Home Living

5 Keuntungan yang Anda Dapatkan saat Menggunakan Sofa Bed

Kebutuhan alas duduk di rumah sama pentingnya dengan tempat tidur. Namun, bagaimana jika kedua fungsi tersebut dapat diperoleh secara langsung dalam sebuah furnitur? Sesuai dengan namanya, sofa bed, dapat berfungsi layaknya sofa maupun tempat tidur.

Sofa bed tampil layaknya sofa pada umumnya, tersedia dalam berbagai varian desain yang dapat disesuaikan dengan konsep interior yang Anda usung. Perbedaannya, sofa bed didesain sedemikian rupa dengan fitur yang memungkinkan bentuk awalnya ditransformasikan menjadi matras. Inovasi furnitur ini telah lama menjawab beberapa permasalahan akomodasi di rumah, terutama yang berkaitan dengan keterbatasan lahan dan ruangan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh saat menggunakan sofa bed sebagai furnitur pilihan di rumah.

1. Fungsi gandanya membuat Anda menghemat tempat

Memiliki sofa bed di rumah nampaknya sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk Anda yang ingin memberi sambutan hangat kepada tamu, teman ataupun kerabat yang akan bermalam di rumah. Tidak semua rumah memiliki kamar tamu atau ruang tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk menggelar ekstra bed.

Kini, Anda yang tinggal di rumah mungil atau apartemen kecil tak perlu lagi khawatir. Dua fungsi yang dimiliki sofa bed secara langsung memenuhi berbagai kebutuhan dan membuat Anda menghemat ruang di rumah. Dengan sofa bed, ruangan apapun di dalam rumah Anda dapat disulap menjadi kamar tamu.

Sekalipun hunian Anda tidak memiliki permasalahan dengan keterbatasan laha, menggunakan sofa bed juga memberikan keuntungan. Ruang kosong yang tersisa di dalam rumah dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan ruang  yang lain.

2. Pembelian efektif sehingga menghemat pengeluaran

Sebelum membeli sofa, Anda tidak hanya perlu memperhatikan desain dan estetikanya saja, namun Anda juga perlu mempertimbangkan kegunaannya. Apakah Anda membutuhkan sofa sebagai alas duduk dengan kapasitas besar, pelengkap tampilan interior, atau kebutuhan lainnya, yakni sebagai alas tidur. Sofa bed merupakan sofa yang secara langsung memenuhi semua fungsi tersebut.

Sofa bed dapat digunakan sebagai alas duduk empuk untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah. Dalam waktu luang Anda, sofa bed juga menjadi alas duduk ternyaman untuk menemani Anda menonton TV. Sewaktu-waktu saat tamu menginap di rumah, sofa bed dapat dialih fungsikan sebagai alas tidur yang hangat di malam hari. Dengan banyaknya fungsi yang ditawarkan dan harga sofa bed yang tidak jauh berbeda dengan sofa biasa, sofa bed pun dapat menjadi pembelian efektif sekaligus investasi yang menguntungkan bagi Anda.

3. Variasi model sofa bed menyesuaikan dengan berbagai konsep interior

Dahulu, desain sofa bed dibuat apa adanya. Ukurannya cenderung besar dan bervolume, bagian dudukan sofa bed sengaja dibuat tebal untuk memastikan kenyamanan. Alhasil, bobot sofa bed menjadi begitu berat. Meski multifungsi, sofa bed belum bisa menjadi pilihan furnitur terbaik karena keterbatasannya ini.

Kini sofa bed menyuguhkan banyak variasi desain dan ukuran. Bentuknya lebih ramping menyerupai sofa pada umumnya, bahkan terkadang sulit membedakan sofa bed dengan sofa biasa.

Variasi desain yang dimiliki sofa bed memungkinkan untuk dipadupadankan dengan beragam konsep interior. Sofa bed dengan tekstil pelapis dari kain suede dan woven cocok untuk gaya Skandinavia, sementara sofa bed berbahan kulit menampilkan kesan licin yang serasi diterapkan untuk gaya modern maupun vintage.

4. Meski jadi fungsi kedua, matras sofa bed nyaman dijadikan alas tidur

Apakah bagian matras sofa bed cukup empuk sehingga nyaman untuk ditiduri? Banyak memang yang meragukan kenyamanan sofa bed sebagai alas tidur. Matras dalam sofa bed dianggap sebagai fitur sampingan atau sekunder sehingga fungsinya dirasa tidak optimal.

Padahal sofa bed menggunakan bahan khusus untuk menopang tubuh dengan baik, layaknya matras di tempat tidur. Sofa bed dilengkapi dengan material padding (isian sofa) berupa high density foam yang kualitas dan keunggulannya setara dengan bahan memory foam pada matras.

Disamping kenyamanan maksimal yang ditawarkannya, menjadikan sofa bed sebagai alas tidur juga memberikan pengalaman tidur yang berbeda. Jika matras yang terdapat pada sofa bed akan sering Anda gunakan, pilihlah desain sofa bed yang mudah pengoperasiannya sehingga lebih praktis saat digunakan.

5. Sofa bed fleksibel digunakan, hidup semakin mudah

Karena tidak didesain untuk ruangan tertentu, desain sofa bed dibuat fleksibel sehingga cocok ditempatkan di berbagai area di rumah, baik interior maupun eksterior. Desainnya yang ramping dan ringan membuat sofa bed mudah dipindah-pindah.

Teknologi terkini juga semakin memungkinkan mekanisme transformasi yang mulus diterapkan pada sofa bed. Mengubah bentuk sofa bed menjadi matras hanya memerlukan beberapa menit saja dan tidak perlu mengeluarkan energi berarti. Sebagian sofa bed hanya perlu ditarik bagian sandaran dan kakinya untuk berubah menjadi matras, sebagian lainya hanya perlu diregangkan bagian sandarannya dan melepas bagian dudukannya.

Tips Membeli Sofa Bed

Berbeda dengan berbelanja sofa biasa, saat membeli sofa bed tidak hanya berfokus pada desain dan keempukkannya saja. Sebagai alas tidur, sofa bed juga perlu teruji keamanannya dan seberapa praktis mekanisme perubahan bentuk yang dimilikinya. Intensitas penggunaan serta ketahanan sofa bed juga perlu diperhatikan. Simak lebih jelasnya melalui ketiga kiat membeli sofa bed berikut ini.

1.Sesuaikan desain sofa bed dengan penggunaanya

Selain menyesuaikan ukuran sofa bed dengan luas ruangan dan konsep interior, pertimbangkan juga intensitas penggunaan sofa bed. Apakah sofa bed akan sering digunakan sebagai alas tidur atau hanya sewaktu-waktu saja. Sesuaikan kebutuhan ini dengan membeli produk sofa bed terbaik, tentunya dengan harga yang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Anda perlu memperhatikan fitur dan material penyusun sofa untuk memastikan ketahanan sofa bed, jika memang akan secara rutin digunakan.

2. Pilih rangka sofa bed yang terbuat dari hardwood

Rangka sofa bed yang terbuat dari kombinasi kayu jenis hardwood dan kayu olahan multipleks telah teruji pasti ketahanan. Sofa bed yang terbuat dari rangka kayu lebih awet dibandingkan sofa bed yang tersusun dari rangka logam. Durabilitas sofa bed juga perlu didukung dengan perlengkapan sambungan (joinery) seperti paku, baut, dan braket yang konstruktif.  Akan tetapi, Anda juga perlu menghindari sofa bed yang terbuat dari kayu jenis softwood seperti kayu pinus.

3. Cek jenis dan kualitas kasur pada sofa bed

Tebal atau tipisnya padding pada sofa bed belum tentu menyamin kenyamanan sofa bed. Seberapa empuk sofa bed bergantung pada jenis filler yang mengisi rangka sofa bed. Pilih sofa bed yang menggunakan jenis filler yang serupa dengan memory foam. Layaknya memory foam, permukaan sofa bed haruslah fleksibel sehingga memberikan support yang baik untuk kenyamanan pergerakan tubuh. Pastikan sofa bed juga dilengkapi pegas yang dapat menjaga densitas sofa dengan baik sehingga masa sofa bed tidak mudah menyusut.

Dekoruma.com menjual berbagai pilihan sofa bed berkualitas yang diproduksi langsung oleh para pengrajin lokal. Bekerjasama secara langsung dengan pengrajin lokal membuat mampu memangkas biaya distribusi yang tinggi, sehingga Anda bisa memperoleh harga sofa bed yang jauh lebih rendah.

Selain itu, Anda akan lebih diuntungkan dengan berbelanja sofa bed di . Melalui program “trade-in” Anda dapat menukarkan sofa lama Anda sekaligus mendapatkan potongan harga hingga 500 ribu rupiah.

Related Articles

Back to top button
Close
Close