Home Living

14 Hal Yang Harus Ada Di Desain Kamar Tidur Minimalis Ala Korea

Jenuh dengan desain kamar tidur kamu yang sekarang?

Salah satu hal efektif untuk menghilangkan rasa jenuh adalah dengan mendesain ulang kamar tidurmu. Salah satu desain yang bisa kamu pakai adalah desain kamar tidur minimalis. Desain kamar tidur minimalis enggak ada matinya lho, kepopulerannya sudah ada sejak tahun 1960an sampai sekarang.

Mengapa harus memilih desain minimalis? Desain kamar tidur minimalis cenderung memiliki ruangan dengan minim perabotan sehingga memberikan kesan luas, terbuka dan bersih. Dengan desain kamar tidur minimalis  juga dianggap lebih santai dan cocok untuk mereka yang menginginkan suasana rileks.

15 Hal Yang Harus Ada Di Desain Kamar Tidur Minimalis Ala Koreapinterest.com

Salah satu inspirasi desain kamar tidur minimalis yang bisa kamu coba adalah desain dari negara asal kimchi alias negara Korea. Belakangan ini, desain kamar tidur minimalis ala Korea cukup diminati seiring semakin banyaknya masyarakat yang tinggal di apartemen, yang membutuhkan desain nyaman untuk luasan apartemen yang sempit. Ada beberapa hal yang harus ada di desain kamar tidur minimalis ala Korea, lho. Yuk, simak apa saja!

1. Gunakan Elemen Kayu Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

Desain Kamar Tidur Minimalis Kayutrendir.com

Hampir setiap desain kamar tidur minimalis ala Korea menggunakan kayu sebagai elemen utama. Dari furnitur, lantai, ranjang kasur sampai hiasan kamar. Nggak jarang, mereka memakai lantai kayu sebagai alas di kamar mereka. Kayu dipercaya memberikan rasa hangat pada suasana kamar, sehingga bagi negara empat musim ini, sangat menguntungkan menggunakan kayu sebagai elemen utama untuk desain kamar tidur minimalis mereka.

2. Gorden Panjang Membantu Menutupi Jendela Berukuran Besar

desain kamar tidur minimalis gordenkeribrownhomes.com

Jendela besar tidak lepas dari desain kamar tidur minimalis. Semakin besar ukuran jendela, semakin besar juga akses pencahayaan alami ke dalam kamar. Hal ini dinilai cocok dengan konsep desain minimalis yang diusung pada kamar. Cahaya yang masuk juga menambah estetika ruangan.

Pasangan yang tepat untuk jendela berukuran besar sebenarnya sangat simpel, yang kamu perlukan hanyalah sebuah tirai atau gorden minimalis yang panjang. Idealnya, panjang gorden menjuntai sampai ke dasar lantai. Karena model gorden jendela bermacam-macam, pastikan kamu memilih gorden jendela yang tepat!

3. Gunakan Karpet Sebagai Pemanis Pada Desain Kamar Tidur Minimalis

Karpet Desain Kamar Minimalisblogbeen.com

Karpet adalah salah satu pemanis ruangan pada desain kamar tidur minimalis yang sangat eye-catching. Kegunaan karpet bukan hanya sebagai pemanis, tetapi juga dapat menghalau telapak kaki bersentuhan dengan lantai yang dingin secara langsung. Selain itu, karpet juga dapat juga digunakan sebagai alas duduk saat berkumpul bersama teman.

Karpet Desain Kamar Minimalishgtvhome.com

Karpet favorit saat ini adalah karpet bulu sintetis. Untuk menjaga keselarasan nuansa ruangan, kamu bisa menggunakan warna putih gading, abu-abu muda, cokelat muda dan hitam. Bentuk dan motif karpet bulu juga beragam. Untuk ruangan minimalis, warna netral disarankan agar nggak mengganggu keseluruhan konsep ruangan.

4. Bantal Duduk Untuk Kumpul Bersama Teman-Teman

Bantal Duduk Desain Kamar Minimalisurbanoutfitters.com

Berkumpul dengan teman di kamar tidur memang menyengkan. Nggak heran, orang rela menyingkirkan banyak perabotan untuk menciptakan luasan yang lapang. Padahal, nggak semua perabotanmu harus disingkirkan lho. Untuk acara berkumpul yang tetap nyaman, kamu bisa menaruh bantal duduk dan juga alas kursi atau cushion empuk sebagai alas.

Kamu juga bisa berkreasi dengan membuat alas bantal duduk sesuai bentuk kesukaanmu. Setelah alas bantal duduk digunakan, kamu dapat merapikannya dengan cara ditumpuk dan ditaruh pada pojok ruangan.

5. Bantuan Rak Buku Lucu

Pusing dengan banyaknya buku yang berantakan di rumah, tapi merasa sayang membuangnya? Solusinya sangat simpel kok, cukup letakkan rak buku di rumah. Kalau kamu memiliki ruangan yang tergolong sempit, kamu bisa memakai rak buku dinding. Bentuk rak buku bukan cuma persegi panjang atau kotak-kotak saja kok, di dekoruma kamu bisa menemukan rak buku berbentuk lucu.

Desain Kamar Minimalis Rak Bukupinterest.com

Bentuk rak buku memang bermacam-macam; ada yang berbentuk karakter, terbuat dari barang bekas sampai model klasik. Buku-buku milikmu akan tersusun rapi dengan rak yang ada pada dinding, tapi tetap terlihat indah. Jangan lupa, pasang rak yang kuat untuk menopang buku-bukumu!

6. Laci Bentuk Klasik Membantu Menjaga Gaya Desain Kamar Tidur Minimalis Milikmu

Desain Kamar Minimalis laciikea.com

Selain rak, perabotan simpel yang dapat menjaga kerapihan kamarmu adalah laci atau kabinet. Kamu dapat menempatkan laci di sudut ruangan, di samping meja kerja ataupun dekat dengan tempat tidur.

Desain laci memiliki beberapa variasi. Saat ini, laci dari material kayu dengan warna netral sangat digemari karena bisa memberikan kesan dramatis pada kamar tidur. Kamu bisa memilih laci dengan kaki panjang. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, laci juga bisa menjadi side table yang apik!

7. Tempat Penyimpanan Serbaguna yang Apik

Desain Kamar Minimalis Pemyimpanan Serbagunapinterest.com

Prinsip utama desain kamar tidur minimalis salah satunya adalah membantumu untuk memaksimalkan ruangan. Belakangan ini, ranjang dengan sebuah tempat penyimpanan yang terletak di bawah ranjang banyak digunakan pada desain apartemen studio sampai kos-kosan. Desain tempat tidur dengan laci tambahan bisa menghemat tempat bagi penghuni kamar.

Kamu bisa memanfaatkan tempat penyimpanan untuk menyimpan berbagai keperluan. Misalnya menyimpan koleksi sprei kesayangan atau selimut-selimut ekstra. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menyimpan peralatan kecantikan seperti hair dryer, handuk, dan parfum.

8. Selalu Terinspirasi dengan Inspiration Wall

Desain Kamar-Minimalis Inspirational Wallpinterest.com

Jadikan kamar tidurmu sebagai tempat inspirasi untuk pekerjaanmu. Bukan hanya ruang kerja saja lho yang bisa dipakai untuk bekerja. Nah, kamu bisa selalu terinspirasi dengan home office organizing dan inspiration wall. Perlengkapan satu ini merupakan salah satu kunci pada desain kamar tidur minimalis. Kamu juga sering melihatnya di drama-drama Korea, kan?

Bentuk home office organizing juga bermacam-macam, biasanya inspiration wall dipasang pada tembok atau dekat dengan meja belajar. Selain lebih rapi, kini kamarmu juga terlihat lebih manis!

9. Pertajam Nuansa Desain Kamar Tidur Minimalis dengan Lampu Lantai

Desain Kamar Minimalis lampu lantaibedbathandbeyond.com
Lampu tidak hanya berguna untuk menambah pencahayaan kamar saja, tapi juga sebagai dekorasi utama sebuah interior ruangan, termasuk pada desain kamar todur minimalis. Di kamar tidur, seringkali lampu lantai atau lampu dinding menjadi pilihan. Idealnya, penempatan lampu lantai di kamar tidur adalah di samping tempat tidur ataupun dekat dengan kursi santai. Memilih lampu yang tepat sangat penting lho, bukan hanya memilih desainnya saja, tetapi juga menentukan watt lampu yang tepat.

10. Kursi Sebagai Pelengkap Desain Kamar Tidur Minimalis

desain kamar tidur minimalis kursi sofakatelavie.com

Jika kamu memiliki kamar tidur berukuran cukup luas untuk menempatkan beberapa furnitur, kamu bisa menaruh kursi sebagai alternatif tempat duduk di kamarmu. Desain minimalis sendiri termasuk versatile dan cocok dipadukan dengan elemen-elemen interior lainnya. Misalnya, kamu bisa menaruh dekorasi Mandala tapestry yang identik dengan gaya Bohemian tanpa terlihat janggal.

11. Bingkai Foto Bantu Kamar Tidur Terlihat Lebih Dramatis

Desain Kamar Minimalis Bingkaisquarespace.com

Ayo, mulai abadikan memori bersama orang-orang tersayang dengan kolase bingkai foto yang cantik. Nggak usah terlalu mewah, kamu cukup menempatka pigura foto sederhana dan menatanya dengan rapi sesuai kreasimu. Kamu bisa menempatkan bingkai foto secara beraturan ataupun secara acak.

12. Menaruh Hanger Baju

Desain Kamar Minimalis Hangerthewowdecor.com

Jangan sedih kalau lemari baju kamu berada di ruang terpisah dari kamar tidurmu. Gunakan hanger atau gantungan baju untuk menggantung bajumu agar tetap rapi. Terutama baju yang memiliki bahan yang gampang kusut. Penempatan hanger baju di dalam desain kamar tidur minimalis memberikan kesan sederhana dan rapi.

13. Kamar Terlihat Lapang dengan Cermin Besar

Desain Kamar Minimalis Cermintrendir.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau cermin yang berukuran besar bisa menghasilkan ilusi ruangan yang tampak lapang. Pada siang hari, cermin juga bisa membantu ruangan terlihat lebih cerah karena dapat memantulkan cahaya lho. Kamu bisa mencari cermin berbagai ukuran di toko ataupun secara online seperti di dekoruma. Untuk ilusi luas yang maksimal, pasang cermin besar seukuran badan.

14. Bantal Dekorasi Empuk yang Nyaman, Cushion Pillow

Desain Kamar Minimalis Bantalpinterest.com

Untuk desain kamar tidur minimalis, ukuran bantal cushion pillow yang ideal adalah 40x40cm. Jika kamu tidak ingin menaruh cushion dalam jumlah banyak, kamu bisa mensiasatinya dengan membeli quilt bermotif.

Dalam memilih warna, desain kamar minimalis identik dengan warna-warna monokrom atau warna-warna lembut. Misalnya cokelat muda, merah muda, atau biru langit. Kamu juga bisa menghiasi kamarmu dengan dekor ruangan dengan aksen ombre untuk kesan unik.


Gimana, sekarang kamu tahu kan apa saja yang harus kamu persiapkan kalau ingin menata kamar tidur minimalis ala Korea? Jangan lupa cek dekoruma untuk artikel-artikel menarik lainnya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close