Home Living

10 Desain Rumah Kayu untuk Lahan Sempit

Pernahkah kamu terpikir untuk membuat rumah kayu? Identik dengan luasan yang besar, rumah kayu biasanya memiliki kesan mewah dan mahal. Selain itu, rumah kayu juga punya manfaat-manfaat rahasia. Tapi nggak semua desain rumah kayu hanya bisa dibangun di luasan besar lho. Mau tahu seperti apa desain-desain rumah kayu untuk kamu yang memiliki lahan sempit? Coba cek 12 desain rumah kayu untuk lahan sempit ini yuk!

1. Desain Rumah Kayu yang Unik

Desain Rumah Kayu Rustic Retreat XLtinyliving.com

Desain rumah kayu yang mungil tidak selalu menempatkan ruang bersantai di depan rumah, melainkan bisa di bagian atap. Backcountry Containers menambahkan ruang terbuka untuk bersantai di atap rumah.

Desain Rumah Kayu Rustic Retreat XLtinyliving.com

Desain rumah kayu bernama Rustic Retreat XL ini agar berbeda dengan tipe lainnya karena area tidur seluruhnya berada pada lantai dasar tanpa penambahan loteng. Eksteriornya juga unik karena menyerupai desain rumah kayu tradisional dengan ruang terbuka dan teras yang seluruhnya terbuat dari kayu.

 

2. Desain Rumah Kayu The Reagan

Desain Rumah Kayu The Reagantinyliving.com

Buat kamu yang ingin tinggal di rumah kayu yang minimalis dan berbentuk persis seperti rumah tradisional, kamu harus memerhatikan poin kedua ini. The Reagan adalah merupakan salah satu desain rumah kayu khas Amerika dengan konstruksi interior dan eksteriornya. Hanya saja, tampilan dari desain rumah kayu ini jauh lebih mungil.

Desain Rumah Kayu The Reagantinyliving.com

Desain rumah kayu The Reagan juga mengutamakan keramahan terhadap hewan peliharaan lho. Kenapa? Karena desain rumah kayu mungil ini menyediakan pintu kecil untuk akses keluar masuk peliharaan.

Desain Rumah Kayu The Reagantinyliving.com

Selain itu, bahan bangunannya terbuat dari kayu tanpa bahan beracun. Terdapat juga teras rumah keren  dan pagar yang mengelilingi rumah sehingga hewan peliharaan tidak mudah lari.

3. Desain Rumah Kayu dari Oregon

Desain Rumah Kayu Basecamp Tiny Housetinyhousedesign.com

Masih untuk kamu yang sayang hewan peliharaan, desain rumah kayu Basecamp dari Luke dan Tina sudah membuktikan bahwa rumah kayu yang ekstra mungil ini  bukan sebuah masalah untuk hewan peliharaan.

Desain Rumah Kayu Basecamp Tiny Housetinyhousedesign.com

Untuk menjaga kebersihan rumah, desain rumah kayu ini memisahkan area tidur pribadi di bagian loteng, sementara kandang hewan peliharaan berada di lantai dasar.

Desain Rumah Kayu Basecamp Tiny Housetinyhousedesign.com

Dengan pemisahan ini, perlengkapan pribadi yang kamu miliki dan peralatan merawat hewan kesayangmu bisa tersimpan rapi dalam tangga mungil yang sekaligus berfungsi sebagai lemari untuk memaksimalkan sistem penyimpanan di rumah kayu ini.

4. Desain Rumah Kayu Hikari Box

Desain Rumah Kayu Hikari Boxtreehugger.com

Mungkin masalah umum bagi para pemilik rumah minimalis adalah tidak adanya kamar kosong yang tersedia untuk menerima tamu yang ingin bermalam. Masalah tersebut dapat teratasi dengan desain rumah kayu Hikari Box. Desain rumah kayu ini membuat dua area tidur, masing-masing berkapasitas dua orang dewasa di bagian atas rumah yang bisa diakses melalui tangga kayu.

Desain Rumah Kayu Hikari Boxtinyliving.com

Desain rumah kayu karya Portland Alternative Dwellings ini juga sudah dilengkapi dengan meja makan dan area santai untuk menerima tamu tepat di bawah area tidur tamu.

Kamu juga tidak perlu cemas kekurangan tempat menyimpan barang, karena tangga yang menuju area tidur utama juga berfungsi sebagai lemari dengan kompartemen dengan ukuran yang berbeda-beda.

5. Desain Rumah Kayu ala The Hobbit

Desain Rumah Kayu The Hobbitzylvardos.com

Jangan terkecoh dengan desain rumah kayu ala The Hobbit ini yang tampak seolah serba mini. Desain rumah kayu ini memiliki ruangan yang di dalamnya dirancang agar tampak lega. Cukup untuk menampung kasur besar dan dua kabinet besar.

Desain Rumah Kayu The Hobbitzylvardos.com

Desain rumah kayu ini dilengkapi dengan jendela-jendela bulat mungil dan eksterior kayu. Bukan hanya indah dilihat, desain rumah kayu ini juga memiliki fitur berteknologi canggih seperti sistem pemanas air anti beku untuk mendapatkan air panas di musim hujan yang dingin.

6. Desain Rumah Kayu yang Serba Simpel

Desain Rumah Kayu Alphanewfrontiertinyhomes.com

Desain rumah kayu ini memiliki tipe Alpha yang terlihat seperti peti kemas, tapi bagian dalamnya menyimpan aneka fitur mengejutkan mulai dari meja lipat hingga tangga mungil untuk naik ke tempat tidur.

Desain Rumah Kayu Alphanewfrontiertinyhomes.com

Rumah ini serba simpel dan enak dilihat, cocok untuk kamu yang tidak suka ribet. Selain itu, konstruksi dari desain rumah kayu ini juga mengutamakan unsur ramah lingkungan dengan penggunaan kayu daur ulang bekas lumbung gandum untuk melapisi dinding, langit-langit hingga rak di area tidur.

7. Desain Rumah Kayu Berteras Terbuka

Desain Rumah Kayucurbed.com

Punya lahan sempit tapi ingin tetap bisa bersantai di teras saat memilih desain rumah kayu? Cobalah desain rumah kayu dari Custom Container Living. Desain rumah kayu ini memiliki desain berupa rumah bergaya kontainer yang terdapat ruang terbuka mungil sebagai teras.

Desain Rumah Kayucustomcontainerliving.com

Kamu tidak perlu cemas akan panas dan hujan saat menikmati waktu-waktu santaimu karena teras mini ini seluruhnya tertutup atas.

Desain Rumah Kayucustomcontainerliving.com

Desain rumah kayu yang minimalis ini juga dapat memaksimalkan pencahayaan alami lewat banyak jendela mungil dan pintu kaca. Meskipun bentuknya menyerupai rumah bergaya kontainer, namun keseluruhan desain rumah ini terkesan lega karena memiliki langit-langit yang ditinggikan dan berbentuk memanjang ke belakang. Biarpun mungil, tapi desain rumah kayu ini sangat fungsional buat kamu yang menyukai waktu bersantai di teras rumah.

 

8. Desain Rumah Kayu Klasik Berpadu Teknologi Canggih

Desain Rumah Kayu Tiny Heirloomhousebeautiful.com

Tiny Heirloom membuat sebuah desain rumah kayu yang dikenal dengan gaya klasik yang dipadukan dengan teknologi tercanggih—salah satunya detektor asap berkualitas di dapur.

Desain Rumah Kayu Tiny Heirloomhousebeautiful.com

Bentuk unik dari desain rumah kayu ini dijamin membuat rumah terasa lebih luas dan nyaman. Kamu bisa membuka jendela-jendela pada atap yang dirancang khusus untuk sirkulasi udara, dekorasi di rumah kayu ini juga nggak kalah keren!

9. Desain Rumah Kayu yang Dapat Berpindah Tempat

Desain Rumah Kayu Elsa by Olive Nest Tiny Homestinyliving.com

Kamu termasuk dan keluargamu termasuk orang-orang yang suka berpindah tempat mengikuti pekerjaan? Desain rumah kayu ini bisa bergerak dengan ditarik dengan mobil. Olive Nest Tiny Homes menampilkan desain rumah kayu Elsa yang bernuansa anggun, ditambah pergola mini terpisah dengan rumah kaca mini dan ayunan.

Desain Rumah Kayu Elsa by Olive Nest Tiny Homestinyliving.com

Desain rumah kayu Olive Nest cocok untuk kamu yang hobi memelihara tanaman hias karena desain rumah ini memiliki sumber pencahayaan alami yang hemat energi.

10. Desain Rumah Kayu Berwarna Biru yang Eye-Catching

Desain Rumah Kayu Blue Moontinyliving.com

Desain rumah kayu mungil ini merupakan desain dari Harmony Tiny Homes. Eksteriornya berwarna biru tua dengan bingkai jendela berwarna putih dan beberapa potongan akses kayu berwarna natural yang membuat garis tegas di dinding rumah ini.

Desain Rumah Kayu Blue Moontinyliving.com

Di sisi interior, furnitur dan perabotan yang dipilih di desain rumah kayu ini memiliki warna natural dengan dinding kayu bercat putih yang elegan. Terdapat tangga menuju ke loteng dengan jendela di langit-langit untuk sebagai medium untuk sirkulasi udara. Selain elegan, rumah ini juga memaksimalkan fungsi ruangan. Untuk kamu yang memiliki lahan sempit, desain rumah kayu ini sangat ideal!


Setelah membaca artikel di atas, sudah tahu rumah kayu mana yang jadi favoritmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dengan teman-temanmu danbaca artikel menarik lainnya di dekoruma ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close