Home Living

11 Desain Dapur Masak Efisien Favorit Para Ibu

Salah satu kegiatan yang identik dengan para ibu rumah tangga adalah memasak. Memasak ini bukan hanya sekedar hobi saja, tapi juga merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan. Bayangkan jika para ibu tidak memasak selama beberapa hari, pasti para ayah dan anak akan kelaparan atau mengeluarkan uang lebih untuk membeli makanan di luar. Itulah beberapa alasan kenapa dapur masak di rumah selalu “mengepul”.

Karena dapur masak ini digunakan setiap hari, tentu harus didesain sebaik mungkin mulai dari urusan denah, tata letak perabotan, hingga peralatan yang multifungsi. Dengan demikian dapur akan terasa lebih efisien dari segi energi dan keuangan.

Desain Dapur Masak Efisien Favorit Para Ibupinterest.com

Jika dilihat dari segi tata letak, ada sebuah konsep yang memudahkan para ibu yaitu kitchen work triangle. Kitchen work triangle adalah sebuah konsep di mana terdapat tiga titik kerja utama berupa kompor, tempat cucian, dan lemari pendingin yang paling sering digunakaan saat memasak. Ketiga titik ini dihubungkan dengan garis bayangan sehingga membentuk sebuah segitiga. Letaknya tidak berjauhan sehingga para pengguna dapur masak ini tidak perlu melangkah jauh untuk mencapainya.

Setelah memahami konsep kitchen work triangle itu, seperti apa sih teori penempatan dan desain dapur masak efisien yang menjadi favorit para ibu? Simak langsung pembahasannya berikut ini, ya!

1. Jarak untuk jalur lalu-lalang pada desain dapur masak

dapur masak jarakamazon.com

Pintu yang berada di area dapur masak setidaknya berukuran sekitar 80 cm dan perhatikan lokasi menempatkannya. Ketika pintu dibuka, pastikan pintu tersebut tidak mengenai perabotan, lemari, kompor, dan peralatan masak. Kalau mau lebih aman, gunakan saja model pintu geser untuk dapurmu.

Di area memasak, pastikan ruang untuk berdiri dan berjalan memiliki jarak sekitar 106 cm dari kompor untuk kenyamanan dan keamanan. Kamu tidak mau kan, jika harus berjalan pelan-pelan supaya tidak menyenggol panci panas?

2. Posisi tempat cucian, kompor, dan kulkas pada dapur masak

desain dapur masak efisienthemodernmumma.com

Dalam konsep kitchen work triangle yang sudah dijelaskan sebelumnya, tiga benda yang wajib ada di dapur masak adalah tempat cucian, kompor, dan kulkas karena selalu digunakan untuk memasak. Meletakkan ketiga benda tersebut dalam titik segitiga dan jarak yang dekat akan memudahkan para ibu untuk mengambil dan memindahkan perlengkapan masak, misalnya deep fryer.

Agar keamanannya terjamin, letakkan ketiga benda tersebut dalam jarak sekitar 1 hingga 2 meter satu sama lain. Dengan demikian, kamu tidak perlu berjalan jauh untuk berpindah dari kulkas ke area kompor atau tersenggol panci panas saat hendak beralih dari kulkas ke tempat cucian.

3. Penggunaan meja pada dapur masak

11 Desain Dapur Masak Efisien Favorit Para Ibuhgtv.com

Meja pada dapur masak berfungsi sebagai area untuk menyiapkan bahan makanan, memotong bahan makanan, serta menata masakan di piring. Para desainer interior mengatakan setidaknya kamu harus menggunakan meja dapur dengan ukuran luas 400 meter persegi.

Jika diletakkan bersebelahan dengan tempat cuci, berilah jarak sekitar 60 cm agar air kotor tidak terciprat ke area meja dapur masak. Jika diletakkan bersebelahan dengan kompor, berilah jarak sekitar 60 cm dari meja dapur masak.

4. Tempat duduk pada dapur masak

Tempat Duduk Pada Desain Dapursaetha.com

Sebagian dapur masak ada yang memiliki tempat duduk, biasanya di sekitar area kitchen island. Jika area kitchen island ini akan kamu gunakan juga sebagai tempat makan, pastikan tempat duduknya memiliki jarak sekitar 30 hingga 40 cm antara meja dan lutut.

Sedangkan jarak antara tempat duduk dan dinding atau benda lainnya diusahakan sekitar 100 hingga 150 cm. Perlu diperhatikan, kalau kamu tinggal di daerah yang panas dan lembap, lebih baik kamu memilih kitchen island dan kitchen set aluminium agar kitchen set bisa bertahan lama.

5. Ventilasi pada dapur masak

dapur masak ventilasielectroluxnewsroom.com

Ventilasi jelas harus diperhatikan di dapur masak karena akan ada banyak asap yang dihasilkan dari kegiatan memasak. Agar asap tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi para penghuni rumah dan membuat rumah berbau tidak sedap, gunakanlah exhaust fan atau cooker hood untuk mengalirkan asap ke luar. Akan lebih baik lagi jika dapur masak memiliki sebuah jendela supaya ada udara luar yang masuk ke dalam sehingga dapur terasa lebih sejuk dan tidak pengap. Jangan remehkan pentingnya ventilasi di rumah!

6. Penyimpanan peralatan pada dapur masak

Penyimpanan Peralatan Dapur Masakhousebeautiful.com

Cara kamu menyimpan peralatan masak juga bisa membuat dapur masak menjadi lebih efisien. Untuk dapur berukuran kecil, kehadiran kabinet bisa digantikan dengan tiang khusus atau rak dinding terbuka untuk meletakkan peralatan masak. Sedangkan untuk dapur berukuran besar, kamu bisa membuat kabinet di bagian atas dapur sehingga dapur masak terlihat lebih rapi.

7. Desain dapur masak satu dinding

Desain Dapur Masak Satu Dindinghouzz.com

Desain dapur masak yang sering disebut sebagai dapur bentuk I ini hanya memiliki satu dinding. Meski tidak bisa menerapkan konsep kitchen work triangle, desain ini cocok untuk rumah berukuran kecil. Ada banyak trik yang bisa kamu lakukan pada dapur kecil, salah satunya membangun desain yang cukup efisien karena para ibu tidak perlu berjalan jauh saat ingin membuka lemari es kemudian beralih ke tempat cucian. Ruang dapur pun akan terlihat lebih besar dan nyaman.

8. Desain dapur masak galley

Desain dapur masak galleyhgtv.com

Desain dapur masak yang berikutnya sering juga disebut sebagai dapur koridor. Kamu bisa menerapkan konsep kitchen work triangle pada dapur ini. Pada dasarnya, dapur masak ini berbentuk persegi panjang dengan peralatan dan perabotan yang diletakkan pada sisi kanan dan kiri. Untuk gerakan memang terasa lebih efisien, namun sayangnya kamu tidak bisa menempatkan kitchen island di sini karena akan mengganggu jalur lalu lalang.

9. Desain dapur masak berbentuk L

11 Desain Dapur Masak Efisien Favorit Para Ibudesignidea.com

Desain dapur masak yang berbentuk L ini merupakan perluasan dari dapur masak satu dinding dengan melebarkan area ke satu dinding di sebelahnya. Dapur masak dengan desain ini juga cocok untuk menerapkan konsep kitchen work triangle dan dibangun untuk hunian berukuran sedang hingga besar. Karena ada ruang kosong di bagian tengah dapur, kamu bisa meletakkan kitchen island dengan beberapa kursi di sekitarnya.

10. Desain dapur masak berbentuk U

Desain Dapur Berbentuk Upinterest.com

Untuk menerapkan desain dapur masak berbentuk U ini, kamu harus memiliki lahan dapur yang luas. Dapur ini membutuhkan 3 dinding untuk membentuknya, tentu sangat cocok untuk menerapkan konsep

kitchen work triangle. Jika luas dapurmu terbatas, kamu tidak mungkin meletakkan kitchen island karena akan mengganggu pergerakan. Namun jika dapurmu tergolong luas, menggunakan kitchen island masih diperbolehkan. Asalkan kamu menerapkan peraturan jarak yang sudah dijelaskan di atas ya. Terutama hati-hati saat menempatkan regulator gas.

11. Desain dapur masak peninsula

Desain dapur masak peninsulapinterest.com

Desain dapur masak ala peninsula ini sekilas mengingatkan kita pada dapur di restoran atau bar. Dapur ini bisa dibuat jika pada dasarnya memiliki bentuk L atau U. Satu sudutnya dibiarkan terbuka dan diisi sebuah kitchen island. Kitchen island ini sudah mencakup tempat cuci dan tempat duduk.


Demikian 11 desain dapur masak efisien yang menjadi favorit para ibu. Kalau bingung, jangan ragu untuk meminta jasa desain interior profesional untuk membantumu merancang dapur impian, misalnya dengan dekoruma. Kalau kamu melihat dapurmu yang sekarang, apakah sudah efisien? Jika belum, yuk pertimbangkan rencana untuk mengubah dapur masak agar menjadi lebih efisien!

Related Articles

Back to top button
Close
Close