Home Living

Batasi Ruangan Tanpa Ribet Dengan 10 Desain Pembatas Ruangan Ini!

Kamu pasti setuju kalau sekarang lahan perumahan sangat terbatas, bukan?

Hal ini membuat orang beralih ke rumah-rumah berukuran mini, terutama ukuran minimalis. Tapi, dengan ukuran yang mungil, pemilik rumah harus pintar-pintar menata rumahnya. Salah satunya adalah meminimalisir sekat permanen dalam rumah—seperti tembok, dan menggantinya dengan pembatas ruangan yang fleksibel.

Tapi, bagaimana sih pembatas ruangan itu? Ada model apa saja yang bisa kamu pilih? Supaya nggak bingung, simak pembahasan Kania berikut yuk!

1. Bingkai Jendelas Bekas, Cara Kreatif untuk Pembatas Ruangan

Pembatas Ruangan Jendela Bekasapartmenttherapy.com

Kreatif memang nggak kenal bats, salah satunya dengan membuat barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat. Misalnya, menyulap bingkai jendela bekas menjadi pembatas ruangan. Selain itu, kalau kamu kreatif, ini bisa menjadi dekor ruangan yang cantik lho!

Biarkan saja warna asli dari bingkai jendela, kamu bisa mendapatkan kesan rustic. Tapi kalau kurang sesuai, mengecatnya juga boleh kok.

 

2. Pembatas Ruangan dari Setengah Dinding

Pembatas Ruangan dari Setengah Dindingikea.com

Jika kamu mempertimbangkan sesuatu yang lebih permanen, membangun setengah dinding mungkin dapat menjadi pilihan. Supaya tidak membuatnya tampak monoton, kamu dapat mengaplikasikan jendela atau menempelkan dekor dinding yang kamu sukai. Hasilnya ruang akan lebih terbuka namun tetap menjadikannya sebagai pembatas pada di antara ruang.

3. Menggunakan Dinding Kering atau Papan Gipsum

Pembatas Ruangan Dindinghome-designing.com

Keberadaan dinding kering (papan gipsum) merupakan ide yang paling mudah dan sederhana untuk membuat pembatas ruangan. Jika desain rumah interiormu termasuk ke dalam tipe open plan, dinding kering dapat menjadi solusi alternatif untuk membuat rumahmu tampak berbeda.

Selain itu, kamu dapat dengan mudah memindahkannya ke mana pun kamu mau, karena bobot papan gipsum yang ringan mudah untuk dipindahkan. Kamu juga bisa meramaikan papan dengan hiasan dinding buatan sendiri lho. Tertarik mencobanya?

4. Cermin Sebagai Pembatas Ruangan yang Terlihat Luas

Pembatas Ruangan Cerminhouzz.com

Salah satu desain pembatas ruangan yang cukup berbeda dan unik adalah dengan menggunakan sebuah cermin besar. Pembatas ruangan ini dapat membuat ruangan di sekitarnya tampak lebih luas karena seolah-olah tidak terdapat pembatas ruangan. Pas banget kan buat rumah mungil.

Selain bisa membuat ruangan terlihat luas, cermin juga bisa memantukan cahaya. Jadi, kalau kamu punya banyak jendela di rumah, kamu bisa menghemat biaya listrik karena nggak perlu memakai lampu.

5. Box Kayu Sebagai Pembatas Praktis

Pembatas Ruangan Boks Kayupinterest.com

Salah satu cara lain yang mudah dan praktis untuk menghadirkan pembatas ruangan adalah dengan menggunakan boks kayu yang disusun menjadi lemari atau kabinet. Kamu dapat mengkreasikan boks kayu ini dan mencatnya memakai warna-warna lain yang sesuai dengan interior ruangan juga. Praktis dan hemat kan?

Dengan adanya warna orisinil dari boks kayu ini, rumahmu akan terasa lebih natural. Buat kamu yang suka dengan desain interior coastal cottage, ini pas banget buatmu. Boksnya bisa jadi kabinet multifungsi juga lho! (LINK REFERENSI)

6. Masih Ingin Menambah Kesan Natural? Gunakan Bambu Sebagai Pembatas Ruangan

Pembatas Ruangan Bambuneigemorte.com

Untuk kesan alami di rumah, salah satu jenis partisi yang bisa kamu gunakan adalah batang bambu. Agak berbeda penyusunannya dengan boks tadi, memakai batang bambu harus direncanakan dulu, karena pembatas ruangan yang ini nggak semudah boks kayu untuk dipindahkan.

Kamu dapat menyusun batang-batang bambu secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan serta diameter berbeda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan.

Supaya lebih cocok, kamu dapat mengombinasikan pembatas ruangan ini pada desain ruang keluarga berkonsep oriental untuk keserasian visual yang lebih menarik.

7. Membatasi Ruangan dengan Rak Buku

Pematas Ruangan Rak Bukupinterest.com

Memanfaatkan rak buku sebagai pemisah ruangan merupakan ide yang cukup bagus untuk membuat pembatas ruangan. Jika kamu memilih rak buku dari kaca, secara tidak langsung cahaya dapat tembus melalui kaca. Hasilnya, ruangan tampak lebih cerah.

Untuk menambah nilai lebih pembatas ruangan dengan menggunakan rak buku, kamu dapat memilih rak buku berdesain unik. Kini banyak tersedia bentuk-bentuk rak buku yang tidak hanya tegak lurus, namun ada juga yang melengkung bahkan dengan desain-desain lucu.

8. Balok Vertikal Sebagai Pembatas Ruangan yang Modern

Pembatas Ruangan Balok Vertikalmedartposters.com

Desain pembatas ruangan ini berbentuk balok dan tegak lurus hingga langit-langit. Untuk memberikan kesan modern, kamu dapat memberikan warna yang berbeda pada pembatas ruangan jenis ini.

Selain itu, dengan memberikan ruang di antara balok-balok vertikal ini, misalnya beberapa balok vertikal berjejeran, cahaya tidak akan terhalang dan otomatis memberikan visual yang lebih keren.

9. Menjaga Privasi Dengan Menggunakan Pintu Geser

Pembatas Ruangan Pintu GeserPembatas Ruangan Pintu Geserpinterest.com

Ide pembatas ruangan dengan menggunakan pintu geser merupakan ide cemerlang, khususnya bila diaplikasikan pada area interior yang tidak terlalu luas. Kamar tidur, dapur, dan ruang tamu di rumah kecil dapat dipisahkan satu sama lain dengan menggunakan pintu geser agar rumah tidak terasa sempit.

Dengan mudah juga kita dapat membukanya dan menutupnya saat memerlukan privasi. Namun, kondisi rumah juga harus menjadi pertimbangan sebelum memilih pintu geser sebagai alternatif pembatas ruangan.

10. Tirai Sebagai Pembatas Ruangan Ekonomis

Tirai Sebagai Pembatas Ruangan Ekonomisthearchitect.pro

Tirai merupakan salah satu alternatif pembatas ruangan yang keberadaannya sudah ada sejak zaman dahulu. Meski termasuk barang ‘lama’, desain dan bentuknya terus berkembang lho.

Jadi tidak perlu ragu untuk memilih tirai sebagai pembatas ruangan di rumah kamu. Ada banyak jenis bahan, motif, dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan di rumah. Selain itu, harganya juga bersahabat dengan kantong.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan, kalau pembatas ruangan nggak harus dibuat dari bata dan semen permanen. Yang mana pembatas ruangan yang kamu suka?

 

Related Articles

Back to top button
Close
Close