Home Living

10 Tips Cara Membasmi Rayap Secara Alami

Rayap merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot berbahan kayu jadi tidak tahan lama.

cara membasmi rayapcadworxuniversity.com

Sebenarnya ada banyak cara membasmi rayap, namun sebaiknya tidak mengandalkan obat-obatan kimia sebagai cara membasmi rayap karena risiko kesehatan yang ditimbulkannya. Sebaliknya, cara membasmi rayap secara alami dipandang lebih aman. Buat kamu yang punya masalah serupa, yuk kita intip 10 tips cara membasmi rayap secara alami berikut ini!

1.Cara Membasmi Rayap paling Dasar: Jangan Pelit Ventilasi!

cara membasmi rayap ventillasibespoketimberhouses.co.uk

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang pertama adalah membangun ventilasi yang memadai sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap.

Jika beberapa perabot berbahan kayu terlanjur diserang rayap, maka cara membasmi rayap selanjutnya adalah menjemur perabotan tersebut pada area terbuka. Hal ini memudahkan sinar matahari langsung untuk mengusir rayap.

2. Cara membasmi rayap dengan membersihkan halaman dari genangan air

cara membasmi rayap bersihkan halaman dari genangan airpinterest.com

Di mana ada genangan air, di situlah rayap akan berkembang biak. Cara membasmi rayap dari paling luar rumah adalah dengan mencegah adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan.

Cara membasmi rayap ini perlu dilakukan terutama ketika musim penghujan. Daripada memiliki banyak genangan air, ada baiknya halaman rumahmu memiliki penampung air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Bersihkan pula selokan secara rutin, selain sebagai cara membasmi rayap, juga dapat membasmi nyamuk.

3. Memperbaiki keramik atau pipa yang rusak

memperbaiki pipa

pinterest.com

Cara membasmi rayap yang satu ini terlihat sepele. Namun, keramik yang rusak dapat menyebabkan uap air lebih mudah masuk ke dalam rumah. Akibatnya, kondisi rumah menjadi lembab. Belum lagi jika rumah kamu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, maka kadar kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Maka tidak heran jika rayap menjadi terpancing untuk masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, jangan meremehkan kerusakan kecil.

Cara membasmi rayap ini adalah dengan memperbaiki setiap keramik yang rusak sebelum rayap masuk dan membangun koloninya. Selain itu, cegah kebocoran pada pipa rumah yang mungkin terjadi agar tidak merembes kemana-mana. Cara membasmi rayap ini lebih baik daripada menunggu sampai rumah kita benar-benar sudah diserang rayap. Tentu akan lebih sulit untuk membasmi rayap yang jumlahnya sudah terlalu banyak dan menggerogoti furnitur di rumah kita.

4. Menutup retakan di setiap sisi rumah

retakan di dindingpinterest.com

Hal yang paling harus diperhatikan untuk kamu yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kita tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah sehingga kita kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap ketika koloni rayap sudah terbentuk. Oleh karena itu, periksa sisi rumahmu dengan seksama.

Jika memang ada celah atau retakan, segera tutup. Biasanya retakan ini dapat ditutup dengan bantuan semen putih yang cukup mudah diperoleh. Kamu juga bisa meminta tukang bangunan untuk menutupnya. Dengan demikian, rumahmu akan aman dari serangan rayap.

5. Menghindari kontak dari dinding kayu ke tanah

memindahkan furniture

pinterest.com

Bagi kamu yang memiliki rumah dengan bangunan yang mengandung material kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasanya masuk ke dalam bangunan dengan media kayu.

Ditambah lagi jika material kayu yang digunakan bukan kayu yang diolah dengan baik, maka material tersebut dapat dengan mudah mengumpulkan uap air. Kondisi ini sangat disukai oleh rayap. Rayap memiliki cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung. Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dengan kayu cukup efektif karena kamu menutup jalan rayap menuju ke rumahmu.

6. Menjemur perabotan furnitur kayu sebagai cara membasmi rayap kayu

menjemur kursipinterest.com

Cara membasmi rayap yang suka memakan material kayu adalah menjaga agar material tersebut tidak lembab. Perabotan kamu yang terbuat dari kayu wajib untuk dijemur secara rutin di bawah sinar matahari. Pastikan perabotan tersebut kamu jemur dengan waktu yang cukup lama agar tidak ada lagi sisi perabot yang terlalu lembab.

Cara membasmi rayap ini akan lebih efektif untuk jenis rayap kayu. Selain itu, selalu gunakan pernis secara berkala pada peralatan perabot kamu agar tidak mudah kemasukan uap air. Sebagai langkah pencegahan, berikan jarak antara furnitur kayu dengan dinding agar tidak memancing rayap yang masuk dari retakan dinding untuk bergerak ke arah furnitur.

7. Cara membasmi rayap dengan air cucian beras

air beras

medicalnewstoday.com

Untuk kamu yang suka memasak, tentu masak nasi adalah perkara mudah. Biasanya setelah mencuci beras, air bilasannya dibuang begitu saja, bukan? Sebaiknya, jangan langsung membuang air beras yang kamu cuci karena cara membasmi rayap secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan air beras.

Cukup kumpulkan air bekas cucian beras tersebut, kemudian semprotkan pada tempat yang terserang rayap. Rayap pun akan berkurang secara perlahan dan pergi meninggalkan tempat tersebut. Cara membasmi rayap yang satu ini sangat mudah dilakukan dan murah, bukan?

8. Menggunakan daun salam dan kemangi sebagai cara membasmi rayap yang alami

daun kemangi

pinterest.com

Bumbu dapur yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain cocok untuk bumbu dapur, aroma yang kuat dari daun salam dan kemangi akan sangat efektif untuk membasmi rayap.

Cara membasmi rayap dengan teknik ini cukup mudah untuk dilakukan. Cukup letakkan saja daun-daun tersebut ke perabotan kamu. Rayap tidak akan mendekati perabot tersebut. Di samping itu, bahan ini juga aman untuk diletakkan pada lemari pakaian karena tidak akan membuat pakaian menjadi bau. Sehingga, cara membasmi rayap yang satu ini tidak memberikan efek negatif .

9. Cara membasmi rayap dengan kapur barus

sepiring kamper

google.com

Kapur barus memang memiliki segudang manfaat. Kapur barus dengan kandungan naftalena di dalamnya dapat digunakan sebagai cara membasmi rayap yang efektif. Di samping mencegah serangga kecil di rumahmu, bau yang kuat dari kapur barus juga sangat tidak disukai oleh rayap. Letakkan kapur barus di furnitur-furnitur rumahmu dan beberapa sudut rumahmu. Rayap akan menghindari lokasi tersebut.

10. Membasmi rayap dengan membersihkan kayu kering

ranting kayu

123rf.com

Dalam menjaga kebersihan rumah, kamu tidak hanya memperhatikan kebersihan rumah di bagian dalam tetapi juga di luar rumah, terutama jika kamu memiliki taman. Daerah seperti ini sangat rawan ditemukan rayap tanah.

Cara membasmi rayap tanah yang dapat datang menyerang adalah selalu buang ranting atau kayu-kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah. Kayu kering yang berada di permukaan atau suhu yang lembab akan menjadi sasaran rayap untuk masuk. Segera buang kayu tersebut sebelum koloni rayap datang dan membuat rumahmu rentan kemasukan rayap.


Saat musim penghujan, udara yang lembab memang tidak terelakkan. Kedatangan rayap seringkali tidak bisa dicegah. Tapi sekarang kamu sudah tahu 10 tips cara membasmi rayap secara alami. Selain bahan-bahannya nudah didapat dan mudah dipraktikan, cara membasmi rayap secara alami ini juga tidak menguras dompetmu, kan? Jangan lupa cek tips-tips menarik lainnya di dekoruma ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close