Home Living

Yuk, Manfaatkan Rak untuk Menata Bingkai Foto

Kita pastinya suka mengabadikan momen-momen istimewa dalam sebuah foto. Apalagi kini keberadaan ponsel pintar memermudah kita mengambil foto-foto. Beberapa foto rasanya sayang sekali jika hanya berakhir dalam galeri foto pada smartphone atau foto-foto kenangan dalam album. Bingkai foto yang cantik akhirnya dipilih untuk memajang foto-foto penuh nostalgia.

Namun, meski model bingkai foto sudah sesuai selera, tata letak yang itu-itu saja seringkali membosankan. Bingkai foto biasanya hanya digantung di dinding atau diletakkan di atas meja. Untuk menyegarkan suasana dan menambah nilai estetika, ternyata rak juga bisa dimanfaatkan untuk menata bingkai foto lho. Penasaran kan? Yuk kita simak pemanfaatan rak untuk bingkai foto di bawah ini!

Aksen Tersendiri di Sudut Ruang

Rak Bingkai Fotopin-insta-decor.com

Bingkai foto yang digantung di dinding pastinya sudah biasa. Jika kamu memiliki rak display yang tidak terlalu tinggi namun ramping, kamu bisa manfaatkan rak ini untuk menata bingkai foto. Hal ini juga termasuk pemanfaatan sudut ruang. Beberapa bingkai foto yang ditata pada rak bisa menjadi aksen tersendiri yang unik dan menarik.

Di samping itu, kamu bisa membiarkan dinding ruang tamu atau ruang keluargamu bersih dari bingkai foto. Sebaliknya, kamu bisa menempatkan sebuah lukisan besar pada dinding.

Rak Bingkai Fotomadebymood.com

Penataan bingkai foto pada rak seperti ini akan membuat tata ruangmu memiliki karakter yang lebih kuat. Tidak hanya itu, tamu atau kerabat yang datang pasti akan kagum dengan sudut dekorasi cantik ini.

Bingkai Foto yang Disusun Secara Kronologis Pada Rak

Bingkai Fotopinterest.jp

Orangtua kita seringkali menunjukan kreativitas dengan menyusun foto-foto kita sejak lahir hingga dewasa dalam sebuah album. Kini, kamu juga bisa menata bingkai foto pada rak sesuai urutan waktu—sehingga susunan bingkai foto tidak hanya memiliki nilai estetika, tapi juga historis. Kamu tidak hanya bisa melakukan hal ini pada ruang tamu atau ruang keluarga, tapi juga pada kamar tidur.

Bingkai Fotoapartementtheraphy.com

Kamu bisa memasang sebuah rak dinding kokoh di atas tempat tidurmu. Pajanglah beberapa bingkai foto yang bercerita mengenai perjalanan hidupmu. Misalnya foto bersama pasangan dan buah hati tercinta. Susunlah bingkai-bingkai foto semenjak mereka dalam kandungan hingga tumbuh besar.

Tambahkan Dekorasi

Bingkai Fotohomedekoidee.com

Jika kamu memiliki ruangan yang luas, kamu bisa membatasinya dengan sebuah lemari kaca. Misalnya saja, kamu mau membatasi ruang tamu dengan ruang keluarga. Muka lemari kaca bisa menghadap ruang tamu dan bisa kamu isi dengan gelas-gelas cantik, sedangkan punggung lemari bisa kamu pasangi rak dinding dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat bingkai foto. Hal ini membuat penggunaan lemarimu lebih efisien.

Jangan lupa untuk menyelaraskan warna bingkai foto dengan warna dominan ruangan. Nantinya, seluruh komponen dalam ruangan, termasuk bingkai foto pada rak, akan mengalir membentuk gaya dekorasi ruangan yang utuh.

Pemanfaatan Dinding Pembatas Antar Ruangan

Bingkai Fotoarafen.com

Dinding pembatas dua ruangan juga bisa kamu manfaatkan untuk memasang rak sebagai tempat bingkai foto. Jika kamu memiliki ruangan yang sempit, bingkai foto yang dipajang seperti ini dapat membuat ruangan terlihat lebih simpel dan gaya. Kamu bisa memasang variasi bingkai foto agar lebih menarik. Perpaduan warna-warna pastel pada bingkai foto juga bisa membuat ruangan jadi lebih ceria.

Rak Bingkai Foto di Meja Kerja

Bingkai Fotopinterest.com

Supaya nuansa ruang kerja yang kaku bisa lebih hangat, kamu bisa memasang rak dinding di atas meja kerja berisi beberapa bingkai foto keluargamu. Hal ini bisa menambah semangatmu saat bekerja, apalagi jika bingkai foto tersebut menampilkan wajah si kecil yang lucu.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa ornamen di antara bingkai foto-bingkai foto tersebut. Misalnya memakai tanaman hias. Jika mau sedikit berkreasi, kamu bisa membuat rak dinding dengan bentuk yang kamu inginkan. Misalnya saja bentuk segitiga, segiempat, lingkaran, atau heksagonal.

Ceritakan Perjalananmu dengan Susunan Bingkai Foto pada Rak

Bingkai Fototheultralinx.com

Jika kamu seorang petualang atau traveller, kamu bisa menceritakan perjalananmu mengarungi berbagai tempat, melalui bingkai foto pada rak ruang tamumu. Susunlah bingkai foto-bingkai foto tersebut tanpa aturan. Selipkan suvenir-suvenir yang kamu dapatkan dari tempat-tempat tersebut di antara bingkai foto. Kamu juga bisa menata bingkai foto sesuai tempat yang kamu kunjungi. Teman-teman dan kerabatmu yang melihatnya pasti merasa seperti mengalami langsung perjalanan tersebut!

Rak Ruang Baca sebagai Mini-Gallery

Bingkai Fotohomebnc.com

Jika kamu memiliki ruang baca atau perpustakaan kecil di dalam rumah, kamu juga bisa menjadikannya sebagai galeri foto keluarga. Beberapa rak buku yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk memajang bingkai foto. Jika punggung rak menempel rapat pada dinding, kamu bisa menggunakan tepi rak. Pasanglah kayu-kayu untuk menahan bingkai foto. Meski tidak terlihat mata secara langsung, justru memajang bingkai foto seperti ini terkesan unik. Ruang baca pun tidak harus selalu monoton, kan? Bahkan, kamu bisa menambahkan rak buku dinding yang unik.

Memanfaatkan Rak Gantung yang sudah Terisi

Bingkai Fotopinterest.com

Jika semua rak di rumahmu sudah terisi penuh, jangan khawatir! Kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk menempelkan bingkai foto. Kamu dapat menambahkan beberapa untai ring besi di bawah rak gantung. Setelah itu, kamu juga bisa menggantungkan bingkai foto pada untaian tersebut. Hanya saja, kamu tidak bisa menggantungkan bingkai foto yang besar karena terlalu berat.

Pilihlah bingkai foto kecil-kecil untuk digantungkan di bawah rak. Agar tidak mengganggu, pilihlah rak gantung yang posisinya bebas. Contohnya, di bawahnya tidak ada sofa yang digunakan untuk duduk.

Rak Kayu Hand-Made untuk Bingkai Foto

Bingkai Fotopinterest.com

Kamu tidak punya rak yang bisa dimanfaatkan? Tenang, kamu masih bisa membuat rak kayu agar beberapa bingkai foto di dinding bisa diorganisir. Supaya cantik, jangan buat rak kayu lurus-lurus saja. Bentuklah rak kayu dengan kreativitasmu, misalnya berbentuk rumah dengan sekat-sekat. Pada tiap sekat, kamu bisa isi dengan bingkai foto keluargamu.

Bingkai Fototheonlinestylist.co.uk

Agar tampilan lebih menarik, kamu bisa melapisi rak kayu dengan varnish atau mengecatnya dengan warna favorit. Jangan lupakan unsur natural di antara bingkai foto keluargamu, tambahkan tanaman hias daun pada wadah porselen. Pastinya bingkai foto kini menjadi lebih apik dan segar.

Rak yang selama ini hanya menjadi tempat menyimpan barang-barang ternyata bisa dimanfaatkan juga ya. Bagaimana jika ini diaplikasikan di rumahmu? Selamat mencoba ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close