mana setiap orang yang lewat bisa melihat apa yang kamu lakukan di dalam rumah? Firma arsitektur asal Jepang, Sou Fukimoto Architects, dapat mewujudkan impian itu. Sou Fukimoto Architects mendesain sebuah rumah unik yang memiliki desain transparan. Terletak di kota Tokyo, Jepang, bangunan seluas 85 m² ini diberi nama “House NA”.

Mengusung konsep hunian layaknya hidup di dalam sebuah pohon, rumah unik transparan ini kaya akan intensitas cahaya di siang hari. Rumah unik yang satu ini tidak memiliki dinding yang terbuat dari beton, hanya memanfaatkan kaca transparan sebagai pembatasnya.

Rumah Unikarchdaily.com

Konsep bangunan kaca cenderung diaplikasikan untuk gedung perkantoran, mall, museum, dan situs publik lainnya. Di tangan Sou Fukimoto Architects, konsep ini diwujudkan menjadi sebuah hunian rumah unik transparan. Penasaran isi dalam dari rumah unik transparan ini? Kania akan mengajak kamu berjalan-jalan dan mengintip rumah unik ini tanpa harus berangkat ke Jepang!

Desain bangunan vertikal memanjang ke atas

Rumah Unik Vertikaldesignboom.com

Kepadatan penduduk di Jepang, terlebih lagi di kota besar seperti Tokyo, menyebabkan harga tanah sangat mahal. Oleh karena itu, kebanyakan rumah di Jepang memanfaatkan ruang vertikal untuk memenuhi kebutuhan ruang tempat tinggal. Salah satunya daalah rumah unik dengan desain transparan.

Rumah transparan ini memiliki keunikan lain, kamu nggak bisa menebak berapa tingkat lantai yang dari rumah unik ini. Jika dilihat dari luar, rumah unik transparan “House NA” memiliki 3-4 lantai.

Rumah Unikarchdaily.com

Padahal, Sou Fujimoto menjelaskan bahwa rumah unik besutannya memiliki 3 lantai yang terbagi ke dalam beberapa bagian yang memiliki ketinggian berbeda, tidak seperti bangunan konvensional dimana permukaan lantai sama rata. Terdapat 21 pelat lantai dengan ketinggian yang berbeda-beda dalam rumah transparan ini.

Bagaimana dengan kamar mandi?

Rumah Unik Kamar Mandiarchdaily.com

Kamu pasti berpikir, bagaimana penghuninya akan mandi atau berganti pakaian dalam rumah unik transparan ini?

Setiap sisi kaca memiliki tirai gorden untuk privasi. Jadi, tidak setiap saat bagian dalam rumah unik transparan ini bisa terlihat dari luar. Kamar mandi utama terletak pada lantai paling atas. Kamar kecil ada di sisi belakang yang berhadapan dengan tembok luar rumah.

Sekat pemisah ruang memanfaatkan gorden

Tirai Rumah Unikarchdaily.com

Rumah unik transparan “House NA” tidak memiliki dinding beton sama sekali. Untuk memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya, sekat ruangan kreatif digunakan sebagai pembatas. Dalam rumah ini, furnishing gorden minimalis dipakai untuk membatasi tiap ruangan.

Bangunan tiga lantai tanpa tangga berukuran besar

Rumah Unik Tanpa Tangga Besararchdaily.com

Meskipun rumah unik transparan ini memiliki tiga lantai, tidak terdapat anak tangga besar seperti rumah pada umumnya. Setiap plat lantai dihubungkan dengan anak tangga kecil untuk efisiensi ruang.

Di rumah ini juga terdapat beranda yang dapat diakses melalui jendela. Penghuni rumah bisa memakainya untuk berpindah ke teras yang lebih tinggi. Cukup bermanfaat untuk olahraga ringan di rumah, kan?

Rumah unik ini juga hemat listrik di siang hari

Rumah Unik Hemat Listrikarchdaily.com

Desain rumah unik yang transparan membantunya mendapatkan intensitas cahaya yang banyak di siang hari. Jendela juga membantu melancarkan sirkulasi udara. Supaya rumah unik ini terasa sejuk, penghuni bisa membuka jendela di siang hari. Jadi, AC dan lampu nggak begitu dibutuhkan di rumah ini.


Ternyata, rumah unik ada bermacam-macam bentuknya kan? Rumah unik dan transparan ini mengajarkan kita untuk nggak pernah menyerah, karena keadaan lingkungan dan bangunan yang kurang kondusif bukan halangan untuk terus berkreasi.

Apa kamu tertarik tinggal di rumah transparan ini?

Related Articles

Back to top button
Close
Close