Home Living

12 Desain Interior Dapur Unik dengan Lantai Grafis

Desain interior dapur tidak hanya fokus pada posisi dan model furniturnya saja, melainkan juga terkait pemilihan lantai dapur. Pada umumnya, pemilik hunian akan menyesuaikan lantai dapur dengan lantai ruang lainnya atau menggunakan warna gelap agar tidak terlihat kotor saat bumbu masakan tumpah.

Padahal jika mau memiliki interior dapur yang menarik dan anti mainstream, kamu perlu berkreasi pada lantai dapur. Kreasi ini bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai motif pada lantai keramik atau kayu. Supaya mendapat inspirasi untuk lantai dapur, yuk simak beberapa desain interior dapur unik dengan lantai grafis berikut ini!

1. Interior dapur dengan lantai geometris

interior dapur geometrisideal.com.uk

Ingin menggunakan lantai sebagai focal point pada interior dapur? Cobalah terapkan lantai grafis geometris berikut yang bisa menciptakan ilusi mata. Sebagai salah satu desain lantai yang paling populer dan anti-mainstream, efek 3D dari bentuk dan warna kubus ini akan membuatmu seakan-akan sedang berjalan di atas lantai yang tidak rata. Keren, ya? Tapi jika belum terbiasa pasti akan merasa pusing saat melihat interior dapur ini.

2. Interior dapur dengan lantai kayu bermotif herringbone

interior dapur herringbonetrendir.com

Interior dapur berwarna cerah dapat membuat kegiatan memasak semakin menyenangkan. Selain kabinetnya yang berwarna kuning mencolok, motif lantainya pun tidak kalah menarik. Lantai kayu dengan motif herringbone ini terlihat semakin bergaya dengan perpaduan beberapa warna cerah sekaligus, seperti putih, biru, hijau, pink, dan kuning. Agar tidak membosankan, sisakan beberapa bagian tanpa cat alias berwarna cokelat kayu dan susun warna secara acak.

3. Interior dapur dengan lantai kotak-kotak 3 warna

Interior dapur dengan lantai kotak-kotak 3 warnapinterest.com

Interior dapur bergaya vintage ini tampil lain dari biasanya berkat lantai grafis yang penuh warna. Meski motifnya terlihat sangat sederhana, yakni motif kotak-kotak kecil, perpaduan 3 warna lembut interior dapur ini semakin cantik. Perpaduan warna cokelat, cokelat muda, dan biru ini disesuaikan dengan warna interior dapur secara keseluruhan di mana pintu berwarna biru serta furnitur yang berwarna cokelat.

Untuk menerapkan lantai grafis ini, kamu bisa menyusun keramik dapur berukuran sama dalam warna-warna yang kamu inginkan. Saat menyusunnya, perhitungkan dengan baik agar tidak ada susunan warna yang salah ya.

4. Interior dapur dengan lantai penny tiles

Interior dapur dengan lantai penny tilespinterest.com

Interior dapur akan terlihat semakin menarik berkat lantai dari penny tiles. Lantai penny tiles merupakan sesuatu yang mudah ditemui pada rumah lama bergaya Eropa. Keunggulan dari lantai penny tiles ini adalah kamu bisa menggunakan beberapa warna sekaligus dan menyusunnya menjadi pola tertentu.

Misalnya pada desain interior dapur yang satu ini, penny tiles disusun membentuk pola bunga sederhana. Namun, penny tiles memiliki ukuran yang kecil sehingga butuh kesabaran saat menyusunnya.

5. Interior dapur dengan lantai motif houndstooth

interior dapur houndstoothcharmedlifeinteriors.com

Motif houndstooth biasanya ditemukan pada produk fashion seperti baju, dress, sepatu, dan tas. Warna yang identik dengan motif houndstooth adalah hitam dan putih. Namun, pada interior dapur yang satu ini motif houndstooth tidak berwarna hitam dan putih melainkan biru dan putih.

Perpaduan warna pada motif ini tentu memberikan kesan tersendiri saat melihat interior dapur di dalam hunian. Lantai grafis seperti ini cocok untuk menghiasi interior dapur bergaya retro dan kontemporer.

 

6. Interior dapur dengan lantai keramik segi enam

interior dapur segi enampinterest.com

Interior dapur berikutnya memiliki kesan yang maskulin dengan penggunaan lantai keramik segi enam. Agar bentuk keramik menciptakan grafis yang keren untuk interior dapur, gunakan 3 warna sekaligus dalam tone yang sama. Misalnya perpaduan warna hitam, abu-abu, dan putih.

Dibandingkan dengan lantai penny tiles, lantai keramik segi enam ini lebih mudah disusun karena ukurannya lebih besar dan memiliki sudut-sudut yang jelas.

7. Interior dapur dengan lantai motif teratur

Interior dapur dengan lantai motif teraturpinterest.com

Interior dapur berikutnya dilengkapi dengan lantai bermotif teratur menyerupai bunga. Keramik dengan motif semacam ini mudah ditemui di toko-toko keramik dalam berbagai warna dan ukuran. Biasanya keramik seperti ini digunakan sebagai keramik kamar mandi atau keramik di area halaman belakang.

Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan keramik jenis ini untuk lantai dapur bergaya vintage atau tradisional. Agar terlihat menarik, susunlah keramik ini dengan arah diagonal.

8. Interior dapur dengan lantai setengah kayu setengah keramik segi enam

Interior dapur dengan lantai setengah kayu setengah keramik segi enampinterest.com

Interior dapur dengan lantai keramik atau kayu saja rasanya sudah biasa. Bagaimana kalau memadukan lantai keramik dengan kayu sekaligus? Pada desain interior dapur di atas, keramik yang digunakan adalah keramik bentuk segi enam.

Warnanya yang kontras dengan warna lantai kayu akan terlihat menarik di mata orang yang berlalu-lalang di sekitar dapur. Agar terlihat natural dan seakan-akan menyatu, kamu bisa menyusun keramik dan kayu tanpa batas yang beraturan seperti ini.

9. Interior dapur dengan lantai motif tartan

interior dapur tartandrmodeling.com

Motif tartan atau flannel ternyata tidak hanya bisa diterapkan pada pakaian, tapi juga pada lantai dapur. Interior dapur bergaya modern ini terlihat semakin keren berkat lantai bermotif tartan dalam warna hitam, putih, dan abu-abu.

Untuk menerapkan lantai grafis seperti ini, kamu harus berhati-hati agar tidak salah menempatkan masing-masing warna berhubung modelnya seperti anyaman bukan hanya saling menyilang. Jika perlu, mintalah bantuan tenaga profesional, seperti jasa desainer interior dekoruma untuk menyusunnya.

10. Interior dapur dengan lantai motif spiral

Interior dapur dengan lantai motif spiralpinterest.com

Interior dapur ini sekilas tampak nyeleneh karena dinding tembok dan lantai memiliki gaya yang jelas berbeda 180 derajat. Biasanya, dinding batu bata ekspos akan dipadukan dengan lantai kayu atau keramik berwarna senada seperti putih atau cokelat.

Namun, pada interior dapur ini dinding batu bata ekspos justru dipadukan dengan lantai bermotif spiral yang kesannya sangat modern. Interior dapur yang nyeleneh ini bisa terlihat menarik juga ya?

11. Interior dapur dengan lantai papan catur

Interior dapur dengan lantai papan caturhgtv.com

Interior dapur berikutnya tampil klasik dengan lantai bermotif papan catur. Lantai bermotif papan catur tidak memiliki banyak ragam karena bentuknya harus kotak-kotak dan berwarna hitam putih.

Jika ingin mendapatkan interior dapur yang terkesan keren, kamu bisa bereksperimen dengan material keramiknya. Misalnya menggunakan keramik berbahan marmer atau keramik bertekstur licin mengkilap.

12. Interior dapur dengan lantai bernuansa alami

Interior dapur dengan lantai bernuansa alami terakotahgtv.com

Jika menginginkan suasana yang hangat dan alami, lantai terakota tidak akan pernah gagal mewujudkannya. Warna alami terakota dan gradasinya yang berbeda satu sama lain akan menciptakan efek grafis yang memikat pandangan seluruh penghuni rumah.

Ukuran keramik terakota ini bisa kamu sesuaikan dengan luas dapur. Jika dapurmu luas, gunakan keramik ukuran besar. Sedangkan untuk desain dapur kecil, gunakanlah keramik berukuran kecil juga.


Demikan 12 desain interior dapur unik dengan lantai grafis dalam berbagai motif dan warna. Kira-kira lantai seperti apa yang ingin kamu terapkan pada interior dapur di hunian kamu nanti? Jangan lupa lengkapi perabotan dapurmu lewat dekoruma ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close